CEKLIST.ID – Kebersihan dan kesehatan kulit dapat menciptakan kenyamanan saat beraktivitas. Kenyamanan tersebut tentu saja dapat menunjang produktifitas. Namun, banyak hal yang dapat mengganggu kenyamaan saat beraktivitas. Salah satunya adalah kulit yang terasa gatal. Fokus menjadi terpecah karena hal tersebut. Alhasil target-target yang sudah ditentukan sebelumnya menjadi terhambat. Salah satu solusi yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan sabun antiseptik untuk mengurangi atau bahkan menyembuhkan kulit gatal tersebut. Dengan begitu, kulit akan terasa lebih bersih dan sehat.

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai penyebab kulit gatal, cara memilih sabun antiseptik, dan merek-merek sabun antiseptik yang dapat mengatasi kulit gatal dengan keunggulannya masing-masing karena ada banyak sabun antiseptik yang telah beredar di pasaran. Jadi, Anda dapat menggunakan sabun antiseptik yang sesuai dengan kebutuhan, ya!

Apakah penyebab dari kulit gatal?

Apakah yang Anda rasakan saat kulit terasa gatal? Kulit gatal memang membuat kesal mayoritas orang yang mengalaminya. Namun, tahukah Anda penyebabnya? Ada beberapa hal yang dapat membuat kulit terasa gatal, antara lain:

1. Alergi

Pernahkah Anda melihat kondisi kulit orang yang sedang alergi? Kulitnya merah-merah dan terasa gatal. Menggaruk adalah hal yang sangat ingin dilakukan saat terasa gatal. Namun, menggaruk bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan karena bisa memperparah keadaan. Ada banyak jenis alergi yang biasanya dialami oleh orang-orang, antara lain alergi seafood, debu, kosmetik dengan kandungan bahan berbahaya, deterjen, dan lain sebagainya.

2. Infeksi

Selain reaksi alergi, infeksi juga bisa menjadi salah satu penyebab kulit terasa gatal. Contohnya adalah infeksi jamur atau kutu yang biasa disebut kudis. Biasanya kudis ditandai dengan kulit yang terasa gatal terutama pada saat malam. Selain itu, seperti ada lepuhan kecil bersisik. Pada umumnya, hal tersebut disebabkan oleh adanya tungau yang hidup di kulit.

3. Gangguan Kulit

Terdapat beberapa gangguan kulit, antara lain kulit kering, eksim, biduran, dan biang keringat. Pernahkah Anda merasakan gatal karena biang keringat? Cuaca yang panas dan lembab serta banyaknya aktivitas memang menguras tenaga dan membuat keringat bercucuran. Jika dibiarkan terus-menerus maka akan muncul biang keringat. Tak hanya gatal, bisa saja Anda juga akan merasakan perih saat berkeringat lagi dengan keadaan biang keringat belum mereda atau sembuh.

Gambar Ilustrasi Sabun Antiseptic Untuk Kulit Gatal
Gambar Ilustrasi Sabun Antiseptic Untuk Kulit Gatal

Cara memilih sabun antiseptik untuk kulit gatal yang Bagus

Apabila Anda ingin menggunakan sabun antiseptik untuk mengatasi kulit gatal, ada baiknya Anda mengetahui apa saja yang harus diperhatikan. Berikut ini cara memilih sabun antiseptik untuk kulit gatal, antara lain:

1. Pilih sabun antiseptik berdasarkan jenis kulit

Sudahkah Anda mengenali jenis kulit Anda? Sabun antiseptik dirancang untuk berbagai jenis kulit. Ada yang digunakan untuk kulit kering, berminyak, dan sensitif. Jika kulit Anda adalah jenis kulit sensitif maka jangan memilih sabun antiseptik dengan kandungan bahan yang dapat membuat kulit iritasi. Tak hanya sensitif, ada juga jenis kulit yang cenderung kering. Jadi Anda harus memilih sabun antiseptik yang dapat melembabkan kulit Anda. Namun, sebaiknya Anda memilih bahan yang dapat mengontrol minyak pada kulit apabila kulit Anda termasuk jenis kulit yang cenderung berminyak. Selain itu, ada juga jenis kulit kombinasi. Tanda-tanda kulit kombinasi adalah kulit terasa kering dan mudah iritas di bagian salah satu bagian namun terasa berminyak di area lainnya. Jadi, jenis kulit ini perlu dibersihkan dengan produk yang mampu melembabkan area kulit kering dan gunakan sabun antibakteri untuk mencegah peradangan pada area kulit berminyak.

2. Pilih sabun antiseptik yang aman digunakan setiap hari

Setiap hari Anda beraktifitas dan cenderung berkeringat bukan? Tak hanya itu, kulit Anda juga pasti tidak terhindarkan dari debu. Oleh karena itu, sebaiknya saat Anda mandi perlu menggunakan sabun antiseptik. Sabun antiseptik yang baik adalah sabun antiseptik yang dapat digunakan setiap hari tanpa ada efek samping apapun. Layaknya produk sabun lainnya, jika sabun antiseptik tidak mampu menghilangkan gatal pada kulit dan justru lebih parah maka jangan gunakan sabun antiseptik itu lagi.

