CEKLIST.ID – Selain memperhatikan kenyamanan, orang tua juga perlu bijak dalam mengeluarkan anggaran terhadap produk-produk yang digunakan oleh si kecil, salah satunya adalah pemakaian popok. Jika selama ini rata-rata orang tua menggunakan bayinya dengan popok sekali pakai, kehadiran popok kain menjadi kabar bahagia untuk para orang tua di luar sana.

Popok kain atau clodi (cloth diaper) adalah benda esensial alternatif dapat dipakai layaknya popok sekali pakai. Berbagai merek seperti Babyland, Ecobum, Moo Moo, dan Kangacare menciptakan popok kain untuk kebutuhan orang tua. Apabila Anda berencana untuk memulai memakaikan buah hati popok kain, kami akan ulas tips memilih beserta memberi rekomendasi produk terbaiknya di sini.

Clodi Popok Kain Terbaik
Gambar Ilustrasi Clodi Popok Kain / Sheknows

Cara memilih clodi (popok kain) yang Bagus

Jika dibandingkan popok sekali pakai, popok kain dapat bertahan lebih lama. Biasanya bayi perlu mengganti popok sebanyak 5 – 15 kali dalam sehari, tergantung dari usia dan kondisi lainnya. Walaupun popok sekali pakai termasuk murah per potongnya, akan tetapi Anda bisa lebih hemat biaya sekaligus membantu menjaga lingkungan apabila menggunakan popok kain.

Hanya saja, Anda perlu menyiapkan popok kain dalam jumlah cukup banyak, yaitu sekitar 30 – 40-an cadangan untuk dipakai bergantian. Ada banyak macam clodi termasuk bahan pembuatnya. Agar Anda bisa menentukan produk seperti apa yang ingin dipakaikan pada buah hati, sebaiknya Anda pahami jenis-jenis popok kain dan bahan pembuatnya terlebih dahulu.

1. Pilih popok kain berdasarkan jenisnya

Hal mendasar yang harus Anda ketahui adalah jenis-jenis dari popok kain. Terbagi menjadi tiga, yaitu prefold diaper, insert diaper, dan popok kain yang bisa langsung pakai. Bicara kepraktisan, tentu saja popok kain yang langsung pakai lebih pemenangnya, Akan tetapi, bukan berarti jenis lainnya tak kalah baik. Lantas, seperti apa perbedaan lebih lanjut dari masing-masing jenis popok kain ini? Poin-poin berikut akan menjelaskannya!

# Prefold Diaper

Popok ini mempunyai bentuk persegi panjang, terbuat dari kain yang mudah dilipat, dan pemakaiannya cukup mudah karena bisa mengikuti tubuh bayi Anda. Dibandingkan  dahulu, prefold diaper kini hadir dalam kondisi sudah terjahit dan siap pakai.

Pemakaiannya tergolong susah-susah gampang dan membutuhkan waktu serta upaya untuk melipatnya. Namun jenis ini fleksibel untuk anak bayi laki-laki maupun perempuan sehingga bisa disesuaikan dengan pertumbuhan bayi.

# Insert Diaper

Berbentuk seperti lapisan pad yang pemakaiannya sangatlah mudah. Tipe ini dipasang pada diaper cover, entahkah itu prefold diaper atau diaper cover lainnya. Insert diaper terbuat dari kain yang mampu menyerap air dengan sangat baik sebab terdiri dari beberapa lapisan.

Jika dibandingkan tipe sebelumnya, popok jenis ini lebih mudah penggunaannya, Anda tak perlu melipat popok dan tipe ini juga lebih mudah dijemur. Hanya saja, ukurannya yang cukup tebal membuat proses  pengeringannya cukup lama.

# Langsung Pakai

Popok kain yang dirancang semacam ini sangatlah memudahkan Anda, terutama yang memiliki banyak pekerjaan rumah atau lain sebagainya. Pemakaiannya pun termasuk mandiri atau dengan kata lain tidak harus menggabungkan insert clodi dengan diaper cover. Popok kain jenis ini dibentuk menyerupai celana dalam sehingga Anda bisa langsung memakaikan pada pantat bayi dengan mudah.

