10 Rekomendasi Gergaji Mesin Terbaik 2019

CEKLIST.IDGergaji adalah alat pemotong kayu atau benda keras lainnya. Alat ini memang lazim digunakan tukang kayu, tapi banyak juga yang memakainya untuk keperluan rumah tangga. Umumnya, gergaji difungsikan secara manual, sehingga lebih memakan waktu dan tenaga. Untuk mengatasi hal tersebut, maka muncul gergaji mesin yang bekerja secara otomatis saat memotong benda keras. Meskipun harus difungsikan dengan tenaga listrik, namun alat ini lebih praktis dari gergaji konvensional.

Gambar Gergaji Mesin Terbaik

Foto/Gambar Ilustrasi Gergaji Mesin Terbaik

Terdapat berbagai jenis gergaji mesin yang lazim dijumpai. Ada tipe reciprocating saw atau saber saw yang bergerak layaknya gergaji pada umumnya. Lalu ada tipe jigsaw yang memotong benda keras dengan gerakan naik turun. Ada juga tipe circular yang memiliki mata pisau berbentuk lingkaran atau cakram. Tipe circular sendiri ada dua jenis, yakni yang ditempel pada meja, dan ada yang berupa gergaji tangan atau biasa disebut gerinda. Semuanya memiliki kelebihan masing-masing, sehingga harus dipilih sesuai kebutuhan.

10 Rekomendasi Gergaji Mesin Terbaik 2019

Dengan banyakanya jenis atau tipe gergaji mesin, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Sudah ada banyak produsen yang memproduksi alat yang satu ini seperti Hitachi, DCA, Bosch, dan beberapa merek lainnya. Anda bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan budget yang dimiliki. Jika masih bingung saat memilihnya, cobalah membaca rekomendasi gergaji mesin terbaik pilihan ceklist.id seperti di bawah ini.

1. Hitachi CR13V2

Gambar Gergaji Mesin Hitachi CR13V2

Hitachi CR13V2

Meskipun praktis, namun tak semua orang bisa menggunakan gergaji mesin, sehingga resiko kecelakaan cukup tinggi. Menyadari hal itu, muncullah Hitachi CR13V2 yang memiliki keamanan tingkat tinggi. Alat yang satu ini dibuat dengan teknologi UVP (user vibration protector), yang membuat getaran dan suaranya lebih tenang. Meskipun cukup aman, namun sangat disarankan untuk memakai sarung tangan saat menggunakannya.

Gergaji tangan ini harus disambungkan ke listrik jika ingin berfungsi. Kemampuan pemotongannya sangatlah baik, karena mampu menggerakkan gergaji hingga 2.800 stroke per menit dan length of stroke 29 mm. Gergajinya yang ringan dan mudah difungsikan membuat siapapun bisa menggunakannya. Reciprocating saw tersebut dibekali tiga lapisan pelindung, sehingga sekam atau serbuk gergaji sulit masuk ke dalamnya. Hal tersebut membuatnya tidak cepat kotor dan lebih awet.

2. Bosch GSA 1100 E Professional

Gambar Gergaji Besi Bosch GSA 1100 E Professional

Bosch GSA 1100 E Professional

Salah satu yang diunggulkan oleh Bosch GSA 1100 E Professional adalah kecepatannya dalam mengganti mata gergaji. Berkat teknologi SDS (Slotted Driver System), pergantian mata pisau memang lebih cepat. Selain itu, gergaji mesin yang satu ini punya frekuensi hingga 2.700 spm dengan length of stroke 28 mm. Kemampuannya yang seperti itu hanya membutuhkan daya sebesar 1100 watt, dan mampu memotong barang yang tebal dan kuat.

Menurut Bosch, gergaji mesin produksinya tersebut mampu memotong kayu sampai kedalaman 230 mm. Dalam memotong benda-benda, reciprocating saw ini terbilang sangat cepat, karena gerak orbit dan SPM sangat optimal untuk berbagai material. Meskipun mesinnya punya kemampuan yang sangat baik, namun bobotnya sangatlah ringan. Bobotnya sendiri kurang lebih 3,6 kg, yang membuatnya sangat mudah saat dioperasikan.

3. Makita JR3050T

Gambar Gergaji Mesin Makita JR3050T

Makita JR3050T

Gergaji mesin kerap difungsikan untuk pekerjaan kasar, sehingga harus terbuat dari bahan yang kuat. Maka dari itu, Makita JR3050T menggunakan material yang kokoh dan tahan lama agar bisa bertahan lama. Meskipun dari bahan yang kuat, namun produk ini tidak melupakan unsur kenyamanan. Alat yang satu ini tetap dibuat dengan pegangan yang lembut agar nyaman saat dipakai. Selain itu, bobotnya juga ringan, karena hanya memiliki bobot sebesar 3,3 kg saja. Bahkan, gergaji ini memiliki 2 pemicu yang dapat dikunci yang mempermudah pemakaian.

