CEKLIST.ID – Kantong tidur atau sleeping bag bukan hanya diciptakan untuk orang dewasa, tetapi juga anak-anak hingga bayi. Sleeping bag dapat membantu bayi memperoleh kualitas tidur yang lebih baik. Bukan hanya itu, kantong tidur juga bisa mencegah terjadinya sindrom kematian bayi mendadak atau SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) yang rata-rata menimpa usia 1 tahun ke bawah.

Desain sleeping bag yang menutupi seluruh badan bayi akan melindungi bayi Anda dari dinginnya angin malam. Saat ini tersedia cukup banyak sleeping bag di pasaran. Beberapa nama seperti Hanaroo, Baby Joy, dan Wellber meluncurkan berbagai bentuk sleeping bag dengan bahan dasar yang berbeda-beda pula. Jika Anda ingin membeli sebuah sleeping bag, bacalah tulisan ini hingga akhir agar Anda bisa memilih sleeping bag terbaik.

Review Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik
Gambar Ilustrasi Sleeping Bag Terbaik

Cara Memilih Sleeping Bag untuk Bayi

Pada bagian pertama, Anda tentu harus tahu seperti apa sleeping bag yang bagus dan cocok untuk bayi Anda. Ada banyak pilihan desain, ukuran, bahan, dan aspek lain yang perlu diketahui lebih dulu sebelum memilih salah satu produk. Karena itu, Anda bisa melihat penjelasannya pada bagian ini.

1. Pilihlah model sleeping bag bukaan depan atau samping dengan resleting

Variasi sleeping bag memang banyak, terutama dari segi model. Namun, yang paling umum dijumpai, digunakan, dan juga direkomendasikan adalah sleeping bag model bukaan depan atau samping. Kantong tidur model satu ini mempunyai resleting pada bagian samping ataupun depannya, tergantung model yang diusung.

Jenis sleeping bag ini memudahkan Anda saat ingin memasangkan ataupun melepaskannya. Bahkan, saat bayi Anda tidur, Anda bisa menggantinya semisal kantong tidur terkena ompol. Disarankan memilih sleeping bag bukaan depan atau samping yang sesuai dengan usia bayi. Jika bayi Anda baru lahir, hindari produk dengan tambahan tudung kepala karena dapat menghalangi tangan Anda saat menidurkan bayi.

2. Hindari produk yang menghalangi pergerakan kaki bayi

Kenyamanan adalah aspek yang tak boleh Anda lupakan saat memilih sleeping bag. Maka dari itu, kami menyarankan Anda membelikan anak sleeping bag yang tidak membatasi pergerakan kakinya. Saat ini sebagian besar kantong tidur dilengkapi dengan penutup kaki.

Anda bisa memilih produk dengan bagian kaki yang sedikit longgar. Terutama bagi bayi yang sedang aktif bergerak, model semacam ini akan memberikan kebebasan bagi kaki bayi untuk bergerak. Bahkan, beberapa produsen ada yang merancang produk dimana bagian bawahnya bisa dibuka sehingga dapat digunakan untuk bayi yang sudah bisa berjalan.

3. Sesuaikan sleeping bag dengan ukuran tubuh bayi Anda

Ukuran dari sleeping bag umumnya dibuat dengan kelompok umur yang berjarak 6 bulan, seperti 0 – 6 bulan, 6 – 12 bulan, dan seterusnya. Setiap sleeping bag untuk kelompok umur tertentu memiliki ukuran yang berbeda-beda. Agar anak Anda bisa tidur nyenyak ataupun bergerak aktif di kasur, Anda harus memilihkannya kantong tidur yang ukurannya pas dengan tubuh bayi Anda.

Hindari produk yang berukuran terlalu besar maupun terlalu sempit. Jika terlalu longgar, bayi Anda dapat tergelincir ke dalamnya sehingga mulut dan hidungnya akan tertutup oleh bagian atas sleeping bag. Begitu pun pada sleeping bag berukuran sempit, bayi Anda akan merasa kesulitan untuk bergerak. Ruang geraknya yang terbatas akan membuatnya rewel.

10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik untuk Bayi (Terbaru 2019)

Apapun model yang Anda inginkan, pastikan produk tersebut mengutamakan sisi kenyamanan saat dikenakan. Setelah memahami poin-poin dalam cara memilih, selanjutnya Anda bisa menentukan manakah sleeping bag terbaik untuk bayi dalam daftar ceklist berikut ini.

1. Footmuff Stroller Sleeping Bag

Sleeping Bag Terbaik Footmuff Stroller Sleeping Bag
Gambar Footmuff Stroller Sleeping Bag

Tubuh bayi belum mampu melawan temperatur suhu yang cukup dingin. Karena itu, akan lebih baik Anda menyelimuti badannya dengan kantong tidur. Produk yang bisa Anda gunakan untuk melindungi badan bayi Anda dari cuaca atau angin dingin adalah Footmuff Stroller Sleeping Bag.

