CEKLIST.ID – Kegiatan mendengarkan musik ibarat gaya hidup yang sudah menyatu dalam kehidupan masyarakat urban. Keberadaan peranti pendukung seperti in-ear headphone atau earphone semakin mendukung aktivitas tersebut. Tidak heran kalau di pasaran, earphone bagaikan barang yang tak lekang oleh waktu.

Pabrikan pun berlomba-lomba dalam menghadirkan spesifikasi produk earphone terbaik, sebut saja JBL, Sony, Sennheiser, Samsung, dan yang dikenal akan produk murah keluarannya, Xiaomi. Banyaknya pilihan terkadang membawa masalah tersendiri bagi setiap orang. Untuk itu, bagi Anda yang berencana membeli earphone baru, kami akan temani perburuan Anda agar memperoleh produk terbaik.

Gambar in-ear headphones yang bagus
Gambar Ilustrasi In-ear headphones SONY

Tips dan Cara memilih in-ear headphone yang Bagus

Hadirnya earphone dengan spesifikasi, model, dan karakteristik yang bermacam-macam akan membuat sebagian orang bingung. Karenanya, Anda perlu mengetahui dulu apa-apa saja yang mesti diketahui sebelum menjatuhkan pilihan pada sebuah produk. Berikut ini, kami ulas terlebih dahulu cara memilih earphone dengan menampilkan elemen-elemen penting untuk diperhatikan.

1. Utamakan earphone bertipe kanal yang dapat mengisolasi suara lebih baik

Earphone umumnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu in ear monitor (IEM) dan earbud. IEM atau biasa disebut tipe kanal adalah jenis earphone yang sangat disarankan karena mampu mengunci suara dengan baik berkat bantalan silikonnya. Tipe ini masuk ke dalam lubang telinga dengan sempurna sehingga distorsi suara akan sangat minim, pengalaman mendengarkan musik pun lebih maksimal.

Tipe kanal juga dapat menghasilkan suara lebih jernih apabila dibandingkan tipe earbud. Earbud ini adalah tipe earphone yang tidak menggunakan bantalan silikon ataupun karet fleksibel, melainkan bahan plastik yang keras. Walau rata-rata tipe earphone ini dipasarkan dengan harga terjangkau, kualitas suara yang diberikan tidak begitu maksimal, Anda pun takkan nyaman memakainya lama-lama.

Untuk Anda yang ingin merasakan kualitas suara jernih dan tidak terganggu dengan suara-suara yang datang dari luar, maka pilihlah tipe kanal atau IEM. Pada tipe ini, umumnya produsen menyediakan karet silikon pada earplug dengan ukuran yang beragam. Anda perlu menyesuaikannya agar bisa masuk dengan sempurna pada lubang telinga Anda.

2. Periksa driver-nya, apakah tipe dinamis atau  balanced armature?

Driver adalah komponen yang bekerja secara mekanis untuk menghasilkan suara. Driver ini terdiri dari magnet, koil suara, dan sebuah diafragma. Sekarang ini, para produsen terus bersaing mengadopsi mekanisme dari home speaker sehingga earphone dapat mengeluarkan dentuman bas lebih besar dan berat. Efek bas ini ditentukan oleh driver, karena itu perhatikanlah tipe driver yang digunakan, apakah dynamic atau balanced armature type?

Untuk tipe dynamic, driver ini bermekanisme mengirimkan sinyal ke koil suara menggunakan magnet dan membentuk sinyal musik untuk dikirimkan ke diafragma. Setelahnya, sinyal disusun agar menghasilkan suara bergetar dimana kualitasnya lebih bagus dalam mereproduksi bas dan minim distorsi.

Sementara driver tipe balanced armature bekerja dengan mengalirkan sinyal ke koil suara untuk kemudian dikirim lagi menuju pelat besi yang bernama armature. Sinyal selanjutnya diransmisikan ke driver rod dan diafragma dalam bentuk terstruktus sehingga terhasilkan pancaran suara yang menggetarkan diafragma. Hasilnya adalah kualitas suara yang sangat bagus untuk nada mid-high, namun distrosi suara lebih besar terjadi.

Review 10 Rekomendasi in-ear headphone terbaik

Nah, berikut ini kami rekomendasikan pula 10 in-ear headphone terbaik dengan kisaran harga 100 – 500 ribu rupiah. Beberapa produk mungkin di atas itu saat Anda mendatangi toko, namun kami bisa yakinkan kalau harganya tak sampai jutaan rupiah. Baiklah, langsung saja dimulai pencariannya! Berikut ceklist.id review 10 produknya. Semoga Anda menemukan produk yang paling tepat!

1. In-ear Headphone: Xiaomi Piston 3

Gambar Xiaomi Piston 3
Gambar Xiaomi Piston 3

Xiaomi sangat serius dalam memproduksi perangkat teknologi untuk target penduduk Asia, termasuk Indonesia. Anda bisa menemukan koleksi in-ear headphone keluarannya, salah satunya adalah Xiaomi Piston 3. Tentunya, produk ini dibandrol dengan harga murah sehingga pada peluncuran pertamanya pun langsung dibanjiri oleh konsumen yang hendak membawanya pulang.

