CEKLIST.ID – Speaker pasif mempunyai ukuran yang lebih kompak akibat ketidakhadiran amplifier di dalamnya. Anda dapat menemui sederet speaker pasif dari merek-merek terkemuka, seperti Audioengine, Behringer, Bose, dan JBL beberapa di antaranya. Masing-masing brand menonjolkan kualitas pada aspek yang berbeda sehingga perlu disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk menentukan kualitas speaker yang diinginkan, pastinya Anda perlu mengetahui elemen-elemen yang penting diperhatikan saat memilih produk. Bermacam pertimbangan seperti kualitas suara, desain produk, hingga ukuran speaker menjadi faktor penentu yang memberikan kepuasan optimal pada penggunaannya. Simak terus artikel ini karena akan kami jelaskan cara memilih speaker pasif diikuti 10 produk rekomendasi terbaiknya versi kami.

Gambar Ilustrasi Speaker Pasif
Gambar Ilustrasi Speaker Pasif

Cara memilih speaker pasif yang Bagus

Sebelum mempertimbangkan produk, kami akan kemukakan sedikit perihal speaker pasif ini. Disebut speaker pasif karena absennya amplifier pada komponen speaker. Berbeda dengan speaker aktif yang sudah dilengkapi speaker aktif, membuat ukurannya juga lebih besar. Jika ingin dapatkan kualitas suara yang diinginkan, Anda bisa membeli amplifier terpisah untuk ditambahkan pada speaker pasif Anda.

Sekarang, mari kita bahas lebih lanjut bagaimana sebaiknya memilih speaker pasif yang beredar di pasaran. Anda dapat menitikberatkan pada sederet aspek, namun kami sarankan agar mengutamakan kualitas suara yang sesuai dengan selera musik Anda. Untuk lebih jelasnya, silakan dibaca dengan saksama ulasannya berikut ini.

1. Pilih kualitas suara speaker sesuai musik yang dimainkan

Setiap orang memiliki preferensi berbeda terhadap musik dan lagu. Ada yang menggemari musik jazz, orkestra, pop, dan lain sebagainya. Nah, bagaimana dengan Anda? Meski setiap speaker bisa saja digunakan untuk berbagai genre musik, namun bagi orang peka dengan aliran musik tentu memiliki batasan tersendiri terhadap produk speaker yang digunakan.

Apabila Anda ingin mendengarkan lagu pop atau menonjolkan kualitas vokal dala lagu, kami sarankan untuk memilih speaker pasif dengan rancangan mid-high range tone. Sementara itu, jika yang Anda mainkan merupakan aliran suara opera, Anda perlu memilih produk dengan treble yang mumpuni. Jenis musik jazz atau orkestra akan terasa optimal jika memakai speaker pasif dengan karakter suara yang seimbang.

2. Jangan lupa untuk memilih produk berdasarkan desain kesukaan Anda

Berbagai material digunakan untuk menuntupi komponen utama dari sebuah speaker, semisal kayu, plastik, dan material lainnya. Jika Anda menyukai kesan hangat dalam ruangan, Anda dapat memilih produk yang dilapisi motif seart kayu sehingga terkesan mengilap dan mewah layaknya piano.

Speaker dengan desain yang elegan juga dihadirkan apabila Anda ingin menempatkan speaker sebagai setup di ruangan yang minimalis. Apa pun desain pilihan Anda, pastikan untuk memilih rangka luar speaker yang kukuh dan tidak mudah terkelupas.

3. Ceklah ukuran dan review konsumen yang sudah menggunakannya

Di pusat perbelanjaan elektronik, speaker pasif dirancang dengan model yang berbeda-beda. Yang perlu diperhatikan oleh Anda bukanlah modelnya, tetapi ukuran dari produk itu sendiri. Beberapa didesain dengan ukuran vertikal dan sebagian lain horisontal. Agar speaker pasif Anda muat di dalam ruangan, tentu Anda harus menyesuaikan ukuran speaker dan lokasi penempatannya agar pas.

Di samping itu, jangan lupa untuk memeriksa pengalaman konsumen yang telah memakai speaker pasif incaran Anda. Anda bisa mengunjungi situs resmi atau melihat review konsumen di toko-toko online yang ramai pengunjungnya. Informasi langsung dari pengguna ini dapat meyakinkan Anda terhadap produk yang hendak dipilih.

10 Rekomendasi speaker pasif terbaik

Selanjutya, ceklist.id akan memperkenalkan 10 speaker pasif terbaik beserta deskripsi dari masing-masing produk. Ayo temukan speaker yang cocok dengan genre musik selera Anda!

