CEKLIST.ID – Seusai badan lelah karena aktivitas harian, menenangkan diri menggunakan lilin aromaterapi dapat menjadi keputusan yang tepat. Mood yang telah rusak secara bertahap kembali baik berkat aroma dan pencahayaan dari lilin aromaterapi. Anda bisa menenangkan diri dengan lilin aromaterapi di kamar tidur, ruang santai, hingga kamar mandi.

Berbagai pilihan aroma dimiliki oleh lilin aromaterapi, seperti aroma kopi, lavender, jeruk, kayu manis. Anda bisa memilih berdasarakan suasana hati. Bentuk wadah dan lama nyala lilin juga menjadi aspek yang harus diperhatikan. Anda bimbang memilihnya? Tidak usah bimbang lagi, ceklist.id akan uraikan bagaimana memilih lilin aromaterapi yang tepat. Setelah itu, barulah Anda dapat memilih produk lilin aromaterapi terbaik.

Lilin Aroma Terapi Terbaik
Gambar Ilustrasi Lilin Aroma Terapi Lavender

Cara memilih lilin aromaterapi yang Bagus

Lilin aromaterapi dipercaya mampu meredam stres atau kelelahan karena memberi efek relaksasi melalui cahaya dan aroma lembut yang dipancarkan. Di samping itu, lilin aromaterapi juga dapat membuat tubuh lebih rileks, terlebih bila Anda memasangnya sebagai teman berendam.

Cukup banyak pilihan lilin aromaterapi, sudahkah Anda pahami bagaimana lilin aromaterapi yang cocok untuk Anda? Untuk mengetahuinya, Anda perlu melihat tipe wadah, bahan yang digunakan, hingga aroma yang sesuai dengan mood Anda. Simaklah penjelasan selengkapnya di bawah ini!

1. Pilih lilin aromaterapi berdasarkan tipe wadah

Bahan-bahan yang digunakan pada lilin umumnya diletakkan pada kemasan wadah, baik dengan tutup ataupun tidak. Setiap bahan memiliki karakteristik berbeda, seperti penyebaran aroma, lama pembakaran, efek wewangian, dan bahkan memiliki tampilan menarik sebagai dekorasi interior rumah. Manakah yang pas untuk Anda?

  • Tipe Tealight. Lilin aromaterapi tipe tealight mempunyai ukuran paling kecil dengan waktu pembakaran yang sebentar, yaitu sekitar 4 – 6 jam. Tipe ini cocok dipakai di kamar mandi sembari berenang, Anda bisa meletakkan lilin di atas gelas berisi air atau bahkan langsung di bath tub agar efek yang diberikan lebih terasa.
  • Tipe Votive. Pada tipe ini, Anda dapat memilih aroma lilin sesuai selera. Biasa dipakai sebagai lilin doa di gereja, jenis ini memberikan aroma yang tahan lama. Lilin aromaterapi tipe votive dapat bertahan 4 – 24 jam dan tidak menghasilkan limbah sehingga Anda bisa merasakan aromanya sampai akhir.
  • Tipe Gel Candle. Anda mencari lilin sebagai hadiah atau yang sekaligus bisa mendekorasi rumah? Lilin aromaterapi tipe ini dapat digunakan. Lilinnya transparan dengan tambahan detail semacam bunga kering atau kulit kering sebagai hiasan. Lilin ini memberikan aroma, cahaya, dan tampilan yang indah.
  • Tipe Kaleng/Stoples Kaca. Bilamana ingin merelaksasi diri ketika bepergian, Anda dapat membeli lilin aromaterapi tipe ini. Dikemas dalam wadah kaleng atau stoples kaca, isinya tidak bakal tumpah karena terdapat tutup. Anda juga bisa memberikan lilin ini sebagai hadiah untuk orang yang ingin Anda kunjungi.

2. Pilih lilin aromaterapi berdasarkan bahan yang digunakan

Formula pencipta aroma yang disematkan ke dalam lilin memiliki ketahanan yang berbeda-beda, tergantung bahan dasar lilin yang digunakan. Untuk mendapatkan produk yang tepat, sebaiknya Anda ketahui juga beberapa bahan yang biasa digunakan pada lilin aromaterapi.

  • Parrafin Wax. Lilin dari parrafin wax memiliki harga lebih murah sehingga cocok untuk Anda yang berbujet tipis. Hanya saja, lilin ini menyisakan residu dan jelaga. Bahan tersebut juga menyebarkan zat kimia yang lama-kelamaan tidak baik memapar tubuh.
  • Beeswax. Dihasilkan oleh lebah, beeswax termasuk bahan alami yang banyak dipakai sebagai lilin aromaterapi. Anda dapat menikmati aroma dan cahaya pendar yang tahan lama karena lilin ini tidak mudah mencair pada suhu rendah.
  • Soy Wax. Terbuat dari 100% kedelai murni dan diproduksi secara manual, bahan ini dapat dipilih untuk Anda yang ingin merasakan aroma lilin lebih cepat. Walau membekaskan jelaga, jelaganya dapat dibersihkan dengan mudah. Lilin berbahan soy wax aman untuk anak dan hewan peliharaan.
  • Palm Wax. Ukurannya kecil dengan aroma dan pencahayaan lembut. Bahan ini diperoleh dari kelapa sawit murni tanpa tambahan bahan kimia. Ketika dibakar, tidak menghasilkan polutan sehingga ramah lingkungan. Aroma palm wax juga tergolong awet.
  • Biji Kapas, Beras, dan Wax Jepang. Bahan alami yang tidak akan mencemari udara dan dapat dinikmati cukup lama. Lebih disarankan memilih lilin berbahan wax Jepang karena mengantongi dua kelebihan tersebut, sedangkan biji kapas dan beras hanya salah satunya saja.

