CEKLIST.ID – Peran pompa aerator untuk menjaga kebersihan air dalam aquarium sangatlah penting. Jika Anda ingin memelihara ikan hias dalam aquarium, maka pompa aquarium menjadi barang yang tak boleh dilewatkan. Amara, Yamano, Atman, dan Yamano mengembangkan pompa aquarium dengan spesifikasi yang bermacam-macam.

Apabila Anda belum mengetahui bagaimana cara memilihnya, pada artikel ini kami menyajikan panduan memilih pompa aquarium terbaik. Setelah memahaminya, Anda dapat langsung membeli produk berkualitas yang hendak kami rekomendasikan. Jaga kualitas air aquarium agar ikan yang hidup di dalamnya berusia panjang!

Tips dan Cara Memilih Pompa Aquarium yang Bagus

Gambar ilsutrasi Ikan dalam Aquarium / Pompa Aquarium yang Bagus
Gambar ilsutrasi Ikan dalam Aquarium

Dapatkah Anda mengetahui seperti apa pompa aquarium yang paling tepat untuk kebutuhan Anda? Alat perotasi air ini terdiri dari beberapa tipe. Selain itu, ukuran dan performa yang dimiliki oleh masing-masing produk pun berbeda. Supaya tidak keliru, lebih baik Anda baca dulu panduan memilihnya berikut ini.

1. Pahami frekuensi sirkulasi air berdasarkan ukuran aquarium

Idealnya, aquarium harus disaring airnya sebanyak 1 – 2 kali per jam. Akan tetapi, bagi beberapa jenis ikan, seperti ikan karnivora berukuran besar, maka air di dalam aquarium bisa lebih cepat kotor sehingga proses penyaringan pun harus lebih sering. Berlaku pula sebaliknya, apabila Anda memelihara ikan hias berukuran kecil, maka sebaiknya tidak merotasi air terlalu sering.

Untuk memahami lebih jauh perihal ini, Anda harus tahu terlebih dahulu seberaa besar volume aquarium Anda. Setelah mengetahuinya, Anda bisa menggunakan rumus: “Jumlah rotasi/jam = kecepatan aliran air : volume aquarium”. Dengan menggunakan rumus tersebut, Anda akan memperoleh informasi jumlah sirkulasi yang ideal pada aquarium berapa banyak.

2. Pilih berdasarkan lokasi penempatan pompa

Memilih pompa aquarium bukanlah pekerjaan yang mudah. Terutama bagi mereka yang kali pertama membelinya, tentu akan kesulitan dalam menentukan. Alasannya, alat ini terbagi menjadi tiga bentuk atau tipe, yakni tipe yang dipasang di luar aquarium, di dalam aquarium, atau keduanya alias tipe amfibi. Manakah yang paling bagus?

Setiap pompa mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Untuk pompa yang diletakkan di dalam aquarium, pompa ini hanya sedikit mengeluarkan suara sehingga tidak menganggu Anda. Namun, pompa tipe dalam akan lebih sulit dibersihkan karena terkontaminasi kotoran dan sisa makanan.

Sedangkan tipe pompa yang ditaruh di luar aquarium, mungkin takkan terlalu sulit dibersihkan. Hanya saja, Anda perlu menyiapkan tempat khusus untuk meletakkannya. Selain itu, pompa jenis ini juga menghasilkan suara yang cukup mengganggu bagi sebagian orang. Lantas, apakah Anda harus memakai yang tipe amfibi?

Untuk tipe amfibi sendiri sebenarnya sama saja sebab bisa diletakkan di luar maupun di dalam aquarium (versatile). Dengan kata lain, kelebihan dan kekurangannya bergantung pada di mana Anda menempatkannya. Karena itulah, pemilihan pompa berdasarkan tipe ini kembali lagi pada preferensi setiap orang.

3. Pilih produk yang performanya sesuai dengan spesifikasi aquarium

Pompa perlu dirawat secara berkala agar tetap berfungsi dengan baik. Namun, pada saat-saat tertentu, performa pada pompa bisa menurun meskipun Anda rajin merawatnya. Hal ini dikarenakan beban yang dikeluarkan tidak sesuai dengan spesifikasi aquarium. Misalnya, Anda menambahkan perangkat lain ke dalam aquarium, maka sirkulasi air akan terhambat dan membebani pompa.

Oleh karena hal tersebut, Anda perlu memikirkan matang-matang tingkat tenaga motor dalam merotasi air aquarium. Agar tetap maksimal, pilihlah pompa yang dapat fleksibel dengan perangkat tambahan lain. Namun perlu diingat kalau pompa semacam ini dipasarkan dengan harga lebih mahal. Jadi, pertimbangkan pula untuk hal satu ini.

4. Pilihlah sesuai dengan karakteristik hewan di dalam aquarium

Ada ukuran pompa yang kompak untuk aquarium yang kecil dan besar untuk volume aquarium yang juga besar. Selain memperhatikan ukurannya, Anda juga harus menyesuaikan level kekencangan pompa dalam mengaliri air. Karena itulah, Anda harus mengenali karakteristik ikan yang tinggal di dalam aquarium.

