CEKLIST.ID – Scanner atau pemindai merupakan sebuah alat yang diperlukan untuk memindai dokumen atau objek tertentu secara fisik, kemudian mengkonversi hasil pindaian itu dalam bentuk file digital. Saat ini scanner juga sudah ada yang fisiknya dibuat berukuran kecil supaya praktis ketika digunakan. Berikut ulasan mengenai rekomendasi berbagai merk scanner portable terbaik.

Cara Memilihnya Scanner Portable yang Bagus

Memang tidak ada definisi khusus untuk portable scanner, mudahnya portable scanner merupakan scanner yang bisa dipindahkan ke manapun. Namun setidaknya saat ini ada dua jenis portable scanner. Ada portable scanner untuk memindai dokumen dengan menggerakkan tangan ke atas dokumen. Ada juga scanner portable yang penggunaannya dengan menyisipkan dokumen ke sela-sela scanner.

Scanner Portable Terbaik
Gambar Ilustrasi Scanner Portable Epson / walmart

Selain scanner portable, saat ini terdapat pengembangan lain dari mesin scanner ini, yakni 3D scanner yang ditujukan untuk memindai objek berbentuk 3D, kemudian mengolahnya menjadi file digital. Kerennya lagi, scanner 3D juga bisa memindai kode tertentu pada suatu objek tanpa harus menyentuhnya. Tentu saja harga scanner ini masih cukup mahal, mengingat fitur canggih yang ada pada scanner 3D ini.

Pada dasarnya, scanner portable yang ada di pasaran memiliki fungsi serupa satu sama lain. Perbedaannya biasanya ada pada resolusi maksimal, kecepatan pemindaian, ukuran scanner, dan ukuran objek yang bisa dipindai. Untuk memudahkan Anda dalam memilih produk scanner portable, perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Sesuaikan dengan kebiasaan

Untuk orang-orang yang jarang membawa laptop, sebaiknya pilih scanner portable yang sudah dilengkapi oleh microSD card. Beberapa produk scanner membutuhkan sambungan langsung ke laptop untuk penggunaan dan penyimpanan file, tentunya scanner tanpa microSD card dan baterai atau Wi-Fi akan merepotkan jika Anda jarang membawa laptop.

Tipe scanner portable yang bisa langsung digunakan tanpa perlu laptop biasanya memperoleh daya dari baterai. Hasil pindaian dokumennya akan disimpan langsung ke dalam microSD yang ada di dalamnya, jadi bisa ditransfer ke perangkat lain di lain waktu.

2. Pertimbangkan ukuran maupun beratnya

Sesuai dengan namanya, scanner portable memang didesain dalam ukuran kecil dan berat yang ringan supaya mudah dibawa-bawa. Bentuknya sendiri beragam, ada scanner portable yang berbentuk segi empat, persegi panjang, maupun bentuk yang lain. Semakin kecil ukuran produk tersebut, tentu akan semakin mudah membawanya ke berbagai tempat.

3. Resolusi hasil pemindaian tidak harus diutamakan

Scanner portable biasanya digunakan untuk memindai dokumen kemudian mengubahnya menjadi data OCR (optical character recognition). Sebenarnya scanner dengan resolusi 300 dpi sudah memadai untuk tujuan tersebut. Kalau digunakan untuk memindai gambar, terkadang memang diperlukan scanner berukuran lebih besar yang bisa memberikan resolusi lebih baik, namun tentunya akan kurang praktis untuk dibawa-bawa. Jadi saat akan membeli scanner portable, resolusi hasil pemindaian tidak harus diutamakan.

10 Rekomendasi Scanner Portable Terbaik

Beberapa merk terkenal, seperti Canon dan Epson, juga mengeluarkan produk portable scanner-nya. Di bawah ini ceklist.id memberikan rekomendasi berbagai merk portable scanner lengkap dengan ulasan singkat mengenai produknya.

1. Epson ES-60W Wi-Fi Portable Scanner

Scanner Portable Terbaik Epson ES-60W Wi-Fi Portable Scanner
Epson ES-60W Wi-Fi Portable Scanner
Nama ProdukEpson ES-60W Wi-Fi Portable Scanner
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Bukan hanya memproduksi printer yang berkualitas, Epson juga memproduksi scanner portable dengan kualitas yang unggul. Dengan dimensi yang hanya 272 mm x 47 mm x 33,8 mm dan berat 300 g, produk ini tentu akan mudah dibawa ke berbagai tempat. Resolusi pemindaian yang dihasilkan juga sangat baik, bisa 200 dpi, 300 dpi, hingga 600 dpi. Untuk kecepatan pemindaiannya, tergantung pada resolusi yang ingin dihasilkan, warna objek, dan ukuran objek tersebut.

