CEKLIST.ID – Sepertinya bukan hal baru lagi mendengar kata toner dalam dunia skin care, bukan? Ada banyak manfaat dari toner untuk kulit, mulai dari menyegarkan kulit, memberikan kelembapan hingga mencerahkan kulit yang kusam. Ada dua jenis toner yang biasa di temukan di pasaran, yaitu hydrating toner dan exfoliating toner. Artikel ini akan membahas mengenai hydrating toner, yang bisa dijadikan referensi untuk Anda yang ingin menggunakan toner ke dalam salah satu step skin care.

Apa itu hydrating toner?

Mungkin Anda hanya mengetahui toner sebatas cairan pembersih atau penyegar wajah saja. Namun faktanya toner lebih dari itu, lho! Seperti yang sudah di jelaskan bahwa toner terdiri dari dua jenis yaitu exfoliating toner dan hydrating toner. Dimana, Exfoliating toner berguna untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah Anda, sedangkan hydrating toner berguna untuk memberikan kelembapan pada wajah.

Tidak hanya melembapkan, hydrating toner juga berguna menyeimbangkan pH alami kulit dan memberikan kesegaran setelah habis membersihkan wajah dengan sabun cuci. Banyak orang yang mengira hydrating toner hanya dapat digunakan oleh orang yang memiliki jenis kulit kering. Ternyata tidak! Anda yang memiliki jenis kulit berminyak juga bisa menggunakan produk ini.

Bila Anda masih bingung dalam membedakan toner exfoliating atau hydrating, caranya gampang kok Anda hanya perlu melihat kemasan dari produk tersebut. Biasanya toner dalam kategori hydrating memiliki tulisan hydrating, lotion, atau hydrating mist. Bila Anda masih belum paham, bisa memperhatikan cara memilih hydrating toner yang akan kami bahas agar Anda dapat menemukan produk yang tepat.

Gambar Ilustrasi Hydrating Toner
Gambar Ilustrasi Hydrating Toner

Cara memilih hydrating toner yang Bagus

Supaya Anda tidak salah ketika memilih hydrating toner bisa memperhatian beberapa point berikut ini:

1. Pilih bahan pelembap sesuai jenis kulit

Biasanya, hydrating toner mengandung hyaluronic acid atau glycerin. Akan tetapi, ada juga bahan lain yang digunakan untuk menyesuaikan jenis kulit. Jadi, agar Anda bisa kenali terlebih dahulu jenis kulit Anda dan pilih produk yang sesuai.

2. Pilih kandungan Vitamin E atau air mawar untuk kelembapan ekstra pada kulit kering

Apa Anda memiliki masalah kulit? Seperti apa sih kulit kering itu? Kulit kering umumnya ditandai dengan kulit yang bersisik dan cenderung kasar, kemudian terasa kencang seperti ditarik. Ada beberapa kondisi, kulit yang sangat kering bisa sampai mengelupas apalagi saat ada di daerah atau cuaca yang dingin.

Jadi bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa menggunakan hydrating toner setelah mencuci muka, toner ini bisa membantu meminimalisir kekeringan pada kulit Anda. Pilihlah bahan yang tinggi kandungan pelembap seperti vitamin E dan ekstrak mawar.

3. Pilih kandungan Witch hazel atau lemon untuk mengontrol minyak berlebih pada kulit berminyak

Banyak yang mengira memiliki wajah yang berminyak, tidak membutuhkan pelembap wajah. Hal ini salah ya! Karena pada dasarnya jika kekurangan kelembapan, kulit justru akan makin menghasilkan minyak berlebih. Sehingga hydrating toner akan sangat membantu ANda terutama yang sering berada di ruangan ber-AC atau tinggal di daerah yang dingin.

Bila Anda masih belum menemukan pelembap yang tepat yang cocok untuk kulit berminyak, hydrating toner dapat menggantikannya. Pilih hydrating toner dengan kandungan witch hazel atau lemon dimana kandungan ini dapat mengontrol minyak berlebih. Kemudian disarankan untuk mencari hydrating toner yang memiliki tekstur seperti air supaya mudah ketika menyerap dan tidak meninggalkan kesan lengket.

4. Pilih kandungan Lactic acid untuk menyeimbangkan kelembapan wajah pada kulit kombinasi

Kulit kombinasi adalah jenis kulit yang memiliki jenis kulit antara kering dan berminyak. Umumnya, Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi, biasanya akan memiliki kulit yang kering di daerah zona U seperti pipi dan dagu. Lalu, bagian zona T seperti dahi dan hidung cenderung berminyak.

