CEKLIST.ID – Perkembangan zaman menuntut setiap orangtua untuk menyesuaikan atau bahkan mengikuti tren yang ada. Termasuk dalam hal pemilihan mainan anak, saat ini banyak ditemui skuter untuk anak yang kerap dipakai untuk aktivitas bermain anak setiap hari bersama teman sebayanya. Apakah anak Anda telah memilikinya? Jika belum, yuk belikan anak Anda skuter berdasarkan rekomendasi kami pada kali ini!

Tersedia beberapa model skuter yang masing-masing memiliki kriteria berbeda-beda. Meski difungsikan sebagai mainan, sejatinya skuter juga dapat melatih keseimbangan tubuh anak. Di Indonesia, Anda memperoleh skuter dengan kisaran harga mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Manakah yang paling cocok untuk anak Anda? Untuk mengetahuinya, Anda perlu membaca tulisan ini hingga akhir. Mari kita mulai pembahasannya!

Skuter Anak Terbaik Jenis Injak
Gambar Ilustrasi Skuter Anak Terbaik (Injak)

Tips dan Cara Memilih Skuter Anak

Pada saat memasuki usia sekolah, anak mulai mendefinisikan arti keren bagi dirinya. Terdapat perbedaan antara definisi keren di kalangan anak dan orangtua. Untuk itu, Anda bisa memberikan kesempatan kepada buah hati untuk memilih sendiri skuter apa yang diinginkannya. Tapi, tetap utamakan poin-poin yang kami ulas di bagian ini, ya.

1. Pastikan skuter menyediakan rem untuk memastikan keamanan anak saat memainkannya

Poin paling penting saat membelikan anak sebuah skuter adalah memperhatikan aspek keamanannya. Agar anak tidak meluncur terlalu kencang hingga tak mampu mengontrol, maka diperlukan rem untuk menghentikan skuter. Secara umum, skuter dirancang dengan dua sistem pengereman, yakni rem tangan dan rem kaki.

Untuk rem kaki, mekanismenya juga terbilang sederhana. Anak hanya perlu menginjak pelindung roda untuk menurunkan kecepatan laju dari skuter. Akan tetapi, jenis rem satu ini dapat mengikis pelindung roda atau karet roda secara signifikan. Namun, kelebihannya terletak pada kemudahan akses anak karena skuter umumnya dijalankan dengan cara menghentakkan kaki ke jalanan.

Sementara rem tangan dinilai lebih memberikan kontrol penuh. Anak bisa sesuka hati mengatur kecepatan tanpa harus menggunakan kakinya. Namun, kekurangan dari rem tangan yakni risiko anak lupa atau tidak sigap dalam memencet rem bisa saja terjadi. Bahkan, anak-anak lebih jarang menyiapkan jari-jarinya di rem sehingga bisa ditekan pada waktu yang tepat. Untuk mengatasinya, Anda bisa memandu anak terlebih dahulu.

2. Pilih jumlah roda sesuai usia anak Anda

Terdapat skuter dengan berbagai pilihan roda. Namun, umumnya ada skuter beroda 2, 3, dan 4 roda. Setiap jenis skuter dengan jumlah roda yang berbeda tentu ditujukan untuk kelompok usia berbeda. Semisal skuter beroda 3 atau 4 lebih banyak dipilih pada tahap belajar anak ketika memasuki usia 3 – 4 tahun atau saat prasekolah.

Namun, jika ternyata anak Anda begitu hobi memainkannya hingga tumbuh besar, Anda perlu mengganti skuter yang memiliki 2 roda. Skuter jenis ini dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menjaga keseimbangan tubuhnya. Skuter beroda 2 dinilai lebih bagus dalam menstimulasi kemampuan motorik kasar anak dalam aktivitas fisik dibandingkan roda 3 atau 4 yang terkesan lebih mudah.

3. Pilih ukuran papan yang sesuai dengan ukuran tubuh anak Anda

Semakin besar anak, tentu ukuran telapak kaki atau kaki secara keseluruhan ikut berkembang besar. Setiap skuter tentu menyediakan papan pijakan yang direkomendasikan untuk kelompok usia tertentu. Sebagai contoh, skuter dengan papan berukuran lebar 10 cm lebih cocok untuk anak kelas 1 – 3 sekolah dasar. Sedangkan anak berusia lebih tua tentu memerlukan ukuran papan skuter yang lebih besar.

Selain menyesuaikan ukuran kaki anak dengan ukuran papan skuter, Anda juga perlu membelikan anak skuter dengan desain yang disukai anak. Jika ingin memberikan skuter sebagai hadiah, lebih baik Anda ajak langsung anak ke toko untuk memilih sendiri skuter seperti apa yang dia inginkan. Hal ini dapat meminimalisir dampak anak menghindari pemakaian skuter.

10 Rekomendasi Skuter Anak (Injak )Terbaik (Terbaru 2020)

Cukup mudah bukan dalam memilih skuter untuk anak ini? Sekarang, Anda bisa melihat daftar skuter anak terbaik rekomendasi ceklist.id. Sudah siap memilih? Yuk, temukan sendiri manakah produk skuter yang paling tepat untuk usia, kesukaan, dan jenis kelamin anak Anda berikut ini.