1. Nakamichi N-Power

Nakamichi N-Power
Nakamichi N-Power

Nakamichi adalah produsen pencipta perangkat audio dengan kualitas mumpuni. Speaker pasif N-Power ini salah satu produk unggulan besutannya yang ramai dicari orang. Mempunyai ukuran sebesar telapak tangan, produk dengan bobot 700 gram ini sangat kompak dan mudah disimpan.

Anda dapat menikmati lagu kesukaan selama 6 jam hanya dengan menyiapkan baterai yang akan penuh ketika di-recharge selama 2 jam. Meski kecil, Nakamichi telah menyematkan passive bass untuk memberikan pengalaman mendengarkan suara bass yang menggelegar. Sudah mendapatkan sertifikasi IP66 produk ini tidak mudah rusak oleh debu dan air, sangat cocok dibawa ke alam bebas.

2. Nakamichi My Meiryo Space Speaker Wireless Bluetooth

Nakamichi My Meiryo Space Speaker Wireless Bluetooth
Nakamichi My Meiryo Space Speaker Wireless Bluetooth

Speaker pasif yang masih dikeluarkan oleh brand sama dengan produk sebelumnya ini dirancang dari material aluminium sebagai kerangka luarnya. Anda tidak usah khawatir akan karat yang merusak tampilan dan memperpendek usia produk. Selain itu, kerangka aluminiumnya juga ringan dan terbilang kuat untuk dipakai secara rutin.

Memiliki berat sekitar 583 gram, produk dengan harga yang bersahabat ini tidak merepotkan ketika Anda bawa bepergian. Desainnya yang elegan dan simpel juga tampak menawan saat ditaruh di dalam ruangan. Nakamichi mengadopsi mid-high range tone pada speaker ini, membuatnya mampu hasilkan efek vokal yang jernih dan memukau.

3. Behringer EUROCOM SL4240

Behringer EUROCOM SL4240
Behringer EUROCOM SL4240

Behringer EUROCOM SL4240 mempunyai desain yang cukup unik. Alasannya, produk ini mempunyai mounting dual axis untuk memancarkan suara ke segala arah. Bukan itu saja, bagian depan speaker juga dapat diubah ke arah sudut 90o vertikal dan 180o horisontal. Berkat hal tersebut, speaker pasif ini sangatlah fleksibel ketika digunakan.

Behringer merancang produk dengan material pilihan sehingga tangguh meskipun sering dipakai di luar ruangan. Anda bukan cuma diberi akses memutar musik saja, tetapi juga dapat memainkan file AV (audio-visual) dengan kualitas suara menakjubkan dan menyebar merata ke banyak arah. Cocok dibawa saat party!

4. Audioengine P4 Passive Speakers

Audioengine P4 Passive Speakers
Audioengine P4 Passive Speakers

Apabila Anda membutuhkan speaker pasif yang menawarkan mutu terbaik, kami rekomendasikan Audioengine P4 Passive Speakers untuk Anda. Produk yang terkategori sebagai bookshelf speaker ini dapat Anda letakkan di dalam ruangan di atas meja, rak buku, atau area lain.

Dikatakan pula bahwasanya speaker ini cukup verstaile karena bagian dalamnya yang mudah dimodifikasi. Anda juga bisa mengombinasikannya dengan stereo receiver dan amplifier tipe hybrid, tube, dan integrated. Untuk kualitas suaranya, Audioengine menjamin sentuhan efek mid range dengan bass dan treble yang seimbang.

5. Audioengine HDP6 Passive Speakers

Audioengine HDP6 Passive Speakers
Audioengine HDP6 Passive Speakers

Audioengine masih mempunyai speaker pasif varian lain untuk Anda, HDP6 Passive Speaker salah satunya. Produk yang dijual dengan nilai jual tinggi ini dapat memenuhi keinginan Anda akan kualitas suara yang sangat halus bahkan di nada tinggi atau ketika volumenya dinaikkan.

Selain itu, woofer yang ikut membersamai speaker pasif ini mengandalkan aramid fiber dan dibalut karet sehingga menjamin bebas dari resonasi. Kemudian, kerangka luar dari speaker ini juga dapat Anda lepas dan pasang sesuai mood maupun kebutuhan akan konsep interior ruangan Anda.

