CEKIST.ID – Walaupun dunia digital mengalami perkembangan pesat, sebagian orang tetap menyukai aktivitas menulis. Salah satu yang paling berkesan adalah menulis catatan harian. Mungkin, bagi Anda yang lahir di era 90-an akan akrab dengan kata “dear diary”. Ya, kata tersebut merujuk pada buku harian yang biasanya ditulis seseorang untuk menceritakan maksud kepada buku (alias dirinya sendiri).

Banyak memori yang bisa dicatutkan pada buku harian, untuk dilihat kembali di masa mendatang. Jika Anda ingin merasakan pengalaman tersebut, belilah buku harian sekarang juga! Namun, alangkah baiknya Anda menyesuaikan jenis buku yang dibeli dengan kebutuhan serta kenyamanan Anda. Karena itulah, mari simak terlebih dahulu cara memilih buku harian sebelum melihat produk terbaik yang akan kami rekomendasikan.

Gambar Ilustrasi Buku Harian
Gambar Ilustrasi Buku Harian

Cara memilih buku harian yang Bagus

Buku harian bisa menjadi momen untuk melepas penat. Hati dan pikiran akan terasa lega setiap kali usai menulis catatan kejadian pada buku harian. Akan tetapi, tidak semua buku harian cocok dipakai oleh Anda karena hadirnya beragam jenis. Mari pilih produk yang sesuai dengan gaya menulis Anda!

1. Pertimbangkan memilih produk dengan melihat ada tidaknya tanggal

Secara garis besar, diary book dibagi menjadi dua macam, yaitu yang disertai tanggan dan tidak disertai tanggal. Apabila Anda hendak menulis diary setiap hari dan ingin mengingat momen-momen tersebu secara detail, kami menganjurkan Anda membeli buku harian bertanggal. Anda akan lebih mudah melihat kembali catatan kejadian berdasarkan tanggal yang tertera pada halaman buku yang dimaksud.

Namun, bila Anda ingin melakukan penulisan tanggal secara bebas, Anda bisa memilih buku harian yang tidak bertanggal. Biasanya, buku ini cocok apabila Anda tidak rutin menulis setiap hari sehingga setiap lembarnya akan terpakai. Biasanya, buku harian tanpa tanggal cocok untuk menulis cerita panjang hingga lebih dari satu halaman.

2. Pilihlah berdasarkan desain layout buku

Jika diperhatikan, buku harian memiliki dua desain layout, yaitu dengan garis atau bergaris dan tanpa garis atau polos. Anda ingin memakai yang seperti apa, itu bergantung dengan kebutuhan. Misalnya, jika Anda ingin menulis kalimat yang tersusun rapi, gunakanlah buku harian dengan layout bergaris, entah itu garis dengan jarak lebar atau sempit, tinggal Anda sesuaikan dengan seberapa banyak Anda ingin menulis.

Sementara di lain sisi, buku harian yang polos memungkinkan Anda berkreasi, entah menyertakan sketsa ilustrasi untuk memperkuat kesan cerita dan semacamnya. Anda juga bisa menghiasi buku harian polosdengan doodle, stiker, masking tape, dan ornamen lain sesuka hati. Tapi ingat, untuk buku harian semacam ini kurang nyaman dipakai menulis panjang.

3. Periksa jumlah halaman yang menandakan periode penulisan

Buku harian ditulis untuk jangka yang berbeda-beda. Tetapi jika melihat kebiasaan banyak orang, mereka melakukannya untuk periode satu tahun. Maka dari itu, kami menganjurkan Anda memilih buku harian dengan jumlah halaman yang mencakup kebutuhan hingga 1 tahun. Tetapi kembali lagi, semua ini disesuaikan dengan preferensi Anda

Selain untuk jangka 1 tahun, ada juga beberapa buku harian yang mampu memenuhi penulisan untuk periode lebih 2 – 3 tahun. Biasanya buku ini lebih tebal sehingga kurang cocok semisal Anda ingin membawanya travelling. Kami menyarankan agar Anda mengutamakan buku harian yang cukup untuk keperluan minimal satu tahun.

4. Kenyamanan penulisan juga dipengaruhi oleh ukuran produk

Ukuran produk biasanya mengacu pada dimensi kertas yang digunakan. Semisal Anda menghendaki kebutuhan untuk menulis di banyak tempat (bukan cuma di rumah), akan lebih nyaman jika memakai buku harian yang ukurannya kecil. Buku dengan ukuran kertas A6 sudah cukup dan tidak makan tempat saat ditaruh ke dalam tas.

