CEKLIST.ID – Pick mempunyai peran penting dalam bermain gitar. Jika selama ini Anda memetik gitar hanya dengan kuku jari, mulailah mencoba memakai pick untuk hasilkan suara yang lebih variasi di telinga. Kesan dari setiap pick gitar juga berbeda. Semua ini bergantung pada ketebalan, material, hingga bentuknya. Sudah siap memilih pick gitar yang cocok dengan Anda?

Meski produsen pick gitar mulai bermunculan, sebaiknya Anda utamakan produsen yang telah lama memproduksi pick gitar. Kebanyakan merek seperti Jim Dunlop, D’Addario, dan Clayton merilis pick gitar dengan wujud bentuk dan material yang berbeda-beda. Mari pilih pick gitar yang bisa menemani Anda memainkan part-part kesukaan Anda dengan maksimal!

Pick Gitar Terbaik
Pick Gitar Terbaik / Amazon

Cara memilih pick gitar yang Bagus

Hal utama untuk diperhatikan saat memilih pick gitar adalah memeriksa bentuknya. Ada beragam bentuk dari pick gitar yang akan memberikan kesan berbeda pada pemula maupun pemain profesional. Jadi, sebaiknya kenali terlebih dahulu bentuk-bentuk pick gitar ini.

Selain itu, karakter dari setiap material juga memberikan kenyamanan yang berbeda, termasuk ketebalannya. Jika Anda ingin optimal dalam part-part permainan tertentu, adalah keharusan memakai pick gitar dengan bentuk, material, serta ketebalan yang sesuai.

1. Pilih berdasarkan bentuknya

Di bagian ini, kami akan uraikan terlebih dahulu mengenai bentuk-bentuk pick gitar. Ada beberapa macam bentuk pick gitar, namun yang paling banyak digunakan adalah bentuk teardrop dan segitiga. Beberapa bentuk lain juga digunakan untuk gitar akustik, bass, atau alat musik petik lain. Mari kita lihat perbedaan karakteristik dari masing-masing bentuk pick gitar ini.

  • Teardrop. Dinamakan teardrop karena bentuk pick ini menyerupai tetesan air mata. Jenis ini sangat populer di dunia, termasuk di Indonesia. Hampir semua brand memproduksi pick gitar berbentuk teardrop karena sejak lama dipakai oleh para gitaris. Ujung pick yang meruncing menjadi pusat utama yang berkontak dengan senar. Tipe ini cocok untuk berbagai gaya, mulai strokes ke cutting, hingga single tone.
  • Triangle. Sekilas mirip dengan teardrop, tetapi bentuknya lebih condong membentuk segitiga. Dua sisi yang melebar pada kanan dan kirinya bisa juga digunakan untuk memetik gitar. Tipe ni cocok untuk permainan chord serta strokes dibandingkan single tone. Pick jenis ini juga dianggap lebih awet dibandingkan pick jenis lain.
  • Jazz. Pick tipe jazz banyak digunakan oleh bassist dalam sebuah grup band. Mempunyai bentuk lebih kecil sehingga ideal untuk permainan seperti arpeggio atau petikan nada tunggal. Suara yang dihasilkan oleh pick ini lebih soft dibandingkan bentuk pick yang dimensinya lebih lebar.
  • Home Base. Pick ini bentukannya mirip home base pada permainan baseball. Hanya bagian ujung runcing saja yang dipakai untuk memetik gitar. Meski saat ini sudah jarang yang menyenangi pick semacam ini, dahulu grup musik The Beatles tercatat pernah memakai pick home base yang tebal.
  • Thumb Pick. Pick ini menyerupai cincin yang diselipkan ke ibu jari. Terdapat bagian meruncing sebagai kontak utama dengan senar gitar. Thumb pick biasa dipakai untuk melakukan finger picking pada gitar akustik atau saat memainkan lagu country, klasik, dan semacamnya. Thumb pick juga cocok untuk memainkan bass.

2. Pilih berdasarkan ketebalannya

Karakter pick yang tebal akan menghasilkan petikan berefek suara gendut atau bulat, begitu pun sebaliknya. Jadi, selain mempertimbangkan bentuknya, Anda juga perlu memeriksa ketebalan dari pick yang ingin Anda beli.