Selain ringan dan ringkas, scanner portable ini juga sudah mendukung koneksi Wi-Fi dan built-in battery yang memungkinkan pengguna memindai dokumen di mana saja. Jadi tidak harus menghubungkan ke laptop untuk mengoperasikannya. Meski demikian, tentunya ada koneksi USB di produk ini untuk langsung mengirim hasil pemindaian ke komputer atau laptop. Kompatibel dengan MacOS dan berbagai versi Windows, produk yang dijual seharga 2 jutaan rupiah ini bisa melakukan scan hingga 300 lembar per hari.

2. iSCAN01 900DPI Portable Scanner

Scanner Portable Terbaik iSCAN01 900DPI Portable Scanner
iSCAN01 900DPI Portable Scanner
Nama ProdukISCAN01 900DPI Portable Scanner
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Kalau Anda  menginginkan scanner portable dengan resolusi besar namun murah, iScan 900DPI Portable menjadi pilihan tepat. Produk yang berdimensi 257 mm x 30 mm x 24.5 mm ini bisa menghasilkan hasil pemindaian dalam tiga pilihan resolusi, yaitu 300 dpi, 600 dpi dan 900 dpi. Hasil scan yang sudah berformat PDF atau JPG bisa langsung disimpan ke kartu microSD yang tersedia di dalamnya.

Karena sudah dibekali Lithium-polymer AA battery berkapasitas 700 mAh, scanner portable ini bisa dioperasikan tanpa perlu dihubungkan ke  laptop. Selain menampilkan hasil pindaian beresolusi tinggi, produk ini hanya membutuhkan waktu sekitar 12 detik untuk memindai gambar full color pada kertas berukuran A4. Bagian LCD-nya didesain dengan UI yang intuitif untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan scanner portable ini. Meski memiliki berbagai fitur canggih, harga produk ini terbilang murah, hanya 600 ribuan rupiah.

3. Plustek MobileOffice S410

Scanner Portable Terbaik Plustek MobileOffice S410
Scanner Portable Plustek MobileOffice S410
Nama ProdukPlustek MobileOffice S410
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Plustek MobileOffice S410 mempunyai kelebihan bisa langsung memindai dan mengenali berbagai jenis ukuran kertas, baik itu ukuran A4, F4, kartu nama, A5, kuarto, letter, dan legal. Proses pemindaiannya juga sangat cepat, hanya 9 detik per lembar untuk ukuran A4, berwarna, dan resolusi 300 dpi. Scanner portable yang hanya berukuran 295 mm x 50 mm x 4,05 mm dan berat 410 gram ini juga bisa menghasilkan resolusi yang lebih tinggi, yakni 600 dpi.

Dalam satu hari, scanner portable ini bisa memindai hingga 800 lembar dokumen. Akan tetapi, produk ini belum dilengkapi dengan baterai, sehingga dibutuhkan koneksi ke komputer atau laptop ketika akan menggunakannya. OS Windows yang kompatibel dengan produk ini, antara lain Windows 7, 8, dan 10. Ketika membeli scanner portable yang dijual dengan harga 1,7 jutaan ini, Anda juga akan memperoleh gratis software DocAction, ABBYY FineReader, dan Plustek Tools yang akan membantu dalam pemindaian dokumen.

4. FUJITSU Image Scanner ScanSnap S1300i

Scanner Portable Terbaik FUJITSU Image Scanner ScanSnap S1300i
Scanner Portable FUJITSU Image Scanner ScanSnap S1300i
Nama ProdukFUJITSU Image Scanner ScanSnap S1300i
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Fujitsu ScanSnap S1300i Portable Scanner bisa digunakan untuk memindai kertas dari berbagai ukuran, baik itu A4, A5, A6, B5, B6, F4, Legal, Letter, Business Card, hingga Post Card. Scanner portable ini sudah mendukung sensor gambar CIS dan bisa dioperasikan pada OS Windows berbagai versi serta MacOS. Namun seperti produk sebelumnya, Fujitsu ScanSnap S1300i belum dilengkapi baterai, sehingga perlu dihubungkan ke laptop untuk menggunakannya.

Kecepatan pindaiannya mencapai 12 ppm (page per minute) atau 24 ipm. Scanner portable ini memiliki fitur keren, salah satunya Apps ScanSnap Connect Application yang memungkinkan pengguna dapat memindai dokumen langsung ke smartphone. Kalau mau memindai dua dokumen berukuran kecil secara bersamaan, produk ini sudah bisa melakukannya.