Begitu juga sebaliknya, buku harian dengan ukuran yang besar, misalnya B5, akan kurang cocok dibawa bepergian. Tetapi keuntungannya, buku ini lebih nyaman untuk menulis catatan kejadian berbentuk paragraf. Sangat cocok apabila Anda tidak suka menulis diary selain di kamar.

10 Rekomendasi buku harian terbaik

Selanjutnya, ceklist.id akan rekomendasikan 10 buku harian terbaik dari merek-merek terkenal. Silakan pilih yang layout-nya polos atau bergaris, begitu pula ukurannya berdasarkan kebutuhan Anda. Selamat memilih produk!

1. Daiichi Diary B5

Daiichi Diary B5
Daiichi Diary B5

Daiichi Diary B5 adalah buku harian yang terdiri dari 120 halaman. Dengan kata lain, buku ini tidak begitu cocok bila Anda menulis catatan setiap hari. Anda bisa membeli produk ini bila hanya ingin mencatat momen-momen penting dalam hidup Anda.

Layout kertas bergaris memudahkan proses menulis sehingga lebih rapi. Daiichi Diary B5 ini dirancang dengan 6 pilihan warna, memungkinkan Anda membeli warna favorit. Dengan harga yang terjangkau, produk berukuran 18,5 x 14 x 26 cm ini tampak worth it untuk dibeli.

2. Buku Harian Polos

Buku Harian Polos
Buku Harian Polos

Ingin menggambar bebas atau menambah ornamen-ornamen cantik ke dalam buku diary Anda? Sebaiknya Anda membeli Buku Harian Polos. Buku ini memungkinkan Anda mencoretkan gambar, garis, atau bahkan tulisan bilamana Anda ingin melatih kemampuan menulis rapi tanpa bantuan garis.

Dengan cover polos, kesan buku ini tampak minimalis sehingga cocok apabila Anda menyukai sesuatu yang sederhana. Buku dengan harga mendekati 100 ribuan ini memiliki 60 halaman bolak balik yang cukup dipakai untuk jangka 3 bulan lebih. Ukurannya yang hanya 12,5 x 12,5 cm tentu saja muat diselipkan ke dalam tas.

3. Nice Day 365 Daily Planner Small

Nice Day 365 Daily Planner Small
Nice Day 365 Daily Planner Small

Jika Anda ingin konsisten menulis, tentu saja Anda memerlukan buku dengan jumlah halaman banyak. Adalah Nice Day 365 Daily Planner Small, diary book bergaris yang menyediakan 204 halaman. Walau tidak sampai 365 lembar, nampaknya ada beberapa hari di mana Anda akan absen menulis.

Belum lagi dengan adanya halaman-halaman perencanaan untuk periode tahunan, bulanan, hingga mingguan, Anda dapat mencatat jadwal kegiatan lebih leluasa. Di samping itu, buku yang tergolong panner ini dilengkapi beberapa halaman kosong yang berguna untuk mencatutkan catatan penting lain.

4. Ponybrown Budbear Everyday Diary

Ponybrown Budbear Everyday Diary
Ponybrown Budbear Everyday Diary

Lucu dan imut, itulah kesan yang pertama kali muncul saat menengok tampilan buku ini. Ponybrown Budbear Everyday Diary sangat menarik dan mengundang keinginan untuk terus dekat dengannya. Buha Bear yang tercatut pada cover dengan beragam pose yang dilakukan menjadikan produk ini unik dan cantik.

Selain itu, buku yang dilengkapi halaman full color dan sampul plastik PVC ini tergolong durable. Ponybrown juga menyematkan weekly plan, monthly plan, dan yearly plan. Jika Anda membutuhkan buku harian bergaris yang memenuhi keperluan mencapai 1 tahun, pilih saja produk ini!

5. Peekmybook The Passbook

Peekmybook The Passbook
Peekmybook The Passbook

Buku harian ini lebih cocok dipakai untuk aktivitas pencatatan keuangan. Jika Anda sedang membuka bisnis dan belum mempunyai sistem pencatatan yang terdigitalisasi, kami menyarankan Anda menggunakan Peekmybook The Passbook.

Produk dengan 165 halaman di mana 72 halamannya berisikan tabel pengeluaran dan pemasukan ini akan membantu Anda mengatur cash flow. Di samping itu, Anda juga bisa mencatat informasi penitng pada halaman kosong bergaris. Berukuran 15 x 21 cm atau A5, buku ini tidak merepotkan karena ringkas ketika dibawa.

