CekList.ID – Meski sama-sama berjenis akustik, kebanyakan orang lebih memilih gitar akustik untuk belajar hingga tahap mahir. Bagi yang ingin belajar gitar, kami menyarankan Anda untuk memakai gitar akustik. Ada banyak macam gitar akustik yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda, silakan dibaca terlebih dahulu artikel ini hingga akhir.

Anda bisa belajar dengan hasil lebih baik secara bertahap menggunakan gitar akustik. Pilihlah gitar yang bagus dan paling tepat untuk Anda. Di Indonesia, Anda akan menemukan cukup banyak pilihan produk seperti gitar keluaran Yamaha, Ibanez, Fender, Cort, Gibson, Apx dll. Supaya aktivitas berlatih atau bermain gitar Anda tidak mengecewakan, Anda perlu menggunakan produk yang tepat.

Gitar Akustik yang Bagus
Gambar Ilustrasi Gitar Akustik

Tips dan Cara Memilih Gitar Akustik untuk Pemula

Bagi pemula, memilih gitar akustik yang benar dan tepat harus dipenuhi. Oleh karenanya, kami akan bantu Anda mengenal macam-macam gitar akustik yang ada di pasaran. Secara umum, gitar akustik terbagi menjadi empat tipe, yakni tipe steel string, standar, elektrik akustik, dan silent guitar. Manakah yang cocok buat Anda? Mari pahami penjelasan berikut ini!

1. Untuk orang bertubuh kecil, pilihlah gitar akustik tipe steel string

Gitar akustik bukan hanya dimainkan oleh kaum adam. Saat ini banyak juga musisi wanita yang mahir dalam memetik gitar. Jika Anda adalah seorang perempuan yang ingin belajar bermain gitar akustik, kami merekomendasikan Anda untuk memakai gitar akustik tipe steel string. Gitar yang disapa juga dengan sebutan folk ini mempunyai ukuran yang kompak.

Bagian leher yang lebih ramping akan nyaman dimainkan dan digenggam. Jenis gitar steel string akan tepat buat orang dengan tubuh kecil karena bagian badannya mempunyai lekukan lebih dalam. Jadi, gitar akustik tipe steel string lebih tepat dimainkan oleh perempuan, orang bertubuh kecil, atau bahkan anak-anak.

2. Untuk menghasilkan suara dinamis dan berkarakter, gunakanlah gitar akustik standar

Perbedaan yang paling mencolok dari gitar tipe steel string dengan tipe standar adalah ukurannya. Ukuran gitar akustik standar 1,5 kali lebih tebal sehingga beratnya pun lebih besar jika dibandingkan tipe steel string. Berat tambahan pada gitar ini semata bukan karena materialnya yang lebih tebal, tetapi bagian ruang suara atau soundboard-nya mempunyai lekukan yang tak begitu dalam. Bentuk lekukan ini dapat menghasilkan suara gitar yang lebih dinamis dan berkarakter.

Jika Anda ingin bermain hingga level profesional, gitar akustik tipe standar dapat diandalkan. Anda bisa memainkan berbagai genre musik dengan gitar akustik standar, mulai dari genre rock, jazz, blues, hingga lagu bernuansa rock pun akan terdengar lebih maksimal. Hal ini dikarenakan gitar akustik dirancang khusus untuk mempertajam kekuatan bas dan intonasi suara secara dinamis.

3. Volume suara lebih besar dan jernih dengan gitar accoustic electric

Gitar akustik tipe steel string dan standar sebenarnya sudah bisa dipasangkan ke amplifier agar mampu menciptakan efek suara lebih besar. Caranya hanya dengan menambahkan pickup atau mikrofon pada badan utama. Akan tetapi, apabila gitar ini tidak dirancang untuk keperluan elektrik akustik, maka saat dihubungkan ke amplifier, akan timbul banyak kekurangan seperti feedback yang mengganggu.

