CEKLIST.ID – Ukulele bisa digunakan untuk Anda yang ingin mencoba memainkan musik dengan alat petik selain gitar. Ukuran ukulele yang lebih kecil menjadikannya mudah dibawa ke mana-mana, sekaligus membuat hal ini kelebihan yang tidak dimiliki alat musik lain, misalnya gitar dan piano. Meskipun gitar bisa dibawa, tetap saja upaya yang dikeluarkan lebih besar ketimbang membawa ukulele.

Ukulele dapat dipakai untuk bermain aliran musik Hawaii. Tetapi siapa sangka bahwa alat musik ini juga bisa memainkan jenis musik Jazz hingga Pop. Supaya tidak keliru, kami akan menguraikan cara memilih ukulele diikuti cantuman rekomendasi ukulele terbaik. Mari kita meluncur ke bagian inti artikel pertama artikel ini!

Gambar Ilustrasi Ukulele
Gambar Ilustrasi Ukulele

Cara memilih ukulele yang Bagus

Kecil dan unik adalah kesan utama yang dimiliki oleh setiap ukulele. Tetapi, tahukah Anda kalau ukulele mempunyai banyak ukuran fingerboard serta tuning? Pembedaan ini memberikan karakteristik suara yang dihasilkan berbeda antara satu dengan yang lain.

Selain ukuran yang berbeda, ukulele juga dibedakan berdasarkan bahan dasar pembuatannya. Apabila Anda tidak ingin salah membeli, mari kenali dulu jenis-jenis ukulele berdasarkan ukurannya dan karakter bunyi yang berbeda berdasarkan penggunaan materialnya.

1. Kenali lima jenis ukulele yang umum digunakan

Sampai saat ini, ukulele dibedakan menjadi lima jenis, yaitu soprano, concert, tenor, baritone, dan bass. Setiap jenis ukulele ini dikelompokkan menjadi beberapa macam tuning. Misal, untuk ukulele jenis soprano, concert,  dan tenor bertuning sama, yaitu G-C-E-A. Sedangkan jenis baritone dan bass berbeda sendiri tuning-nya. Pilihlah jenis ukulele dengan karakter musik yang ingin Anda mainkan.

  • Soprano. Jenis ukulele paling kecil dengan ukuran fingerboard 35 cm. Saking ringkasnya, tipe ini paling mudah dibawa ke tempat latihan atau nongkrong Anda jika ingin nyanyi bersama kawan. Ukulele ini cocok untuk Anda yang mempunyai jari-jari tangan kecil. Tipe ukulele soprano bisa menjadi pijakan pertama bagi pemula yang ingin berlatih ukulele.
  • Concert. Ukuran fingerboard pada ukulele jenis concert berukuran 38 cm, pas untuk Anda ynag jari-jari tangannya lebih besar. Ukuran fingerboard pada tipe concert menjadikan ukulele ini mudah dalam melakukan pengaturan pitch. Satu lagi, tipe ini paling banyak digunakan.
  • Tenor. Ukulele yang mempunyai fngerboard sepanjang 43 cm. Karakter bunyi yang diciptakan tipe tenor lebih kuat dan Anda bisa memainkan pitch lebih stabil.
  • Baritone. Karakter bunyi yang dikeluarkan ukulele tipe baritone lebih kuat. Tipe ini memiliki tuning yang sama dengan gitar, yakni D-G-B-E’. Bedaknya, baritone ukulele hanya memiliki ukuran fingerboard 50 cm. Dibandingakn ketiga tipe sebelumnya, ukulele tipe ini paling sedikit dimainkan.
  • Bass. Apabila Anda membutuhkan alat musik ukulele yang memainkan karakter suara bass, tipe yang pertama kali muncul pada tahun 2007 ini dapat dicoba. Ukulele bass memiliki tuning E-A-D’-G’ dengan ukuran finggertone sebesar baritone.

2. Pilih material pembuatan berdasarkan kesukaan Anda

Ukulele paling banyak dibuat dari material kayu. Namun, setiap jenis kayu memiliki karakter bunyi yang berbeda. Saat ini, ukulele biasa terbuat dari 3 jenis material kayu, yaitu mahoni, Hawaiian core, dan kayu mangga. Apa perbedaan di antara ketiga material tersebut?

