CEKLIST.ID – Nyamuk dianggap banyak orang sebagai serangga yang mengganggu. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan lotion atau krim untuk menangkal nyamuk? Sebenarnya, selain menggunakan lotion dan krim, agar bisa terhindar dari gigitan nyamuk didalam ruamh, Anda bisa juga menggunakan tanaman yang telah dibuktikan mampu mengusir nyamuk. Tanaman ini tidak bekerja membunuh nyamuk, tetapi menangkal nyamuk beraktivitas pada suatu tempat karena aroma tanaman yang tidak disukainya.

Tanaman pengusir nyamuk hanya mengeluarkan aroma tertentu yang tiadk disenangi nyamuk. Beberapa dapat bekerja lebih efektif dengan digosokkan ke kulit atau diekstrak menjadi spray serta dikeringkan sebelum digunakan. Apabila Anda ingin membeli tanaman pengusir nyamuk untuk ditaruh di dalam pot maupun diberi perlakuan, kami akan pilihkan beberapa tanaman yang banyak dijual dapat Anda beli dan gunakan.

Gambar Ilustrasi Tanaman Pengusir Nyamuk
Gambar Ilustrasi Tanaman Pengusir Nyamuk

Cara memilih tanaman pengusir nyamuk yang Paling Ampuh

Sebelum melihat daftar tanaman pengusir nyamuk, sebaiknya Anda kenali dulu efek yang ditimbulkan oleh beberapa macam tanaman yang diklaim mampu mengusir nyamuk.

1. Mosquito plant dan southernwood, telah terbukti efektif mengusir nyamuk

Diklasifikasikan sebagai moisquito plant karena sudah dibuktikan mencegah nyamuk beraktivitas di area yang ditanami tanaman ini. Beberapa jenis tanaman mosquito plant yang banyak diteliti adalah citronella dan geranium. Kedua tanaman ini termasuk dalam genus geranium, sama halnya dengan lemon rose geranium dan rose geranium. Kedua jenis mosquito plant ini menurunkan keammpuan nyamuk mendeteksi karbondioksida sehingga kita terhindar dari gigitan nyamuk.

Beda lagi dengan southernwood yang di Austria, tumbuhan ini sudah banyak dipakai sebagai tumbuhan penangkal nyamuk. Namun, untuk merasakan efeknya, Anda harus menggosok atuau mengusap daunnya ke permukaan kulit. Tenang saja, tumbuhan ini aamn dan jarang sekali menimbulkan efek mengganggu seperti kulit gatal.

2. Pennyroyal mint dan tansy, cegah kutu dan tungau lebih efektif

Pennyroyal mint merupakan tumbuhan dengan aroma mint lembut yang tumbuh merambat di atas tanah. Tumbuhan ini termasuk tangguh sebab tidak mati meskipun terinjak. Di balik kekuatannya, tanaman ini juga efektif dalam menghalau kutu dan tungau sehingga dapat Anda tanam di area taman atau kebun rumah Anda.

Di pihak lain, tansy yang digolongkan sebagai endemik zona kering Eropa sejak zaman dahulu telah digunakan masyarakat untuk mengusir serangga. Tumbuhan ini perlu dikeringkan terlebih dahulu agar kinerjanya lebih efektif. Untuk menggunakannya, tansy yang telah dikeringkan digantung di tempat yang Anda inginkan. Bahkan, Anda bisa manfaatkan tansy untuk mencegah anjing Anda terserang kutu. Tetapi, jangan berikan ke kandang kucing karena kucing tidak menyukai aromanya dan berbahaya apabila termakan.

3. Neem leaves, tanaman legendaris yang mampu halau lebih dari 200 jenis hama serangga

Tanaman neem banyak ditemukan di dataran India karena tumbuhan ini tumbuh secara alami. Walau tumbuh secara liar, neem memiliki efektivitas yang terbukti untuk menghalau berbagai jenis hama serangga, salah satunya nyamuk. Untuk memperoleh efeknya, Anda cukup menanamnya ke dalam pot.

Jika ingin lebih optimal, Anda bisa ekstrak daun yang sudah dewasa dengan merebusnya. Gunakanlah hasil ekstraksi sebagai spray untuk disemprotkan ke dalam kamar atau ruangan Anda. Meski memiliki insektisida alami, tumbuhan ini sebatas mengusi dan bukan membunuh serangga. Tenang saja, neem termasuk tumbuhan yang aman. Bahkan, di India banyak yang menjadikannya bahan masakan.

4. Jika membeli online, pilih yang lokasi tokonya terdekat dengan tempat tinggal Anda

Apakah Anda berniat membeli tanaman pengusir nyamuk secara online? Tidak masalah. Namun, perhatikanlah jarak toko tersebut dengan rumah Anda. Utamakan memilih toko yang lokasinya setidaknya masih satu provinsi sehingga tidak perlu berhari-hari menunggu tanaman tersebut sampai ke rumah.

