CEKLIST.ID – Kini, telah banyak bermunculan hair dryer dengan beragam fitur perawatan rambut yang inovatif. Beberapa perusahaan yang mengeluarkan produk hair dryer adalah Panasonic, Philips, Sharp dan lainnya. Produk-produk tersebut banyak dilengkapi dengan fitur pengaturan seperti suhu, aliran udara dan fitur tambahan lainnya.

Dengan banyaknya pilihan, tak jarang konsumen merasa kebingungan saat memilih dan hendak membeli produk hair dryer. Jangan khawatir! Pada artikel ini akan dirangkum berbagai produk hair dryer terbaik yang bisa menjadi pilihan. Pastikan memilih hair dryer sesuai dengan kebutuhan.

Gambar Ilustrasi Hair Dryer
Gambar Ilustrasi Hair Dryer

Cara memilih hair dryer yang Bagus

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih hair dryer. Simak penjelasanya di bawah ini.

1. Pilih hair dryer yang tidak akan merusak rambut

Jika menginginkan pengering rambut yang tidak menyebabkan rambut rusak, simak poin-poin berikut secara seksama.

2. Gunakan hair dryer dengan fitur pengaturan suhu

Fitur pengaturan suhu penting untuk produk hair dryer sebagai alat pengering rambut agar dapat meminimalisir kerusakan rambut. Akan lebih baik, produk hair dryer yang dipilih adalah produk yang mempunyai pengaturan suhu 60oC. Hindari menggunakan hair dryer dengan suhu melebihi 100oC, karena dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kepala dan rambut. Namun penggunaan hair dryer dengan suhu yang sangat rendah juga akan membuat rambut sulit dikeringkan.

Inilah pentingnya fitur pengaturan suhu pada produk hair dryer. tidak hanya sekedar menurunkan risiko damaged hair, rambut akan tampak berkilau dan mudah diatur. Jika kesulitan mengatur sendiri secara manual pilihlah produk dengan pengaturan suhu otomatis.

3. Pilih hair dryer yang memiliki volume udara ideal yaitu 1.3 m/menit

Volume udara besar pada produk hair dryer dapat membantu mengeringkan rambut lebih cepat. Dengan begitu risiko kerusakan rambut menjadi berkurang. Setidaknya memerlukan hair dryer dengan volume udara 1, m atau lebih setiap menitnya, atau 1,6 m/ menit untuk rambut panjang. Perhatikan juga bahwa semakin besar volume udara, maka daya listrik yang dibutuhkan semakin besar pula. Jadi, pastikan membaca penjelasan mengenai volume udara yang dicantumkan dalam kemasan produk hair dryer.

4. Gunakan hair dryer yang memiliki teknologi inframerah

Untuk mencegah kerusakan rambut cara lainnya adalah dengan menggunakan hair dryer yang memiliki teknologi inframerah.atau infrared yang dapat mengeringkan rambut bagian dalam. Sehingga suhu panas permukaan rambut tidak akan meninggi dan mengurangi kemungkinan kerusakan kuli kepala dan rambut.

Sinar inframerah memiliki panjang gelombang yang berbeda dengan aliran udara hangat biasa dari hair dryer. Hal tersebut dapat memperlancar aliran darah di kulit kepala dan wajah, serta mengencangkan kulit. Manfaat inframerah juga bisa dikombinasikan dengan hair treatment tanpa bilas. Dengan kombinasi demikian memungkinkan bahan-bahan dalam produk perawatan akan mudah terserap oleh rambut.

5. Supaya mudah digunakan, periksa fitur khusus yang ada pada hair dryer

Saat hendak membeli hair dryer bayangkan dulu sedang menggunakan hair dryer. Dengan begitu, akan mudah mengetahui fitur apa saja yang dibutuhkan dari sebuah produk hair dryer. Apa saja fitur tambahan pada produk hair dryer? dan bagaimana memilihnya? Simak uraian berikut.

6. Agar tidak terlalu bising, pilih produk yang mempunyai intensitas suara di bawah 60 dB

Tingkat kebisingan dalam penggunaan produk hair dryer perlu diperhatikan, jika di dalam rumah memiliki bayi atau hewan peliharaan. Atau pada saat penggunaan di malam hari pun perlu diperhatikan. Maka pilihlah produk yang berlabel low noise atau produk yang mempunyai intensitas suara di bawah 60 Db.

Namun, karena sulit untuk mengetahui tingkat kebisingan, maka bisa disiasati dengan memeriksa ulasan dari para konsumen. Perlu diketahui semakin besar volume udaranya maka semakin besar pula intensitas suara yang dihasilkan.

7. Pilih hair dryer yang mudah dilipat sehingga mudah dibawa kemana saja

Untuk menghemat penyimpanan dan agar lebih mudah dibawa saat bepergian maka pilihlah hair dryer yang dapat dilipat dan berat sekitar 400 gram. Disarankan juga memilih produk yang ada stand up hair dryer yang memungkinkan pengguna tak perlu memegang hair dryer saat mengeringkan rambut.