Jika Anda sudah mahir bermain gitar dan ingin berlatih dengan gitar akustik pribadi, gunakanlah gitar elektrik akustik. Gitar semacam ini sudah didesain secara sempurna sehingga suara-suara berfrekuensi rendah dan efek feedback yang mengganggu takkan mengganggu telinga Anda. Dengan demikian, suara yang diciptakan akan tetap jernih dan jelas meskipun volume suara diperbesar.

4. Kontrol suara atau dengarkan melalui headphone dengan silent guitar

Walaupun jarang dimiliki orang, gitar akustik tipe silent ini akan cocok untuk Anda yang ingin bermain gitar di malam hari tanpa mengganggu anggota keluarga ataupun tetangga yang sedang beristirahat. Silent guitar, sesuai namanya adalah gitar akustik yang dapat diatur tinggi rendahnya suara.

Gitar ini sangat cocok buat Anda yang tinggal di apartemen atau rumah sewa. Anda bukan hanya bisa mengontrol volume suaranya melainkan juga bisa memasangkan headphone ke badan gitar sehingga suaranya tidak menyebar ke seisi ruangan.

Review 10 Rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula (terbaru 2020)

Nah, setelah memahami macam-macam gitar akustik yang beredar di pasaran, Anda pasti sudah tahu harus membeli gitar yang seperti apa, bukan? Berikut ini ceklist.id persembahkan sepuluh gitar akustik terbaik yang bisa Anda pilih dan mainkan bersama chord favorit Anda. Terutama untuk Anda yang pemula, pilihan gitar berikut ini pastilah Anda suka salah satunya!

1. Cowboy Akustik Folk Guitar

Gambar Cowboy Akustik Folk Guitar
Gambar Cowboy Akustik Folk Guitar

Kelebihan dari gitar akustik adalah bisa dipakaikan senar dari banyak material, entahkah baja, nilon, ataupun selainnya. Hal ini dibuktikan oleh Cowboy Akustik Folk Guitar yang senar stringnya terbuat dari bahan antikarat. Bertipe steel string atau folk, gitar akustik ini cocok untuk Anda yang memerlukan gitar awet dan tahan lama.

Keawetan gitar bukan hanya didukung oleh material senar yang berkualitas, tetapi juga badan gitar yang terbuat dari basswood serta fingerboard-nya terbuat dari kayu maho yang terkenal kokoh. Bagi pemula, wanita, ataupun anak-anak yang belum mahir bermain gitar, produk ini akan memberikan kenyamanan berkat ukurannya yang hanya sebesar 38 inci.

2. Yamaha Silent Guitar SLG200S

Gambar Yamaha Silent Guitar SLG200S (Gitar Akustik)
Gambar Yamaha Silent Guitar SLG200S

Saat ingin mencari alat musik modern, Anda mungkin akan memikirkan produk-produk keluaran Yamaha. Kualitas yang dihadirkan oleh produk ciptaan Yamaha memang tak perlu diragukan lagi. Seperti produk ini, Silent Guitar SLG200S adalah gitar akustik yang direkomendasikan untuk setiap orang yang ingin berlatih gitar kapan pun bahkan saat malam hari.

Yamaha menambahkan fitur pengontrol suara melalui headphone atau amplilier pada gitar miliknya ini. Selain bisa diatur volume suaranya, gitar akustik ini juga bisa dimainkan dalam mode elektrik. Desain yang klasik namun tetap elegan menjadikan Anda terlihat keren saat memainkannya.

3. Gitar Akustik Yamaha APXT2

Gambar Gitar Akustik Yamaha APXT2
Gambar Yamaha APXT2

Jika ingin meramaikan suasana malam saat berada di penginapan, Anda bisa membawa gitar akustik Yamaha APXT2. Gitar akustik ini takkan memakan banyak ruang di dalam kendaraan pribadi ataupun umum yang Anda tumpaki. Pasalnya, Yamaha merancang alat musik petik ini dengan ukuran yang kompak serta berbodi ramping.

