CEKLIST.ID – Agar tampilan bulu mata semakin lentik, Anda dapat menggunakan alat pelentik bulu mata. Bentuknya adalah penjepit yang pada satu sisi terdapat karet untuk menjepit bulu mata. Pastikan untuk memilih produk yang peduli akan kualitas tanpa menimbulkan ketidaknyamanan saat penggunaannya. Di samping itu, pilih juga produk pelentik bulu mata yang dikeluarkan oleh produsen berpengalaman.

Ada alat untuk melentikkan bulu mata secara menyeluruh hingga sebagian demi sebagian. Anda harus menyesuaikan bentuk kelopak dan garis mata dengan produk yang ingin digunakan untuk hasil maksimal. Oleh karena itu, kami akan bantu Anda menemukan pelentik bulu mata terbaik. Sebelumnya, kami akan mengulas cara memilihnya di bawah ini!

Alat Pelentik Bulu Mata Terbaik
Gambar Ilustrasi Alat Pelentik Bulu Mata / TheSun

Cara Memilih Pelentik Bulu Mata yang Bagus

Barang esensial untuk melentikkan bulu mata ini dapat Anda beli dengan mudah. Di toko-toko kosmetik mudah dijumpai produk penjepit bulu mata. Hanya saja, tidak semua produk baik atau cocok sebab setiap wanita memiliki bentuk dan ketebalan kelopak mata yang berbeda-beda.

Kenyamanan adalah aspek yang utama di sini. Selain itu, memastikan produk yang dipilih tidak menyebabkan kerontokan bulu mata juga sangat penting diperhatikan. Karena itulah akan lebih baik Anda melihat terlebih dahulu macam-macam pelentik bulu mata serta karakteristik produk yang tepat itu yang seperti apa. Simak ulasannya berikut ini!

1. Pilihlah yang jenisnya sesuai dengan kelopak dan bentuk mata

Dari tampilannya mungkin Anda akan sulit membedakan, tapi ketika digunakan barulah terasa perbedaan antara satu produk penjepit dengan produk lainnya. Setidaknya, pelentik bulu mata dibagi menjadi 3 macam, yakni jenis klasik tanpa pegas, jenis pegas, dan jenis pelentik berukuran mini yang bekerja melentikkan secara bertahap dan tidak langsung menyeluruh.

  • Pelentik bulu mata klasik. Dapat digunakan untuk semua jenis kelopak mata, baik double lid, monolid, atau hooded. Apabila Anda memiliki lipatan kelopak mata tipis, gunakanlah jenis pelentik klasik yang tidak begitu lengkung. Orang dengan lipatan kelopak dalam disarankan memakai yang melengkung dan tipe reguler untuk Anda yang tidak memiliki lipatan kelopak.
  • Pelentik dengan pegas. Penggunaannya tidak memerlukan tenaga lebih sehingga lebih mudah. Akan tetapi, pelentik jenis ini memiliki pegas yang terkadang menjepit terlalu kuat sehingga dapat merontokkan bulu mata ketika ditarik ke atas. Berhati-hatilah memilih curler jenis pegas sebab Anda harus mengatur tenaga dengan tepat untuk menjamin hasil yang memuaskan.
  • Pelentik mini. Untuk Anda yang berkelopak mata monolid atau tidak memiliki lipatan, lebih mudah melentikkan bulu mata dengan pelentik mini. Anda yang mempunyai kelopak mata bentuk lain juga tetap bisa memakainya karena jenis pelentik mini bekerja secara bertahap melentikkan bagian bulu mata sedikit demi sedikit.

2. Pilih yang tidak membuat bulu mata rontok dan patah

Perlakuan melentikkan bulu mata dengan penjepit sangat rentan membuat bulu mata rontok dan patah, terlebih jika produk yang digunakan benar-benar jauh dari karakteristik kelopak maupun bulu mata Anda. Oleh sebab itu, pilihlah penjepit yang bagian utamanya terbuka lebar sehingga dapat menjepit dan memberi lengkungan yang merata.

Bantalan karet juga menjadi komponen yang mesti diperhatikan. Bantalan karet yang keras dan kaku lebih direkomendasikan karena lebih kuat daya cengkeramnya. Apabila Anda tidak ingin mengeluarkan tenaga lebih untuk menahan jepitan, carilah penjepit yang dibekali bantalan karet keras atau kaku. Sementara yang lembut (soft rubber) biasanya lebih sulit mengangkat bulu mata.

3. Hindari bagian penjepit dari logam untuk Anda yang alergi logam

Logam atau stainless steel adalah bahan yang biasa dipakai untuk merancang alat pelentik bulu mata. Namun, sebagian orang mempunyai masalah alergi dengan bahan logam. Kelopak matanya bisa timbul ruam ketika memakai penjepit dari bahan logam. Apabila Anda termasuk salah satunya, pilihlah penjepit yang bagian utamanya terbuat dari plastik.