1. Skuter Anak Bergambar Karakter

Skuter Anak Bergambar Karakter
Gambar Skuter Anak Bergambar Karakter

Setiap anak tentu menyukai tayangan kartun atau animasi di layar TV. Berbagai karakter seperti Cars, Mickey Mouse, Donald Duck, dan sebagainya telah banyak diadopsi oleh produsen skuter. Anda bisa menemukan skuter anak dengan pilihan karakter-karakter yang disukai anak tersebut. Selain berkarakter, skuter atau otopet ini juga diberikan detail warna yang menarik.

Pada skuter ini, Anda bahkan dapat melihat berbagai karakter pada film berbeda dalam satu frame. Dengan demikian, anak Anda akan sangat senang ketika meluncur bersama teman-temannya memakai skuter ini. Skuter satu ini mempunyai 3 roda sehingga cocok dipakai untuk anak usia 3 – 7 tahun.

2. Skuter Gunting Otoped Anak

Skuter Gunting Otoped Anak
Gambar Skuter Gunting Otoped Anak

Dinamakan skuter gunting karena bagian kemudi menyerupai bentuk skuter. Setang yang berdesain unik pada skuter ini bukan hanya diciptakan untuk menampilkan keunikan, tapi lebih dari itu. Namun, kemudi yang berukuran tidak begitu lebar akan lebih nyaman saat digenggam oleh anak Anda. Bahkan, buah hati Anda bisa lebih leluasa untuk menggerak-gerakannya.

Kemudian, papan skuter dengan panjang sekitar 80 cm ini pun akan menampung dua kaki bayi saat ingin meluncur dengan kendali penuh. Anak juga bisa sesuka hati mengganti posisi kaki berkat papan yang cukup panjang ini. Dengan rancangan 4 roda, anak Anda yang berusia 3 – 8 tahun dapat memainkannya tanpa khawatir jatuh akibat kehilangan keseimbangan.

3. Skuter Anak Bergambar Frozen

Skuter Anak Bergambar Frozen
Gambar Skuter Anak Bergambar Frozen

Sediakan uang sekitar 200 – 250 ribu untuk bisa membeli skuter anak terbaik ini. Bagi Anda yang mempunyai anak perempuan, skuter anak ini akan disukai olehnya. Terdapat banyak karakter pada film kartun Frozen dengan detail latar belakang lahan bersalju yang membentang luas pada papan skuter ini.

Tak hanya itu, skuter ini pun dilengkapi bel yang dapat dimainkan untuk anak Anda untuk merasakan pengalaman selayaknya memencet klakson motor. Material stainless steel yang digunakan menjamin produk berdimensi 59 x 74 ini lebih kuat dan tahan terhadap karat meski terkena basahan air berkali-kali. Skuter ini menyediakan mekanisme pengereman kaki, sangat cocok untuk anak Anda yang berusia 4 – 7 tahun.

4. Oxelo Play 5 Children’s Scooter with Brake – Blue

Oxelo Play 5 Childrens Scooter with Brake – Blue
Gambar Oxelo Play 5 Childrens Scooter with Brake – Blue

Tampilannya yang begitu ringkas dengan kombinasi warna menarik akan cocok dipakai untuk anak laki-laki ataupun perempuan Anda. Skuter ini mengadopsi konsep 2 roda sehingga memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi, terutama pada anak yang berusia 3 tahun ke bawah. Maka dari itu, jika anak Anda sudah berumur 4 – 6 tahun, cobalah melatih keseimbangannya dengan skuter ini.

Sistem 2 roda yang dihadirkan akan menantang anak Anda memacu dirinya untuk bisa meluncurkan skuter ini dengan baik. Selain itu, skuter ini juga mudah dilipat sehingga Anda pun dapat menyimpannya ke dalam bagasi mobil untuk dimainkan sewaktu Anda berlibur dengan keluarga atau sanak saudara.

5. Skuter Roda Tiga Jet Turbo

Skuter Roda Tiga Jet Turbo
Gambar Skuter Roda Tiga Jet Turbo

Buat putra Anda terlihat lebih keren saat bermain dengan skuter ini. Konsep 3 roda yang diusung takkan menyulitkan anak Anda yang masih berusia 3 tahun. Bahkan, disebutkan kalau skuter ini dapat digunakan hingga anak berusia 13 tahun, lho! Bagi Anda yang ingin melakukan penghematan pengeluaran, maka pilihlah skuter anak yang tahan lama ini.

Seperti namanya, skuter ini pun tampak demikian. Tawaran desain menyerupai roket pada skuter akan memberikan kesan kece dan keren saat dinaikkan. Bagian papan yang bermotif grafiti dengan kombinasi warna biru dan merah akan menonjolkan gaya yang berbeda dari produk kebanyakan. Pada bagian 2 bentuk turbo atau jet di dekat roda belakang skuter dilengkapi lampu LED yang dapat menyala dan bahkan mengeluarkan uap tak beracun.