  • Thin (kurang atau sama dengan 0,55 mm). Pick dengan ketebalan antara 0,1 – 0,55 mm digolongkan sebagai pick thin. Pick ini cocok untuk pemula karenea rentan tertekuk jika dipakai terlalu kuat. Pick thin dapat hasilkan stroke yang mulus meski dipetik terlalu kencang.
  • Medium (0,6 – 0,8 mm). Pick yang mempunyai ketebalan medium bisa hasilkan suara lebih nyaring. Medium pick bisa digunakan oleh pemula maupun profesional, tergantung part yang ingin dimainkan.
  • Hard (0,9 – 1 mm). Disebut juga heavy pick, pick ini banyak digunakan oleh gitaris profesional yang memainkan single string playing. Suara yang jelas dan bulat menjadi kelebihan dari pick ini.
  • Extra Heavy (1,15 – 2 mm). Pick ekstra tebal hanya dipakai oleh kalangan gitaris intermediate hingga mahir. Karakter yang lebih kuat ini mampu hasilkan suara petika yng sangat nyaring sehingga cocok untuk strokes atau permainan cepat.

3. Pilih berdasarkan material pembuatannya

Selain bentuknya, bahan dasar pick gitar juga memengaruhi kenyamanan saat bermain. Dari beberapa material, pick berbahan seluloid dan delrin paling banyak digunakan. Sebaiknya kenali juga karakteristik dari setiap bahan utama pick ini.

  • Seluloid. Merupakan salah satu resin sintetis berupa plastik yang memiliki karakter ringan dan licin. Hasil suara datar dan halus menjadikannya cocok untuk berbagai genre musik.
  • Totex. Banyak dikembangkan oleh pabrikan Jim Dunlop. Karakteristiknya tidak licin dan kesat sehingga sangat cocok digunakan oleh Anda yang rentan berkeringat.
  • Delrin. Dikembangkan secara independen oleh Jim Dunlop, pick berbahan ini sangat halus, tahan air, dan tahan panas. Sayangnya, pick ini berpermukaan licin sehingga kurang cocok bila tangan rentan berkeringat.
  • Nylon. Material ini menghasilkan pick dengna tekstur yang soft sehingga memberikan kebulatan suara atau suara clean. Sangat cocok untuk pemain gitar akustik.
  • Ultem. Karakternya tahan gesek dan awet serta mendekati karakter kuku manusia. Pick berbahan ultem cocok untuk part arpeggio dengan nada clean.
  • Polikarbonat. Bahannya mirip kaca organik sehingag mampu hasilkan suara unik saat melakukan petikan agresif. Tahan getaran dan kuat juga.
  • Stainless Steel. Bisa kurangi getaran pada senar sehingga saat melakukan sliding pick akan ciptakan efek distorsi. Pick ini menghasilkan suara terang dan apik untuk lakukan cutting note.

10 Rekomendasi pick gitar terbaik

Di bagian sebelumnya ceklist telah uraikan secara detail mengenai bentuk, ketebalan, dan material pick gitar. Selanjutnya, Anda akan melihat sepuluh pick gitar terbaik sebagai referensi. Selamat memilih!

1. Alice Stainless Steel

Alice Stainless Steel
Alice Stainless Steel

Pick berbahan stainless steel ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin hasilkan suara terang dan apik saat lakukan cutting note. Berketebalan 0,3 mm, pick dari Alice ini termasuk ke dalam thin pick. Dukungannya untuk keperluan petikan cepat sangat mumpuni.

Dengan harga yang terjangkau, saat membeli pick ini, Anda akan dapatkan satu set thin pick Alice berjumlah 3 buah dengan ukuran sama. Silakan beli misal Anda menyukai karakter suara yang terang. Kabar baik lagi, untuk pemula bisa juga memilihnya!

