CEKLIST.ID – Baret atau goresan pada mobil tidak hanya disebabkan oleh kecelakaan atau terserempat, melainkan juga dapat muncul akibat gesekan debu yang berterbangan. Pada dampak yang cukup serius, cat bisa terkelupas. Untuk menangani hal ini, diperlukan pemolesan dengan penghilang goresan mobil agar permukaan cat bisa terlihat seperti sediakala.

Anda dapat memilih produk penghilang goresan mobil yang dikeluarkan oleh Meguiar’s, Turtle Wax, dan sederet brand lain di mana masing-masing memiliki karakteristik bentuk, jenis, dan sifat abrasif yang berbeda. Setiap level goresan memerlukan penanganan dari penghilang goresan yang berbeda. Karena itu, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu tipe-tipe produk yang beredar.

Penghilang Goresan Mobil
Gambar Ilustrasi Penghilang Goresan Mobil

Cara memilih penghilang goresan mobil yang Bagus

Penghilang goresan atau baret pada mobil hadir dalam berbagai tipe, seperti tipe wax, compound, spray, dan touch pen. Daya kerja yang dimiliki oleh setiap jenis berbeda berdasarkan level goresan yang ditimbulkan. Mari pahami lebih lanjut karakteristik dari masing-masing tipe penghilang goresan mobil ini.

1. Tipe wax yang dapat menangani goresan halus

Goresan halus yang tidak terlalu dalam, mungkin akibat debu, mesin pencuci mobil, atau pengelapan dapat dihilangkan dengan penghilang goresan mobil tipe wax. Tipe ini terbagi lagi menjadi dua jenis berdasarkan wujud, yaitu wujud cair dan solid dengan perbedaan sifat abrasif dari masing-masingnya.

Untuk tipe wax yang cair, komponen pemolesnya mengandung zat abrasif yang membuat permukaan cat bisa kembali rata dan goresan pun hilang tak terlihat setelah dipoles. Efek yang diberikan dapat bertahan lama meski zat lilinnya sudah hilang. Hanya saja, penghilang goresan tipe wax cair bila dipakai berlebihan justru akan memperburuk goresan yang ada.

Alternatif lain bagi Anda yang tidak ingin menambah goresan akibat kekeliruan dalam memakai tipe wax cair bisa dengan menggunakan wax berwujud solid. Pada jenis ini wax-nya tidak mengandung zat pemoles, melainkan diganti dengan silikon atau zat lain dengan fungsi serupa. Wax solid bekerja hanya menutupi goresan, bukan menghilangkannya. Akan tetapi, jenis semacam ini justru tidak akan membuat goresan semakin parah karena tidak adanya zat abrasif.

2. Tipe compound untuk menghilangkan goresan yang tidak terlalu dalam

Penghilang goresan tipe compound mengandung zat pemoles yang bersifat abrasif. Tipe ini lebih tepat dipakai untuk goresan yang dangkal alias tidak terlalu dalam akibat proses perbaikan atau pengecatan ulang. Di pasaran beredar beberapa bentuk produk, seperti krim, cair, dan pasta. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain hadir dalam banyak bentuk, level abrasif dari komponen produk compound juga berbeda, mulai dari tingkat yng sangat halus hingga kasar. Namun, semua abrasifnya dimiliki oleh masing-masing bentuk. Karena itu, ketika Anda berniat memakai produk compound untuk menghilangkan goresan pada mobil, maka cat mobil akan semakin tipis dan tipe ini pun mudah hilang jika terkena air.

3. Tipe spray yang praktis untuk goresan berwilayah cukup besar

Apabila area goresan yang timbul cukup luas, penghilang goresan mobil tipe spray paling tepat digunakan. Tipe ini bekerja lebih dalam dibandingkan produk tipe wax maupun compound. Selain dipakai pada mobil, tipe ini juga bisa dipakai untuk menghilangkan goresan pada benda padat lain sehingga dinilai fleksibel. Akan tetapi, Anda perlu keahlian ketika memakainya.

Waktu dan tenaga juga perlu dikerahkan lebih besar. Pasalnya, sebbelum menyemprotkan produk, lapisan silikon pada mobil harus dikikis terlebih dahulu. Anda juga perlu menemukan warna yang sesuai dengan cat mobil agar tidak membuat tampilan mobil jadi aneh. Perhatikan kembali tingkat keahlian Anda sebelum memakai produk ini. Bila dilakukan secara amatir, maka hasil akhirnya pun akan kurang optimal.

4. Tipe touch pen untuk atasi cat terkelupas dan hilangkan goresan secara presisi

Penghilang goresan tipe pulpen ini mudah digunakan. Kesulitannya mungkin terletak pada pemilihan warna yang sesuai dengan warna cat mobil Anda. Tipe ini akan bekerja sangat baik untuk menghilangkan goresan secara presisi, misalnya pada cat yang mengalami pengelupasan.