Meski datang dalam keadaan utuh, tetap ada kemungkinan benih sedikit rusak setelah tiba di rumah Anda. Benih yang sudah rusak ini takkan tumbuh menjadi tanaman dewasa yang sehat. Sebaiknya Anda beli dengan menelusuri lokasi toko paling dekat dulu. Bila tidak menemukannya, barulah Anda berselancar di internet.

10 Rekomendasi tanaman pengusir nyamuk terbaik

Sedikit cara memilih tanaman untuk mengusir keberadaan nyamuk telah ceklist.id bahas di bagian sebelumnya. Di sini, Anda akan melihat sepuluh pilihan tanaman pengusir nyamuk terbaik yang sudah dibuktikan kemampuannya dalam menghalau nyamuk oleh banyak orang. Selamat memilih dan jangan lupa membelinya dari toko tanaman terdekat dengan tempat tinggal Anda!

1. Tanaman Serai Wangi

Tanaman Serai Wangi
Tanaman Serai Wangi

Serai wangi merupakan tanaman yang dapat beradaptasi dengan beragam iklim dan jenis tanaman sehingga perawatannya pun tidak merepotkan. Apabila Anda tinggal di lokasi yang berintensitas hujan rendah, sedang, ataupun tinggi, tanaman ini dapat dipilih karena karakteristiknya tersebut.

Serai wangi menjadi salah satu tanaman yang terkenal efektif dalam mengusir nyamuk. Tidak heran jika produk ini umum dijual dan selalu laris dibeli. Bahkan, produsen losion anti nyamuk pun menggunakan tanaman ini sebagai bahan dasar yang diekstrak untuk dimanfaatkan kandungannya. Untuk mendapatkan efek pengusir nyamuknya, cukup Anda tanam tumbuhan yang dapat mencapai 100 cm ini di pekarangan rumah.

2. Tanaman Neem

Tanaman Neem
Tanaman Neem

Di India, neem mendapat julukan sebagai “apotek desa” lantaran banyak dipakai sebagai obat tradisional. Selain itu, tentu saja penduduk India menggunakan tanaman ini sebagai bahan makanan. Tergolong sebagai mimba atau intaran, tanaman ini juga mempunyai kemampuan untuk mengusir nyamuk. Cukup ditanam ke dalam pot di halaman rumah, dijadmin nyamuk maupun hama serangga jenis lain takkan berani mendekat.

Neem dapat pula dipakai sebagai pestisida alami. Jika Anda ingin mengusir hama serangga dari tanaman yang Anda budidaya, rebuslah daun ini dan jadikan spray pengusir serangga. Jika Anda mempunyai pekarangan luas, tanaman ini dapat dibiarkan hingga tumbuh setinggi 20 meter. Suasana rumah rindang dan bebas nyamuk akan terasa nyaman!

3. Bibit Tanaman Selasih

Bibit Tanaman Selasih
Bibit Tanaman Selasih

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman selasih? Di Indonesia, selain daunnya, masyarakat juga memanfaatkan bijinya untuk dikonsumsi. Sementara daunnya dikenal akan khasiat sebagai obat herbal sekaligus pengusir nyamuk. Aroma yang dipancarkan tidak disukai nyamuk. Menariknya, sifat tanaman ini tahan terhadap matahari, membuatnya ideal ditaruh di luar ruangan.

Tenang saja, Anda juga tidak harus melakukan perawatan lebih karena tanaman selasih hanya mencapai ukuran 50 – 60 cm saat menjadi tanaman dewasa. Untuk hasil optimal, kami menyarankan Anda menaburkan biji atau benih selasih di pekarangan rumah dan disiram setiap hari. Jika ingin ditaruh pot, Anda bisa letakkan di teras.

4. Tanaman Zodia

Tanaman Zodia
Tanaman Zodia

Zodia merupakan tanaman endemik dari Papua yang kini telah dibudidayakan di banyak daerah. Penduduk Papua banyak memanfaatkan tanaman ini untuk menghalau aktivitas nyamuk. Jika Anda ingin merasakan manfaat serupa, cukup letakkan tanaman ini di dalam ruangan dan efeknya pun bekerja beberapa waktu setelahnya.

Selain ditanam, Anda juga bisa membaurkan daunnya ke kulit. Menariknya lagi, gatal dan bentol akibat gigitan nyamuk juga mereda setelah digosokkan oleh daun ini. Jika Anda menginginkan tanaman yang mudah perawatan dan tidak tumbuh menjadi tanaman bongsor, zodia hanya memiliki tinggi sekitar 70 cm saat dewasa.

5. Bibit Bunga Kamboja

Bibit Bunga Kamboja
Bibit Bunga Kamboja

Bunga kamboja dianggap sebagai bunga keramat oleh penduduk Indonesia karena banyak ditemukan di pemakaman. Di balik perspektif tersebut, sebenarnya bunga ini juga dapat Anda tanam di area rumah lho! Warna-warna yang cantik akan mengindahkan pekarangan rumah Anda.

Tentu bukan itu saja alasannya Anda kami sarankan menanam bunga kamboja. Hal lain yang juga dimiliki bunga berwarna lembut ini adalah kemampuannya mengusir nyamuk. Apabila mau mendapatkan manfaat yang lebih baik, Anda dapat lakukan perlakuan untuk mengekstraksi bunga kamboja sebagai minyak yang juga memberi efek aromaterapi.