Jenis kulit kombinasi seperti ini perlu toner yang mampu menyeimbangkan kulit Anda seperti melembapkan daerah U-Zone tanpa membuat daerah T-Zone makin berminyak. Nah, Anda bisa mencari toner dengan kandungan lactic acid, dimana kandungan tersebut mampu melembapkan tanpa menyumbat pori-pori kulit wajah Anda dan memperparah minyak di daerah T-Zone.

5. Pilih kandungan timun atau chamomile yang menenangkan pada kulit sensitif

Apa Anda memiliki jenis kulit sensitif? Kulit sensitif biasanya jenis kulit yang mudah teriritasi. Dan bila tidak sesuai dengan bahan atau kandungan yang terdapat dalam skincare, kemungkinan kulit akan memerah, gatal, memiliki sensasi seperti terbakar dan hal buruk lainnya. Maka dari itu Anda sebaiknya lebih teliti ketika memilih produk skincare, Anda bisa memilih toner dengan kandungan yang mampu menenangkan kulit seperti timun atau chamomile. Kedua Kandungan tersebut biasanya ramah dan ringan untuk kulit sensitif.

6. Pilih kandungan yang aman

Untuk Anda memiliki tipe kulit kering dan sensitif, disarankan untuk menghindari toner dengan kandungan toner. Karena kandungan di dalam toner hanya akan membuat kulit Anda makin kering dan mudah iritasi. Tidak hanya alkohol saja yang perlu Anda hindari, ada pula bahan-bahan lain seperti paraben, pewangi buatan, essential oil, minyak mineral, dan pertrolatum. Jadi ketika memilih toner baiknya Anda perhatikan dengan baik kandungannya ya!

7. Pilih ukuran kemasannya

Mengapa memilih ukuran kemasan toner juga penting? Karena bila Anda baru mau mencoba produk toner baru, dan ragu jika nantinya tidak sesuai dengan jenis kulit Anda bisa memilih toner dengan ukuran kecil terlebih dahulu atau travel size untuk menguji kecocokannya dengan kulit Anda. Bila ternyata cocok, baru deh Anda bisa beli produk dengan ukuran full size.

Lalu, bila Anda memiliki perjalanan dengan pesawat dan sering berpergian misalnya travelling, tentu kemasan ekonomis perlu dipertimbangkan. Semisalnya, toner yang Anda miliki berkapasitas lebih dari 100 ml, Anda bisa membeli setting pray yang kecil agar mudah untuk dibawa kemana-mana.

10 Rekomendasi Hydrating Toner Terbaik

Nah itu dia cara memilih hydrating toner agar dapat disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Setelah paham mengenai cara pemilihan, kini Anda bisa memilih produk toner yang bisa digunakan. Berikut ceklist.id berikan rekomendari sepuluh rekomendasi hydrating toner terbaik.

1. Viva Cosmetic Air Mawar

Viva Cosmetic Air Mawar
Viva Cosmetic Air Mawar

Sepertinya Anda semua pasti sudah tahu dan pernah mendengar merek satu ini, kan? Produk lokal ini menciptakan viva air mawar yang menjadi produk unggulan mereka. Selain diguankan sebagai hydratinig toner, produk ini juga bisa digunakan sebagai campuran masker bubuk, lho. Harganya yang sangat murah dan juga dapat ditemukan di banyak tempat!

2. Thayers Rose Petal Facial Toner

Thayers Rose Petal Facial Toner
Thayers Rose Petal Facial Toner

Apa Anda banyak menghabisakan waktu beraktvitas di ruangan ber-AC? Bila iya, maka Anda akan menyukai toner ini karena mengandung kelopak bunga mawar yang melembapkan sekaligus witch hazel yang akan mengontrol minyak pada wajah Anda. Dan hal lain yang akan Anda sukai adalah teksturnya yang cair sangat mudah menyerap dan ringan di kulit. Kemudian produk ini mengandung aloevera dan tidak ada kandungan alkohol sama sekali sehingga sehingga cocok untuk kulit Anda yang kering dan sensitive. Bila Anda ingin kulit yang lembab, produk ini sangat direkomendasikan!

3. The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner

The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner
The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner

Bila Anda memiliki kulit yang sangat kering disarankan untuk memilih toner dengan kandungan vitamin E, misalnya toner dari The Body Shop satu ini. Dimana toner ini mengandung glycerin yang dibutuhkan kulit Anda untuk melembapkan kulit. Akan tetapi, bukan hanya kandungan glycerin saja, produk ini juga memiliki vitamin E dan wheat yang akan memberi kelembapan yang lebih lagi.

Kedua kandungan itu akan menjaga kadar air di kulit Anda dan membuat menjadi lebih kenyal. Produk ini juga ampuh untuk Anda yang sering menggunakan makeup karena dapat membersihkan kulit dengan tepat.