Selain itu, tipe touch pen juga efektif menghilangkan silikon dan karat yang menempel pada permukaan mobil dengan hasil akhir yang cukup rapi dan tidak terlalu nampak bekas perbaikannya. Bilamana goresan pada mobil Anda kiranya hanya dapat dihilangkan dengan produk tipe touch pen, pastikan ketika mengamplas cat mobil yang kering terlebih dahulu agar permukaannya rata.

10 Rekomendasi penghilang goresan mobil terbaik

Kini, menghilangkan goresan pada mobil bisa dilakukan sendiri. Anda cukup menyiapkan produk penghilang goresan mobil yang berkualitas. Berikut ini ceklist.id rekomendasikan beberapa produk pilihan untuk Anda gunakan!

1. Simoniz Fix It Pro Scratch Repair Pen

Simoniz Fix It Pro Scratch Repair Pen
Produk Simoniz Fix It Pro Scratch Repair Pen

Simoniz Fix It Pro dirancang dalam bentuk touch pen sehingga mudah digunakan. Anda hanya perlu mengaplikasikannya pada bagian yang lecet, lalu tunggu hingga zatnya mengering. Produk ini nyaman dan aman digunakan berkali-kali karena memiliki karakter sifat odourless dan non-toxic.

Setelah produk ini kering, kemampuannya yang waterproof dan permanen akan membuatnya tidak mudah terhapus. Belum lagi dengan harga yang sangat ramah di kantong, Anda yang berdana tipis pun tidak akan kesulitan untuk memiliki produk ini.

2. Nu Finish Scratch Doctor

Nu Finish Scratch Doctor
Produk Nu Finish Scratch Doctor

Scratch Doctor dapat menghilangkan goresan secara sempurna tanpa menimbulkan goresan baru pada mobil Anda walaupun dipoles terus-menerus. Produk ini layak dimasukkan ke dalam daftar belanja, terutama bagi Anda yang berjiwa perfeksionis dan ingin mobil selalu tampil maksimal tanpa goresan sekecil apa pun.

Penggunaan produk ini pun terbilang mudah, Anda hanya perlu menggunakan kain lembut untuk mengoleskan isinya dalam jumlah sedikit pada goresan. Diamkan hingga kering dan lap kembali dengan kain lembut agar semakin halus hasilnya.

3. Meguiar’s ScratchX 2.0

Meguiars ScratchX
Produk Meguiars ScratchX

Meguiar’s mempunyai beberapa koleksi penghilang goresan mobil. Salah satunya adalah ScratchX 2.0 yang dikatakan mampu menghilangkan baret, lecet, atau bentuk goresan lain pada permukaan bodi mobil Anda dengan cepat. Produk ini memiliki formula abrasif yang dapat mengatasi berbagai macam goresan.

Walau dirancang dengan bahan yang bersifat abrasif, produk ini tidak akan membuat lapisan coating mobil Anda menipis atau bahkan rusak. Selain itu, produk ini juga dapat membuat area yang dipoles tampak berkilau. Ingin menghilangkan baret sekaligus mengilapkan mobil? Meguiar’s ScratchX 2.0 jawabannya!

4. Carlack 68 Polish Compound

Carlack 68 Polish Compound
Produk Carlack 68 Polish Compound

Produk ini tidak hanya efektif diaplikasikan pada permukaan body mobil yang timbul goresan, tetapi juga pada kaca mobil Anda yang baret akibat benda tajam secara tidak sengaja. Di samping menghilangkan baret, produk ini juga dapat membersihkan noda dan kerak jamur yang menempel dan sulit dihilangkan.

Dengan memakai Carlack 68 Polish Compouns, seluruh permukaan bodi maupun kaca mobil dapat kinclong bebas lecet. Penghilang goresan mobil ini juga mudah pengaplikasikannya, baik secara manual atau menggunaakn mesin poles. Walau bersifat abrasif, produk ini bebas silikon sehingga dapat menempel sempurna tanpa membuat cat dan lapisan coating terkelupas.

5. Mothers California Gold Scratch Remover

Mothers California Gold Scratch Remover
Produk Mothers California Gold Scratch Remover

Mothers California mempersembahankan produk penghilang goresan mobil yang memiliki sifat abrasif tinggi. Produk ini dapat Anda terapkan untuk menghilangkan baret yang sulid diatasi. Tidak hanya pada permukaan luar mobil, tetapi komponen mobil yang sering tersentuh, semisal handle, lubang kunci, dan kap mesin juga dapat dibantuhilangkan goresannya dengan produk ini.

Walau bersifat abrasif tinggi, produk ini masih termasuk soft sehingga tidak membuat permukaan yang dipoles pudar atau terkelupas dan rusak. Apabila Anda ingin memoles mobil tanpa menunggu lama, produk penghilang goresan mobil ini layak dicoba.