Nilai praktis yang ditawarkan menjadikan gitar ini cocok untuk para pelancong yang ingin bermain gitar di mana pun mereka berada. Gitar ini dapat menghasilkan suara natural yang khas melalui amplifier berkat adanya active preamp dan sistem pickup berbasis ART. Tak cuma itu, Yamaha juga menyebutkan kalau produk ini bisa menciptakan suara yang tajam melalui mid-boost EQ dan chromatic tuner-nya.

4. Ibanez AEG15II LG

Gambar Gitar Akustik Ibanez AEG15II LG
Gambar Gitar Akustik Ibanez AEG15II LG

Bila Anda memerlukan gitar akustik yang menjanjikan kualitas suara jernih dan besar meskipun tidak menggunakan amplifier, produk ini jawabannya! Ibanez meluncurkan gitar akustik dengan ukuran ramping sehingga nyaman dimainkan dalam waktu lama. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, gitar akustik ini tetap mampu mengeluarkan suara indah dengan volume besar walau tidak memakai amplifier.

Jika ingin memakai amplifier-pun, produk ini tentu akan memberikan pengalaman yang lebih baik lagi. Untuk menghasilkan suara yang jernih, Ibanez mengandalkan Fishman Sonicore pickup dan pIbanez preamp. Papan suara dari gitar ini terbuat dari kayu cedar untuk bagian depan. Untuk bagian belakang dan sisinya, Ibanez menerapkan kayu mahoni yang menjadikan gitar ini tak mudah hancur meskipun jatuh dan mengenai permukaan yang keras.

5. Gitar Akustik Yamaha F310

Gambar Gitar Akustik Bagus Yamaha F310
Gambar Gitar Akustik Yamaha F310

Yamaha F310 merupakan gitar akustik yang dihadirkan dengan harga lebih bersahabat. Buat Anda yang mencari gitar akustik murah, sebaiknya Anda pertimbangkan produk ini. Yamaha mendesain bagian depan gitar dari kayu spruce, bagian belakang dan sisi dari kayu mahoni, dan lehernya dari kayu rosewood.

Perpaduan material kokoh pada ketiga bagian utama gitar akustik ini menjadikannya sangat baik dalam menghasilkan suara yang jernih. Buat Anda yang ingin berlatih gitar namun tak ingin kesulitan menjangkau semua senar, Yamaha F310 telah mendesain fingerboard-nya dengan ukuran yang pas sehingga Anda yang belum terbiasa pun akan nyaman memainkannya.

6. Yamaha APX500II

Gambar Gitar Akustik Asli Yamaha APX500II
Gambar Gitar Akustik Yamaha APX500II

Bermain gitar dengan Yamaha APX500II seolah membawa Anda kembali ke tahun 80-an. Pasalnya, gitar ini tampak begitu klasik namun tetap berkelas. Warna putih yang eye-catching menjadi ciri khas dari gitar ini. Daya tarik lain yang dimiliki oleh gitar akustik dari Yamaha ini bisa dilihat pada badan produk yang dbentuk secara unik.

Pengalaman Anda bermain gitar akan semakin menyenangkan dengan produk ini. Adanya sistem bracing pattern x-type yang moern membuat gitar ini mampu menghasilkan kualitas suara yang optimal dan natural.Tak lupa, Yamaha turut melengkapi gitar akustik ini dengan sistem pickup dan preamp SRT modern yang mampu memberi efek suara berkualitas studio.

7. Fender Ron Emory Loyalty Parlor Acoustic Guitar

Gambar Fender Ron Emory Loyalty Parlor Acoustic Guitar
Gambar Fender Ron Emory Loyalty Parlor Acoustic Guitar

Ron Emory adalah gitaris kondang yang tergabung dalam grup band True Sounds of Liberty. Terinspirasi dari sang gitaris, Fender merilis gitar dengan nama Ron Emory Loyalty Parlor Accoustic Guitar. Tampilannya yang klasik dengan sentuhan vintage ala 1930-an menjadikannya sangat menarik dan sayang untuk Anda lewatkan begitu saja.