Xiaomi Piston 3 memiliki tampilan yang elegan dan bergaya dengan kabel bertipe double-side. Kabel pipihnya ini tak mudah rusak meski Anda gulung sedemikian rupa. Bersama teknologi balance damping system, produk ini memberikan dentuman bas yang jernih dan memukau.

2. Basic IE-85

Gambar In-ear Headphone: Basic IE-85
Gambar In-ear Headphone: Basic IE-85

Ingin bermain game, menonton film, atau mendengarkan musik berdurasi lama tanpa diganggu perasaan tidak nyaman, baik dari suara luar ataupun fisik produk? Basic IE-85 hadir sebagai solusi yang layak Anda pertimbangkan. Diciptakan dengan earplug silikon yang begitu nyaman, Anda pun bisa menggunakannya hingga berjam-jam.

Silikonnya yang begitu empuk takkan membuat telinga Anda terasa sakit walaupun mampu mengembang untuk mencapai reproduksi suara yang maksimal. Dikombinasikan dengan efek bas dan treble yang pas, kualitas yang tercipta pun kian mengesankan. Lebih kerennya lagi, Basic IE-85 telah dilengkapi mikrofon agar Anda bisa melakukan panggilan suara lebih mudah tanpa harus memegang ponsel.

3. Remax RM-580

Gambar In-ear Headphone: Remax RM-580
Gambar Remax RM-580

In-ear headphone ini dirancang dengan bentuk kabel yang mengulir atau berkontur guna mencegah terjadinya kekusutan. Buat Anda yang khawatir akan kabel pipih yang tampak mudah patah, Anda bisa beralih ke produk ini. Remax RM-580 didesain secara ergonomis sehingga selama pemakaian akan terasa nyaman.

Modelnya yang unik adn disertai over ear akan mengunci earplug secara sempurna meskipun Anda banyak melakukan gerakan. Dengan kata lain, produk ini juga cocok Anda pakai untuk berolahraga, seperti lari, bersepeda, atau fitness. Dihadirkan bersama dual driver dynamic, maka kualitas suara bas yang ditawarkan pun begitu dalam dan besar, namun tetap ideal didengarkan.

4. JBL In-Ear Headphones T110

Gambar JBL In-Ear Headphones T110
Gambar JBL In-Ear Headphones T110

Sedang mencari in-ear headphone seharga 100an ribu? Kami rekomendasikan JBL In-Ear Headphones T110 untuk Anda. Sebagai brand ternama dalam elektronik penghasil suara, JBL kini berusaha menjangkau pasar lebih luas. Produk ini mempunyai kabel berbentuk pipih yang lentur dan tak gampang kusut meski Anda taruh di dalam kantong celana.

Suara bas yang jernih menjadi nilai lebih dari produk ini berkat adanya fitur pure bass penghasil suara berkomposisi pas, dalam, dan kuat di telinga penggunanya. Tak lupa, JBL juga melengkapi in-ear headphone ini dengan mikrofon. Dengan begitu, Anda tetap bisa berbicara dengan rekan bisnis, teman, atau pasangan lebih lama tanpa harus berada di dekat smartphone.

5. Philips Headphone In Ear SHE8500/10

Gambar Philips Headphone In Ear SHE8500 10
Gambar Philips Headphone In Ear SHE8500 10

Siapa yang tidak kenal dengan Philips? Ini adalah produsen elektronik yang kualitas dari produk-produk keluarannya tak perlu diragukan lagi. Dalam jajaran in-ear headphone-nya, Philips mempunyai seri SHE8500/10 yang dibandrol dengan harga miring. Buat Anda yang berstatus pelajar takkan keberatan dengan pasaran nilai jual produk ini.

Philips mendesain earphone ini dengan tiga ukuran earplug yang dapat disesuaikan dengan ukuran lubang telinga Anda. Dengan ukuran yang pas, maka kemampuan meredam suara dari luar pun lebih maksimal. Selain bisa mengisolasi suara secara optimal, produk ini juga mengutamakan hasil saura yang jernih berkat magnet neodimium di dalam komponennya.

6. Sony In-Ear Headphone MDR-XB50AP Extra Bass

Gambar Sony In-Ear Headphone MDR-XB50AP Extra Bass
Gambar Sony In-Ear Headphone MDR-XB50AP Extra Bass

Selain JBL, ada lagi produsen yang begitu kondang akan kualitas dari peranti penghasil suaranya, yakni Sony. Kami rekomendasikan In-Ear Headphone MDR-XB50AP Extra Bass untuk Anda yang mendambakan kualitas bas yang punchy. Teknologi X-Bass yang digunkaan menjadikan produk ini mampu menghasilkan suara bas yang kuat menghentak dan dalam.