Sesuai namanya, sleeping bagi ini dirancang untuk pemakaian di atas kereta dorong. Dengan memasangkan kantong ini, Anda akan lebih tenang saat mengajak bayi Anda keliling untuk beradaptasi dengan dunia luar. Pada sleeping ini terdapat tali pengikat yang berguna untuk mengunci kantong ke sandaran utama dari stroller.

2. Hanaroo Bedong Bayi Instan

Harga Sleeping Bag Hanaroo Bedong Bayi Instan
Gambar Hanaroo Bedong Bayi Instan

Sleeping bag ini dapat menutupi badan bayi Anda mulai dari bagian bahu hingga kaki. Bagi Anda yang memiliki bayi baru lahir, produk dari Hanaroo sangat cocok digunakan. Sleeping bag satu ini dirancang dalam bentuk model yang mudah dipasangkan ke badan anak. Bahan flanel yang dipakai akan memberikan kehangatan pada seluruh tubuh buah hati Anda.

Hanaroo Bedong Bayi Instan dapat dipakai untuk bayi yang baru lahir hingga usia 1 bulan. Adanya tali pada kantong tidur ini dapat dipakai untuk mengunci bagian depan sehingga mempersempit ruang bagi udara dingin masuk ke dalam. Jika Anda ingin memberikan sensasi kehangatan bagi bayi Anda seperti saat berada dalam kandungan, milikilah sleeping bag ini.

3. Sleeping Bag Bintang Laut

Rekomendasi Sleeping Bag Bintang Laut
Gambar Sleeping Bag Bintang Laut

Berbeda dengan kebanyakan produk, sleeping bag berikut ini mempunyai bentuk bintang. Anak Anda akan terlihat menggemaskan saat mengenakannya. Bukan hanya menjadikan bayi Anda tampak lucu, namun sleeping bag ini tetap membantu bayi Anda terhangatkan dari udara dingin yang datang dari luar. Bukan hanya untuk area badan hingga ke kakinya, tetapi bagian kepala juga bisa terlindungi karena adanya tudung yang menyatu.

Karena bentuknya menyerupai bintang, maka bayi Anda tak akan kesulitan saat ingin menendang-nendang kakinya ke arah yang dimau. Hal tersebut dikarenakan sleeping bag ini menyediakan bagian untuk kaki yang masing-masing berukuran lebar. Tak cuma itu, sleeping bag ini juga memiliki lubang untuk dimasukkan lengan. Dengan memakainya, anak Anda tetap bisa memainkan tangannya dengan leluasa.

4. Orange Bedong Instan

Review Sleeping Bag Terbaik Orange Bedong Instan
Gambar Orange Bedong Instan

Sentuhan berupa karakter pahlawan super pada sleeping bag bentuk bedong ini akan membuat bayi Anda terlihat lebih keren. Ada beberapa pilihan karakter, namun yang paling sering dipilih adalah karakter heroes Captain America dimana hanya digambarkan tameng andalannya saja. Tentunya, sleeping bag berkarakter ini diperuntukkan bagi bayi laki-laki.

Meski berbentuk bedong, sleeping bag ini takkan menyulitkan Anda saat mengenakannya pada tubuh anak. Pasalnya, Orange Bedong Instan dilengkapi resleting bukaan depan sehingga Anda hanya perlu mengubahnya ke atas kasur. Selanjutnya, bayi Anda hanya perlu dipaskan ke sleeping bag sebelum dibedong.

5. Crochet Swaddle Wrap

Review Sleeping Bag Crochet Swaddle Wrap
Gambar Crochet Swaddle Wrap

Crochet Swaddle Wrap merupakan sleeping bag terbaik untuk bayi yang baru lahir. Pada masa awal kelahiran, bayi akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Anda bisa mendukung aktivitas tersebut dengan menempatkan anak pada sleeping bagi satu ini. Material wol rajut sebagai bahan baku dasar pembuatan menjamin kenyamanan dan kehangatan pada tubuh bayi.

Produk ini didesain menyerupai sleeping bag konvensional sehingga tampak klasik. Pada bagian sisi terdapat kancing jepret yang memberikan kemudahan saat Anda meletakkan atau memposisikan bayi di dalamnya. Tak cuma itu, sleeping bag ini juga memiliki bahan yang cukup tebal sehingga seluruh tubuh bayi Anda –kecuali wajah, akan terlindungi dari paparan udara dingin langsung.

6. Wellber Sleeping Bag

Wellber Sleeping Bag Terbaik
Gambar Wellber Sleeping Bag

Jika Anda memerlukan sleeping bag yang dapat digunakan untuk bayi yang sudah bisa jalan, Wellber Sleeping Bag tentu ideal buat Anda beli. Barang satu ini didesain menyerupai pakaian bayi pada umumnya. Bedanya, Wellber menerapkan bahan katun lembut yang dapat mengunci kehangatan pada tubuh bayi saat berada di ruangan yang dingin.