4. L-EssentialTheraskin AHA Toner

L-EssentialTheraskin AHA Toner
L-EssentialTheraskin AHA Toner

Biasanya banyak ditemukan produk untuk kulit berjerawat memiliki kandungan yang mengeksfoliasi sehingga membuat kulit menjadi kering dan terkadang terjadi iritasi. Jadi, toner ini memiliki kandungan yang baik untuk menjaga kelembapannya sekaligus menghilangkan jerawat di wajah Anda. Tertarik mencoba?

5. Kiehl’s Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner

Kiehl's Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner
Kiehl’s Calendula Herbal Extract Alcohol-Free Toner

Masalah kulit yang paling menyebalkan salah satunya adalah jerawat. Nah, untuk Anda yang saat ini memiliki kulit berjerawat maka produk ini sangat bagus untuk digunakan. Kandungan allantoin dan ekstrak bunga calendula dapat menenangkan kulit dari radang jerawat pada wajah. Kemudian kandungan great burdock root yang membantu melembapkan wajah Anda. Meski berfungsi melembabkan tetapi tidak membuat kulit menjadi berminyak kok.

6. Sukin Naturals Hydrating Mist Toner

Sukin Naturals Hydrating Mist Toner
Sukin Naturals Hydrating Mist Toner

Bila Anda sering memiliki masalah kulit pada wajah karena faktor stress maka kami merekomendasikan produk ini. Nah, produk ini mengandung ekstrak bunga chamomile yang mampu merelaksasi kulit wajah Anda yang lelah dan radang akibat iritasi. Dan cocok untuk yang sering terpapar polusi setiap hari.

Dan juga, penggunaannya yang mudah, yaitu Anda tidak perlu menggunakan kapas ketika memakai atau mengaplikasikan pada wajah. Anda hanya perlu menyemprot produk ini ke wajah, lalu tepuk perlahan agar dapat menyerap dengan baik. Ada sensasi cooling yang menyejukkan sehingga wajah Anda akan terlihat fresh.

7. SK-II Facial Treatment Clear Lotion

SK-II Facial Treatment Clear Lotion
SK-II Facial Treatment Clear Lotion

Untuk Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi mungkin Anda harus mencoba toner yang satu ini! Mengapa? Karna Produk ini mengandung lactic acid yang berfungsi menyeimbangkan kelembapan wajah Anda.

Anda akan mendapatkan wajah yang sehat dan juga cerah ketika digunakan dengan rutin, meskipun harganya cukup mahal namun sangat bagus dan memiliki banyak manfaatnya.

8. Hada Labo Goku-jyun Alpha Lotion

Hada Labo Goku-jyun Alpha Lotion
Hada Labo Goku-jyun Alpha Lotion

Toner ini cocok Anda yang berada pada awal umur tiga puluh. Dikarenakan pada fase ini, kulit wajah sudah mulai mengendur dan kehilangan kelembapan alaminya yang disebabkan faktor umur. Selain mengandung hyaluronic acid, ada kandungan  collagen yang sangat ideal untuk antiaging. Anda akan merasakan kulit yang lebih kencang dan tampil lebih muda.

9. Klairs Supple Preparation Facial Toner

Klairs Supple Preparation Facial Toner
Klairs Supple Preparation Facial Toner

Apakah Anda belum mengenali dengan baik jenis kulit Anda? Bila masih belum tahu mengenai jenis kuli Anda saat ini, bisa pilih hydrating toner ini yang cocok untuk digunakan semua jenis kulit. Selain melembapkan, toner ini dapat mencegah munculnya jerawat dan mengontrol minyak berlebih. Anda akan merasakan kulit yang lembap dan juga sehat dengan pemakaian teratur.

10. Bioderma Sensibio Tonique

Bioderma Sensibio Tonique
Bioderma Sensibio Tonique

Apa Anda memiliki kulit sensitif dan cenderung berjerawat? Bila iya, Maka Anda membutuhkan produk yang aman dan terhindar kandungan paraben yang membuat kulit menjadi semakin parah.

Toner Bioderma ini mengandung ekstrak timun yang dapat menenangkan kulit wajah yang radang sehingga mengakibatkan kemerahan dan iritasi. Anda yang memiliki kulit bersisik atau kering dan kasar pun bisa normal dan sehat kembali!

Review Lainnya : 10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik

Kesimpulan

Itu lah dia penjelasan mengenai cara memilih hydrating toner dan rekomendasi produk yang cocok sehingga dapat digunakan sesuai dengan jenis kulit Anda. Dari semua varian tersebut Anda tertarik mencoba produk apa?

Write A Comment

/* */