Bagian utama yang dimaksud adalah penjepitnya yang bersentuhan langsung ke kelopak dan garis mata. Pilihlah bahan plastik yang berkualitas dan tidak mudah kotor atau menguning. Yang lebih penting lagi, produk tersebut juga mudah dibersihkan sehingga terjaga kehigienisannya setiap kali ingin digunakan.

4. Ketahui kapan harus mengganti karet bantalannya

Karet yang berperan sebagai bantalan pada penjepit bisa menipis apabila sering dipakai. Meski rata-rata bantalan karet tahan hingga beberapa bulan, sebaiknya Anda ganti ketika dirasa sudah mengendur, kempes, atau tidak maksimal lagi dalam menahan bulu mata ketika ingin diangkat.

Selain bantalan karet, kepekaan Anda juga diperlukan dalam memperhatikan pelentik bulu mata secara menyeluruh. Setiap produk memiliki usia pemakaian yang berbeda. Apabila pelentik milik Anda tidak memberikan perbedaan seperti awal-awal produk baru dibeli, maka jangan tunggu waktu lama untuk menggantinya.

10 Rekomendasi pelentik bulu mata terbaik

Sesudah memahami poin-poin penting dalam memilih pelentik bulu mata, berikut ini ceklist.id rekomendasikan pelentik bulu mata terbaik untuk Anda. Pilihlah yang lebar dan bentuk penjepitnya sesuai dengan jenis kelopak mata Anda. Jika Anda tidak masalah memerlukan waktu lebih lama, lebih baik memilih yang berukuran mini. Kami ucapkan selamat memilih!

1. Tammia Eyelash Curler

Tammia Eyelash Curler
Tammia Eyelash Curler

Tammia Eyelash Curler adalah pelentik bulu mata premium yang sudah dipakai oleh banyak beauty vlogger. Anda dapat melihat review dari pengguna produk ini dengan mudah, baik melalui artikel-artikel yang diterbitkan di blog atau di beberapa kanal YouTube.

Tammia Eyelash Curler mudah dicari dengan harga jual yang terjangkau. Produk ini memiliki bantalan karet atau rubber yang berkualitas dan kukuh. Permukaan karetnya juga lembut sehingga tidak merusak bulu mata. Selain warna hitam, eyelash curler ini juga tersedia pilihan warna hitam, silver, rose gold, dan pink.

2. Etude House Eyelash Curler

Etude House Eyelash Curler
Etude House Eyelash Curler

Meski dikenal akan produk-produk yang unggul dan bermutu, Etude House merilis pelentik bulu mata dengan nilai ekonomis. Anda bisa mengganti alat ini lebih sering ketika fungsinya sudah menurun tanpa khawatir membebani anggaran bulanan Anda.

Etude House Eyelash Curler mudah dibersihkan karena dirancang dari bahan dasar stainless steel. Bentuknya yang sederhana dan berjenis klasik ideal dipakai melentikkan segala jenis bentuk kelopak mata. Meski begitu, lebih disarankan untuk menggunakannya pada kelopak mata monolid sebab curve-nya yang tidak terlalu melengkung.

3. Nature Republic Nature’s Deco Eyelash Curler

Nature Republic Natures Deco Eyelash Curler
Nature Republic Natures Deco Eyelash Curler

Dua lubang untuk meletakkan jari dari pelentik bulu mata ini cukup ergonomis sehingga nyaman pula selama pemakaian. Nature Republic, yang juga terkenal akan soothing gel lidah buayanya, menarakan produk pelentik best selelr di kelasnya.

Perpaduan warna hitam dan bantalan karet berwarna oranye menjadi ciri khas yang memudahkan Anda mengenali produknya. Produk asal Korea ini dapat membantu menaikkan bulu mata lebih mudah, bahkan tanpa bantuan maskara sekalipun.

4. Shiseido Eyelash Curler

Shiseido Eyelash Curler
Shiseido Eyelash Curler

Jangan samakan Shiseido Eyelash Curler dengan produk serupa keluaran brand lain. Pelentik bulu mata ini mungkin saja klasik, tetapi bicara performa sangatlah mumpuni. Bentuk curve-nya yang dirancang agar cocok untuk rata-rata mata wanita Asia pastilah cocok untuk Anda.

Bantalan karet produk terbuat dari silikon sehingga fleksibel dan tidak keras maupun sakit ketika menjepit mata. Pelentik ini berdesain cukup lebar dengan kemampuan mencakup bulu mata terkecil sehingga hasilnya semakin merata. Dalam satu paket pembelian Shiseido Eyelash Curler, Anda akan memperoleh 1 bantalan karet pengganti.

5. Shu Uemura S Curler

Shu Uemura S Curler
Shu Uemura S Curler

Pelentik bulu mata dari Shu Uemura sangatlah terkenal di banyak negara. Di Indonesia sendiri, S Curler yang paling laris meskipun tidak dipasarkan dengan harga murah. Alat ini diklaim mampu melentikkan bulu mata per bagiannya secara presisi.