6. Tanaman Pink Rose Geranium

Tanaman Pink Rose Geranium
Tanaman Pink Rose Geranium

Tumbuhan geranium biasanya dipilih karena memiliki tampilan yang cantik untuk menghias rumah. Namun hal lain yang juga Anda rasakan adalah rumah bebas dari aktivitas nyamuk! Anda dapat letakkan di dalam pot di dalam ruangan. Ketika dewasa, tumbuhan ini akan memiliki bunga berwarna merah muda yang menawan dan ketinggiannya hanya sekitar 20 – 80 cm.

Ukuran tersebut masih dikatakan mini sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika menempatkannya di dalam rumah. Di samping itu, efek aroma yang menenangkan akan Anda sukai serta bisa mereduksi stres. Tetapi, aroma tersebut justru menjadi musuh besar bagi nyamuk sehingga mereka ogah berlama-lama di rumah Anda.

7. Bibit Bunga Lavender

Bibit Bunga Lavender
Bibit Bunga Lavender

Bunga lavender atau lavendel adalah salah satu nama tumbuhan yang sangat familiar di telinga penduduk Indonesia. Warna ungu bunga yang khas langsung dikenali oleh setiap orang, baik penggemar bunga ataupun bukan. Bunga lavender ini selain bisa mendekorasi rumah, juga dapat dipakaisebagai tanaman pengusir nyamuk.

Jika Anda ingin memberi perlakuan khusus, bunga ini dapat direbus atau direndam lama untuk dijadikan spray antinyamuk. Bahkan, produsen-produsen losion antinyamuk banyak pula yang menggunakan tumbuhan dengan ketinggian 20 – 80 cm saat dewasa ini sebagai bahan baku pembuatan.

8. Tanaman Bunga Krisan

Tanaman Bunga Krisan
Tanaman Bunga Krisan

Bunga krisan dengan warna kuning terang yang mempesona kerap dijadikan tanaman hias oleh sebagian masyarakat Indonesia. Bagi Anda yang hobi dengan aktivitas gardening, tentu tahu betapa cantiknya bunga ini. Tetapi, tahukah Anda, di balik pesonanya, tanaman bunga krisan juga efektif untuk membebaskan rumah Anda dari aktivitas nyamuk?

Untuk membuktikannya, Anda bisa letakkan tanaman ini sebagai hiasan di pekarangan rumah. Selain memanjakan mata, coba perhatikan, pasti tidak ada nyamuk yang berani mendekat. Namun, bila Anda ingin menempatkannya di dalam rumah juga tidak masalah karena tanaman ini saat dewasa hanya mencapai tinggi 50 cm.

9. Bibit Bunga Rosemary

Bibit Bunga Rosemary
Bibit Bunga Rosemary

Tanaman ini cukup tangguh dengan paparan sinar matahari berintensitas tinggi seperti di Indonesia. Dengan kata lain, Anda bisa membeli tanaman ini sebagai hiasan interior rumah ataupun sebagai tanaman hias di halaman sekitar ruah. Selain tidak mudah layu meski terkena matahari, tanaman ini juga memiliki aroma kuat yang tidak disukai nyamuk.

Saat tumbuh dewasa, rosemary akan memiliki fisik tegak dengan ketinggian sekitar 80 – 100 cm. Jika Anda khawatir keberadaannya merepotkan bila ditempatkan di dalam rumah, cukup taruh pot rosemary di halaman rumah dan siap-siap, rumah Anda tidak lagi menjadi koloni nyamuk!

10. Benih Herbal Lemon Balm

Benih Herbal Lemon Balm
Benih Herbal Lemon Balm

Lemon balm termasuk salah satu tumbuhan yang dibenci nyamuk. Ketika bunga warna putihnya tumbuh, akan tersedia nektar yang disukai kupu-kupu. Jadi, apabila Anda melestarikannya di halaman rumah, bakal banyak kerumunan kupu-kupu cantik yang menjadi pemandangan indah di pagi maupun sore hari Anda.

Tumbuhan ini memiliki aroma segar yang tentunya Anda sukai. Sementara bagian daunnya dapat dimanfaatkan sebagai penyedap rasa. Jika ingin merasakan manfaatnya, Anda hanya perlu menanamnya di dalam pot dan ditaruh di pekarangan rumah.

Review Lainnya : 10 Rekomendasi Lilin Aromaterapi Terbaik

Kesimpulan

Rumah yang bebas dari nyamuk kini semakin nyaman untuk dihuni, bukan? Kami sadar, untuk memilih tanaman pengusir nyamuk memang perlu kejelian dan pemahaman lebih agar tidak keliru karena banyaknya jenis tanaman yang dapat digunakan. Maka dari itu, selain memanfaatkan informasi di atas, sebaiknya Anda banyak bertanya juga kepada pemilik toko mengenai efektivitas tanaman yang hendak Anda beli.

Write A Comment

/* */