CEKLIST.ID – Sebagai material yang paling banyak digunakan dalam membuat benda, kebutuhan orang akan lem untuk logam pun bertambah. Lem yang dikhususkan untuk logam khususnya besi umumnya memiliki karakteristik tahan terhadap air, panas, dan guncangan. Saat logam pecah, pecah, atau terbelah dua, Anda bisa merekatkannya kembali dengan bantuan lem.

Lem untuk logam sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Kami akan menjelaskan karakteristik dari lem logam beserta jenis yang tepat digunakan sesuai benda yang ingin direkatkan pada artikel ini. Kami turut memilihkan sepuluh lem terbaik untuk logam yang bisa Anda gunakan. Jadi, kami harap Anda membaca artikel ini sampai akhir.

Lem Besi yang Bagus
Gambar Ilustrasi Lem untuk Logam yang Bagus

Cara memilih lem untuk logam

Kami akan membahas bagaimana sebaiknya Anda memilih lem untuk logam. Yang perlu diketahui sebelum memilih lem logam adalah kemampuannya dalam merekatkan benda logam dengan kuat dan tahan panas. Karakteristik utama lain dari lem logam yang kuat adalah semakin solid ketika mengeras. Sebisa mungkin Anda utamakan mencari produk dengan karakteristik demikian. Selanjutnya, kami akan bahas lebih lanjut tentang cara memilih lem untuk logam.

1. Perhatikan benda yang ingin direkatkan dengan logam

Jika Anda ingin merekatkan material berupa logam dengan logam, maka tak ada kompromi dalam pemilihan produk. Anda harus memakai lem khusus logam yang bisa mengeras seiring waktu pengeringan. Besar perubahan volume dan panjang dari material logam akibat kenaikan suhu yang diciptakan oleh lem takkan memengaruhi material secara keseuruhan. Karenanya, gunakan lem logam jika Anda ingin menempelkan dua material logam.

Bila yang ingin direkatkan kepada logam adalah material non-logam, seperti kertas, plastik, kayu, dan kertas, Anda bisa menggunakan lem multifungsi. Meski demikian, tidak dianjurkan untuk menempelkan logam dengan material plastik polipropilena atau polietilena karena jenisnya yang sulit direkatkan dengan logam.

2. Lem epoksi resin direkomendasikan untuk lokasi yang lembap dan panas

Lem epoksi resin dapat mengunci logam dengan kuat. Ketika dikeringkan pada tempat yang lembap dan panas, lem tipe ini akan tahan sehingga kekuatannya tak menurun akibat air ataupun suhu panas yang mengenainya. Saat ini, mudah ditemui lem epoksi resin dengan tingkat ketahanan suhu panas mencapai 80oC.

Walau sebagian ada juga yang mengklaim mampu tahan terhadap panas suhu hingga 100oC, sebaiknya Anda hindari menaruh logam yang direkatkan pada area yang terlalu panas. Oleh sebab itu, perhatikan betul tempat Anda menyimpan logam meski telah direkatkan dengan bantuan lem epoksi resin.

3. Ingin merekatkan dua material berbeda? Gunakanlah lem elastis

Lem logam yang bersifat elastis paling disarankan untuk mereka yang ingin melekatkan logam dengan material non-logam, entahkah kayu, plastik, atau kertas. Biasanya orang melekatkan logam dengan kayu, maka lem yang tepat adalah lem elastis.

Saat mengelem dengan lem elastis, tak jarang permukaan benda akan pecah, membengkok, atau bahkan pecah akibat adanya perbedaan koefisien panas ekspansi yang menyebabkan perubahan volume dan panjang benda pada materi akibat kenaikan suhu. Dengan lem elastis, maka sifatnya yang bisa mengikuti perubahan volume benda non-logam akan sangat baik dalam mencegah benda pecah atau membengkok.

5. Utamakan memilih lem yang disertai sifat resistan terhadap guncangan

Sifat anti guncangan sebenarnya hampir dimiliki oleh sebagian besar lem logam. Namun, jangan salah, beberapa produsen juga mengeluarkan lem logam yang lebih fokus terhadap ketahannya dari suhu panas ataupun air dalam kondisi lembap. Maka itu, pastikan dulu lem logam yang hendak dibeli telah mengantongi sifat tahan terhadap guncangan atau tidak.

Lem logam yang dapat menahan material tetap kukuh meski terjadi guncangan lebih disarankan. Produk shock-resistant dinilai lebih baik dibandingkan lem multifungsi ataupun lem instan yang lebih unggul dari sisi kecepatan kering lem setelah digunakan.

Review 10 Rekomendasi lem terbaik untuk logam (Terbaru 2020)

Setelah mengetahui lem seperti apa yang disarankan untuk mengelem logam dengan logam atau non-logam, sekarang Anda bisa melihat daftar produk lem terbaik untuk logam yang telah diulas di situs ceklist.id. Apa saja, ya? Silakan dipilih yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda!