6. Yvolution Y Glider Scooter

Yvolution Y Glider Scooter
Gambar Yvolution Y Glider Scooter

Bila ingin melatih kekuatan kaki anak sekaligus keseimbangan tubuh anak secara bertahap, Anda bisa mencoba produk satu ini. Yvolution menciptakan skuter yang mengombinasikan konsep otopet dan sepeda. Benar sekali, skuter ini menyediakan tempat duduk yang dapat dilepas sewaktu anak sudah tumbuh cukup besar. Skuter satu ini dihadirkan untuk kebutuhan anak usia 1 – 5 tahun.

Adanya dudukan dengan ketinggian yang ideal dapat membantu anak memperoleh keseimbangan penuh serta melatih hentakan kakinya. Tak cuma itu, skuter ini juga dilengkapi dengan 3 roda yang terbuat dari material kokoh sehingga takkan mudah patah meski dinaiki oleh anak yang berobot hingga puluhan kilogram.

7. Scooter Four Wheel – Blue

Scooter Four Wheel – Blue
Gambar Scooter Four Wheel – Blue

Biarkan anak Anda bermain dengan teman seusianya sembari belajar melatih keseimbangan dengan skuter ini. Dengan 4 roda yang melengkapi takkan mempersulit anak saat pertama kali belajar. Untuk sistem pengeremannya, skuter ini mengusung konsep rem kaki yang terletak pada roda belakang.

Tak perlu khawatir karet roda dapat menipis karena produsen merancangnya dengan bahan khusus sehingga roda belakang tidak dapat tergerus meski sering bergesekan dengan pelindung atasnya. Skuter roda 4 berdesain minimalis dan sleek ini sangat ideal Anda belikan untuk anak usia 2 – 12 tahun.

8. Skuter Anak Set Motif Doraemon

Skuter Anak Set Motif Doraemon
Gambar Skuter Anak Set Motif Doraemon

Ajarkan anak sejak dini untuk mengutamakan keamanan saat berkendara dengan sepeda motor ataupun kendaraan lain. Skuter anak dengan motif Doraemon ini dapat dibeli dengan harga kisaran 250 – 300 ribu. Pada satu set pembelian, Anda akan mendapatkan skuter, helm, dan pelindung lutut sehingga Anda pun bisa lebih tenang meski anak meluncur cepat dengan skuter ini.

Motif Doremon yang melekat pada komponen utama produk akan cocok dipakai untuk anak laki-laki Anda. Warna biru cerah juga memberikan efek psikologi ceria pada setiap anak yang memakainya. Produk ini dapat digunakan mulai anak berusia 3 sampai 6 tahun. Dengan set lengkap ini, Anda bisa melihat anak belajar melatih keseimbangannya tanpa takut terluka apabila terjatuh.

9. Skuter KM-915

Skuter KM-915
Gambar Skuter KM-915

Skuter satu ini menerapkan konsep pengereman tangan. Kualitas karet rem yang digunakan pun terbukti pakem sehingga dapat menjamin keamanan anak saat menumpakinya. Produk yang diciptkaan untuk anak berusia 3 – 4 tahun ini memiliki desain minimalis dengan balutan warna dasar biru laut yang memanjakan mata.

Ukuran roda yang kecil sengaja dipilih karena dinilai lebih kuat saat melewati medan yang tidak rata. Produk berdesain sporty ini memiliki kemudi yang dapat disesuaikan tingginya hingga maksimal 77 cm, sangat fleksibel, bukan? Kemudian, kerangka utama yang terbuat dari besi takkan membuat skuter ini cepat rusak.

10. PMB Skuter Roda Tiga

PMB Skuter Roda Tiga
Gambar PMB Skuter Roda Tiga

Punya anak perempuan yang hobi melakukan aktivitas fisik? Anda bisa mencoba memberinya skuter ini. Tiga roda yang menempel pada skuter akan memudahkan anak saat bermain tanpa khawatir jatuh akibat kehilangan keseimbangan. Skuter ini begitu cantik dari segi fisik hingga desain yang diusung. Warna dasar merah muda yang membalut keseluruhan bagian menjadi ciri utama dari produk ini.

PMB Skuter Roda Tiga mempunyai dimensi 58 x 30 x 68 sehingga ideal dipakai anakAnda yang berusia 2 tahun ke atas. Produk ini dilengkapi sensor untuk menyalakan musik selama roda berputar. Tak cuma itu, skuter anak ini pun telah mendapatkan label SNI (Standar Nasional Indonesia). Bagi Anda yang mengutamakan keamanan dan kualitas sekaligus, jangan lupa untuk membelikan anak skuter ini.

Lainnya : Mainan Edukasi Anak 4 sampai 6 Tahun

Kesimpulan

Itulah ulasan kami mengenai cara memilih skuter yang dilanjut dengan pembahasan produk skuter anak terbaik yang dapat Anda beli melalui toko offline ataupun online. Setiap produk mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda sudah menemukan satu produk yang paling cocok, jangan lupa untuk mengontrol perkembangan anak sehingga waktu penggantian skuter saat anak tumbuh besar nanti takkan luput dari perhatian Anda.

Write A Comment

/* */