Belum lagi dengan adanya software ScanSnap Home yang memudahkan proses pengeditan, jadi hasil pindaian berformat PDF dan JPEG bisa langsung diubah ke format Word atau Excel. Pada software itu juga terdapat berbagai fitur untuk mengoreksi hasil pemindaian secara otomatis. Fujitsu ScanSnap S1300i bisa dibeli secara online dengan harga 4 jutaan rupiah.

5. Avision MiWand 2L PRO

Scanner Portable Terbaik Avision MiWand 2L PRO
Scanner Portable Avision MiWand 2L PRO
Nama ProdukAvision MiWand 2L PRO
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Avision MiWand 2L PRO memungkinkan Anda untuk langsung memindahkan hasil pemindaian ke perangkat iPad atau smartphone. Scanner portable yang berdimensi 69 mm x 322 mm x 57 mm dan berat 663 gram ini menggunakan baterai lithium, sehingga bisa langsung digunakan tanpa perlu dihubungkan ke komputer. Meski demikian, produk ini tetap memiliki mini USB port untuk memindahkan hasil pemindaian ke perangkat lain.

Di dalamnya terdapat slot untuk microSD card supaya bisa menyimpan hasil pemindaian cukup banyak. Scanner portable ini mendukung resolusi pemindaian mulai dari 300 dpi, 600 dpi, hingga 900 dpi. Waktu yang dibutuhkan untuk pemindaian juga sangat cepat, bisa 5,9 detik hingga kurang dari satu detik, tergantung resolusi dan warna objek yang di­-scan.

Avision MiWand 2L PRO dilengkapi layar LCD berukuran 1,8 inci, jadi preview hasil pemindaian bisa dilihat secara langsung dan memudahkan pengecekan kalau ada hasil yang salah. Scanner portable yang dijual seharga 1,5 jutaan hingga 2 jutaan ini mendukung pemindaian berbagai ukuran kertas, mulai dari F4, A4, hingga legal.

6. Canon P-208II

Scanner Portable Terbaik Canon P-208II
Scanner Portable Canon P-208II
Nama ProdukCanon P-208II
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Meski hanya berukuran 312,5 mm × 55,5 mm × 40 mm, scanner portable dari Canon ini sangat bisa diandalkan untuk memindai banyak dokumen. Fitur ADF (automatic document feeder) yang ada pada produk ini memungkinkan pengguna bisa langsung memindai sepuluh dokumen sekaligus. Dalam satu menit, Canon P-208II bisa memindai hingga delapan halaman dokumen.

Scanner portable ini mendukung berbagai jenis resolusi, mulai dari 150 dpi, 200 dpi, 300 dpi, 400 dpi, dan 600 dpi. Dalam satu hari, Canon P-208II bisa memindai hingga 100 lembar dokumen. Sayangnya, produk yang dijual dengan harga 2,7 jutaan ini belum dipasangi baterai atau built in Wi-Fi, sehingga harus disambungkan ke komputer atau laptop ketika akan digunakan.

7. Plustek MobileOffice S602

Scanner Portable Terbaik Plustek MobileOffice S602
Scanner Portable Plustek MobileOffice S602
Nama ProdukPlustek MobileOffice S602
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Kalau scanner portable sebelumnya bisa menghasilkan hasil pindaian dengan resolusi maksimal 900 dpi, Plustek S602 ini bisa memindai dengan resolusi hingga 1200 dpi. Jadi bukan hanya praktis dibawa-bawa, produk ini juga menghasilkan hasil pemindaian yang cukup detail dan jelas. Scanner portable yang hanya berukuran 174,5 mm x 60,5 mm x 38,5 mm memiliki kecepatan 5,5 detik per lembar, untuk dokumen seukuran KTP, berwarna, dan resolusinya 300 dpi.

Scanner portable ini sebenarnya memang ditujukan untuk pemindaian dokumen berukuran kecil, seperti kartu nama, kartu kredit, KTP, SIM dan NPWP. Dalam satu hari, Plustek S602 bisa memindai maksimal hingga 1000 lembar. Untuk daya ketika akan digunakan, produk ini mengandalkan sambungan ke laptop atau komputer, karena tidak memiliki adaptor lain. Plustek S602 dijual dengan harga 1,5 jutaan dan bisa diberi secara online di toko resminya.