1. Aica-Aibon 601

Gambar Aica-Aibon 601
Gambar Aica-Aibon 601

Anda tentu sudah familiar dengan lem berkemasan kuning ini. Bicara kemasan, Aica-Aibon 601 tersedia dalam banyak varian bentuk kemasan, Anda bisa menyesuaikannya dengan frekuensi pemakaian. Bila Anda jarang melakukan perekatan benda logam, maka pilihlah lem dengan ukuran kecil, seperti kemasan stoples berukuran 70 gram.

Lem Aica-Aibon 601 tergolong ke dalam lem logam terbaik. Keahliannya dalam merekatkan benda tak hanya untuk material logam, tetapi juga material non-logam seperti plastik, kertas, dan kayu. Saat menggunakan lem ini, disarankan untuk memakai masker karena aroma lem ini memabukkan jika dihirup terlalu lama. Tekstur dari lem ini kental namun tetap mudah untuk diaplikasikan.

2. UHU Contact Liquid

Gambar UHU Contact Liquid
Gambar UHU Contact Liquid

Selain Aibon, mungkin Anda juga telah melihat lem ini di banyak toko perkakas rumah tangga, warung-warung kelontong dekat rumah, atau tempat fotokopi. UHU mengeluarkan beberapa varian lem untuk logam, salah satunya UHU Contact Liquid. Produk berkemasan tube ini tidak kental sehingga mudah menyerap ke sela-sela logam yang retak atau sulit dijangkau.

Menariknya, lem ini juga dapat Anda pakai untuk merekatkan berbagai jenis material. Walaupun cair, lem ini juga tergolong elastis sewaktu terjadi perubahan volume benda. Daya rekat yang kuat dari lem ini terbukti tahan lama. Di samping itu, produk ini juga diklaim tahan air dan tahan panas sehingga Anda bisa memakainya untuk mengelem benda yang ingin diletakkan di luar ruangan.

3. Deyi Adhesive 50g Latest One-Component No More Nails

Gambar Deyi Adhesive 50g Latest One-Component No More Nails
Gambar Deyi Adhesive 50g Latest One-Component No More Nails

Adhesif adalah kata yang menjadi nilai lebih dari produk ini. Tak sebatas kata, sifat melekat dari lem Deyi memang terbukti ampuh dalam melekatkan material layaknya dipaku. Daya rekatnya yang begitu tinggi sangat ideal dimanfaatkan untuk menempelkan dua material logam.

Selain berdaya rekat kuat, lem ini juga bersifat tahan air dan tahan panas. Produk ini juga tergolong hemat. Anda hanya perlu memakai sedikit saja, lemnya akan memberikan hasil maksimal. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran! Saat mengaplikasikan lem, pastikan permukaan benda logam yang ingin direkatkan sudah bebas dari kotoran.

4. UHU Epoxy Quick Set

Gambar UHU Epoxy Quick Set
Gambar UHU Epoxy Quick Set

Varian lain dari UHU yang mungkin belum Anda ketahui. UHU mempunyai lem epoksi resin yang merupakan andalan bagi para pekerja kreatif dalam menghasilkan perkakas yang tahan dari guncangan, suhu lembap, panas, dan udara dingin. Anda ingin memperbaiki benda logam yang rusak dengan lem ini? Sangat bisa!

Untuk penggunaannya, terlebih dahulu Anda mencampurkan kedua cairan yang ada di dalam produk. Setelah tercampur, oleskan pada permukaan material yang ingin direkatkan. Biarkan mengering antara lima menit dan lem pun semakin solid saat mencapai setengah jam. Diamkan lem pada lokasi  yang bersuhu ideal untuk menjamin lem merekat sempurna sebelum benda digunakan.

5. Clear Acrylic Resin + Catalyst

Gambar Clear Acrylic Resin + Catalyst
Gambar Clear Acrylic Resin + Catalyst

Sesuai namanya, Clear Acrylic Resin + Catalyst adalah lem logam yang mencampurkan dua buah cairan, yaitu resin dan katalis. Meski terdapat embel-embel resin, sejatinya lem ini tidak memakai bahan yang ditemui pada lem epoksi resin, melainkan akrilik resin yang dianggap lebih kukuh, kuat, dan cepat kering.

Di samping itu, karakteristik lain dari bahan akrilik resin adalah ketahannya terhadap bahan kimia dan panas. Jaminan hasil yang diberikan bukan hanya kukuh, kuat, dan tahan lama, tetapi juga rekatannya tidak mudah tergores. Yang menarik lagi, lem ini juga bisa bekerja meski kondisi permukaan benda sedang berminyak, lho!

6. Loctite Epoxy Instant Mix 1 Minute

Gambar Loctite Epoxy Instant Mix 1 Minute
Gambar Loctite Epoxy Instant Mix 1 Minute

Tersedia bagian khusus yang ketika dua buah cairannya dicampurkan, kedua bahan tersebut akan bercampur dengan sendirinya. Anda tak perlu mengaduk cairan yang telah disatukan berkat adanya wadah ini. Untuk menguatkan hasil rekatan sekaligus mempercepat proses pengerasan, produsen menggunakan hardener sebagai bahan campuran terhadap bahan utama berupa resin.