Di samping kepraktisannya, popok kain tipe ini dipasarkan dengan harga jual yang lebih tinggi. Terlebih jika bahan insert yang dijahit pada diaper cover-nya lebih tebal, maka nilai pasarannya pun semakin tinggi, bahkan bisa mencapai ratusan ribu. Anda mungkin perlu menimbang kembali perihal harga dari setiap produk sebelum menyediakan stok lebih banyak sebagai persediaan.

2. Pilih berdasarkan bahan pembuatnya

Daya serap adalah aspek utama yang harus diperhatikan. Aspek tersebut sangatlah tergantung pada bahan dasar yang digunakan untuk membuat popok kain. Beberapa macam kain memiliki kelembutan, daya serap, dan tingkat breathability yang berbeda. Dengan kata lain, kenyamanan yang dimiliki oleh masing-masing kain bergantung pada bahan utama pembuatnya.

# Bahan Katun

Bahan katun sangat sering dipakai karena memiliki sifat yang lembut dan nyaman di kulit. Meskipun lembut, kain katun termasuk kuat sehingga dapat dicuci berkali-kali. Bahan katun tidak termasuk tahan terhadap air sehingga perlu dipakai berlapis. Tapi Anda bisa tak perlu memikirkan hal tersebut berlebihan sebab katun lebih ekonomis dari segi harga.

# Bahan Serat Sintetis

Apabila Anda ingin membawa anak bepergian, gunakanlah popok kain dari bahan serat sintetis. Jenis bahan ini lebih tebal sehingga daya serap airnya sangat tinggi. Sirkulasi udara di area pantat bayi pada bahan popok ini termasuk baik. Meski demikian, anak Anda mungkin tidak nyaman karena sulit bergerak akibat bahannya yang tebal. Jadi, lebih baik lihat reaksi bayi Anda terlebih dahulu sebelum memakaikannya.

 # Bahan Serat Bambu

Tingkat kelembutan popok bayi dari kain serat bambu sangat halus dan lembut layaknya sutra. Daya serap yang tinggi merupakan kelebihan utama dari bahan ini. Di samping itu, sifat dasar serat bambu yang memiliki antibakteri dan deodoran alami juga membantu bayi terasa nyaman tanpa diganggu aroma pesing pada ppok. Hanya saja, bahan ini perlu waktu lebih lama untuk kering dan harganya pun teramsuk mahal.

# Bahan Rami (Hemp)

Kain rami merupakan campuran dari 55% serat rami dan 45% bahan katun. Hasilnya, kain popok bertekstur sangat lembut dan mempuynai daya serap tinggi jika dibandingkan bahan kain lainnya. Bahan rami biasa digunakan untuk membuat popok kain jenis insert. Anda bisa membawa insert diaper dari bahan rami saat bepergian ataupun dipakaikan ketika anak tidur di malam hari.

10 Rekomendasi clodi (popok kain) terbaik

Kami yakin Anda sudah paham tentang jenis-jenis clodi dan material kain yang digunakan. Selanjutnya, di bawah ini ceklist.id berikan sepuluh popok kain terbaik berjenis prefold, insert, dan langsung pakai yang terbuat dari beragam bahan kain seperti penjelasan sebelumnya. Belilah beberapa dengan mengombinasikan jenis dan bahannya, ya!

1. Ecobum Prefold Diaper

Ecobum Prefold Diaper
Produk Ecobum Prefold Diaper

Prefold diaper dari Ecobum terbuat dari 100% katun alami yang sangat lembut, tidak memicu alergi, dan tidak mudah bau pesing. Diaper ini termasuk mudah digunakan. Anda dapat memakaikannya sebagai insert dengan cover atau dijadikan alas ompol.

Hanya saja, produk ini tidak dibekali lapisan waterproof. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena Ecobum menjamin popok kain ini memiliki ketahanan menyerap air yang tinggi sehingga Anda tidak harus mengganti popok terlalu sering dalam sehari.