3. Sabun antiseptik mengandung bahan antiseptik alami

Anda pasti menginginkan sabun antiseptik yang berbahan alami bukan? Beberapa bahan antiseptik alami yang dapat mengurangi atau bahkan menyembuhkan kulit gatal, antara lain timol, sodium, dan glycerin. Anda dapat melihat kandungan bahan-bahan dalam sabun antiseptik pada label bahan baku yang biasanya ada di bagian belakang sabun, ya!

4. Sabun antiseptik mampu membersihkan pori-pori

Bakteri yang dibawa oleh debu bisa menempel pada pori-pori kulit. Apabila tidak dibersihkan secara menyeluruh maka pori-pori akan tersumbat dan lama-kelamaan akan menimbulkan masalah pada kulit. Oleh karena itu, Anda harus memilih sabun antiseptik yang mampu membersihkan secara menyeluruh hingga ke pori-pori. Jenis sabun antiseptik yang efektif membersihkan secara menyeluruh dapat Anda lihat pada busa yang dihasilkan. Busa yang lembut dapat menghilangkan bakteri yang menempel pada pori-pori kulit.

10 Rekomendasi Sabun Antiseptik untuk Mengatasi Kulit Gatal

Nah setelah mengetahui cara memilihnya, ceklist.id akan memberikan sepuluh rekomendasi sabun antiseptik untuk mengatasi kulit gatal yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

1. Dettol Anti-Bacterial Body Wash Sensitive

Dettol Anti-Bacterial Body Wash Sensitive
Dettol Anti-Bacterial Body Wash Sensitive

Anda pasti sudah tidak asing dengan merek sabun Dettol bukan? Dari dulu, sabun Dettol selalu menjadi incaran jika ingin menggunakan sabun antiseptik untuk membasmi kuman penyebab gatal. Sabun Dettol Anti-Bacterial Body Wash Sensitive ini mampu menyeimbangkan pH kulit sehingga kulit Anda tetap sehat. Selain itu, Dettol ini memiliki kandungan gliserin yang dapat membantu melembutkan kulit. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kulit menjadi kering karena sabun ini aman digunakan setiap hari.

2. Betadine Skin Cleanser Antiseptic

Betadine Skin Cleanser Antiseptic
Betadine Skin Cleanser Antiseptic

Saat kulit Anda berdarah akibat goresan kecil, pernahkah Anda menggunakan betadine untuk menyembuhkannya? Kini Betadine juga menghadirkan sabun yang bernama Betadine Skin Cleanser Antiseptic. Masalah kulit Anda dapat disembuhkan karena sabun Betadine mengandung Povidon iodine 7,5%. Fungsi dari bahan tersebut adalah mengatasi masalah jerawat, gatal-gatal, dan juga bisa digunakan sebagai disinfeksi tangan sebelum operasi. Anda dapat menggunakan sabun ini setelah aktivitas padat yang menghasilkan banyak keringat.

3. JF Sulfur Dermamed

JF Sulfur Dermamed
JF Sulfur Dermamed

Merek sabun antiseptik selanjutnya adalah JF Sulfur Dermamed. Sabun antiseptik berikut ini berbentuk batang. JF Sulfur Dermamed mampu mencegah, membersihkan, bahkan melawan kuman penyebab kulit Anda yang terasa gatal. Kandungan bahannya, yaitu active sulfur dan asam salisilat mampu membersihkan kulit dari debu, kotoran, melawan kuman dan bakteri penyebab kulit gatal sehingga kulit Anda akan menjadi kulit yang sehat dan tidak kering. Selain itu, aroma wangi sabun JF Sulfur Dermamed ini cukup menyegarkan.

4. Lifebouy Total 10 Body Wash

Lifebouy Total 10 Body Wash
Lifebouy Total 10 Body Wash

Sabun berikut ini juga merupakan merek sabun yang sudah banyak sekali beredar di pasaran. Anda dapat menemukannya dengan sangat mudah. Varian sabun Lifebouy salah satunya adalah sabun antiseptik yang bernama Lifebouy Total 10 Body Wash. Teksturnya cair dan mampu mengatasi masalah kulit Anda. Anda dapat menggunakan sabun ini untuk mengatasi kulit gatal karena Lifebouy Total 10 Body Wash ini mengandung ActivSilver+ Formula yang berfungsi untuk melindungi kulit dan melawan bakteri penyebab kulit gatal. Tak hanya gatal, sabun Lifebouy satu ini mampu menghilangkan kuman yang menyebabkan 10 jenis infeksi kulit. Selain itu, adanya timol yang merupakan antiseptik alami sehingga patut menjadi pilihan karena aman.

