CEKLIST.ID – Mengapa lebih memilih menggunakan exfoliating toner? Apakah Anda memiliki permasalahan pada kulit ? Sudah menggunakan serangkaian skincare namun tidak memberi efek yang diharapkan? Kamu bisa mencoba menggunakan Exfoliating toner karena produk ini adalah solusi untuk Anda yang memiliki permasalahan kulit, mulai dari berjerawat, kusam hingga berminyak.

Apa fungsi exfoliating toner? Exfoliating toner berfungsi untuk menetralkan pH kulit wajah setelah mencuci muka dengan sabun pembersih sekaligus membersihkan pori-pori dari sebum yang berlebih dan komedo yang menyebabkan clogged pores atau penyumbatan. Dengan aktivitas rutinitas wajib yang dilakukan setiap hari, apalagi menghabiskan waktu banyak di luar ruangan. Debu dan kotoran kerap tidak cukup bersih bila hanya dibersihkan dengan sabun saja.

Agar membersihkan wajah menjadi maksimal, baiknya menggunakan metode double cleansing dimana menggunakan micellar water terlebih dahulu untuk mengangkat makeup dan kotoran kemudian lanjutkan dengan sabun pembersih wajah, lalu gunakan toner untuk memastikan kotoran pada wajah sudah terangkat keseluruhan. Nah, untuk menentukan toner yang tepat dan cocok pada wajah, baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu jenis kulit Anda. Di zaman sekarang ada banyak jenis toner dengan fungsi yang berbeda-beda yang dapat ditemukan, contohnya exfoliating toner atau yang dikenal dengan acid toner dimana toner ini memiliki kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acid), BHA (Beta Hydroxy Acid) dan PHA (Poly Hydroxy Acid). Namun, produk ini tidak dianjurkan bila digunakan setiap hari, karena dapat menyebabkan kulit menjadi terkelupas secara berlebihan hingga menyebabkan iritasi.

Bagaimana penggunaan exfoliating toner pada kulit kering?

Jika Anda merasa penggunaan skincare untuk merawat kulit kering saat ini sudah cukup baik dan lengkap, mulai dari mencuci muka dengan metode double cleansing, memakai moisturizer, serum, menggunakan sunscreen hingga memakai sheet mask atau jenis masker lainnya agar dapat menghidrasi dan melembabkan kulitmu selama tidur, coba beralih untuk mengeksfoliasi wajah, dan temukan perbedaan pada kulit Anda! Memang, bila dibandingkan dengan kulit tipe normal atau berminyak, kulit yang cenderung kering jauh lebih sensitif. Jadi, Anda cukup mengesfoliasi wajah dua kali dalam seminggu untuk mengatasi kulit kusam menjadi tampak lebih glowing, membersihkan kotoran di pori-pori dan mengurangi timbulnya jerawat. Bila Anda merasa penggunakan eksfoliator fisik cukup kasar untuk digunakan pada kulit Anda, ada beberapa toner yang bisa dijadikan pilihan karena memiliki kandungan yang membuat kulit Anda tetap hydrating dan moisturizing, namun tetap mengandung bahan-bahan yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Gambar Ilustrasi Exfoliating Toner
Gambar Ilustrasi Exfoliating Toner

Cara memilih exfoliating toner yang Bagus

Agar penggunaan produk skincare lebih maksimal bekerja pada wajah, baiknya mengetahui terlebih dahulu jenis kulit Anda, kemudian menyesuaikan produk exfoliating toner yang cocok. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli, berikut cara yang harus diperhatikan ketika memilih exfoliating toner yang tepat.

1. Pilih kandungan acid yang sesuai dengan jenis kulit Anda

Umumnya ada 3 jenis kandungan yang terdapat pada exfoliating toner, yaitu AHA, BHA, atau PHA. Anda bisa memilih kandungan acid yang cocok untuk jenis kulit Anda.