2. Gee Gallery T-Dipe Size 2

Gee Gallery T-Dipe Size 2
Produk Gee Gallery T-Dipe Size 2

Tipe popok yang langsung pakai dihadirkan untuk memudahkan orang tua dalam mengganti popok. Anda dapat mencoba Gee Gallery T-Dipe Size 2 yang bukan hanya berguna sebagai popok, tetapi juga celana toilet training untuk bayi Anda. Untuk hasil lebih maksimal, tambahkanlah beberapa lapis insert pada clodi ini.

Jika ingin melatih anak memakai toilet, Anda hanya perlu memberi satu lapis insert pada popok ini. Di samping itu, produk ini juga memungkinkan anak batita belajar berjalan. Pada saat pembelian, Anda akan memperoleh clodi  siap pakai dan dua insert tambahan dari bahan microfiber dan microfleece.

3. Babyland Insert Bamboo

Babyland Insert Bamboo
Produk Babyland Insert Bamboo

Babyland Insert Bamboo adalah pad lapisan popok yang dapat dipasangkan pada berbagai merek clodi cover, baik yang berbentuk pocket ataupun cover biasa. Diciptakan dari kombinasi bahan 3 lapis microfiver dan 2 lapis serat bambu bukan hanya membuat produk ini tahan hingga 6-7 kali menahan pipis.

Berkat campuran bahan tadi insert diaper ini pun menjadi lebih mudah kering. Anda bisa mengandalkan Babyland Insert Bamboo sebagai diaper yang nyaman bagi anak Anda ketika tidur di malam hari. Namun ingat, saat Anda mencuci lapisan diaper ini, pastikan bersih sehingga tidak menyisakan residu.

4. FuzziBunz – One Size Pocket Diapers

FuzziBunz – One Size Pocket Diapers
Produk FuzziBunz – One Size Pocket Diapers

Produk ini dibandrol dengan kisaran harga ratusan ribu ke atas. Memang tergolong mahal, tapi worth it dengan kualitas yang diberikan. FuzziBuns merancang popok kain ini dengan ukuran one-size sehingga mampu menyesuaikan setiap ukuran bayi.

Didesain secara minimalis dengan satu kancing, Anda pun tidak perlu mengancingkan pada kedua sisi yang umum dimiliki oleh produk serupa. Karet elastis pada popok ini diletakkan di dalam sehingga tidak merusak penampilan luarnya, sangat cocok untuk Anda yang menyukai kesederhanaan.

5. Moo Moo Kow Cloth Diaper One Size Aplix

Moo Moo Kow Cloth Diaper One Size Aplix
Produk Moo Moo Kow Cloth Diaper One Size Aplix

Clodi berikut ini dirancang dengan ukuran lebih besar sehingga pemakainnya dapat disesuaikan mulai dari bayi baru lahir hingga usianya menginjak 2 tahun ke atas. Rasanya Anda tidak akan menyesal meskipun awalnya mengeluarkan kocek cukup besar untuk membeli produk ini.

Agar bisa menyantol pada pantat bayi dengan baik, Moo Moo Kow mendesain kancing dua ukuran yang bisa disesuaikan dengan ukuran pantat bayi. Popok ini memiliki insert microfiver yang terdiri dari ukuran bayi dan batita. Setiap insert diaper-nya dapat dipasang dengan mudah.

6. Kangacare Rumparooz One Size Pocket Cloth Diaper

Kangacare Rumparooz One Size Pocket Cloth Diaper
Produk Kangacare Rumparooz One Size Pocket Cloth Diaper

Kulit bayi Anda yang sensitif tidak akan mengalami masalah iritasi ketika mengenakan popok ini. Alasannya, Kangacare menerapkan kain berlapiskan TPU bebas kimia yang terbukti aman untuk kulit bayi sebagia outer-nya. Dilengkapi double gusset, popok ini dapat mencegah kebocoran pipis ataupun kotoran.