Apabila yang Anda pelihara adalah ikan yang biasa hidup di air tenang, maka pompa yang bekerja mengalirkan air terlalu deras bisa membuat ikan-ikan tersebut atau hewan berjenis yang sama menjadi stres. Untuk menyiasatinya, Anda bisa meletakkan batu atau kayu di depan selang sehingga air  akan tertahan sedikit oleh batu atau kayu tersebut.

Review 10 Rekomendasi pompa aquarium terbaik (Terbaru 2020)

Baru saja Anda membaca poin-poin yang perlu dicermati sebelum membeli pompa aquarium. Pada bagian ini, Anda dapat melihat sepuluh pompa aquarium terbaik dari sejumlah merek yang sebagiannya telah ceklist.id sebutkan pada bagian pembuka. Jadi, kami ucapkan selamat memilih!

1. Pompa Aquarium: Amara AA-350

Gambar Pompa Aquarium Amara AA-350
Pompa Amara AA-350

Jika Anda memiliki ikan hias dengan beberapa karakteristik sehingga dipisahkan pada dua aquarium berbeda, maka pompa satu ini dapat mengakomodasi kebutuhan Anda sekaligus. Tak perlu mencemaskan perihal pemborosan, sebab pompa ini dipastikan terjangkau untuk sebagian besar orang.

Terdapat dua output air dalam satu unit pompa Amara AA-350. Anda bisa melakukan sirkulasi air agar kedua aquarium Anda senantiasa bersih. Produk ini mampu menyirkulasikan 3,5 liter air per menit atau 210 liter per jam untuk setiap output-nya. Kabar baiknya lagi, pompa ini hanya memerlukan daya listrik 5 watt saja.

2. Resun SP Submersible Water Pump SP3800

Gambar Resun SP Submersible Water Pump SP3800
Pompa Aquarium Resun SP Submersible Water Pump SP3800

Dapat dikatakan kalau produk ini termasuk pompa aquarium best seller di Indonesia. Banyaknya penjual alat ini akan memudahkan Anda untuk membelinya secara offline ataupun online. Produk yang beroperasi dengan tenaga listrik sebesar 25 watt ini dapat melakukan rotasi air sebanyak 2000 liter per jam.

Dengan kemampuannya memutar air sebesar itu, Anda pun tak perlu khawatir pompa terbebani saat menambahkan perangkat lain ke dalam aquarium sebagai hiasan. Meski begitu, produk ini juga berukuran cukup besar sehingga Anda hanya bisa memakainya pada volume aquarium yang juga besar. Suhu hangat yang diciptakan pompa juga lebih cocok untuk jenis ikan yang dapat bertahan di air hangat.

3. Pompa Aquarium: Yamano SP-2600

Gambar Pompa Aquarium Yamano SP-2600
Pompa Aquarium Yamano SP-2600

Pompa Yamano mengusung desain modern sehingga akan membuat aquarium Anda bukan hanya cantik karena terisi ikan hias, tetapi juga keren sebab bentuk pompa yang menarik. Produk ini dapat menyirkulasi air sebanya 2000 liter per jamnya.

Untuk menggerakkan motornya, Yamano SP-2600 memerlukan daya listrik sebesar 32 watt. Produk ini memiliki ukuran yang kecil sehingga lebih tepat dipakai untuk aquarium yang tidak terlalu besar. Dikarenakan diletakkan di dalam air, pompa ini takkan mengeluarkan suara yang mengganggu.

4. Pompa Aquarium: Jebo Air Pumps P-70

Gambar Pompa Aquarium Jebo Air Pumps P-70
Pompa Aquarium Jebo Air Pumps P-70

Bila Anda termasuk pecinta ikan karnivora, mungkin tak heran jika Anda memiliki aquarium berukuran besar. Pompa yang tepat untuk menjaga air aquarium tetap bersih pilihan kami untuk Anda adalah Jebo P-70. Pompa ini dibekali performa rotasi air hingga 70 liter per menit atau 4200 liter per jam.

Oleh karena kemampuannya yang sangat besar, aquarium Anda bukan hanya terjaga kebersihan airnya, tetapi Anda pun dapat menambah jumlah ikan atau peralatan lain ke dalamnya tanpa takut menurunkan performa dari pompa. Meski berkemampuan besar, pompa ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 45 watt, lho!

5. Resun Surpass Air Pump AIR8000

Gambar Resun Surpass Air Pump AIR8000
Poma Aquarium Resun Surpass Air Pump AIR8000

Resun Surpass Air Pump AIR8000 adalah pompa aquarium yang memiliki 4 cabang output. Spesifikasi semacam ini tentu akan membantu Anda yang memelihara ikan pada lebih dari satu aquarium. Masing-masing lubang output dapat menyirkulasi air mencapai 180 liter per jam.

Mengetahui tingkat frekuensi air yang mampu dialiri, maka produk ini akan maksimal pada aquarium yang volumenya tidak terlalu besar. Meski begitu, produk ini tetap memberikan hasil yang optimal tanpa harus membuat anggaran listrik Anda membengkak. Pasalnya, Resun memastikan produk ini hanya bekerja pada daya 8 watt saja.

