CEKLIST.ID – Tentunya terasa lebih praktis dan nyaman apabila Anda mendengarkan musik, bermain game, maupun menonton video dengan headphone tanpa kabel. Bluetooth headphone sekarang ini sedang marak diproduksi. Bose, JBL, Beats, dan Sony termasuk produsen yang tidak mau ketinggalan start dalam meramaikan pasar headphone.

Walau berperan sebagai aksesori, perangkat audio satu ini menjadi salah satu aksesori yang sering digunakan. Apabila Anda berencana membeli bluetooth headphone, pastikan Anda memilih berdasarkan spesifikasi yang ditawarkan. Tidak lupa, pilih juga produk yang kompatibel dengan perangkat yang ingin dihubungkan.

Headphone Bluetooth Terbaik
Gambar Ilustrasi Headphone Bluetooth

Cara memilih bluetooth headphone yang Bagus

Bluetooth headphone hadir dengan beragam pilihan model serta tawaran fitur, mulai dari antiair, noise cancelling, hingga fitur kabel jack yang dapat dilepas pasang. Di samping melihat fiturnya, pastikanlah produk pilihan Anda dapat disambungkan dengan perangkat utama Anda, entahkah itu smartphone, tablet, atau gadget yang memiliki fitur bluetooth lain.

Mari pahami terlebih dahulu elemen-elemen apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih headphone, mulai dari standar bentuk komunikasi hingga struktur utama dari headphone itu sendiri. Setelah mengetahui hal-hal tersebut, barulah Anda bisa menentukan produk mana yang paling tepat. Jadi, simak terlebih dahulu tips memilih bluetooth headphone berikut ini.

1. Bila memungkinkan, hindari codec SBC dan pilihlah codec AAC atau AptX untuk kualitas suara lebih baik

Codec adalah metode pengubahan sinyal suara yang dikirimkan ke perangkat menuju perangkat audio penerima suara pada headphone. Metode converting atau codec ini akan menentukan kualitas suara serta lama waktu penundaannya. Tentu Anda tidak ingin mengalami delay ketika bermain game atau menonton film, bukan? Karena itu, hindarilah codec SBC yang tidak terlalu bagus menyajikan hasil konversi.

Sebagai gantinya, Anda dapat memilih bluetooth headphone dengan codec AAC dan AptX. Sementara codec SBC dapat meunda suara hingga ¼ detik, maka tipe ini hanya ideal dipakai untuk mendengarkan musik dan radio. Sedangkan di sisi lain, codec AAC dan AptX dapat mengurangi penundaan suara, sehingga apa yang tampak pada visual bisa sinkron dengan audio yang dikirimkan tanpa delay. Codec AAC sendiri lebih kompatibel untuk produk Apple, dan AptX untuk Android.

2. Tentukan housing dan driver unit yang tepat

Housing dan driver unit akan memengaruhi kenyamanan Anda ketika menggunakan bluetooth headphone. Housing pada headphone terbagi menjadi dua, yaitu closed dan open. Tipe closed dapat mengisolasi suara dengan sangat baik, Anda dapat pula memakai tipe housing ini di luar ruangan tanpa gangguan kebocoran suara. Akan tetapi, telinga Anda akan cepat lelah karena tangkapan suara yang terkungkung di dalam telinga.

Namun, apabila Anda ingin mendengarkan musik atau menonton tayangan di dalam rumah yang minim kebisingan, lebih baik memakai bluetooth headphone dengan housing tipe open. Jenis ini tidak akan mengunci suara seutuhnya. Selain dapat menjaga telinga dari kerusakan akibat pemakaian berlebihan, telinga Anda juga tidak akan berkeringat akibat sirkulasi udara yang kurang baik.

3. Lihatlah bagaimana kinerja baterai produk pilihan Anda

Ketika Anda telah menentukan salah satu produk, pastikanlah produk tersebut memiliki baterai yang bukan hanya memiliki waktu pemakaian lama, tetapi usia yang juga panjang. Dalam hal ini, baterai yang dapat diisi ulang mungkin bisa menghemat pengeluaran, akan tetapi ketika terlalu sering di-recharge, maka usia baterai bisa lebih singkat.

Untuk itu, agar Anda dapat memakai headphone yang sama dalam waktu lama, sejak awal belilah produk yang baterainya dapat diganti. Dengan begitu, saat performa baterai mulai kurang baik, Anda bisa menggantinya dengan baterai yang baru untuk mengembalikan performa maksimal dari perangkat audio Anda.

4. Perhatikan bagaimana noise cancelling bekerja

Noise cancelling adalah fitur yang dapat mengurangi polusi suara atau dalam artian mudahnya, fitur ini akan membuat kualitas suara bukan hanya bagus, tetapi lebih jernih. Fitur ini akan berguna sekali ketika Anda menggunakan bluetooth headphone saat di moda transportasi, terutama kereta dan bus. Namun, ketika di luar ruangan pun, fitur ini juga berguna mengurangi kebisingan dari luar.