8. Pilih hair dryer yang dapat digunakan di luar negeri

Jika suka bepergian ke luar negeri untuk travelling pastikan membawa hair dryer yang bisa digunakan di luar negeri. Pastikan juga produk hair dryer yang digunakan sesuai dengan jumlah voltase atau tegangan listrik di negara tujuan wisata.

Selain itu, stopkontak juga berbeda di setiap tempat bergantung masing-masing negara. Jadi periksa stopkontak hair dryer apakah bisa digunakan di luar negeri atau tidak. Jika tidak, maka perlu membeli universal travel adaptor.

10 Rekomendasi hair dryer Terbaik

Jika sudah mengetahui cara memilih produk hair dryer, selanjutnya ceklist.id rangkum 10 rekomendasi hair dryer terbaik. Pertimbangkan referensi di atas dan temukan hair dryer di bawah ini sesuai dengan kebutuhan.

1. Sharp Hair Dryer

Sharp Hair Dryer
Sharp Hair Dryer

Produk hair dryer dari Sharp dilengkapi dengan slot parfum dan vitamin. Sehingga jika Anda menyukai parfum atau vitamin rambut setelah keramas, ini adalah pilihan yang tepat. Vitamin dan parfum rambut ini akan keluar bersamaan saat mengeringkan rambut. Produk ini juga memiliki daya listrik rendah sehingga bisa menghemat listrik.

Spesifikasi:

Konsumsi daya: 700 watt

Fitur: perfume slot, nozzle concentrator dan temperature and air pressure regulator.

Tegangan listrik: 220 volt

Dapat dilipat: Ya

2. Revlon Salon Infrared Hair Dryer

Revlon Salon Infrared Hair Dryer
Revlon Salon Infrared Hair Dryer

Revlon mengeluarkan produk hair dryer dengan teknologi ion dari kristal tourmaline yang memungkinkan aliran udara terpancar ke rambut sehingga menghemat waktu saat menata dan mengeringkan rambut.

Selain itu, produk dari reflon ini juga memiliki teknologi panas inframerah yang mampu menjaga kelembapan dan menjadikan rambut bersinar alami.

Spesifikasi:

Konsumsi daya: 1875 watt

Fitur: infrared heat technology, ceramic coating, tourmaline ionic dll

Tegangan listrik: 125 volt

Dapat dilipat: Ya

3. Philips HP8108-02 Drycare Hair Dryer

Philips HP8108-02 Drycare Hair Dryer
Philips HP8108-02 Drycare Hair Dryer

Suhu yang terlalu panas bisa merusak batang rambut dan menjadi masalah yang mengganggu penampilan. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut Philips mendatangkan produk hair dryer dengan fitur pengatur panas yang fleksibel. Dengan begitu pengguna dapat mengatur tingkat panas dan menyesuaikannya sehingga rambut tidak rusak olehnya.

Bagian corong pada produk pengering rambut keluaran Philips juga dilengkapi dengan konsentrator untuk mengalirkan udara secara terpusat. Sehingga dapat menghemat waktu karena rambut lebih cepat kering.

Konsumsi daya: 400 watt

Fitur: pengatur suhu 2 tingkat dan pengering udara dingin

4. Panasonic EH ND 12P415 Hair dryer

Panasonic EH ND 12P415 Hair dryer
Panasonic EH ND 12P415 Hair dryer

Fitur Turbo Dry dari Panasonic Hair Dryer berguna untuk mempercepat proses pengeringan rambut. Dirancang dengan tampilan desain yang kompak, pengguna takkan kesulitan menggenggam atau menyimpan produk hair dryer. Panasonic menyediakan tiga pilihan suhu yang dapat disesuaikan dengan kondisi rambut dan suhu di ruangan.

Konsumsi daya: 400 watt

Fitur: turbo dry dan 3 pengaturan suhu angin.

5. Panasonic EH-NA65

Panasonic EH-NA65
Panasonic EH-NA65

Sama-sama keluaran dari Panasonic, EH-NA65 dibanding EH ND 12P415 memiliki harga yang lebih mahal namun kualitasnya juga berbeda. Panasonic EH-NA65 dilengkapi dengan fitur special yang mampu mengeringkan rambut serta menjaga agar tetap bergelombang. Selain itu, produk ini memiliki tiga pengaturan kecepatan dan suhu, menjadi pilihan yang tepat bagi yang gemar hair styling.

Corong pengatur udara mampu mengalirkan udara lembut dan kencang secara bergantian. Mekanisme embusan udara yang unik ini mampu mengeringkan rambut dari akar hingga ke ujungnya. Sehingga rambut dan kulit akan tetap sehat dan lembut.