Benar sekali, ini adalah lem tipe epoksi resin. Bicara performa, Loctite Epoxy Instant Mix 1 Minute tak perlu diragukan lagi. Hanya dalam waktu satu menit, lem ini sudah bisa merekatkan benda. Selepas sepuluh menit berlalu, tekstur lem langsung keras! Tak ingin menunggu lama untuk melihat hasil kerja dari sebuah lem? Cobalah produk ini!

7. Protective Coating PC-Fahrenheit

Gambar Protective Coating PC-Fahrenheit
Gambar Protective Coating PC-Fahrenheit

Beberapa orang membutuhkan lem logam yang dapat tahan terhadap suhu panas lebih dari 100oC. Apa Anda salah satunya? Jika iya, kami merekomendasikan lem ini untuk Anda gunakan. Lem berbahan epoksi resin ini memiliki tekstur yang kental dan cepat mengeras apabila terpapar suhu tinggi. Menurut klaimnya, lem ini dapat bertahan pada suhu ekstrem antara 176-260oC.

Luar biasa, bukan? Daya rekatnya yang kukuh dan tahan lama sangat cocok dipakai untuk memperbaiki besi yang sering terkena panas pada kendaraan bermotor. Jika Anda ingin melakukan reparasi atau service kendaraan sendiri dan memerlukan lem logam yang kuat dan tahan terhadap suhu sangat tinggi, produk ini layak dipertimbangkan.

8. Loctite Super Glue Ultra Gel Control

Gambar Loctite Super Glue Ultra Gel Control
Gambar Loctite Super Glue Ultra Gel Control

Sama seperti suhu, Loctite juga merilis lem logam premium yang tergolong sebagai “Super Glue”. Lem ini dibekali kemampuan merekatkan benda secara kuat. Tak cuma kuat dalam arti bertahan lama, tetapi juga tahan terhadap benturan atau guncangan. Dengan begitu, produk ini sangat cocok dipakai untuk mengelem benda yang kerap dibawa bepergian.

Semisal Anda ingin mengelem peralatan kerja yang sering disimpan pada bak mobil yang terbuka, maka lem ini bukan hanya menahannya dari kerusakan akibat guncangan, tetapi juga kuat dari cuaca yang ekstrem. Kemasan lem ini dibuat kedap udara sehingga dipastikan awet dan performanya tetap utuh meski sering digunakan.

9. Ontel 5 Second Fix

Gambar Ontel 5 Second Fix
Gambar Ontel 5 Second Fix

Mengapa lem ini dikategorikan sebagai lem logam terbaik dalam daftar ini? Alasannya bisa ditemukan pada nama produk yang tercatut. Tidak bohong, produk dari Ontel ini dapat memperbaiki benda yang rusak hanya dalam lima detik saja.

Anda hanya perlu mengoleskan lem pada dua benda yang ingin direkatkan, lalu tempatkan hasil pengeleman di bawah sinar matahari. Dalam sekejap, lem tersebut akan mengering. Anda pasti bakal terkejut dengan keajaiban yang terjadi! Anda dapat memakai lem ini bukan hanya untuk mengelem antara material logam, tetapi juga kayu, plastik, dan material lain pun bisa.

10. Dextone Silicone Sealant

Gambar Dextone Silicone Sealant
Gambar Dextone Silicone Sealant

Bisa dikatakan kalau Dextone Silicone Sealant adalah lem logam paling murah dalam daftar rekomendasi ini. Namun, bagaimana performanya? Walau murah, lem ini tetap memiliki daya rekat dan tahan yang baik. Meski tidak begitu kukuh terhadap guncangan, Anda tetap bisa mengandalkannya untuk mengelem material sesama logam ataupun bukan logam.

Banyak orang yang memakai lem ini untuk merekatkan kaca, seperti saat membuat akuarium. Tekstur lembut berwarna bening dari lem berbahan dasar silikon ini tahan air, sehingga Anda tak perlu khawatir lem mencair pada ruangan yang lembap. Warna bening dari lem juga takkan mengubah tampilan benda yang direkatkan.

Lainnya : Review 10 Rekomendasi Tangga Lipat Minimalis  Terbaik (Terbaru 2020)

Kesimpulan

Setelah melakukan perekatan dengan lem logam tersebut, Anda harus meletakkan benda pada ruangan bersuhu ideal. Maksudnya, hindari ruangan yang terlalu lembap ataupun panas agar lem bisa bekerja lebih baik. Sehingga, lem tersebut akan semakin solid sehingga Anda tak perlu melakukan pengeleman lanjutan akibat tindakan pertama tidak membuahkan hasil yang memuaskan.

Write A Comment