CEKLIST.ID – Pengoperasian laptop dalam waktu lama bisa memicu temperatur antara komponen di dalam laptop menjadi panas. CPU dan HDD merupakan dua komponen penting yang kerap menaik suhunya ketika digunakan sehingga perlu dijaga agar kinerja laptop tetap stabil. Apabila terus dibiarkan, hal ini dapat membuat usia laptop lebih pendek akibat rusak.

Di dalam artikel ini, kami akan kemukakan berbagai pertimbangan yang perlu diteliti saat memilih kipas laptop. Di samping itu, sepuluh kipas laptop yang diproduksi Titan, Marvo, Deepcool, dan Cooler Master akan kami pilihkan sebagai referensi bagi Anda. Jadi, ikuti terus artikel ini hingga tuntas, ya!

Gambar Ilustrasi Kipas Laptop / Cooling Pad
Gambar Ilustrasi Kipas Laptop / Cooling Pad

Cara memilih kipas laptop yang Bagus

Sebagai peralatan yang bekerja untuk mendinginkan laptop saat temperatur laptop terlalu panas, kipas yang Anda gunakan haruslah tepat. Perihal penggunaan daya, ketebalan, hingga efek pendingingan yang diberikan menjadi aspek penting untuk diperhatikan. Agar konsentrasi tetap terjaga, Anda juga perlu memastikan tingkat kebisingan yang ditimbulkan dari pergerakan kipas. Mari kupas lebih lanjut elemen-elemen dalam memilih kipas laptop di bagian ini.

1. Periksa ketebalan kipas laptop, lebih tipis lebih nyaman

Sebagai akibat dari penggunaan kipas laptop, maka posisi laptop pun sedikit lebih tinggi di atas meja. Hal ini membawa dampak pada posisi tangan Anda ketika mengoperasikan keyboard, terutama saat mengetik. Akan tidak nyaman jika kipas yang Anda pakai cukup tebal.

Sebaiknya Anda pilih kipas laptop yang ukurannya kompak dengan level ketebalan minim. Kipas yang tipis akan memberi kenyamanan lebih saat menggunakan kayboard. Anda mungkin bisa memakai keyboard eksternal, tetapi hal ini menjadi nilai minus bagi sebagian orang. Oleh karenanya, pastikan agar memilih kipas laptop berukuran tipis.

2. Kembalikan USB port yang terpakai dengan kipas laptop yang dilengkapi port USB

Kipas laptop membutuhkan tenaga untuk memutar kipas di dalamnya. Hampir seluruhnya mengambil tenaga dari port USB laptop. Hal tersebut bisa membuat satu port USB pada laptop Anda berkurang. Jika dalam pengoperasian laptop Anda menggunakan mouse, mencolok flashdisk, dan menghubungkan perangkat lain, lebih baik untuk mencari produk kipas yang menyediakan port USB tambahan.

Dengan memakai kipas laptop dengan satu atau dua USB port, Anda pun tidak kerepotan menyiapkan USB hub yang justru membebani dompet Anda untuk membelinya. Bahkan, tambahan port USB pada kipas laptop ini yang kemudian membuat perannya juga sebagai USB hub untuk laptop Anda.

3. Pilih kipas yang putarannya tidak bising

Putaran kipas laptop untuk mengembuskan angin menyebabkan timbulnya suara yang menurut sebagian orang, hal ini bisa mengganggu pekerjaan. Apabila Anda ingin menjaga konsentrasi di depan laptop meskipun memakai kipas, maka sebuah kewajiban untuk memilih kipas laptop yang suaranya tidak terlalu bising saat beroperasi.

Saat memilih kipas laptop pun, Anda perlu memastikan embusan anginnya mengenai area di dalam laptop yang bertemperatur tinggi. Bila hanya terdapat satu kipas, pilihlah yang memiliki ukuran kipas besar. Namun, kipas laptop yang terdiri dari beberapa kipas akan lebih mudah menjangkau seluruh bagian bawah laptop sehingga lebih direkomendasikan untuk Anda.

10 Rekomendasi kipas laptop terbaik

Setelah membaca ulasan mengenai tips memilih kipas laptop, hal berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah menentukan kipas laptop mengacu pada informasi yang telah Anda peroleh tadi. Di bawah ini ceklist.id tampilkan sepuluh kipas laptop terbaik untuk menurunkan suhu panas laptop Anda. Pilihlah dengan memeriksa fitur dan efek pendinginan yang diberikan oleh setiap produk. Selamat memilih!