Ketika memilih bluetooth headphone, Anda perlu memeriksa bagaimana tingkat penekanan suara yang dimiliki untuk menciptakan efek noise cancelling. Semakin besar pressure-nya, maka Anda mungkin akan tidak leluasa memakainya. Terlebih ketika Anda sedang berada di ruang tunggu, maka ketika nomor antrian atau nama Anda dipanggil, Anda tidak akan mendengar pengumuman tersebut akibat fitur noise cancelling yang terlalu kuat.

5. Pastikan profile pada perangkat yang ingin disambungkan sama

Profile sangat penting dalam memastikan suara yang dikirimkan oleh perangkat utama Anda diterima bluetooth headphone dengan baik. Profile sendiri merujuk pada komponen yang dimiliki oleh bluetooth headphone atau perangkat utama Anda, seperti gadget, game console, dan sebagainya. Jika kedua produk memiliki profile sama, maka akan terjadi proses pengiriman dan penerimaan pesan suara, begitu pula sebaliknya.

Pada umumnya, bluetooth headphone memakai profila A2DP. Profile ini juga harus dimiliki oleh perangkat yang Anda gunakan, apa pun bentuknya. Sebagai contoh, apabila Anda ingin menghubungkan headphone dengan PS4, hanyalah produk keluaran Sony yang memiliki profile sama. Namun, apabila ingin menggunakan bluetooth headphone lain, diperlukan receiver bluetooth yang telah dibekali banyak profile.

10 Rekomendasi bluetooth headphone terbaik

Kami telah menerangkan secara mendetail hal-hal apa saja yang perlu Anda ketahui ketika memilih produk bluetooth headphone. Dalam bagian ini, Anda dapat melihat referensi produk rekomendasi ceklist.id. Temukanlah bluetooth headphone yang paling sesuai dengan keinginan dan pengalaman yang ingin Anda dapatkan!

1. August EP636

August EP636
Produk August EP636

August E0636 memiliki desain yang modern, Anda yang ingin mendengarkan musik sekaligus bergaya jangan ragu untuk memilih produk ini. Selain mendengarkan musik atau menonton film, Anda juga dapat menerima dan menjawab panggilan telepon tnapa harus menggenggam telepon.

Adanya mikrofon dan tombol penerima panggilan masuk memungkinkan Anda melakukan percakapan via telepon lebih praktis. Fitur volume dan playlist semakin memanjakan Anda ketika memainkan lagu-lagu favorit dari smartphone. Produk ini dapat aktif selama 12,5 jam hanya dengan pengisian ulang 2,5 jam.

2. Bose Quiet Comfort 35

Bose Quiet Comfort 35
Produk Bose Quiet Comfort 35

Pengalaman terbaik dapat Anda rasakan saat menyantolkan produk ini ke telinga. Bose merancang bluetooth headphone yang kompatibel untuk seluruh perangkat, baik Android ataupun Apple. Ketika ingin dihubungkan ke iPhone atau iPad, hanya perlu memakai aplikasi untuk melakukannya. Sangat mudah!

Keunggulan yang dimiliki oleh produk ini adalah noise cancelling-nya yang diklaim sangat baik dalam mengunci suara. Selain membuat suara di sekitar tidak masuk ke telinga, perangkat ini juga dapat digunakan hingga 20 jam. Menariknya lagi, Anda bisa mengenakan Quiet Comfort 35 dengan kabel juga dengan lama pakai hingga 40 jam!

3. Zealot B570

Zealot B570
Produk Zealot B570

Bujet yang Anda siapkan sangat jauh untuk bisa memperoleh produk dari Bose? Tenang, Zealot unjuk gigi dengan bluetooth headphone keluarannya yang dibandrol dengan harga sangat bersahabat. Dengan harga yang terjangkau, headphone ini telah didesain portabel sehingga dapat dilipat ketika tak dipakai.

Mendengarkan musik tanpa smartphone dengan Zealot B570 dimungkinkan! Cukup pasangkan microSD ke slot yang tersedia, produk ini siap memutarnya tanpa masalah. Adanya port kabel 3,5 mm turut memungkinkan Anda mendengarkan musik di dalam maupun luar ruangan.

4. Bang & Olufsen Beoplay H8

Bang & Olufsen Beoplay H8
Produk Bang & Olufsen Beoplay H8

Satu produk untuk segala kebutuhan Anda, itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan bluetooth headphone ini. Meski bandrolan harga mendekati puluhan juta, Bang & Olufsen Beoplay H8 dijamin tidak mengecewakan. Dilengkapi tombol pengatur volume, menjawab telepon, dan mengganti musik,  Anda tak perlu lagi melakukannya melalui smartphone.

Tombol kontrol yang memudahkan tersebut diletakkan di ear cup sehingga akan mudah dijangkau. Headphone ini terbuat dari aluminium anodis dan kulit alami sehingga bukan hanya modis, tetapi sekaligus modern. Fitur noise active cancellation yang disematkan menjamin suara berkualitas sangat baik tanpa menurunkan kualitas musik yang ANda dengar.

