CEKLIST.ID – Rak bunga bukan hanya berfungsi sebagai tempat menata tanaman bunga kepunyaan Anda. Lebih dari itu, rak bunga juga berperan sebagai dekorasi untuk ruangan interior ataupun eksterior rumah Anda. Hanya saja, material yang digunakan pada setiap produk menentukan tempat peletakannya.

Apabila Anda berencana untuk menata tanaman menggunakan rak bunga, belilah produk yang tepat. Sebelum melangkah ke toko untuk membelinya, kami akan jelas dulu bagaimana memilih rak bunga yang benar. Setelah itu, kami juga menampilkan rekomendasi produk sebagai rujukan bagi Anda yang ingin membelinya. Mari kita mulai pembahasannya!

Cara Memilih Rak Bunga Minimalis yang Bagus

Rak Bunga Terbaik Minimalis
Gambar Ilustrasi Rak Bunga Minimalis

Rak bunga atau flower stand merujuk pada tempat untuk menaruh tanaman dalam pot, entahkah berukuran kecil atau besar. Setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan, terutama dari segi material. Bagi Anda yang belum mendapatkan gambaran produk seperti bagaimana yang cocok untuk Anda, simak terlebih dahulu tips memilihnya berikut ini.

1. Material yang digunakan memengaruhi tampilan dan ketahanannya

Pada umumnya, produsen merancang rak bunga dari tiga material utama, yakni besi, plastik, dan kayu atau rotan. Setiap material mempunyai desain tampilan yang beragam. Rak bunga dari bahan besi lebih banyak dikreasikan dengan bentuk-bentuk menarik, seperti aksen berupa ukiran bunga, daun, atau lengkungan besi yang menjadikan tampilannya lebih dinamis.

Akan tetapi, material besi lebih mudah berkarat apabila Anda taruh di luar ruangan. Sementara jika di dalam ruangan, kaki besinya bisa menggores lantai keramik. Kemudian, untuk rak bunga yang bermaterialkan plastik umumnya memiliki banyak pilihan warna dan tampilan. Ketahanannya mungkin tidak sebaik besi, namun material palstik lebih tahan terhadap air dan tidak merusak keramik.

Terakhir, material kayu yang digunakan untuk membuat rak bunga umumnya lebih tahan lama. Anda bisa menempatkan pot berukuran besar pada rak bunga kayu. Hanya saja, bahan kayu lebih mudah lapuk ketika sering terkena embun atau basahan hujan. Di sisi lain, rak bunga dari rotan tidak sekuat kayu, tapi lebih ringan dan tampilannya sangat alami.

2. Pilih berdasarkan model dan lokasi peletakannya

Setelah mempertimbangkan material dari rak bunga, hal berikutnya yang juga penting diperhatikan adalah bentuk atau model dari rak bunga pilihan Anda. Pertama-tama, tentukan dulu di mana Anda akan menaruh rak tersebut. Jika lokasi peletakannya sempit, kami sarankan Anda memilih rak bunga bertipe flat dan tidak terlalu lebar.

Setiap rak bunga memiliki lebar dan panjang yang berbeda-beda. Rak bunga yang ringkas dan ramping lebih ideal ditempatkan pada beranda atau balkon yang sempit. Sementara rak bunga model bertingkat biasanya lebih besar dan lebar. Tipe seperti ini umumnya lebih memungkinkan Anda dalam menampung banyak pot tanaman.

Namun, produk bertingkat juga memerukan lokasi penempatan yang cukup luas. Hal ini perlu Anda pertimbangkan juga pastinya. Jika Anda memiliki ruangan yang cukup luas, rak bunga tipe bertingkat akan menjadi dekorasi ruangan yang menarik karena memiliki volume dan tampilan yang menambah keindahan ruangan.

3. Pilih berdasarkan ukuran pot-pot tanaman Anda

Material yang dimiliki oleh setiap produk dapat menampung beban dengan batas-batas tertentu. Pada produk berbahan kayu misalnya, rak bunga semacam ini lebih tahan menahan bobot pot tanaman hingga beberapa kilogram. Tingkat kepadatan kayu memungkinkan hal tersebut, tetapi tidak untuk bahan rotan. Meski sama-sama dari kayu, rotan tidak mampu menampun berat pot berlebih.

Akan tetapi, bila pot tanaman Anda didominasi oleh ukuran sedang, Anda menaruhnya di rak berbahan besi. Pilihlah produk yang memiliki rangka besi cukup banyak sehingga kukuh saat dibebani pot tanamn Anda. Terakhir, bagi Anda yang mempunyai pot tanaman berukuran kecil, rak dari plastik sangat direkomendasikan.

Rak bunga dari bahan plastik menonjolkan kesan minimalis pada ruangan. Sesuaikan warna rak dengan warna dasar pot agar selaras. Jika Anda membeli rak bunga plastik, upayakan agar rutin membersihkannya. Kemudian, pastikan juga untuk tidak sesekali menaruh pot berukuran besar karena bisa membuatnya penyok, bengkok, atau bahkan patah.