Berkaat double gusset-nya, popok ini dapat menjaga paha ataupun atas bokong bayi dari kebocoran sehingga dirinya pun nyaman selama pemakaian. Popok kain berikut disertai 2 insert dari bahan microfiber yng dapat disesuaikan dengan jenis kelamin bayi, lho!

7. Enphilia Cili Popo Cotton Prefold Diaper

Enphilia Cili Popo Cotton Prefold Diaper
Produk Enphilia Cili Popo Cotton Prefold Diaper

Jika tidak sedang mengadakan perjalanan, Anda lebih baik memberikan anak popok bayi kain katun dari Enphilia berikut ini. Berjenis prefold diaper, Anda bisa mengatur tingkat ketebalannya. Sebenarnya, dengan popok ini Anda tidak harus mengatur jumlah lipatannya.

Mengapa demikian? Sebab Cili Popo Cotton Prefold Diaper secara keseluruhan terbagi menjadi 3 bagian, yaitu 2 lapisan pada sisi kanan dan kiri dan 4 lapisan pada bagian tengah. Dengan begitu, clodi satu ini benar-benar berkemampuan baik daya serapnya.

8. Ecobum Snap Cloth Diaper

Ecobum Snap Cloth Diaper
Produk Ecobum Snap Cloth Diaper

Anda mencari diaper cover yang juga bisa diatur menjadi pocket diaper? Ecobum Snap Cloth Diaper pilihannya. Produk ini mempunyai ketinggian dan lingkar paha yang dapat diatur dengan snap sehingga kekencangannya akan pas guna memastikan bayi nyaman memakainya.

Ecobum Snap Cloth Diaper diciptakan dari bahan utama hemp yang menggabungkan 55% kain rami dan 45% katun organik. Alhasil, produk ini terjamin lembut di kulit karena mempunyai tekstur yang halus. Selain unggul dalam daya serap, produk ini juga hadir dengan banyak pilihan warna.

9. Enphilia Mini Clodi

Enphilia Mini Clodi
Produk Enphilia Mini Clodi

Jika Anda membutuhkan popok kain langsung pakai yang ekonomis, tentulah kami sangat merekomendasikan produk ini. Terdiri dari 2 lapis bahan microfleece, produk ini mempunyai ketahanan menyerap pipis dan kotoran  hingga beberapa kali.

Kain super lembutnya menjamin bayi yang berkulit sensitif akan nyaman dan terhindar dari iritasi ketika pemakaian. Produk ini tidak disertai lapisan waterproof, tetapi ketika penuh popok ini hanya rembes sedikit saja. Ketika ingin mengganti popok karena sudah menampung banyak kotoran, Anda bisa mencuci dan mengeringkannya dengan cepat!

  1. Pempem! Cloth Diaper
Pempem! Cloth Diaper
Produk Pempem! Cloth Diaper

Pempem! adalah produsen kebutuhan bayi asal Indonesia. Bila Anda ingin menjajal produk dalam negeri, popok kain dari Pempem! layak dipilih. Cloth diaper satu ini menerapkan campuran bahan serat bambu dan katun dengan rasio persentase 75% dan 25% untuk masing-masingnya.

Pada bagian outer-nya, Pempem! Cloth Diaper tidaklah kaku sehingga tidak mengganggu pergerakan kaki bayi. Di sisi lain, pppok ini juga dilengkapi lapisan luar yang tahan air sehingga membuat clodi tetap kering demi menjaga kenyamanan bayi Anda.

Rekomendasi Lainnya : 10 Kelambu Bayi Terbaik

Kesimpulan

Itu dia beberapa merek clodi atau popok kain terbaik yang dapat Anda pilih salah satunya. Jika Anda belum tahu cara memakai popok kain berjenis prefold ataupun insert, lebih baik Anda melihat panduannya di YouTube. Kami tidak memberikan panduan tertulis sebab Anda akan sulit mendapatkan gambaran visualnya, terutama ketika memasangkan insert clodi pada cover-nya.

Write A Comment

/* */