6. Bose FreeSpace 3 Surface-Mount Satellites

Bose FreeSpace 3 Surface-Mount Satellites
Bose FreeSpace 3 Surface-Mount Satellites

Bose tidak pernah main-main dalam merumuskan setiap perangkat audio. FreeSpace 3 Surface-Mount Satelintes ini menjadi manifestasi dari keseriusan Bose. Jika Anda membeli produk ini,  Anda akan mendapatkan 1 unit Acoustimass Bass Module dan 4 Mount Sattelites yang hanya berukuran sebesar gelas kopi.

Mount yang diberikan dapat dipakai untuk menginstalasi speaker ini sehingga Anda tidak perlu menyiapkan space khusus. Tenang saja, kiriman suara yang dihasilkan akan rata tersebar ke seluruh sudut ruangan. Walaupun kecil, Bose menyuguhkan nilai SPL 99 dB pada speaker ini, membuatnya mampu ciptakan perpaduan hentakan bass dan tone yang seimbang, jernih, padat, dan penuh tenaga.

7. harman/kardon Go + Play

harman kardon Go + Play
harman kardon Go + Play

Apakah selama ini Anda mencari-cari speaker pasif yang mampu berikan kualitas suara mumpuni dan seimbang untuk musik jazz atau orkestra? Produk persembahan harman/kardon ini bisa Anda sematkan ke dalam wishlist. Speaker pasif berteknologi nirkabel ini mempunyai ukuran kompak sehingga cocok ditempatkan di mana pun Anda mau.

Dilengkapi handle atau gagang atas yang terbuat dari stainless steel dan diberi finishing fabric membuat Anda menjinjing speaker. Desain yang mewah dan elegan belumlah cukup bagi harman/kardon, sebab 2 tweeter dan 2 woofer yang diikutsertakan memberikannya hasil suara yang penuh dan seimbang.

8. JBL Control 25AV

JBL Control 25AV
JBL Control 25AV

JBL Control 25AV dibekali SPL sebesar 113dB lengkap dengan fitur SonicGuard overload protection. Teknologi ini memastikan produk tetap aman meski digunakan di dalam ataupun luar ruangan. Kualitas vokal dan musik yang halus tetap terasa meski telah dipakai lama berkat tweeter berlapiskan titanium.

Jika Anda tidak suka bergonta-ganti speaker dan menginginkan produk yang tangguh serta tahan lama, JBL Control 25AV wajib Anda masukkan ke dalam daftar belanja Anda. Material stainless steel pada grill speaker ini memberi kepuasan lebih karena menjadikan speaker ini tidak berkarat.

9. BMB CS-252 V

BMB CS-252 V
BMB CS-252 V

Jika Anda hobi melakukan karaoke saat weekend, Anda dapat memilih speaker pasif satu ini. BMB CS-252 V menawarkan frekuensi suara 50 Hz – 20 kHz. Berkat rentang frekuensi yang luas, speaker ini dapat memberikan Anda efek suara yang menakjubkan mulai dari nada bass rendah hingga nada treble yang tinggi sekalipun.

BMB telah membekali woofer bertipe cone ke dalamnya yang memungkinkan speaker ini mengeluarkan suara bernada rendah dengan kualtias yang terdengar bulat, jernih, dan menghentak. Tidak lupa, keberadaan tweeter-nya ikut serta memperjelas suara yang dimainkan dalam nada tinggi. Mengetahui ini semua, jelas BMB CS-252 V menjadi pilihan ideal untuk berkaraoke.

10. Yamaha VS6

Yamaha VS6
Yamaha VS6

Yamaha VS6 memiliki berat 2,8 kg dengan dimensi 19 x 30,8 x 21,9 cm. Itu berarti, speaker pasif satu ini mempunyai tampilan fisik yang didesain horisontal. Meski bodinya terbilang lebar, produk ini tetap portabel karena bobotnya yang minim tadi. Anda bahkan bisa membawanya ke luar ruangan untuk berbagai keperluan.

Yamaha membesut speaker agar tangguh dari tekanan, benturan, dan cipratan air berkat material HIPS (high impact poystyrene sheet)-nya. Nilai SPL sebesar 110 dB yang dimiliki bukan sebatas menghasilkan kiriman suara yang menggelegar, tetapi juga memastikan komponen penting di dalamnya terlindungi berkat fitur overload protection circuit yang disematkan.

Review Lainnya : 10 Lampu Meja Belajar Terbaik

Kesimpulan

Sejauh ini, kami telah ulas mengenai tips memilih speaker pasif dan menampilkan jajaran produk rekomendasi dalam list di atas. Agar kualitas suara dari speaker pilihan Anda menakjubkan atau sesuai dengan keinginan, selalu periksa kualitas suaranya dan lebih cocok untuk genre musik seperti apa produk tersebut digunakan.

Write A Comment

/* */