10 Rekomendasi lilin aromaterapi terbaik

Berikut ini Anda akan melihat ulasan dari produk pilihan lilin aromaterapi terbaik dari merek lokal hingga internasional dengan variasi harga murah hingga mahal. Anda juga dapat menemukannya di toko miniso, ikea, atau ace hardware dengan desain yang tentunya menarik dan memiliki berbagai aroma. Terdapat banyak sekali varian aroma, mulai dari yang lembut, menenangkan, dan menyegarkan pikiran. Pilihlah satu atau lebih produk yang Anda minati!

1. Yankee Candle Fresh Cherry Blossom

Yankee Candle Fresh Cherry Blossom
Yankee Candle Fresh Cherry Blossom

Selepas beraktivitas, Anda bisa bersantai sembari mendengarkan musik ditemani lilin aromaterapi. Yankee Candle menawarkan lilin dengan aroma manis dan lembut bunga sakura, membawa Anda seakan sedang berada di taman bunga sakura yang sedang mekar.

Lilin ini berwarna cantik menyerupai warna asli bunga sakura. Memiliki aroma yang bertahan antara 4 – 6 jam, sangat tepat bagi Anda yang ingin menikmatinya di malam hari. Pada satu kotak pembeliannya, Yankee Candle menyediakan 12 buah dengan aroma cherry blossom yang menenangkan.

2. Bath & Body Works A Thousand Wishes 3-Wick Candle

Bath & Body Works A Thousand Wishes 3-Wick Candle
Bath & Body Works A Thousand Wishes 3-Wick Candle

Bath & Body Works mempersembahkan produk lilin aromaterapi yang dapat bertahan hingga 45 jam. Bagi Anda yang ingin menjaga suasana ruangan lebih lama, A Thousand Wishes 3-Wick Candle layak dipilih sebagai opsi. Wadah dari kaca lengkap dengan tutup akan membuatnya aman disimpan tanpa merusak aroma.

Selebihnya, dapat dilihat hiasan ukiran pada seputaran wadah kaca yang dapat mempercantik sudut ruangan kamar atau ruang santai Anda. Pada lilinnya terdapat tiga sumbu untuk membantu penyebaran aroma lebih cepat. Beraroma manis lembut, lilin ini akan memberi efek tenang dan hangat yang tahan lama.

3. Bath & Body Works Eucalyptus Spearmint 3-Wick Candle

Bath & Body Works Eucalyptus Spearmint 3-Wick Candle
Bath & Body Works Eucalyptus Spearmint 3-Wick Candle

Dikeluarkan oleh produsen yang sama dengan produk rekomendasi sebelumnya, Bath & Body Works, lilin satu ini diklaim mampu bertahan 25 – 45 jam. Bukan sebatas tahan lama, aroma yang dimiliki juga dapat menyebar secara konsisten dan merata ke seluruh ruangan, bahkan yang berukuran besar sekalipun.

Juga terdapat tiga sumbu yang menjadikannya unik. Dengan aroma segar yang tidak menyengat, produk ini mampu ditoleransi oleh ibu hamil yang umumnya peka terhadap aroma berlebihan. Wewangian mint-nya yang disesap oleh hidup seketika membuat stres yang melanda berkurang.

4. Utama Spice Clearing Candle

Utama Spice Clearing Candle
Utama Spice Clearing Candle

Utama Spice Clearing Candle dapat dipertimbangkan untuk Anda yang ingin menggunakannya ketika traveling atau perjalanan dinas. Karena dikemas dalam kaleng, lilin aromaterapi berbahan beeswax ini dapat pula dijadikan opsi sebagai hadiah, baik untuk wanita ataupun pria.

Hadir dengan aroma mint dan kayu putih, setiap orang yang menerima aromanya akan kembali segar sekaligus bernapas lebih lega. Efek mengencerkan hidung tersumbat akibat flu juga dapat diterima oleh mereka yang mengalaminya. Produk ini sangat tepat bagi Anda yang ingin menghabiskan malam sembari merelaksasi diri.

5. Colonial Candle Tealights Candle Tibetan Sandalwood

Colonial Candle Tealights Candle Tibetan Sandalwood
Colonial Candle Tealights Candle Tibetan Sandalwood

Ingin membelikan hadiah kepada suami, pasangan pria, atau teman pria Anda? Produk berikut ini mungkin cocok buat mereka. Aroma sandalwood yang khas akan disukai para pria. Pada satu kotak, Colonial Candle menyediakan 9 buah lilin kecil berwarna kecokelatan.