1. Marvo FN-30 Backlit, 17-Inch Laptop Cooling Stand

Marvo FN-30 Backlit, 17-Inch Laptop Cooling Stand
Marvo FN-30 Backlit, 17-Inch Laptop Cooling Stand

Marvo FN-30 memasangkan backlight atau lampu yang akan membuat pekerjaan Anda di depan laptop tetap optimal meski kondisi pencahayaan ruangan minim. Warna lampu yang dipancarkan menyala berdasarkan warna dasar dari kipas laptopnya, ada yang biru dan ada juga yang berwarna merah. Tentunya, lampu tersebut bisa dinonaktifkan ketika Anda tidak membutuhkannya.

Produk dengan ukuran 408 x 287 x 29 mm ini dapat mendinginkan laptop Anda selama penggunaan. Marvo FN-30 dirancang untuk keperluan laptop hingga ukuran 17 inci. Desain jala pada ventilasi kipas laptop ini dibuat agar memaksimalkan embusan angin ke dalam laptop, membuat panas laptop lebih cepat menurun.

2. Coldplayer IS 909

Coldplayer IS 909
Coldplayer IS 909

Mickey Mouse adalah karakter kartun yang tidak asing di kalangan anak-anak. Jika Anda ingin menghadiahkan buah hati Anda yang gemar belajar dengan laptopnya kipas laptop satu ini. Coldplayer menyusun produk ini dari material plastik polystyrene dan logam yang tidak rentan patah dan membuat kipas laptop berbobot ringan.

Buah hati Anda tidak akan terganggu saat belajar di laptopnya karena kipas ini dapat mengeluarkan embusan angin dengan suara kurang dari 19 dB. Selain tidak bising saat digunakan, produk yang cocok menemani putra-putri Anda ini juga dilengkapi dua buah port USB, sehingga memungkinkan Anda menyolok perangkat lain, seperti mouse, flashdisk, ataupun HDD eksternal.

3. Titan TTC-G4TZ

Titan TTC-G4TZ
Titan TTC-G4TZ

Rata-rata kipas laptop didesain untuk ukuran spesifik laptop, meski sebagian lain dirancang agar mampu memuat laptop dengan ukuran maksimum. Tetapi, Titan merumuskan produk dengan ukuran yang fleksibel sehingga bisa dipkai untuk berbagai ukuran laptop. Kipas laptop ini bisa disesuaikan ukurannya mengikuti 5 ukuran berbeda, mulai 12 inci – 17 inci.

Struktur kipas laptop ini dibuat terpisah di mana salah satu sisinya bisa ditarik sehingga menyesuaikan ukuran laptop yang Anda gunakan. Di samping itu, berkat ukurannya yang bisa digonta-ganti, Titan TTC-G4TZ ideal dibawa bepergian, bahkan dimasukkan ke dalam tas pun tidak jadi masalah.

4. Cooler Master Notepal U3

Cooler Master Notepal U3
Cooler Master Notepal U3

Cooler Master dikenal sebagai produsen kipas pendingin laptop dengan kualitas yang baik. Dari sekian banyak pilihan, Cooler Master Notepal U3 termasuk salah satu yang banyak dipilih orang. Kipas ini dapat Anda atur kecepatan putaran kipasnya sesuai kondisi temperatur ruangan atau laptop Anda.

Tidak cuma menghasilkan efek pendingingan yang bisa disesuaikan, kipas laptop ini juga mempunyai ukuran cukup besar, yaitu 420 x 320 x 65 mm, sehingga bisa digunakan untuk mendinginkan laptop berukuran 19 inci sekalipun. Sayangnya, ukuran kipas yang besar ini sedikit merepotkan ketika disimpan ke dalam tas laptop.

5. Havit HV-F2056 15,6″-17″ Laptop Cooler Cooling Pad – Portable USB Powered (3 Fans)

Havit HV-F2056 15,6″-17″ Laptop Cooler Cooling Pad – Portable USB Powered (3 Fans)
Havit HV-F2056 15,6″-17″ Laptop Cooler Cooling Pad – Portable USB Powered (3 Fans)

Havit menyiapkan 3 kipas dalam posisi yang dapat mendinginkan laptop saat temperaturnya meningkat. Meskipun Anda bisa turunkan temperatur laptop dengan mengganti kipas internal atau menggunakan thermal paste, tentu lebih praktis jika memiliki kipas laptop eksternal ini. Tiga kipas yang dimiliki masing-masing berukuran 110 mm dengan kecepatan putar 1.100 rpm.

Jika dikalkulasi, udara dingin yang terembus dari kipas ini mencapai 65 CFM. Anda bisa turunkan temperatur laptop sebesar 10 – 12 derajat. Havit HV-F2056 telah dilengkapi lampu berwarna biru yang berfungsi sebagai indikator untuk mengetahui apakah kipas berfungsi atau tidak setelah dicolokkan. Selain itu, kipas ini juga memberi penerangan saat cahaya di dalam ruangan Anda sangat minim.