Dalam gergaji mesin ini, telah tertanam teknologi dust blower system, sebuah teknologi agar debu atau serbuk gergaji sulit masuk ke dalam mesin. Kemampuan reciprocating saw tersebut sangatlah baik. Ditenagai mesin 11.0 AMP, membuatnya mampu menggerakkan mata pisau dengan cepat, yakni 2.800 spm. Dengan kecepatan tersebut, kayu hingga logam bisa dilibas olehnya. Jika Anda ingin gergaji mesin terbaik yang memperhatikan kenyamanan dan tetap bagus soal kemampuan, produk buatan Makita tersebut sangatlah tepat.

4. AEG US400XE

Gambar Gergaji Mesin AEG US400XE

AEG US400XE

Dengan berat hanya 1,7 kg saja, AEG US400XE menjadi gergaji mesin yang sangat mudah untuk digunakan. Desainnya yang compact membuatnya bisa diaplikasikan dengan satu tangan saja. Walau desainnya compact, namun gergaji ini mampu menggerakkan mesin dengan frekuensi 3.500 spm dan length of stroke 13 mm. Dengan kecepatan tersebut, proses memotong akan terasa sangat cepat. Bahkan, benda-benda yang sulit diijangkau bakal mudah untuk dipotongnya, entah kayu atau besi.

Gergaji mesin ini memiliki teknologi Fixtec agar mata pisaunya bisa diganti dengan mudah dan cepat. Bahkan tidak hanya mata pisau buatan AEG saja, mata pisau dari merek lain seperti Bosch bisa ditempatkan di sana. Saat membelinya, Anda akan mendapat 3 blade yang punya fungsi berbeda. Ada yang khsusus untuk besi, dan ada yang khusus untuk kayu, sehingga harus disesuaikan sesuai kondisi. Reciprocating saw tersebut juga dilengkapi built-in LED untuk mempermudah proses potong memotong.

5. DCA AJF30

Gambar Gergaji Mesin DCA AJF30

DCA AJF30

Bila Anda mencari gergaji mesin murah dengan kualitas yang bagus, maka memilih DCA AJF30 adalah hal tepat. Harganya memang terjangkau, namun tetap cocok untuk memotong kayu atau besi. Bahkan kayu dan besi setebal 90 mm mampu dipotongnya. Gergaji mesin tersebut memang dilengkapi dengan 3 mata gergaji, yakni satu untuk kayu dan dua untuk besi. Untuk itu, Anda harus menyesuaikan blade dengan objek yang akan dipotong.

Dari segi kemampuan, gergaji mesin berjenis reciprocating tersebut tetaplah baik. Gergaji ini mampu menghasilkan frekuensi sebesar 2.300 spm dan length of stroke 30 mm. Meskipun tidak sebagus produk lainnya, namun frekuensi tersebut sangat cocok untuk kebutuhan rumahan. Selain itu, daya yang dikonsumsi juga minim, karena hanya 590 watt saja. Jika Anda mencari gergaji mesin murah untuk kebutuhan rumah tangga, maka DCA AJF30 adalah yang paling tepat.

6. Dewalt DW304PK

Gergaji Mesin Dewalt DW304PK

Dewalt DW304PK

Anda yang suka memotong benda dengan pola tertentu dan dengan posisi yang menyulitkan, menggunakan Dewalt DW304PK adalah hal tepat. Mata pisau pada gergaji ini bisa diatur ke empat posisi berbeda agar bisa disesuaikan dengan kondisi. Proses pergantian mata pisaunya juga mudah, karena tidak memerlukan kunci khusus. Anda hanya perlu memasukkan bilah pisau, kemudian akan terkunci secara otomatis. Keamanannya sendiri cukup baik, mata pisau tetap sulit untuk terlepas.

Untuk kecepatan, gergaji mesin terbaik buatan Dewalt tersebut ditenagai mesin 10 AMP dengan kecepatan mencapai 2.800 spm dan length of stroke 29 mm. Adanya pemicu kecepatan variabel membuatnya bisa mengatur kecepatan gerak, mulai dari 0 hingga 2.800. Kemampuan potongnya sangatlah baik, karena mampu memotong kayu setebal 200 mm dan memotong besi atau pipa hingga 100 mm.

7. Hitachi CR18DL

Gambar Gergaji Mesin Hitachi CR18DL

Hitachi CR18DL

Hitachi mengeluarkan gergaji mesin dengan seri CR18DL. Beda dengan gergaji mesin lain, produk yang satu ini sudah mendukung baterai, sehingga tidak memerlukan daya listrik via kabel. Lithium-Ion battery 18 volt merupakan sumber daya yang digunakan. Daya baterainya juga baik, karena punya kapasitas tiga kali lebih besar dari produk sejenis. Dengan begitu, baterainya punya ketahanan yang lebih lama dan cocok dipakai saat listrik padam.