10 Rak Bunga Minimalis Terbaik

Setelah memahami bagian sebelumnya, sudahkah Anda mendapatkan bayangan produk rak seperti apa yang tepat untuk menata pot-pot tanaman bunga Anda? Pada bagian ini, ceklist.id akan memberikan review sepuluh rak bunga minimalis terbaik mulai dari brand ternama IKEA hingga produsen yang ikut memproduksi rak bunga di Indonesia dengan desainnya yang menarik. Selamat memilih!

1. Clover Rak Tanaman Plastik

Clover Rak Tanaman Plastik
Gambar Clover Rak Tanaman Plastik

Clover Rak Tanaman Plastik mempunyai bentuk bertingkat seperti tangga mini. Terbuat dari plastik, rak ini fleksibel penempatannya, baik untuk di dalam maupun luar ruangan. Dengan warna cokelat muda, pot yang diletakkan akan menyatu dan menghadirkan kesan alami pada ruangan.

Rak bunga ini memiliki tiga tingkatan yang pada setiap tingkatnya dapat digunakan untuk menyusun 2 – 3 pot tanaman. Setiap tingkatnya juga diberikan lubang-lubang persegi panjang sebagai aksen tambahan. Dengan produk ini, Anda bisa menghemat uang juga karena produk yang tahan lama dan antijamur.

2. Rak Bunga Model Sepeda

Rak Bunga Model Sepeda
Gambar Rak Bunga Minimalis Model Sepeda

Rangka besi yang digunakan tidak hanya kukuh, tetapi juga tampak unik. Produsen membentuk model sepeda pada rak ini lengkap dengan kemudi dan dua roda. Bagian sadel digunakan untuk menaruh pot bunga berukuran sedang. Warna putih dominan membuat rak ini selaras pada konsep rumah minimalis dan  futuristik Anda.

Anda bisa meletakkan rak ini di luar maupun dalam ruangan. Jika tiadk ingin menggores lantai, berhati-hatilah ketika ingin memindahkan rak. Di balik desainnya yang imut dan unik, rak bunga ini hanya menyediakan satu tempat untuk menaruh pot. Jadi, pertimbangkan kembali apabila Anda memiliki pot banyak.

3. IKEA LANTLIV Stand Tanaman

IKEA LANTLIV Stand Tanaman
Gambar IKEA LANTLIV Stand Tanaman Minimalis

Kami banyak merekomendasikan rak bunga minimalis keluaran IKEA dalam tulisan ini. Pertama, kami perkenalkan LANTLIV Stand Tanaman untuk Anda. Produk ini terbuat dari kombinasi kayu yang solid sehingga cukup kukuh dalam menahan berat pot tanaman.

Kesan minimalis dan elegan menjadi kelebihan dari produk ini. Apabila Anda menyukai konsep minimalis, produk ini pilihan terbaiknya. Warna putih yang dominan juga masuk ke seluruh warna bunga yang ingin Anda letakkan. Berukuran 74 cm x 32 cm x 68 cm disertai 2 tingkat. memungkinkan Anda menaruh beberapa pot di beranda apartemen atau rumah Anda.

4. Rak Bunga Gantung Minimalis

Rak Bunga Gantung
Gambar Rak Bunga Gantung Minimalis

Untuk Anda yang ingin meletakkan pot bunga tanpa harus memakan banyak tempat, gunakanlah rak bunga minimalis satu ini. Didesain dengan bentuk menggantung, produk ini akan mendekorasi dinding atas rumah Anda. Jika tidak ingin digantung, Anda pun bisa meletakkan di lantai atau beranda rumah.

Kami lebih menyarankan agar Anda menaruhnya di dinding karena kesan tenang yang dihadirkan bisa terasa lebih maksimal. Produk ini memiliki tiga area peletakkan pot yang tersusun vertikal namun tidak beraturan. Anda bisa menaruh pot tanaman mulai ukuran kecil hingga sedang ke masing-masing area yang disediakan.

5. Wooden Pot Stand

Wooden Pot Stand
Gambar Wooden Pot Stand

Sambutlah tamu Anda dengan kesan hangat dan tenang dengan meletakkan rak bunga ini di beranda rumah. Anda bisa juga memajang pot-pot dengan rak ini untuk ditempatkan di balkon. Produk ini dirakit dari kayu pinus yang tahan lama dan solid. Kekukuhannya tidak perlu diragukan lagi!

Terdapat empat tingkat yang dihitung secara total mampu menampung hingga 9  jumlah pot ukuran kecil. Bagi Anda yang memiliki pot tanaman cukup banyak, pajanglah pot-pot tersebut di atas rak ini. Pastikan Anda mengatur sedemikian rupa dengan memainkan konsep penyerasian warna agar lebih menarik hasilnya.