5. Biore GUARD Body Foam Active Antibacterial

Biore GUARD Body Foam Active Antibacterial
Biore GUARD Body Foam Active Antibacterial

Rekomendasi sabun antiseptic selanjutnya yang dapat mengatasi kulit gatal adalah Biore GUARD Body Foam Active Antibacterial. Kandungannya berupa bahan antibakterial ganda IPMP dan Sanisol membuat sabun antiseptik cair ini mampu memberikan perlindungan agar kulit tetap sehat dan tidak kering karena kulit kering juga menjadi salah satu penyebab kulit terasa gatal. Keunggulan lainnya adalah sabun ini mampu membersihkan debu dan kotoran tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga untuk menggosoknya pada kulit. Hal itu karena sabun ini telah mengadopsi teknologi deep pore cleansing dari Jepang.  Dengan begitu, kulit Anda akan terhindar dari iritasi.

6. Asepso The Antiseptic Soap

Asepso The Antiseptic Soap
Asepso The Antiseptic Soap

Apakah Anda pernah mendengar merek sabun Asepso Plus Antiseptic Soap? Tak hanya JF Sulfur Dermamed, sabun ini juga berbentuk batang. Anda dapat menggunakan sabun ini untuk mengatasi kulit gatal, biang keringat, dan melindungi kulit dari kuman karena sabun ini mengandung anti-mikroba ganda. Seperti sabun Betadine, sabun ini juga memiliki aroma yang khas layaknya cairan antiseptik. Selain itu, bau badan yang disebabkan aktifitas padat dapat Anda atasi dengan sabun Asepso ini karena adanya teknologi malodour counteraction.

7. RJ Kanro Antiseptic Transparent Soap

RJ Kanro Antiseptic Transparent Soap
RJ Kanro Antiseptic Transparent Soap

Bisa jadi kulit gatal yang Anda rasakan karena adanya kandungan pada sabun mandi yang tidak cocok dengan kulit Anda. Oleh sebab itu, jangan hanya memilih sabun karena aromanya saja. Kandungan sabun RJ Kanro Antiseptick Tranparent Soap adalah perpaduan dari Echinacea dan TCC yang berperan sebagai antiseptik alami yang mampu membasmi kuman dan bakteri. Selain itu, sabun ini juga dilengkapi dengan ekstrak ginseng yang mampu mendorong metabolisme pertumbuhan sel kulit baru.

8. Illie’s Antiseptic Bar Soap

Illie’s Antiseptic Bar Soap
Illie’s Antiseptic Bar Soap

Anda dapat mengatasi kulit gatal dengan sabun Illie’s Antiseptic Bar Soap yang harganya terjangkau. Tak hanya membunuh kuman dan bakteri, sabun ini juga mampu melembabkan kulit Anda. Dengan begitu, kulit tidak akan kering. Illie’s Antiseptic Bar Soap ini memiliki beberapa varian aroma, yaitu Lemon Grass, Fresh Lime, dan Almond Nut.

9. Holly Sabun Hijau Antiseptik

Holly Sabun Hijau Antiseptik
Holly Sabun Hijau Antiseptik

Rekomendasi sabun antiseptik untuk mengatasi kulit gatal selanjutnya adalah Holly Sabun Hijau Antiseptik. Sesuai dengan namanya, warna sabun batang ini adalah hijau. Sabun ini adalah sabun kalium yang mengandung minyak kelapa dan juga sebagai antiseptik. Holly Sabun Hijau Antiseptik ampuh mengatasi jerawat pada tubuh Anda sekaligus mengatasi kulit yang terasa gatal.

10. Utama Spice Antiseptic Liquid Soap

Utama Spice Antiseptic Liquid Soap
Utama Spice Antiseptic Liquid Soap

Sabun antiseptik yang menjadi rekomendasi terakhir untuk mengatasi kulit gatal adalah Utama Spice Antiseptic Liquid Soap. Sabun ini aman digunakan sehari-hari dan juga kulit yang sensitif. Hal itu karena sabun ini mengandung minyak kelapa dan caster oil sebagai anti bakteri dan anti jamur. Selain itu, minyak kelapa pada sabun ini juga memiliki peran sebagai anti-aging dan membuat kulit terasa kenyal. Tak hanya itu, Utama Spice Antiseptic Liquid Soap ini bebas dari pewangi buatan karena sabun antiseptik yang satu ini menggunakan berbagai minyak esensial sebagai aroma sabun, antara lain patchouli, citronella, ginger, dan cinnamon.

Review Lainnya : 10 Rekomendasi Sabun Pepaya Terbaik

Kesimpulan

Itulah sepuluh rekomendasi sabun antiseptik untuk mengatasi kulit gatal. Kini, Anda memilih sabun antiseptik sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Write A Comment

/* */