6. Diary Password

Diary Password
Diary Password

Anda suka dengan desain produk yang tampak girly? Diary Password ini pastilah  Anda senangi. Sudah banyak wanita menggunakan buku “berbusana” chic ini sebagai teman menutup harinya di kamar. Anda bisa menulis seluruh momen berharga dalam hidup pada kertas yang bukan hanya tebal, tetapi juga halus pada buku ini.

Diary Password hadir dalam dua pilihan desain, silakan Anda pilih sesuai kesukaan. Selain itu, buku harian bergaris ini juga unik karena telah dilengkapi pengunci menggunakan mekanisme password. Tenang saja, anggota keluarga atau siapapun tidak akan bisa melihat catatan rahasia Anda dengan mudahnya.

7. Peekmybook Recipe Book – Baby Edition

Peekmybook Recipe Book – Baby Edition
Peekmybook Recipe Book – Baby Edition

Peekmybook merumuskan buku harian yang diperuntukkan bagi Anda yang ingin mencatat perkembangan buah hati. Di dalam buku ini terdapat tabel atau section khusus untuk mencatat berat, tinggi badan, dan hal lain yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak Anda.

Selain itu, Anda bisa pula menuliskan resep makanan untuk buah hati pada halaman bergarisnya. Sementara sematan halaman kosongnya berfungsi untuk menuliskan jenis vitamin yang dikonsumsi anak Anda. Anda juga dapat memanfaatkan halaman kosong tersebut untuk mencatat tanggal imunisasi dan jadwal temu dokter.

8. Peekmybook Little Companion Travel Diary

Peekmybook Little Companion Travel Diary
Peekmybook Little Companion Travel Diary

Untuk yang satu ini, Peekmybook menyediakannya khusus untuk mencatat kejadian-kejadian tak terupakan saat melakukan travelling. Didesain dengan ukuran 13,5 x 21 cm, sudah pasti  buku yang tipis dan pipih ini ini tidak akan memakan ruang lebih pada koper maupun tas bawaan Anda.

Dengan buku ini, Anda bisa mencatat bukan cuma pengalaman yang Anda alami saat melakukan perjalanan, tetapi juga mencatat jadwal perjalanan, rute perjalanan, makanan terenak, restoran favorit, dan bahkan detail pengeluaran Anda sebagai informasi acuan di kemudian hari. Sangat lengkap, bukan?

9. Diary Vintage Leaf

Diary Vintage Leaf
Diary Vintage Leaf

Diary Vitage Lef lebih cocok untuk Anda yang menginginkan buku harian bertema vintage. Bertipe polos, buku dengan cover berbahan kulit ini tampil retro. Ketika menulis catatan di tempat umum, Anda mungkin akan menjadi salah satu pusat perhatian karena sampul luarnya yang kelihtan eksklusif sekaligus klasik.

Meski tidak dilengkapi kancing, Anda bisa menjaga buku tetap tertutup dengan mengikat cover kulitnya menggunakan tali pengikat yang dilengkapi ornamen selembar daun. Satu lagi, buku ini terdiri dari 160 halaman, cocok untuk Anda yang ingin menulis catatan hingga 1 tahun lamanya!

10. Peekmybook The Secret Recipe

Peekmybook The Secret Recipe
Peekmybook The Secret Recipe

The Secret Recipe menjadi salah satu produk terlaris dari Peekmybook di banyak negara. Buku ini dirancang untuk Anda yang ingin merencanakan memasak menu harian dengan resep-resep pilihan. Anda bisa mengategorikan jenis hidangan dengan mudah pakai buku ini.

Selain itu, buku dengan banyak 182 halaman dan ukuran A5 (15 x 21 cm) ini mencampurkan halaman kosong dan bergaris. Untuk yang bergaris dibuat dominan sehingga Anda tidak kesulitan setiap kali mencatat resep dan urutan pembuatannya. Untuk menulis berat badan dan jadwal olahraga? Bisa, kok!

Review Lainnya : 10 Rekomendasi Pensil Warna Terbaik

Kesimpulan

Beberapa buku harian dibuat bukan sebatas untuk menulis kejadian yang Anda alami dalam suatu hari. Ada yang dirancang untuk keperluan khusus, seperti memantau tumbuh kembang anak atau untuk program diet. Jika Anda membeli buku yang punya fokus semacam ini, periksa kemudahan penggunaannya, ya, agar Anda bisa memakainya untuk jangka panjang.

Write A Comment

/* */