8. FUJITSU IX100 Portable Scanner

Scanner Portable Terbaik FUJITSU IX100 Portable Scanner
FUJITSU IX100 Portable Scanner
Nama ProdukFUJITSU IX100 Portable Scanner
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Salah satu fitur keren dari Fujitsu ScanSnap IX100 Portable Scanner adalah sudah mendukung Wi-Fi dan baterai isi ulang, sehingga tidak perlu disambungkan ke laptop untuk menggunakannya. Berbagai ukuran kertas bisa dipindai dengan scanner portable ini, mulai dari ukuran A4, A5, A6, B5, B6, F4, Legal, Letter, Business Card, hingga seukuran Post Card. Produk ini juga bisa digunakan untuk memindai dokumen langsung ke smartphone melalui ScanSnap Connect Application.

Produk ini juga sudah mendukung sensor gambar CIS, untuk hasil pemindaian yang optimal. Dengan kecepatan pemindaian 5.2 detik per halaman, Anda sudah bisa memindai sekitar 11 halaman hanya dalam waktu 1 menit. Scanner portable ini kompatibel dengan OS Windows berbagai versi dan MacOS. Fujitsu ScanSnap IX100 dijual seharga 3,5 jutaan rupiah, harga yang pantas untuk berbagai fitur keren yang dimilikinya.

9. Canon P-215II

Scanner Portable Terbaik Canon P-215II
Scanner Portable Canon P-215II
Nama ProdukCanon P-215II
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Memiliki dimensi 285 mm x 95 mm x 40 mm, scanner portable dari Canon ini terbilang cukup ringkas, sehingga bisa digenggam hanya dengan satu tangan. Salah satu keunggulan dari produk ini adalah dapat melakukan scanning sisi depan dan belakang dokumen secara bersamaan. Produk ini mendukung resolusi hasil pemindaian yang beragam, mulai dari 150 dpi, 200 dpi, 300 dpi, 400 dpi, hingga 600 dpi. Kecepatan pemindaiannya juga bervariasi, tergantung jenis port USB yang digunakan dan objek yang dipindai.

Pada scanner portable ini juga tersedia slot kecil khusus untuk memindai kartu nama, KTP, atau dokumen lain seukuran itu. Namun Canon P-215II belum didukung sumber daya lain, selain koneksi USB, sehingga Anda menyambungkannya ke laptop ketika akan memindai dokumen. Produk yang dijual dengan harga sekitar 3,9 jutaan ini bisa memindai hingga 500 lembar dokumen dalam satu hari.

10. Brother ADS-1200 Portable Scanner

Scanner Portable Terbaik Brother ADS-1200 Portable Scanner
Brother ADS-1200 Portable Scanner
Nama ProdukBrother ADS-1200 Portable Scanner
Voucher & Diskon Cek Promo 7.7 Shopee Cek Promo Terbaru Tokopedia

Selanjutnya ada produk scanner protable dari Brother, yakni Brother ADS-1200 Portable Compact Document Scanner. Scanner yang berdimensi 300 mm x 103.5 mm x 83 mm ini sudah mendukung resolusi hasil pemindaian hingga 1200 dpi. Produk ini dilengkapi dengan berbagai USB interface, antara lain SuperSpeed Micro-USB 3.0, Hi-Speed micro USB 2.0 type B, dan USB 2.0 host.

Scanner portable ini bisa digunakan untuk memindai berbagai varian kertas, seperti kertas yang tipis, kertas tebal, business card, plain paper, dan plastic card.  Kecepatan pemindaiannya mencapai 25 ppm (page per minute) untuk dokumen berwarna  ukuran A4. Produk ini kompatibel dengan OS Windows, MacOS, ICA, dan Linux dan dilengkapi dengan layar LED yang memudahkan Anda untuk memantau proses pemindaian. Brother ADS-1200 dijual seharga 4 jutaan rupiah.

Kelebihan dan Kekurangan Berbagai Jenis Scanner

Selain scanner portable, sebenarnya masih ada jenis-jenis scanner lainnya. Yuk kenali lebih jauh tentang jenis-jenis scanner, termasuk kelebihan dan kekurangannya.

1. Scanner portable

Jenis scanner satu ini berukuran kecil sehingga mudah dibawa ke berbagai tempat. Saat ini terdapat cukup banyak merk scanner portable yang ada di Indonesia, mulai dari harga murah hingga yang mahal. Meski berukuran kecil, scanner jenis ini juga bisa digunakan untuk memindai dokumen berukuran A4 atau F4. Berbagai rekomendasi merk scanner portable sudah ada di ulasan ini ya.

Beberapa kelebihan scanner portable, antara lain bisa digunakan kapanpun dan di manapun, serta tidak memerlukan tempat penyimpanan yang besar. Sedangkan kekurangannya, antara lain resolusinya terbilang rendah, sehingga tidak disarankan untuk digunakan memindai objek fotografi.