Konsumsi daya: 700 watt

Fitur: perfume slot, nozzle concentrator dan temperature and air pressure regulator.

Tegangan listrik: 220 volt

6. Philips DryCare Prestige Hair dryer

Philips DryCare Prestige Hair dryer
Philips DryCare Prestige Hair dryer

DryCare Prestige Hair dryer memiliki teknologi ThermoProtect yang mampu mempercepat proses pengeringan rambut tanpa membuat rambut menjadi terlalu kering. Rambut akan cepat kering, tetapi tetap terlihat terawatt karena powerful/airflow-nya. Ion negatif-nya juga mampu meningkatkan kilau rambut dan membuat rambut bebas dari kusut.

Konsumsi daya: 2.100 watt

Fitur: ThermoProtect temperature, ceramic technology, ion conditioning dll

Tegangan listrik: 220-240 volt

7. Dyson Supersonic

Dyson Supersonic
Dyson Supersonic

Produk Dyson satu ini terbilang istimewa karena bentuknya unik dan berbeda dari yang lain. Keunggulan Supersonic ini adalah fitur magnetic attachments yang bisa diputar 360 derajat. Sehingga pengguna dapat mengarahkan aliran udara sesuai keinginan.

Meskipun lebih mahal dibanding produk lain, teknologi hair dryer ini mampu melindungi rambut dari panas yang ekstrem. Cara kerja alat ini adalah dengan mengukur suhu udara selama dua puluh kali per deik untuk mengatur panas.

Konsumsi daya: 700 watt

Fitur: perfume slot, nozzle concentrator dan temperature and air pressure regulator.

Tegangan listrik: 220 volt

8. Solis Magma Plus Ion Hair Dryer

Solis Magma Plus Ion Hair Dryer
Solis Magma Plus Ion Hair Dryer

Pelepasan ion yang merata dapat menjadikan setiap rambut berkilau dan terlindung dari panas yang dikeluarkan mesin. Bagi yang mengalami masalah dengan rambut kusut dan kusam, Solis Magma Plus Ion Hair Dryer bisa dijadikan solusi. Produk hair dryer ini terbuat dari material yang kuat dan tahan banting sehingga tak mudah rusak ketika terjatuh. Solis membekali produk pengering rambutnya dengan styling nozzle dan penyaring rambut yang mudah dilepas pasang, sehingga mudah dibersihkan.

Konsumsi daya: 2.200 watt

Fitur: Teknologi ion dan mesin powerful professional AC-motor

9. Elona Mochii Fregrance Hair Dryer

Elona Mochii Fregrance Hair Dryer
Elona Mochii Fregrance Hair Dryer

Kecepatan kipas yang mencapai 20.000 putaran per detik mampu menghemat 45% waktu ketika pengeringan rambut. Mochii Fragrance dari Elona memiliki keistimewaan dapat membuat rambut bervolume, bercahaya dan halus selain hanya mengeringkan rambut dan menata rambut.

Elona mendesain produk hair dryer-nya menjadi produk yang imut dan mungil. Cocok dibawa bepergian karena mudah disimpan dengan dimensi 18 x 18 cm dan dapat dilipat. Angin dari corong alat pun tidak hanya membantu mengeringkan rambut namun juga membuat rambut bebas dari bau. Karena setiap hembusan angin disertai aroma lembut parfum sehingga rambut menjadi harum.

Konsumsi daya: 1.200 watt

Fitur: perfectly smooth and gloosy blowout, five pieces fan, sweet smeel, travel friendly, dan fashion concentrator nozzle.

Tegangan listrik: 220 volt

10. Tescom Collagen Ion Hair Dryer

Tescom Collagen Ion Hair Dryer
Tescom Collagen Ion Hair Dryer

Tescom Collagen Ion Hair Dryer merupakan produk dari Jepang. Didesain untuk memberikan perlindungan dan pertumbuhan rambut yang sehat. Teknologi nano ion di dalam produk ini bekerja secara efektif hingga ke akar rambut. Sedangkan kolagen dibagian platinum produk mampumelembapkan rambut dan kulit kepala. Selain itu, hair dryer ini juga dilengkapi moist hood yang mengeluarkan udara sejuk.

Konsumsi daya: 1.400-1.700 watt

Fitur: hot air, scalp care, cool air dan facial mode

Dapat dilipat: Ya

Tegangan listrik: 220-240 volt

Review Lainnya : 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Terbaik

Kesimpulan

Demikian rekomendasi produk hair dryer terbaik. Favorite penulis adalah Elona Mochii Fregrance, walau tidak terlalu populer produk ini adalah paket lengkap. Murah dan terjangkau, travel friendly, ada slot parfume dan mudah dibawa kemana-mana. Menarik bukan?

Sekian artikel 10 rekomendasi produk hair dryer terbaik. Semoga bermanfaat.

Write A Comment

/* */