Sensai seperti sedang clubbing dapat dimunculkan selama penggunaan in-ear headphone ini. Menggunakan magnet neodimium, efek basnya semakin bertenaga dan dominan. Dengan rentang frekuensi 4-24.000 Hz, Anda pun tetap merasakan sensasi nada mid-high yang menambah kenyamanan Anda dalam menelusuri lebih banyak lagu favorit.

7. Sennheiser Earbuds Headset CX 275s

Gambar Sennheiser Earbuds Headset CX 275s
Gambar Sennheiser Earbuds Headset CX 275s

Dengan produk ini, Anda tidak dibatasi penggunaannya hanya pada smartphone, melainkan gadget lain kepunyaan Anda seperti tablet keluaran berbagai merek. Bila ingin menyaksikan video Youtube lebih nyaman, Anda bisa mencolokkan in-ear headphone ini ke tablet dan langsung menjelajah lebih banyak video.

Menyoal kualitas, Sennheiser telah membalut spesifikasi produk ini dengan mikrofon dan remot untuk mengatur fitur penerima panggilan dan pemutar musik. Harga yang sepadan untuk sistem suara yang dinamis dan bertenaga, Anda bakal menikmati efek dominan dari kinerja audio yang luar biasa dari produk ini.

8. Knowledge Zenith ED9

Gambar Knowledge Zenith ED9
Gambar Knowledge Zenith ED9

Jika Anda termasuk penyuka musik dari banyak genre, pilihan in-ear headphone yang tepat tentunya yang dapat memancarkan suara seimbang untuk segala aliran musik. Knowledge Zenith ED9 adalah produk inovatif dengan driver T-shaped yang bisa menyeimangkan suara dari berbagai genre musik yang dimainkan.

Suara lembut dan kualitas vokal yang terdengar sempurna akan memuaskan Anda dalam menghibur diri bersama musik atau lagu kesukaan. Selain itu, produk ini juga bekerja secara mandiri dalam menghasilkan efek suara balance. Belum lagi dengan fitur pole audio-nya, produk ini bakal mengeluarkan kualitas suara high-end yang jarang Anda temui dari produk lain.

9. Armaggeddon Mark 5

Gambar Armaggeddon Mark 5
Gambar Armaggeddon Mark 5

Tersedia beberapa pilihan warna mulai dari warna-warna cerah hingga gelap yang bisa dipilih sesuai selera Anda. In-ear phone berkelas premium yang menawarkan kenyamanan melalui ukuran earplug yang pas di telinga ini dirancang untuk Anda yang menyukai aktivitas mobile gaming.

Selain untuk bermain game, Armaggeddon Mark 5 juga maksimal dalam menemani perjalanan Anda mendengarkan musik lintas genre. Untuk yang hobi bepergian dengan pesawat pun, produk ini akan membuat perjalanan lebih menyenangkan. Tak perlu takut akan radiasi sebab Armaggeddon telah membekali produk ini dengan fitur airline adaptor yang tidak mengganggu radiasi selama berada di dalam pesawat.

10. Samsung Wired In Ear EO-IG935BBEGWW

Gambar Samsung Wired In Ear EO-IG935BBEGWW
Gambar Samsung Wired In Ear EO-IG935BBEGWW

Kendala yang biasa dijumpai dari in-ear headphone adalah kabel yang sulit terurai karena kusut. Namun, bila menggunakan Samsung Wired In Ear EO-IG935BBEGWW, akan lain ceritanya. Walaupun menggunakan kabel non-pipih, Samsung menjamin kabelnya antikusut meskipun Anda simpan di dalam kantong atau tas.

Selain menawarkan kabel yang tidak perlu diluruskan terlebih dahulu setiap kali ingin menggunakannya, produk ni juga dibekali panel kontrol dengan tombol pengatur putar, henti, dan volume. Samsung pun membiarkan produk ini kompatibel untuk berbagai smartphone karena menggunakan konektor headphone 3,5 mm.

Lainnya : Rekomendasi Bluetooth Headset Terbaik (Terbaru 2020)

Kesimpulan

Saat memilih in-ear headphone, ada poin lain yang semestinya Anda pertimbangkan juga, yakni rentang frekuensi, impedansi, dan sensitivitas. Untuk rentang frekuensi, nilai yang lebih lebar berarti berkualitas semakin baik. Sedangkan impedansi atau hambatan pada in-ear headphone biasanya sebesar 32 ohm. Tinggi rendahnya impedansi tidak menentukan kualitas, sehingga Anda bisa fokus ke poin lain yaitu nilai sensitivitas.

Sensitivitas yang diterangkan dalam istilah SPL (Sound Pressure Level) dalam satuan mW (miliwatt) atau dB (desibel) pada in-ear headphone sebaiknya di bawah 85 dB. Semakin tinggi angka sensitivitas maka semakin sedikit daya yang diperlukan. Pilihlah level sensitivitas yang aman agar tidak merusak pendengaran Anda.

Write A Comment

/* */