2. Scanner roller

Salah satu pembeda scanner roller dengan jenis-jenis scanner lainnya adalah caranya ketika menarik dokumen. Untuk melakukan pemindaian, biasanya scanner jenis lain akan menggerakkan matanya, berbeda dengan scanner yang menarik dokumen sehingga dapat melewati mata scanner. Lebih jelasnya, cara kerja scanner jenis ini seperti printer. Dokumen yang diletakkan pada salah satu ujung scanner akan masuk ke dalam mesin, kemudian keluar melalui ujung yang lain. Kinerja yang demikian menjadikan proses pemindaian menjadi lebih cepat.

Terdapat dua jenis roller scanner, antara lain ADF Scanner (automatic document feeder) dan scanner sheet feed. ADF paling cocok digunakan untuk memindai banyak dokumen dalam satu waktu. Scanner tersebut memiliki wadah tersendiri untuk menaruh dokumen, kemudian dokumen akan ditarik ke dalam mesin secara otomatis. Jadi scanner ADF sangat cocok untuk penggunaan di kantor, terutama di bagian administrasi.

Kalau scanner sheet feed tidak memilki wadah tersendiri untuk menaruh dokumen, jadi pengguna harus memasukkan dokumen satu per satu. Scanner sheet feed sendiri lebih dikenal dengan nama scanner mobile atau scanner portable. Karena ukurannya cukup kecil, biasanya scanner jenis ini memiliki keterbatasan terkait ukuran dokumen yang akan di-scan.

3. Scanner film

Pada scanner film terdapat teknologi yang bernama CCD atau charge coupled device. Teknologi tersebut berfungsi untuk memindai file yang berasal dari data negatif, lalu diubah menjadi data film yang positif.

Beberapa kelebihan jenis scanner ini, antara lain sangat cocok untuk memindai gambar yang berukuran besar karena objeknya berasal dari sumber dengan film negatif dan kemampuan pemindaiannya sangat baik. Sedangkan kekurangannya adalah harga scanner jenis ini sangat mahal dan hanya bisa digunakan untuk memindai jenis objek film saja.

4. Scanner flatbed

Selanjutnya ada jenis scanner flatbed yang menjadi salah satu jenis scanner yang sudah cukup terkenal. Scanner flatbed menggunakan teknologi CCD, seperti halnya scanner film. Selain itu, pada scanner jenis ini juga ada teknologi bernama contac image sensor atau CIS yang akan membaca objek yang akan dipindai. Teknologi CIS juga sudah terpasang pada scanner portable.

Beberapa kelebihan scanner ini, antara lain adanya teknologi CIS membuatnya tidak memerlukan daya tinggi untuk beroperasi, relatif lebih awet dibandingkan jenis lain, bisa langsung dihubungkan ke komputer atau laptop, dan hasil pemindaiannya sangat baik. Sedangkan kekurangannya adalah scanner jenis ini hanya bisa memindai satu sisi objek, jadi kurang cocok untuk memindai banyak dokumen.

5. Scanner drum

Jenis scanner berikutnya adalah scanner drum yang didesain dengan bentuk tabung sudah menggunakan teknologi PMT atau photomultiplier tubles. Fungsi teknologi itu adalah untuk membaca dan memindai suatu objek yang berukuran cukup besar. Kabarnya, scanner jenis ini bisa menampilkan hasil pemindaian dengan resolusi mencapai 24.000 ppi, artinya hasil pemindaiannya sangat detail dan jelas. Dengan demikian, scanner drum sangat cocok untuk memindai dokumen kuno yang rapuh.

Beberapa kelebihan scanner jenis ini, antara lain menampilkan hasil pemindaian yang sangat akurat dan sangat minim getaran sehingga proses pemindahan tidak akan mengganggu hasil pemindaian. Sedangkan kekurangannya adalah ukurannya lebih besar dibandingkan jenis lain, harganya terbilang mahal, dan hanya bisa memindai objek tertentu.

Kesimpulan

Scanner atau pemindai merupakan sebuah alat yang memiliki kemampuan untuk memindai dokumen atau objek tertentu secara fisik, kemudian mengkonversi hasil pindaian itu dalam bentuk file digital. Scanner diperlukan untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk pengisian formulir online yang memerlukan hasil pindaian dokumen tertentu. Untuk mendukung kepraktisan, saat ini scanner portable  sudah mudah dijumpai. Rekomendasi berbagai merk scanner portable sudah ada di sini ya.

Rekomendasi lainnya :

Tanggal Pembaharuan

Write A Comment

/* */