Anda yang memiliki mat kecil juga akan merasakan hasil akhir luar biasa setelah pemakaian. Bagian penjepit yang didesain kecil dengan bagian sisi terbuka akan menghindari risiko bulu mata rontok maupun rasa sakit ketika digunakan untuk menjepit. Meski tidak dilengkapi refill pad, alat ini ideal Anda bawa kemana pun untuk dipakai pada saat-saat tertentu.

6. Shu Uemura Eyelash Curler

Shu Uemura Eyelash Curler
Shu Uemura Eyelash Curler

Shu Uemura Eyelash Curler juga termasuk salah satu yang digemari banyak perempuan. Walau terbuat dari stainless steel, produk ini cukup ringan, Anda tidak akan terbebani saat memberi perlakuan pada bulu mata. Di bagian bantalan karetnya, Shu Uemura tidak hanya menggunakan bahan dasar silikon padat.

Lebih dari itu, bantalan karetnya memiliki rancangan bentuk mushroom-shaped sehingga mampu menghasilkan lengkungan alami dan tahan lama meski tidak disertai dengan pengaplikasian maskara. Berbeda dengan seri sebelumnya, Shu Uemura Eyelash Curler menyediakan 1 silikon karet pengganti. Silakan dipertimbangkan!

7. Masami Shouko Eyelash Curler

Masami Shouko Eyelash Curler
Masami Shouko Eyelash Curler

Ini merupakan alternatif produk pelentik bulu mata alternatif yang lebih terjangkau. Masami berani mengklaim alat rancangannya ini bukan hanya mudah dan nyaman digunakan, tetapi juga dapat menciptakan efek lentik yang tahan lama hanya dalam 2 – 3 kali penjepitan.

Tidak butuh waktu lama bagi Anda mendapatkan hasil bulu mata lentik sesuai keinginan. Sangat cocok untuk Anda yang rutinitasnya cukup padat setiap hari! Selain itu, pelentik bulu mata ini juga menyediakan 1 refill pad pada paket kemasannya. Bagi yang pemula, kami pun menyarankan Anda menggunakan produk ini.

8. Sembem Eyelash Curler

Sembem Eyelash Curler
Sembem Eyelash Curler

Bahan stainless steel tanpa nikel pada Sembem Eyelash Curler mungkin cocok untuk Anda yang memiliki alergi dengan logam. Selain mengutamakan material bahan yang bisa dipakai setiap orang, produsen juga melapisi bagian gagangnya dengan plastik lembut sehingga tidak tangan tidak mudah tergelincir.

Sembem menawarkan produk ini beserta 2 bantalan karet yang salah satunya bisa dijadikan cadangan. Dengan adanya karet cadangan tersebut, Anda dapat mengatur keuangan lebih mudah. Di samping itu, pelentik bulu mata ini juga tergolong unik sehingga memberi perasaan senang saat Anda menggunakannya.

9. NYX Professional Eyelash Curler

NYX Professional Eyelash Curler
NYX Professional Eyelash Curler

Gunakanlah pelentik bulu mata ini bagi Anda yang ingin memperoleh bulu mata lentik dan terangkat dengan indah. Produk berikut bisa dibeli dengan mudah, baik secara online ataupun offline. Jika membelinya secara online, pastikan Anda tidak terkecoh dengan barang palsu.

Untuk mengetahuinya, perhatikanlah bagain curve-nya. NYX Professional Eyelash Curler mempunyai bentuk curve yang tidak begitu melengkung sehingga cocok untuk kelopak mata yang tipis. Karet bantalannya juga empuk namun tetap mampu mengangkat dan melentikkan bulu mata tanpa menyebabkan patah.

10. Oriflame The ONE Eyelash Curler

Oriflame The ONE Eyelash Curler
Oriflame The ONE Eyelash Curler

Aksen warna ungu yang terdapat pada lubang gagang penjepit dan bantalan karet dari produk ini menjadikannya terlihat imut dan menggemaskan. Meski tampak imut, Oriflame menjamin produk keluarannya ini kukuh, baik dari segi ketahanan usia pemakaian maupun performa.

Lubang penjepit pada pelentik bulu mata ini juga tidak licin sehingga Anda bisa memegangnya lebih stabil agar bisa fokus dalam proses pelentikan. Hal ini dikarenakan Oriflame menggunakan aksen plastik pada gagangnya. Kemudian, bentuk curve-nya juga cukup lebar sehingga dapat menjangkau bulu mata sekaligus.

Rekomendasi Lainnya : Review 10 Maskara Waterproof Terbaik

Kesimpulan

Kami sudah menjelaskan cara memilih pelentik bulu mata sekaligus menguraikan sepuluh produk terbaiknya untuk Anda jadikan referensi. Produk yang Anda beli akan membawa hasil perlakuan yang memuaskan bila Anda benar dalam pelaksanaannya.

Agar tidak melakukan rias mata dua kali, gunakanlah pelentik bulu mata sebelum pengaplikasian maskara. Hal ini dapat menghindari maskara dari penggumpalan. Saat penggunaannya pun, lakukanlah dari bagian terdalam bulu, kemudian ke tengah, dan pada bagian terdepan semakin pelan jepitannya sehingga tidak memicu kerontokan.

Write A Comment

/* */