6. Rak Bunga 5 Tingkat

Rak Bunga 5 Tingkat
Gambar Rak Bunga 5 Tingkat

Rak bunga ini sangat simpel dan ringkas. Bertipe tingkat secara vertikal dengan panjang alas tingkat yang sama besar, Anda bisa menaruh hingga belasan pot tanaman pada rak ini. Bahannya yang dari kayu menambah kesan natural pada dekorasi rumah Anda.

Produk ini dirancang dengan menyediakan 5 tingkat yang setiap tingkatnya bisa menaruh hingga 3 pot berukuran kecil. Berilah jarak agar semakin enak dipandang. Selain menaruh pot, Anda juga bisa meletakkan dekorasi lain untuk memperkaya tampilannya.

7. Rak Bunga 4 Tingkat

Rak Bunga 4 Tingkat
Gambar Rak Bunga 4 Tingkat

Taruhlah rak bunga ini di teras rumah, setiap kali Anda pulang beraktivitas, pot-pot bunga cantik yang tersusun bertingkat akan mengembalikan mood Anda. Apabila Anda mencari rak bunga yang tahan lama, produk ini pilihannya. Dibuat dari material besi dan baja, daya tahannya sangatlah baik.

Produk selebar 50 cm dan setinggi 82 cm ini memiliki 4 tingkat yang berpisah alias tidak sejajar tingkatannya. Anda bisa meletakkan pot tanaman mulai ukuran kecil dan sedang. Untuk tingkatan paling atas, Anda bisa menaruh rak berukuran cukup besar sebagai penyeimbang.

8. IKEA PS 2014 Stand Tanaman Minimalis

IKEA PS 2014 Stand Tanaman
Gambar IKEA PS 2014 Stand Tanaman

Meski hanya mampu menampung tiga pot tanaman berukuran sedang, rak bunga minimalis satu ini benar-benar menyempurnakan kesan minimalis pada rumah Anda. Desainnya yang dibuat seolah melayang memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

IKEA PS 2014 sangat tepat Anda letakkan di berbagai sudut atau permukaan dinding ruangan. Pada lokasi yang sempit hingga luas pun, produk ini akan selaras dan tidak memakan tempat. Meski terbuat dari baja, IKEA telah melengkapi kaki raknya dengan karet sehingga tidak mudah bergeser maupun menggores lantai rumah Anda.

9. IKEA LERBERG Shelf Unit

IKEA LERBERG Shelf Unit
Gambar IKEA LERBERG Shelf Unit

Lebih suka desain yang elegan dan sederhana? IKEA LERBERG Shelf Unit mungkin bakal Anda suka. Rak bunga minimalis dengan empat tingkat ini dapat dipakai untuk menaruh pot berukuran kecil hingga besar. Buatlah susunan yang ideal sehingga layout yang tercipta berhasil memanjakan mata.

Anda bisa menempatkan rak bunga minimalis ini di halaman depan ataupun dalam ruangan Anda. Selain berguna untuk memajang bunga, Anda juga bisa menggunakan rak ini untuk menaruh buku bacaan Anda. Multifungsi dan elegan, apa ada alasan lain Anda menolak produk ini?

10. IKEA ASKHOLMEN Stand Tanaman

IKEA ASKHOLMEN Stand Tanaman
Gambar IKEA ASKHOLMEN Stand Tanaman

IKEA ASKHOLMEN diciptakan untuk mempercantik sudut ruangan Anda. Terbuat dari kayu akasia yang solid, produk ini tahan dari rayap ataupun kelapukan. Warna cokelat yang hangat akan menghadirkan kesan natural pada sudut ruangan rak ini diletakkan.

Berdimensi 45 cm x 29 cm x 116 cm, rak ini tergolong ringan sehingga gampang Anda pindahkan. Terdapat 3 tingkat yang ukurannya semakin mengerucut dari besar ke kecil. IKEA secara khusus mendesain setiap tingkatnya berbeda agar Anda dapat menciptakan layout yang tidak bosan dipandang.

Rekomendasi Lainnya : Review 10 Wallpaper Dinding Terbaik

Kesimpulan

Penting sekali untuk menghitung terlebih dahulu total pot tanaman yang ingin Anda tata pada rak bunga. Dengan begitu, rak yang Anda pilih akan benar-benar sesuai dengan kebutuhan penggunaan. Jika Anda ingin mendekorasi ruangan dengan pot bunga pada rak, aturlah sedemikian rupa sehingga tercipta layout yang menarik dan cocok dengan konsep ruangan.

Walau bagaimana pun, perhatikanlah juga kesehatan tanaman dengan terus merawatnya. Jika tanaman bunga layu, maka keindahan ruangan bakal memudar. Namun, apabil bunga tampak mekar dan indah dibarengi rak peletakkan pot yang warnanya selaras, maka Anda bisa lebih tenang dan senang setiap kali di rumah.

Pengunjung Mencari:

  • rak tanaman type flat

Write A Comment

/* */