5. Sony h.ear on Wireless

Sony hear on Wireless
Produk Sony hear on Wireless

Lebih terjangkau dari beberapa produk sebelumnya, Sony h.ear on Wireless dapat menjadi opsi lain untuk Anda, terutama yang menyukai headphone berdesain stylish. Sony mengeluarkan bluetooth headphone ini dengan banyak pilihan warna, seperti biru, hitam, ungu, hijau, dan merah.

Selain menawarkan varian warna-warna cantik, produk ini dilengkapi fitur LDAC untuk membuat proses pengantaran data audio melalui bluetooth lebih cepat. Kualitas suara beresolusi tinggi adalah jaminannya! Belum lagi dengan digital noise cancellationnya, tidak ada suara dari luar yang berhasil masuk ke dalam.

6. Parrot Zik 3

Parrot Zik 3
Produk Parrot Zik 3

Parrot Zik 3 memiliki keunikan tersendiri. Jadi, bukan hanya headphone yang beroperasi tanpa kabel, tetapi proses pengisian dayanya juga juga bisa dilakukan secara nirkabel. Aplikasi Parrot disediakan agar aktivitas mendengarkan musik favorit Anda dapat diatur sesuai selera melalui smartphone.

Dilengkapi noise cancelling, resolusi audio tinggi, serta kompatibel dengan sejumlah codec, headphone ini dapat pula Anda gunakan ke gadget lain, semisal tablet atau mungkin game console. Kenyamanan juga diperhatikan oleh Parrot dalam produk ini, terbukti dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran kepala Anda bakal betah memakainya lama-lama.

7. JBL Everest Elite 700

JBL Everest Elite 700
Produk JBL Everest Elite 700

JBL tidak merancang produk ini dengan desain yang tampak gahar. Meski begitu, kualitas yang dimiliki sama sekali tidak boleh dipandang sebelah mata. Fitur-fitur canggih yang disematkan akan membuat Anda memperoleh sensasi mendengarkan lagu hingga menonton film yang tidak didapat dari produk lain.

Fitur Auto Off misalnya, dengan adanya fitur tersebut maka headphone akan mati secara otomatis ketika tidak digunakan. Lebih hemat baterai, bukan? Selain itu, tentu saja fitur active noise cancelling yang ditawarkan sangatlah juara. Filter suara dari luar yang mumpuni akan membuat Anda nyaman mendengarkan musik genre apa pun!

8. Beats Solo 3 Wireless

Beats Solo 3 Wireless
Produk Beats Solo 3 Wireless

Buat Anda yang menyukai dan menggunakan produk Apple, adalah wajib untuk memiliki bluetooth headphone ini. Dihadirkan dengan teknologi Apple W1, menjadikannya ideal pada perangkat Apple yang terhubung tanpa halangan.

Yang lebih luar biasa, produk ini dapat aktif selama 40 jam hanya dengan waktu pengisian 5 menit saja! Memiliki desain earcup dengan bantalan empuk, telinga Anda tidak akan sakit meski menggunakan headphone ini dalam waktu lama.

9. Sony MDR-ZX770BN

Sony MDR-ZX770BN
Produk Sony MDR-ZX770BN

Unit driver berukuran 40 milimeter membuat Sony MDR-ZX770BN mengeluarkan suara bass yang memukau. Apabila Anda menyukai kegiatan gaming tipe perang, cobalah rasakan sensasi mengagumkan bermain game dengan headphone satu ini.

Lengkap dengan bekalan noise cancelling-nya, katakan selamat tinggal apda suara-suara yang mengganggu dan datang dari luar. Selain maksimal dalam menyajikan performa suara ketika bermain game, tentu saja kenikmatan lebih akan Anda raih saat mendengar kan musik favorit.

10. AKG Y50BT

AKG Y50BT
Produk AKG Y50BT

AKG Y50BT adalah bluetooth headphone tipe on-oear yang dapat mengurangi kebisingan suara dari luar. Desain on-ear yang bisa diputar menjadikan produk ini tampak unik sekaligus penuh gaya. Buat Anda yang mencari headphone dengan kualitas suara baik, pilihlah produk ini.

Menurut klaimnya, AKG Y50BT kompatibel dengan berbagai macam smartphone meski memiliki codec yang berbeda. Jika ingin memakai headphone dengan kualitas suara lebih baik serta usia baterai lebih lama, Anda dapat menggunakannya dengan kabel inline sepanjang 1,2 meter yang disediakan.

Rekomendasi Lainnya : 10 Earphone Bluetooth Terbaik

Kesimpulan

Bluetooth headphone kini sudah ada di tangan Anda. Berbagai kegiatan hiburan yang Anda jalani pun akan terasa lebih menyenangkan. Jika ingin menggunakan headphone di rumah, lebih baik Anda memakai produk dengan fitur noise cancelling yang tidak terlalu besar serta memiliki housing tipe open. Akan tetapi, semisal Anda juga kerap menggunakannya di luar rumah, akan lebih ideal untuk memilih bluetooth headphone tipe closed housing.

Write A Comment

/* */