  • Mahoni. Kayu mahoni merupakan material paling banyak dipakai untuk membuat ukulele. Jenis kayu ini menghasilkan alat musik petik dengan suara yang lembut dan cocok untuk bermacam jenis musik. Di samping itu, ukulele dari kayu mahoni juga lebih terjangkau karena bahan baku pembuatannya yang mudah dicari dan berlimpah.
  • Hawaiian Core. Suara musik Hawaii yang identik dari ukulele bisa Anda nikmati dengan membeli ukulele bermaterial Hawaiian core. Namun, ukulele dari material ini umumnya dijual dengan harga sangat mahal dan ketersediaannya pun terbatas di Indonesia. Sebaiknya Anda pikir kembali apabila tidak ingin memainkan musik khas Hawaiian.
  • Kayu Mangga. Material yang satu ini disebut-sebut mampu hasilkan suara lembut dan “renyah” sehingga Anda lebih betah memainkan berbagai jenis musik dengan ukulele dari material kayu mangga. Karakteristik kayu mangga yang mempunyai pola berbeda-beda akan membuat ukulele Anda unik.

10 Rekomendasi ukulele terbaik

Ingin membeli ukulele secara online atau di toko alat musik langsung? Semua pilihan di tangan Anda! Namun yang terpenting, Anda harus pastikan kalau ukulele pilihan Anda tersebut mempunyai suara berkualitas baik dan nyaman digunakan. Inilah ke-10 ukulele terbaik dari merek-merek terkenal yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Cowboy 25″Tenor

Cowboy 25″Tenor
Cowboy 25″Tenor

Ukulele umumnya dijual dengan harga tinggi, apalagi jika terbuat dari material kayu berkualitas baik. Apabila Anda ingin merasakan keseruan bermain ukulele dengan karakter suara yang mumpuni dan terbuat dari bahan kayu dengan kualitas baik, alat musik dari Cowboy ini layak dicoba.

Ukulele bertipe tenor ini tidak akan memangkas banyak dana simpanan Anda. Meski ekonomis, ukulele ini tidak akan mengecewakan Anda. Suara yang memukau dengan tingkat kenyamanan tinggi diberikannya, membuat aktivitas belajar atau bermain berbagai jenis musik semakin menyenangkan.

2. Kmise Professional

Kmise Professional
Kmise Professional

Kmise Professional dirancang untuk hasilkan intensitas suara yang lebih renyah. Hal ini disebabkan oleh material dasar sapele yang densitasnya lebih tinggi dibandingkan kayu mahoni. Bagian luar yang terlaminasi memberikan kesan elegan dari ukulele ini.

Kmise yang merupakan brand asal Hongkong membalut warna hitam pada ukulele ini sehingga membuat Anda tampak seperti musikus profesional saat tampil di “panggung”. Dengan tuer dan tas, ukulele ini memungkinkan dibawa ke tempat latihan atau panggung konser tanpa merepotkan.

3. Uke Economic Soprano Ukulele Start Pack

Uke Economic Soprano Ukulele Start Pack
Uke Economic Soprano Ukulele Start Pack

Dengan merogoh kantong tidak sampai 300 ribuan, ukulele bertipe sopran ini telah dijual satu paket komplet. Untuk satu setnya, Anda akan peroleh sebuah ukulele sopran, senar tambahan, strap, pick, tuner, dan tas. Jenis tuner jepit yang ditawarkan memberi kemudahan bagi Anda tatkala menggunakannya.

Bisa dikatakan bahwasanya Uke Economic Soprano Ukulele ini sebagai starter kit atau starter pack karena paket kompletnya. Belum lagi headstock yang tersusun dari material stainless steel dan basswood, menjadikan produk lebih durable untuk jangka waktu lama.

4. Pelem Solid Flame Acacia

Pelem Solid Flame Acacia
Pelem Solid Flame Acacia

Pelem Ukulele adalah produk lokal yang diciptakan oleh pabrikan asal Yogyakarta. Ukulele tipe tenor ini dirumuskan dari material akasia untuk body-nya dan rosewood yang digunakan untuk menempati posisi leher, bridge, fretboard, dan saddle.

Kayu dari pohon akasia yang dipakai membuat ukulele ini hasilkan suara yang lebih merdu. Namun, ukulele ini mempunyai bobot cukup berat, yaitu 7 kg. Jika lubang resonasi ukulele pada umumnya berbentuk bulat, Pelem Solid Flame Acacia dibuat dengan lubang resonasi berbentuk peta Indonesia. Unik!

5. Lanikai LU 21 Soprano

Lanikai LU 21 Soprano
Lanikai LU 21 Soprano

Apabila Anda mengutamakan kualitas dan kenyamanan dalam bermain, ukulele asal brand Hawaii ini patut dipertibangkan. Lanikai adalah merek yang banyak direkomendasikan oleh pemain ukulele andal. Tipe ukulele LU 21 Soprano ini cocok untuk Anda yang mempunyai karakter jari-jari tangan berukuran kecil.

Body-nya yang tersusun dari kayu Nato dan rosewood pada fingerboard-nya membaut ukulele ini ciptakan keindahan suara yang manis dan hangat di telinga. Satu lagi, ukulele yang populer di kalangan musikus ini dapat dipakai oleh pemain tingkat menengah atau para pemula sekalipun. Berani coba?