6. Eheim Universal Pumps 1200

Gambar Pompa Aquarium Eheim Universal Pumps 1200
Pompa Aquarium Eheim Universal Pumps 1200

Eheim Universal Pumps 1200 dapat menjadi pilihan bagi Anda yang mengutamakan kualitas. Produk yang didatangkan langsung dari Jerman ini bertipe amfibi, Anda bisa meletakkannya seusai keinginan dan kebutuhan. Performanya dalam menyirkulasi air adalah sebanyak 1200 liter per jam.

Pada bagian motornya terdapat lapisan khusus yang menjadikannya lebih bertenaga sekaligus tahan lama. Rancangannya yang menjamin mutu ini dilengkapi pula oleh keberadaan prefilter sehingga impeller di dalamnya takkan terkontaminasi oleh kotoran yang disaring.

7. Hidom Aquarium Pump HP-6000

Gambar Pompa Aquarium Hidom Aquarium Pump HP-6000
Pompa Aquarium Hidom Aquarium Pump HP-6000

Bila Anda merasa keberatan untuk membeli produk sebelumnya karena alasan harga, maka Hidom menawarkan pompa tipe amfibi dengan bandrolan nilai jual yang lebih terjangkau. Pompa HP-6000 dari Hidom ini dapat Anda tempatkan di luar ataupun dalam aquarium.

Apabila ingin ditempatkan di dalam aquarium, pompa ini ideal pada air asin ataupun air tawar. Dengan daya filter air sebesar 2500 liter per jam, pompa ini menjamin kehidupan ikan yang tinggal di dalam aquarium. Untuk memenuhi peforma tersebut, pompa ini memerlukan daya listrik sebanyak 60 watt.

8. Pompa Aquarium: Leecom AU-312

Gambar Pompa Aquarium LEECOM AU-312
Pompa Aquarium LEECOM AU-312

Berukuran kompak dengan ketebalan yang minim menjadikan Leecom AU-312 unggul dari segi desain. Berkat hal tersebut, Anda bisa menaruh pompa ini tanpa memakan banyak ruang. Berjenis pompa luar, Anda mungkin khawatir akan suara yang diciptakan, bukan? Tenang saja, pompa ini sudah dirancang agar menghasilkan suara seminim mungkin, kok!

Bahkan, pompa ini dianggap pompa aquarium yang paling tidak berisik. Walau hening, produk ini dapat menyirkulasi air hingga 120 liter per jam. Karena kemampuannya yang tergolong kecil, maka pompa ini akan ideal dipasangkan pada aquarium berisikan ikan yang biasa hidup di aliran air tenang. Untuk daya listriknya, Leecom AU-312 cuma perlu 1,5 watt saja!

9. Pompa Aquarium: Amara AA-107

Gambar Pompa Aquarium Amara AA-107
Pompa Aquarium Amara AA-107

Pompa aquarium Amara satu ini dibekali handle untuk memudahkan Anda ketika ingin mengeluarkannya dari aquarium untuk dibersihkan. Bicara kemampuannya, Anda pasti dibuat takjub olehnya. Alasannya, pompa ini mumpuni dalam sirkulasi air hingga 5000 liter per jam!

Buat Anda yang ingin menempatkannya di kolam berukuran sedang, pompa ini juga bisa diandalkan! Meski berkemampuan besar, Anda tak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk bisa memilikinya. Hal yang membuatnya semakin istimewa adalah kebutuhan terhadap listriknya yang hemat, yakni hanya 105 watt.

10. Pompa Aquarium: Atman AT-101

Gambar Pompa Aquarium Atman AT-101
Pompa Aquarium Atman AT-101

Atman menawarkan pompa yang bisa dilekatkan di bagian aquarium mana pun Anda mau dengan harga yang sangat terjangkau. Produk ini bekerja pada daya sebesar 5 watt saja. Dengannya, Anda tak harus memikirkan tambahan biaya listrik setelah membelinya.

Dengan kemampuannya menyirkulasi air sebesar 400 liter per jam, pompa ini akan cocok dipakai pada aquarium berukuran kecil hingga medium. Lebih menariknya lagi, produk ini dapat beroperasi maksimal baik pada air tawar ataupun air asin.

Memelihara ikan hias memang bisa menjadi hobi yang menyenangkan sekaligus menguntungkan. Apapun tujuan Anda, adalah penting untuk menyediakan pompa aquarium sehingga ikan bisa hidup layaknya di habitat aslinya.

Rekomendasi Lainnya : Review Tangga Lipat Minimalis Terbaik (Terbaru 2020) 

Seperti yang telah Anda tengok bersama, pompa aquarium dirancang dalam banyak tipe. Maka dari itu, tentukan betul-betul tipe seperti apa yang paling cocok untuk Anda. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan alat yang dibeli dengan karakteristik hewan di dalam aquarium sehingga mereka tidak terserang stres. Akhir kata, pilihlah pompa yang benar-benar baik untuk Anda ataupun hewan yang tinggal di dalamnya.

Write A Comment

/* */