Anda bisa memotong kayu sebesar 90 mm dengan cepat bila memakainya. Kecepatannya sendiri mencapai 2.100 spm dan length of stroke 28 mm, cukup bagus untuk gergaji mesin berbaterai. Kelebihan lain yang ada pada gergaji berjenis saber saw tersebut ialah proses pergantian mata pisaunya yang cepat dan mudah. Pergantian mata pisaunya memang tanpa kunci, sehingga bisa langsung dimasukkan dan akan otomatis terkunci.

8. Bosch GSA 12 V-Li

Gambar Gergaji Mesin Bosch GSA 12 V-Li

Bosch GSA 12 V-Li

Gergaji mesin yang dilengkapi baterai memang lebih praktis daripada yang berkabel. Untuk itu, Bosch mengeluarkan GSA 12 V-Li, sebuah saber saw compact yang memiliki baterai. Baterai 12 volt yang ditanamkan padanya telah menggunakan teknologi Li-Ion, sehingga punya daya tahan yang baik dan lebih ringan. Bahkan, terdapat sebuah indikator tingkat pengisian baterai pada alat ini, sehingga Anda bisa tahu seberapa banyak baterai yang tersisa.

Salah satu yang diunggulkan oleh gergaji mesin ini bukan baterainya saja, tapi ukurannya. Dengan panjang tidak lebih dari 30 cm, dirinya mampu mengeluarkan kecepatan 3.000 spm dan length of stroke 14,5 mm. Dengan length of stroke tersebut, membuat alat ini mampu memotong kayu dengan kedalaman 65 mm. Sedangkan kedalaman potongan logam hanya 50 mm. Ukurannya yang compact dan ringan, membuatnya sangat mudah untuk digunakan, bahkan bisa digunakan dengan satu tangan

9. Bosch GSA 18 V-LI Professional

Gambar Gergaji Mesin Bosch GSA 18 V-LI Professional

Bosch GSA 18 V-LI Professional

Agar memberikan hasil yang maksimal, Bosch mengeluarkan GSA 18 V-LI yang cocok untuk para professional. Gergaji mesin yang satu ini dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi yang membuatnya menjadi saber saw terlengkap. Baterai Li-Ion telah tertanam di dalamnya agar bisa difungsikan tanpa kabel. Dengan dilengkapi teknologi EMP (electronic motor protection), membuat baterainya terlindungi dari overload. Selain membuat mesin lebih bertenaga, teknologi tersebut juga membuat baterai punya daya tahan lebih lama.

Kelebihan utama dari gergaji mesin terbaik yang satu ini ada pada kemampuan potongnya. Dengan kecepatan mencapai 2.700 spm dan length of stroke 28 mm, membuat kayu dan besi bisa dipotong dengan cepat. Bahkan, gergaji ini mampu memotong kayu sampai kedalaman 250 mm, dan memotong besi hingga 130 mm. Walau punya kemampuan yang baik, namun getaran yang dihasilkan cukup minim, yakni 20 m/s² saja. Alat ini juga memakai teknologi SDS, sebuah teknologi untuk mempermudah pergantian mata pisau, karena dilakukan tanpa kunci.

10. Stanley Stel 365

Gambar Gergaji Mesin Stanley Stel 365

Stanley Stel 365

Stanley Stel 365 menjadi salah satu gergaji mesin tercepat karena memiliki SPM yang tinggi. Frekuensi yang dimilikinya adalah 3.200 spm dengan length of stroke sekitar 14,8 mm. Gergaji ini dilengkapi pula dengan variable speed, sehingga kecepatannya bisa disesuaikan dengan kondisi. Walau kecepatannya sangat cepat, namun daya listrik yang dibutuhkan berada di kisaran 900 watt saja. Anda yang ingin memotong benda dengan cepat, maka memilih gergaji ini adalah hal tepat.

Selain mengunggulkan kecepatan potongnya, reciprocating saw ini juga bagus dari segi kenyamanan. Bobotnya yang tidak terlalu berat, yakni sekitar 3,2 kg saja, membuatnya mudah untuk digunakan. Selain itu, mata pisaunya juga mudah diganti, bahkan bisa diganti dengan blade merek lain, seperti Bosch atau Makita. Dengan fitur yang beragam, harga gergaji mesin ini cukup terjangkau, sehingga layak untuk dicoba.

Kesimpulan Rekomendasi Gergaji Mesin Terbaik 2019

Gergaji mesin yang paling sering digunakan adalah reciprocating saw, karena punya fleksibelitas yang baik. Anda bisa menggunakannya untuk memotong kayu atau besi, bahkan di sudut yang sulit dijangkau. Dengan menggunakannya, tenaga Anda akan dihemat, namun pekerjaan lebih cepat selesai. Anda yang tertarik membeli alat ini, bacalah rekomendasi gergaji mesin terbaik yang ada di atas. Di sana ada gergaji dengan fitur, bentuk, dan keunggulan yang beragam, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Leave a Reply