6. Meguiar’s Ultimate Compound

Meguiar’s Ultimate Compound
Produk Meguiar’s Ultimate Compound

Koleksi lain dari Meguiar’s satu ini akan membuat mobil Anda tampak menawan layaknya mobil baru. Bila diaplikasikan dengan benar, akan terlihat kesan flawless dengan kilauan yang memukau dan warna bebas belang. Produk ini patut Anda pertimbangkan sebagai salah satu produk pilihan.

Dibekali teknologi micro-abbrasive, produk ini mampu menghilangakn goresan serta meratakan warna mobil. Hal lain yang membuat produk ini ungugl adalah adanya kemampuan membasmi selain goresan, tetapi juga water spot, oksidasi, dan noda atau kerak yang sulit dihilangkan pada mobil Anda.

7. Turtle Wax Premium Polishing Compound

Turtle Wax Premium Polishing Compound
Produk Turtle Wax Premium Polishing Compound

Apabila Anda mencari penghilang goresan mobil tipe compound yang berkemampuan lebih dengan harga jual minim, Turtle Wax Premium Polishing Compound wajib masuk ke dalam wishlist Anda. Produk ini dirancang khusus untuk mengatasi goresan halus.

Di samping itu, Turtle Wax juga menambahkan formula nanotechnology yang menjadikan produk ini mampu mencegah cat mobil Anda menjadi kusam dengan cara memproteksi bodi mobil dari sinar UV. Produk ini pun dapat Anda andalkan untuk menghilangkan noda akibat getah pohon, kotoran burung, hujan asam, atau jamur cat yang sulit dihilangkan.

8. Turtle Wax Polishing Compound

Turtle Wax Polishing Compound
Produk Turtle Wax Polishing Compound

Produk ini cukup ramai dibicarakan dalam dunia otomotif. Kemampuannya dalam menghilangkan goresan mobil tidak perlu diragukan lagi. Anda dapat pula mengandalkan produk ini untuk memperhalus permukaan mobil yang baru saja dicat ulang untuk hasil lembut sempurna.

Tentu saja, menyoal performa, Turtle Wax Polishing Compound akan membuat goresan dan baret ringan pada mobil hilang seketika. Hanya saja, produk ini dibuat khusus untuk pengerjaan paa level goresan ringan. Meski demikian, produk ini telah dilengkapi formula khusus yang membuatnya efektif memebrsihkan kotoran, debu, atau sisa-sisa aspal yang melekat pada mobil.

9. Colour Touch Paint Pen

Colour Touch Paint Pen
Produk Colour Touch Paint Pen

Mencari produk penghilang goresan mobil yang praktis pemakaiannya? Produk berikut patut Anda pertimbangkan. Dengan formula yang cepat kering, Anda bisa hemat waktu ketika menggunakannya. Colour Touch Paint Pen bagaikan pena ajaib yang membuat segala bentuk goresan pada mobil Anda tertutup seketika.

Buka cuma itu, produsen juga memastikan produk ini bisa membuat mobil Anda bisa dipakai beraktivitas walau baru saja diberi treatment olehnya. Anda cukup mengoleskannya pada baret di mobil, dalam sejekap permukaan mobil Anda bisa kembali sempurna.

10. T-UP Automotive Paint

T-UP Automotive Paint
Produk T-UP Automotive Paint

T-UP Automotive Paint adalah cat yang terbuat dari bahan sintetis nitro-cellulose pluse epoxy yang menggabungkan cat alami mobil dengan bahan epoksi. Perpaduan bahan tersebut membuat produk ini dapat mengembalikan warna mobil Anda layaknya baru sekaligus menutupi goresan secara optimal.

Baik pada goresan halus atau kasar, produk ini bekerja efektif di bodi mobil Anda. Dengan T-UP Automotive Paint, Anda tidak perlu repot memoles baret berulang karena karena performa yang disertakan cukup ampuh dalam menutupi baret tanpa harus pemolesan secara berulang kali. Hemat waktu juga!

Rekomendasi Lainnya : Review 10 Sepeda Lipat Terbaik

Kesimpulan

Setiap tipe produk penghilang goresan mobil dapat bekerja sama antara satu dengan yang lain untuk memberikan hasil akhir yang optimal. Sebagai contoh, untuk menghilangkan goresan, Anda dapat memakai tipe compound terlebih dahulu untuk menghaluskan permukaan yang kasar serta menghilangkan goresannya. Setelah itu, Anda dapat melapisi permuakan dengan wax untuk hasil lebih baik.

Jika ingin menggunakan tipe touch pen, Anda dapat langsung mengaplikasikan produk ke goresan dan menunggunya kering. Setelah kering, barulah Anda poles kembali dengan  compound agar halus merata dan gunakan spray untuk finishing guna memberikan hasil akhir glossy.

Write A Comment

/* */