Karena bentuknya menyerupai baju panjang, bayi Anda yang sedang aktif bergerak dan berjalan sangat cocok menggunakannya. Anda hanya perlu membuka kancing pada bagian bawah baju apabila si kecil tampak ingin berjalan dan bermain dengan pakaian ini. Jika si kecil sudah terlihat ngantuk, Anda bisa menidurkannya dan mengunci kembali kancing bawah yang terbuka.

7. Shubeiyi Sleeping Bag

Shubeiyi Sleeping Bag
Gambar Shubeiyi Sleeping Bag

Shubeiyi mendatangkan sleeping bag yang proses pemakaiannya berbeda dari umumnya. Jika kebanyakan produsen membuat kantong tidur yang dipakai melalui kepala atau kaki bayi, Shubeiyi Sleeping Bag tidak demikian. Produk ini dilengkapi kancing pada bagian bahu yang dapat membuat sleeping bag terbuka sewaktu Anda ingin memakaikannya.

Di bagian bawahnya, Shubeiyi tak lupa pula memberikan kancing yang berguna untuk menciptakan ruang gerak pada kakinya. Produk ini dirancang dengan memanfaatkan bahan dasar katun kasa. Bahan tersebut terkenal lembut dan tidak terlalu tebal sehingga dapat membebaskan anak dari berkeringat sewaktu cuaca panas atau kedinginan saat ruangan bersuhu rendah.

8. IKEA Pyttelilla Sleeping Bag

IKEA Pyttelilla Sleeping Bag
Gambar IKEA Pyttelilla Sleeping Bag

Dihadirkan dengan motif bergaris horizontal dan kombinasi dua warna pada setiap sisinya, sleeping bagi ciptaan IKEA ini akan memberikan tampilan menarik pada bayi Anda. Pemilihan warna cerah seperti hijau dan biru menjadi paduan sempurna yang begitu menyegarkan dipandang mata. Belum lagi sentuhan motif minimalis, membuat sleeping bag ini ideal dipakai untuk bayi laki-laki maupun perempuan.

IKEA merancang Pyttelilla Sleeping Bag tanpa disertai bagian lengan. Dengan demikian, tangan bayi Anda bisa bergerak dengan bebas tanpa terhalang oleh kain bahan. Bukaan depan sleeping bag dipasangkan resleting yang menambah nilai praktis sewaktu Anda memasangkan atau melepaskannya dari tubuh bayi Anda. Produk ini dapat digunakan untuk bayi berusia 6 – 18 bulan karena memiliki panjang sekitar 84 cm.

9. Baby Joy Sleeping Bag Jolly Series

Baby Joy Sleeping Bag Jolly Series
Gambar Baby Joy Sleeping Bag Jolly Series

Kantong tidur bukaan depan dari Baby Joy memiliki desain yang imut dan lucu berupa sentuhan karakter kanguru. Bayi Anda akan terlihat menggemaskan saat memakai sleeping bag ini. Pada bagian kepala terdapat aksen berupa dua telinga kanguru yang menambah keimutan dari bayi Anda ketika mengenakannya.

Tak hanya itu, di bagian depan sleeping bag juga terpasang kantong kanguru yang dapat Anda gunakan sebagai tempat penyimpanan pakaian penghangat lain. Anda bisa menaruh kaus kaki, sarung tangan, atau bahkan topi bayi sehingga nantinya dapat Anda langsung pakai semisal bayi Anda sudah tidak berada di dalam sleeping bag-nya.

10. Sleeping Bag Mermaid

Sleeping Bag Mermaid
Gambar Sleeping Bag Mermaid

Tak sedikit bayi yang rewel saat mengenakan pakaian tidur berbentuk sleeping bag yang membalut bagian badan hingga kakinya. Jika anak Anda termasuk yang banyak gerak, tentu model sleeping bag semacam itu akan membuatnya tidak nyaman. Akses gerak tangan bayi akan terhalang oleh kantong tidur yang tertutup rapat.

Agar bayi Anda tetap hangat, Anda bisa memakaikannya sleeping bag berbentuk mermaid ini. Modelnya yang menyerupai ikan duyung akan menjadikan bayi Anda tampak imut, lucu dan menggemaskan. Sleeping bag ini cukup mudah digunakan karena hanya dirancang untuk menutupi bagian pinggang hingga kaki bayi. Anda hanya perlu membuka kantong yang bersifat stretch lalu ikat bagian kakinya.

Lainnya : Rekomendasi Kelambu Bayi Terbaik 2020

Kesimpulan Review Rekomendasi Sleeping Bag untuk Bayi

Sudahkah Anda menemukan sleeping bag terbaik untuk bayi dari daftar produk yang kami rekomendasikan tersebut? Anda disarankan memilih sleeping bag yang terbuat dari bahan dasar lembut namun tetap mampu membuat bayi merasa hangat. Bahan katun sangat disarankan karena tidak panas saat digunakan. Selain itu, pertimbangkan juga sleeping bag yang dapat dicuci dengan mudah sehingga bayi Anda akan terhindar dari berbagai penyakit.

Write A Comment