  • Alpha Hydroxy Acid (AHA)
    AHA merupakan asam yang larut di dalam air dan biasanya terbuat dari sari buah. Asam ini berfungsi mengelupas serta membuat sel kulit baru Anda. Kandungan yang ada pada AHA telah diteliti dan lulus keamanannya untuk semua jenis kulit, seperti kulit kering dan sensitif karena disamping mengeksfoliasi wajah, AHA juga dapat melembabkan kulit, mampu mencerahkan, mengurangi kerutan, memperbaiki tekstur kulit hingga mengecilkan pori-pori.
  • Beta Hydroxy Acid (BHA)
    Apakah Anda memiliki kulit cenderung berminyak? Kandungan yang ada pada BHA mampu menembus masuk ke dalam pori-pori untuk menghilangkan kotoran yang berlebih seperti komedo. Jadi, untuk Anda yang memiliki kulit yang kering, BHA memang kurang disarankan untuk digunakan. Karena produk ini berfokus pada permasalahan kulit yang berminyak.
  • Poly Hydroxy Acid (PHA)
    PHA adalah acid yang memiliki molekul lebih besar bila dibandingkan dengan AHA dan BHA. Semakin besar molekul yang dimiliki, semakin sulit pula kandungan tersebut menembus pori-pori pada wajah, sehingga kemungkinan memicu iritasi semakin minim. Jadi bila Anda tidak cocok dengan kandungan AHA yang menyebabkan peradangan pada kulit, baiknya untuk mencoba exfoliating toner dengan kandungan PHA. Untuk Anda yang memiliki kulit yang supersensitif, mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggunakan produk dengan kandungan PHA di dalamnya.

2. Cari kandungan lain yang berfungsi menenangkan kulit

Bila exfoliating toner yang mengandung acid dapat membuat kulit Anda menjadi iritasi. Anda bisa mencari toner yang memiliki kandungan yang dapat menenangkan kulit dan meminimalisir iritasi. Contohnya aloe vera, ginjeng dan rose water. Bila kulit Anda tidak dapat menerima kandungan acid karena kulit yang sangat sensitif, bisa mencoba kandungan lain yang lebih cocok.

3. Menggunakan travel size saat pertama kali mencoba

Bila Anda merasa kurang yakin untuk menggunakan exfoliating toner, Anda bisa mencoba travel size atau produk sampel terlebih dahulu untuk uji coba apakah produk yang digunakan sudah sesuai atau tidak. Ada banyak brand-brand kecantikan yang menawarkan produk mereka dengan ukuran travel size. Jadi, bila produk yang dibeli tidak cocok, Anda tida terlalu rugi karena hanya membeli travel size.

10 Rekomendasi Exfoliating Toner Terbaik

Dengan adanya produk exfoliating toner, dimana produk ini sangat multifungsi! Selain berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, toner juga akan memberikan efek mencerahkan, menyegarkan bahkan mencegah jerawat pada wajah Anda. Gunakan exfoliating toner sesuai dengan kebutuhan kulit Anda! Nah disini ceklist.id akan memberikan sepuluh rekomendasi exfoliating toner terbaik untuk merawat kulit wajah Anda!

1. Beauty Water Son&Park

Beauty Water Son&Park
Beauty Water Son&Park

Exfoliating toner ini mengandung ekstra buah papaya yang menjadi bahan utama untuk mengeksfoliasi kulit Anda. Selain mengandung bahan buah papayan, produk ini juga mengandung air bunga lavender, rose water, dan ekstra buah jeruk yang membantu kulit Anda terhidrasi dan tetap lembab. Exfoliating toner ini juga memiliki multi fungsi yaitu sebagai toner dan untuk membersihkan wajah sebelum mengaplikasian makeup.

2. Benton Aloe BHA Skin Toner

Benton Aloe BHA Skin Toner
Benton Aloe BHA Skin Toner

Untuk para pecinta skincare, tentu merek Benton sudah sering Anda dengar. Toner ini mengandung bahan alami yaitu aloe vera yang berfungsi untuk melembapkan kulit. Dan hal menarik dari toner ini adalah, kandungan hyaluronic acid untuk menghidrasi kulit, salicylic acid untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan yang terakhir lender siput yang mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit lebih elastis.

3. Hada labo Mild Peeling Lotion

Hada labo Mild Peeling Lotion
Hada labo Mild Peeling Lotion

Merek skincare satu ini berasal dari negara Jepang, dimana disamping harganya yang relative terjangkau, tetapi produk ini memiliki kualitas yang sangat bagus. Toner ini mengandung gluconic acid yang membuat kulit terasa lembab dan mampu mengecilkan pori-pori pada wajah. Karena exfoliator nya cukup ringan, sehingga aman untuk digunakan di semua jenis kulit. Selain dapat mengangkat sel-sel kulit mati, toner ini juga mampu mengatasi kulit kusam dan meratakan tekstur yang kasar.

4. Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner
Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Produk ini ramai diperbincangkan di dunia per-skincare-an karena klaim yang mampu membuat kulit bebas jerawat dan cerah hanya dalam 30 hari saja. Produk ini memiliki kandungan AHA, BHA dan PHA yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati secara maksimal. Toner ini cocok untuk kulit berminyak cenderung berjerawat, dan memiliki tekstur yang ringan dan mudah untuk diserap oleh kulit.

5. Pixi Glow Tonic

Pixi Glow Tonic
Pixi Glow Tonic

Exfoliating toner ini adalah salah satu produk terbaik, lho! Mengandung glycolic acid yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan membunuh bakteri yang dapat menyebabkan jerawat pada kulit wajah. Kemudian toner ini mengandung ginseng dan aloe vera yang membantu menghidrasi sekaligus melembapkan kulit Anda. Dan toner ini juga tidak mengandung alkohol jadi aman buat semua jenis kulit, telebih untuk kulit sensitif.

6. COSRX AHA 7 Whitehead Power Liquid

COSRX AHA 7 Whitehead Power Liquid
COSRX AHA 7 Whitehead Power Liquid

Exfoliating toner ini memiliki kandungan glucolic acid dan juga sari buah apel, dimana kandungan ini mampu untuk mencerahkan kulit serta mengangkat kotoran di pori-pori kulit wajah. Selain itu juga, toner ini memiliki kandungan niacinamide dan sodium hyaluronate yang berfungsi meredakan jerawat dan menghidrasi kulit Anda. Toner ini aman untuk digunakan pada kulit kering dan berjerawat.

7. Kale-Lalu-YAHA

Kale Lalu YAHA
Kale-Lalu-YAHA

Toner yang berasal dari korea ini diperkaya akan antioksidan yang dapat melindungi kulit Anda dari radikal bebas. Dengan kandungan glycolic acid 5,25% yang dimiliki, exfoliating toner ini mampu membersihkan kotoran sekaligus melembabkan wajah Anda. Hal unik lainnya adalah kandungan sayur yang terdapat pada toner yaitu kale, bayam dan parsley. Semua bahan tersebut akan membuat kulit Anda tetap sehat meskipun terpapar polusi.

8. Avoskin Beauty Miraculous Refining Toner

Avoskin Beauty Miraculous Refining Toner
Avoskin Beauty Miraculous Refining Toner

Tidak lengkap rasanya bila tidak membahas produk dari brand lokal. Avoskin beauty adalah merek kecantikan yang berasal dari Yogyakarta. Produk ini direkomendasikan pada Anda yang memiliki masalah kulit berjerawat. Tetapi kulit sensitif dan normal juga cocok untuk menggunakan produk ini. Karena kandungan BHA yang mampu menghilangkan bekas jerawat atau flek hitam kemudian AHA dan BHA membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus melembabkan kulit.

9. The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution

The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution
The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution

Apakah Anda memiliki masalah kulir kering dan kusam? Maka toner satu ini adalah solusi yang tepat. Seringkali orang yang memiliki kulit kering beranggapan bila menggunakan exfoliating toner akan membuat kulit semakin kering. Produk ini sangat direkomendasikan karena kandungan AHA yang terkandung cukup ringan. Dan kandungan PHA-nya hanya 3.6. Toner ini juga dilengkapi dengan aloe vera, rose water, dan glycerin yang membantu menghidrasi kulit Anda. Jadi, kulit akan terasa cerah dan juga glowing.

10. Glossier Solution Exfoliating Skin Perfector

Glossier Solution Exfoliating Skin Perfector
Glossier Solution Exfoliating Skin Perfector

Produk toner satu ini memiliki desain yang unik, bila kebanyakan toner memiliki desain yang standard, beda hal dengan toner satu ini. Anda tinggal memencet bagian atas dengan kapas dan cairan yang ada di dalam botol akan keluar. Selain kemasan yang menarik, toner ini juga mengandung bahan yang mampu mengatasi kulit bermasalah. Produk ini sangat direkomendasi pada kulit sensitif dan berjerawat.

Review Lainnya : 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik

Kesimpulan

Itu dia exfoliating toner terbaik yang dapat Anda gunakan, baiknya untuk memilih sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda. Jadi, toner akan dapat bekerja semaksimal mungkin untuk menghasilkan kulit yang bersih dan sehat. Semoga artikel ini bisa dijadikan sebagai referensi.

Write A Comment

/* */