6. Lanikai LU 21CE

Lanikai LU 21CE
Lanikai LU 21CE

Jatuhkan pilihan Anda pada Lanikai LU 21CE jika Anda mengutamakan suara indah dan merdu yang jarang dimiliki produk lain. Sebagai brand terkemuka dari tanah Hawaii, Lanikai merilis seri ini sebagai manifestasi dari perjalanan panjangnya memproduksi alat musik khas Hawaii.

Ukulele bertipe concert akustik elektrik ini juga terbuat dari kayu Nato yang diperoleh dari pohon Mora. Laminasi yang mencakup keseluruhan titik menjadikan produk ini tampak berkelas. Penampilan yang apik didukung dengan kualitas suara yang luar biasa, menjadikannya ideal dipakai untuk Anda yang ingin serius belajar untuk jadi musikus andal.

7. Mahalo U-320P Deluxe Pineapple

Mahalo U-320P Deluxe Pineapple
Mahalo U-320P Deluxe Pineapple

Mahalo U-320P Deluxe Pineapple adalah ukulele yang memiliki bentukan klasik dan unik. Perpaduan desain tersebut menjadikan penampilannya begitu tradisional. Tersusun atas kayu, rosewood, dan mahoni untuk sejumlah bagian, ukulele ini pun berhasil merilis karakter suara yang menyentuh.

Peg berlapiskan emas membuat instrumen ini semakin mempesona. Segala keunikan dan nilai lebih yang dibawa dapat Anda peroleh hanya dengan merogoh uang di kisaran setengah jutaan. Setiap membeli Mahalo U-320P, konsumen akan mendapatkan video tutorial yang akan membantu aktivitas berlatih para pemula.

8. Ukulele U Mini Bass Akustik Elektrik

Ukulele U Mini Bass Akustik Elektrik
Ukulele U Mini Bass Akustik Elektrik

Sesuai namanya, ukulele ini bertipekan bass akustik elektrik. Dengan instrumen ini Anda bisa mainkan musik akustik, jazz, dan pop. Walau hadir sebagai pemain baru, Ukulele U Mini Bass Akustik Elektrik berhasil dilirik banyak musikus untuk menjajal feel memetik senar pada produk ini.

Oleh karena belum banyak dijual di Indonesia, Anda mungkin perlu menunggu hingga satu bulan untuk mengimpor ukulele ini. Terdapat dua pilihan material dari ukulele ini, yaitu kayu sapele dan picea asperata dengan karakter suara yang berbeda.

9. Ukulele Baritone Fiber Akustik Ovation Style

Ukulele Baritone Fiber Akustik Ovation Style
Ukulele Baritone Fiber Akustik Ovation Style

Ukulele tipe baritone ini cocok untuk Anda yang ingin memainkan tuning yang sama dengan gitar. Dengan kata lain, sensasi memetik gitar hanya dialihkan ke instrumen musik petik yang berukuran lebih kecil. Ukulele Baritone Fiber Akustik Ovation Style hanya perlu waktu adaptasi singkat bagi Anda yang terbiasa bermain gitar.

Produk ini disusun atas material kayu yang menjadikan akustik elektrik ini durable untuk jangk waktu lama. Satu hal yang unik dari ukulele baritone ini adalah lubang resonas yang berjumlah banyak, dirancang dengan ukuran yang acak pada kedua sisi, menjadikannya sangat unik sekaligus menarik.

10. Grande Ukulele Concert 23″

Grande Ukulele Concert 23″
Grande Ukulele Concert 23″

Grande memproduksi ukulele concert yang menggunakan spruce sebagai material kayu dasar pembuatannya. Jenis kayu ini memiliki densitas menengah dengan bobot ringan. Selain itu, kualitas kayu spruce yang digunakan membuat ukulele ini ringan, awet digunakan, dan mempunyai kualitas suara yang cukup baik.

Jika dana Anda tidak begitu besar, Grand Ukulele Concer 23” ini sudah sangat layak dibeli. Dengan kisaran harga Rp300.000 saja, Anda telah memiliki ukulele tipe concert yang siap dimainkan. Mudah dibeli di toko online Indonesia, tidak butuh waktu lama untuk menunggu barang datang.

Review Lainnya : 10 Rekomendasi Gitar Untuk Pemula

Kesimpulan

Sejauh ini, kami telah jelaskan cara memilih ukulele dan membagikan rekomendasi ukulele terbaik. Apabila Anda ingin mahir bermain ukulele, belajarlah dengan konsisten dan sabar. Jangan berharap hasil instan agar Anda bisa menikmati proses belajarnya.

Write A Comment

/* */