Masing-masing lilin memiliki durasi pembakaran hingga 5,5 jam, termasuk singkat namun pas jika Anda ingin menikmati tanpa harus meninggalkannya. Lilin aromaterapi bertipe tealight ini dapat diletakkan di meja makan ketika candle light dinner juga, lho. Mau menciptakan suasana romantis? Pakai ini saja!

6. Yankee Candle Soft Blanket Votive Candles

Yankee Candle Soft Blanket Votive Candles
Yankee Candle Soft Blanket Votive Candles

Lilin aromaterapi berjenis votive ini terbuat dari wax parafin premium sehingga tingkat pencahyaannya bisa konsisten hingga akhir. Sumbu yang terbuat dari 100% serat alami bebas timbal sehingga aman bagi tubuh Anda ataupun anggota keluarga lain, termasuk anak-naak.

Memiliki durasi pembakaran mencapai 15 jam, produk ini umum dipakai sebagai lilin doa di gereja. Anda bisa juga menyalakannya ketika senja menyapa. Biarkan lilin menyala di sudut ruang kamar hingga fajar menyingsing. Dapatkan suasana kamar yang hangat setiap malam!

7. Candle-Lite Everyday Fresh Lavender Breeze

Candle-Lite Everyday Fresh Lavender Breeze
Candle-Lite Everyday Fresh Lavender Breeze

Candle-Lite adalah produsen lilin aromaterapi. Pada varian satu ini, lilinnya memiliki tiga sumbu yang tidak menciptakan asap dan jelaga ketika dibakar. Karena terbuat dari parafin premium, lilin satu ini mampu bertahan cukup lama meski memiliki tiga sumbu pembakaran.

Anda dapat memandangi cahaya remang untuk memperoleh efek tenang. Ditambah dengan aroma lavendel yang lembut, lilin ini juga mampu mengusir nyamuk dari ruangan. Dengan kata lain, Anda bisa mengatasi gangguan susah tidur akibat nyamuk ataupun karena pikiran yang susah diajak kompromi ketika waktu tidur tiba.

8. Ikea SINNLIG Scented Tealight Apple and Pear

Ikea SINNLIG Scented Tealight Apple and Pear
Ikea SINNLIG Scented Tealight Apple and Pear

Produk dari Ikea ini siap memanjakan diri Anda ketika weekend menyapa. Awali, jalani, atau bahkan tutup hari Anda dengan berendam di kamar mandi sembari menikmati musik sendu dibarengi lilin aromaterapi ini. Aroma apel dan pir yang menenangkan juga cocok untuknya dipakai sebagai teman menikmati secangkir teh.

Walau berukuran mini, lilin aromaterapi berikut dapat bertahan durasi pembakarannya hingga 4 jam. Anda tidak perlu menunggu lama untuk membuang wadah lilin ketika telah habis. Langsung saja dibuang tanpa menggunakan kain karena seng kalengnya tahan panas.

9. Euodia Home Lilas Soy Scented Candles

Euodia Home Lilas Soy Scented Candles
Euodia Home Lilas Soy Scented Candles

Anda membutuhkan lilin aromaterapi yang pas dipakai sehari-hari? Dari segi harga ataupun performa, lilin persembahan Euodia Home berikut pantas Anda jadikan pertimbangan. Selain ekonomis, lilin aromaterapi berjenis votive ini juga mempunyai tampilan simpel sehingga cocok untuk Anda yang menyukai kesederhanaan.

Terdapat aroma lilac, geranium, lemons, dan green leaves yang dilengkapi aksen woody dan kesegaran citrus di dalamnya. Dalam waktu singkat, Anda bisa menciptakan ruangan yang harum dan ideal dipakai sebagai tempat merelaksasi diri.

10. Kencana Indonesia Scented Candle Java Mystic

Kencana Indonesia Scented Candle Java Mystic
Kencana Indonesia Scented Candle Java Mystic

Satu produk yang sangat diminati dari Kencana Indonesia adalah Scented Candle Java Mystic. Sesuai namanya, lilin aromaterapi satu ini memberikan kesan mistis khas upacara adat Jawa karena memiliki aksen aroma rempah dan woody yang menyatu.

Dengan paduan bunga-bungaan khas Indonesia yang mendominasi, kesan misterius sekaligus menenangkan bakal Anda dapati. Walaupun berdasarkan karakteristik aroma lebih condong disukai pria, Anda yang wanita pun tetap bisa menikmati kesan tradisional berbalut aroma lembut, segar, dan misteriusnya, lho!

Rekomendasi Lainnya : 10 Parfum Pria Terbaik

Kesimpulan

Apabila Anda ingin membelikan lilin aromaterapi untuk kerabat, belikanlah yang cocok untuk karakter mereka. Jika wanita, lebih baik memilih lilin berpenampilan menarik, tetapi apabila untuk ibu hamil Anda dapat memberikannya lilin beraroma lembut. Sedangkan untuk pria, pilihlah lilin yang tampilannya sederhana, namun memiliki aroma yang menyegarkan semisal citrus.

Write A Comment

/* */