Bukan cuma menonjolkan kesan klasik, gitar akustik ini juga dibuat dari bahan kayu mahoni pada bagian belakang, leher dan sisi serta kayu spruce pada permukaan gitar. Pilihan bahan tersebut akan mendukung Anda memainkan lagu bernuansa punk atau rock dengan efek suara bas yang maksimal.

8. Taylor Guitars Taylor Swift Baby Taylor

Gambar Taylor Guitars Taylor Swift Baby Taylor
Gambar Taylor Guitars Taylor Swift Baby Taylor

Berbeda dengan Fender, Taylor Guitars berkolaborasi dengan Taylor Swift dalam merumuskan gitar akustik ini. Gitar yang cukup langka ini dapat Anda jadikan koleksi karena mempunyai nilai seni yang tinggi. Bukan hanya terdapat tanda tangan asli Taylor Swift, pada gitar ini Anda juga akan menemukan motif pola pohon anggur yang cantik pada lubang suara.

Bermain gitar dengan Taylor Guitars Taylor Swift Baby Taylor akan membuat diri Anda tampak bersinar layaknya sang artis kenamaan asal Amerika ini. Didesain dengan ukuran ¾ dari tipe standar dan lehernya yang sepanjang 11/16 inci menjadikan gitar ini cocok dimainkan oleh wanita, anak-anak, ataupun pemula.

9. Cort SFX-ME-OP

Gambar Gitar Akustik Cort SFX-ME-OP
Gambar Gitar Akustik Cort SFX-ME-OP

Sebaik apapun pemain, apabila tidak didukung dengan gitar yang bermutu maka performanya akan buruk. Untuk itu, kami menyarankan Anda untuk pintar memilih gitar akustik. Cort menyediakan pilihan gitar yang menjamin kualitas suara bagus.

Hal ini diwujudkan melalui penggunaan kayu mahoni pada bagian sisi dan belakang serta kayu spruce untuk bagian permukaannya. Kombinasi sempurna tersebut dapat menekan gangguan suara yang muncul saat gitar dimainkan. Tipe kayu spruce yang kokoh bukan hanya membuat gitar ini tahan lama, tetapi cocok dipakai untuk mendendangkan lagu beraliran apa pun!

10. Legend YH-36C

Gitar Akustik Legend YH-36C
Gitar Akustik Legend YH-36C

Rekomendasi terakhir kami untuk Anda jatuh kepada Legend YH-36C. Produk ini disarankan untuk pemula yang ingin berlatih gitar hingga tahap profesional. Gitar akustik dari Legend ini akan mendukung para pemula berkat adanya pengait di bagian ujung bodi gitar untuk dipasangkan strap.

Dengan adanya strap, Anda bisa bermain gitar tanpa harus memangkunya. Kegiatan berlatih Anda akan semakin maksimal tanpa diganggu dengan gitar yang mudah bergeser. Jika Anda sudah mulai mahir dalam memainkannya, barulah Anda bisa melepaskan strap semisal ingin bermain gitar sambil duduk.

Lainnya : Review 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru 2020)

Kesimpulan

Pilihlah gitar akustik terbaik yang memberikan Anda kenyamanan saat bermain. Terutama untuk proses berlatih, carilah gitar yang terdapat pengait sehingga Anda bisa menggantungnya ke leher semisal ingin bermain gitar sambil berdiri. Selain itu, pertimbangkan juga fitur lain pada gitar seperti pengontrol suara apabila Anda ingin berlatih di malam hari tanpa khawatir mengganggu orang-orang di sekitar.

Write A Comment

/* */