6. Deepcool Multi Core X8

Deepcool Multi Core X8
Deepcool Multi Core X8

Deepcool Multi Core X8 menyiapkan empat panel khusus yang masing-masing disematkan sebuah kipas berukuran medium untuk hasilkan embusan angin merata ke seluruh bagian belakang laptop. Berkat desainnya yang demikian, embusan dingin dari kipas laptop berikut membuat udara panas terbuat ke empat arah berbeda.

Sebagai akibatnya, laptop Anda akan menurun temperatur panasnya sehingga membuat komponen yang bekerja tidak mudah mengalami kerusakan. Di sisi lain, kipas laptop dengan empat kipas ini juga dapat Anda atur kombinasi pengoperasiannya sesuai kebutuhan.

7. Cooler Master SF-17

Cooler Master SF-17
Cooler Master SF-17

Kipas laptop dari Cooler Master satu ini dilengkapi empat buah USB port 2.0 yang dapat Anda manfaatkan untuk berbagai piranti laptop lain atau bahkan untuk me-recharge smartphone Anda. Selain memungkinkan Anda menyolok lebih banyak perangkat, kipas laptop ini juga didesain agar dapat diatur tingkat kemiringannya hingga empat sudut.

Anda yang tidak ingin membeli USB hub sebagai terminal port USB pada laptop cukup menyiapkan Cooler Master SF-17, apalagi fiturnya dilengkapi ketinggian hingga empat sudut, membuat Anda lebih nyaman dan tidak mengalami nyeri di pergelangan tangan ketika mengetik dengan laptop.

8. MicroPack CP-173B- Biru Muda Cooling Pad Up to 17 Inch

MicroPack CP-173B- Biru Muda Cooling Pad Up to 17 Inch
MicroPack CP-173B- Biru Muda Cooling Pad Up to 17 Inch

Kipas laptop besutan MicroPack ini hadir dengan beberapa pilihan warna, salah satunya biru muda yang bersifat unisex. Baik laki-laki ataupun perempuan, cocok menggunakan produk ini. MicroPack CP-173B dapat memuat laptop hingga ukuran 17 inci.

Tampilan yang stylish didukung oleh performa pendingingan optimal melalui tiga kombinasi kipas dalam satu panel utama. Jika Anda ingin memilih warna lain, kipas laptop dengan lampu LED yang berdesain tipis ini juga hadir dalam varian warna hijau muda, putih, dan ungu.

9. Deepcool N17

Deepcool N17
Deepcool N17

Deepcool N17 adalah kipas laptop yang cocok dibawa bepergian karena mempunyai bobot ringan, yaitu hanya 465 gram. Anda tidak perlu merepotkan diri berkat desain kipas yang tipis, kompak, dan ringan ini. Di samping itu, kipas laptop ini juga bisa dipakai oleh setiap kalangan berkat harga jualnya yang ekonomis.

Anda tidak harus merogoh kocek hingga dua ratusan ribu untuk membeli kipas laptop ini. Untuk memiliki kipas dengan ketebalan 2,5 cm ini, Anda hanya perlu menyiapkan budget tidak sampai 150 ribu rupiah. Untuk jenis laptop yang cocok, Deepcool N17 dirancang berukuran 330 x 250 mm sehingga dapat dipakai pengguna laptop ukuran 14 inci.

10. Orico NA15-SV Full Alluminium Double Fans Cooling Pad for Laptop

Orico NA15-SV Full Alluminium Double Fans Cooling Pad for Laptop
Orico NA15-SV Full Alluminium Double Fans Cooling Pad for Laptop

Apabila Anda pengguna Macbook dan sedang mencari kipas laptop dengan warna serasi dengan warna laptop, Anda bisa memilih produk ini. Orico NA15-SV ditawarkan dengan warna silver yang elegan sehingga tampak selaras dengan warna silver pada Macbook yang Anda gunakan.

Produk ini dirakit dari material aluminium dan karet pada setiap kakinya agar tidak mudah selip saat digunakan. Dengan ukuran 330 x 260 x 42 mm, kipas laptop ini mampu memuat laptop 15 inci, atau pas untuk Macbook Pro Anda. Tentu saja, bagi pengguna laptop merek lain pun tidak menjadi masalah memakai kipas laptop dengan suara sebesar 21 desibel ini.

Review Lainnya : 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik

Kesimpulan

Wah, banyak sekali bukan pilihan kipas laptop dari sederet brand berkelas internasional? Pada umumnya, peningkatan suhu panas saat menggunakan laptop dipicu oleh kinerja CPU dan HDD yang tanpa henti. Agar kipas laptop yang Anda gunakan dapat efektif mendinginkan, pastikan kipas yang Anda pilih sesuai dengan ukuran laptop Anda agar efek pendinginannya optimal.

Write A Comment

/* */