2. D’Addario Classic Celluloid Cellu-Glo

DAddario Classic Celluloid Cellu-Glo
DAddario Classic Celluloid Cellu-Glo

Pick berikut cocok dipakai untuk Anda yang biasa tampil di panggung yang gelap. Efek glow in the dark akan memudahkan Anda menemukan pick saat terjatuh. Meski diproduksi oleh brand kenamaan, pick ini hanya dibandrol dengan harga tak sampai belasan ribu rupiah.

D’Addario Classic Celluloid Cellu-Glo terbuat dari material seluloid dengan bobot ringan. Termasuk dalam kategori medium pick karena ketebalannya yang mencapai 0,7 m, pick ini cocok untuk picking model kocokan, stroking, atau petikan artikulatif.

3. Ernie Ball Thumb Pick

Ernie Ball Thumb Pick
Ernie Ball Thumb Pick

Thumb pick ini dijual dalam bentuk paket. Dengan harga kisaran 50 ribu rupiah, Ernie Ball menyediakan 6 buah thumb pick dengan bermacam-macam warna. Bahannya yang terpilih dari seluloid menjadikan pick ini cocok untuk memainkan gitar, banyo, ukulele, ataupun bass.

Didesain dengan ergonomis, pick ini dijamin nyaman ketika masuk di ibu hari Anda. Bahan seluloid yang ringan memudahkan Anda saat memetik senar dalam berbagai part permainan. Untuk instrumen petik lainnya? Bisa juga!

4. Clayton Exotic Blond Wood

Clayton Exotic Blond Wood
Clayton Exotic Blond Wood

Material kayu blond yang digunakan menjadikan pick ini berkesan retro dan klasik. Jika tangan Anda mudah berkeringat, pick ini cukup kesat sehingga Anda tidak akan miss saat memetik senar. Tipe suara yang kaya merupakan kelebihan dari pick ini.

Clayton Exotic Blond Wood juga pas dipakai untuk mengisi part ritmik dengan nuansa suara rendah. Efek distorsi dan getaran juga berkurang berkat material kayu yang digunakan. Dengan kata lain, pick ini ideal untuk Anda yang suka menjelajah nada-nada rendah.

5. D’Addario Classic Celluloid Wide, Shell-Color

DAddario Classic Celluloid Wide, Shell-Color
DAddario Classic Celluloid Wide, Shell-Color

D’Addario Classic Celluloid Wide dengan warna Shell ini mempunyaiketebalan 1,0 mm. Karena tergolong heavy pick, suara yang nyaring menjadi dampak setiap kali Anda memetik senar. Meski tebal, pick ini cocok untuk pemula yang ingin mendalami stroking dan strumming.

Bahan utama pembuatan pick ini adalah seluloid. Kesan smooth saat menyentuh bibir senar merupakan keunikan yang jarang dimiliki produk lain. Untuk bentuknya, pick ini terkategori sebagai triangle pick. Anda bisa gunakan ketiga ujungnya untuk memetik gitar!

6. Jim Dunlop Tortex Standard

Jim Dunlop Tortex Standard
Jim Dunlop Tortex Standard

Anda mencari pick yang fleksibel untuk banyak part permainan? Produk besutan Jim Dunlop ini pasti bakal Anda senangi. Dirancang dalam bentuk teardrop, Dunlop Tortex Standard sangat aktif untuk berbagai gaya permainan. Bicara ketebalan, pick ini termasuk heavy pick dengan ketebalan 1 mm.

Berbahan tortex dan karakteristik tebal dari pick ini mendukung Anda lakukan petikan agresif dan cepat. Walau populer di kalangan gitaris profesional, banyak pula gitaris pemula yang memakai pick ini karena mampu ciptakan suara yang sangat nyaring.

7. D’Addario DuraGrip – Super Light

DAddario DuraGrip – Super Light
DAddario DuraGrip – Super Light

Pick berikut dibuat berkontur pada yang dijepit langsung oleh jari sehingga tidak licin dan membawa kesan berbeda setiap kali digunakan. Selain anti selip, pick DuraGrip – Super Light ini tersusun atas material delrin yang kuat dan tahan lama.

Tidak mudah terkikis, itulah kelebihan utama dari pick ini. Jika Anda mencari pick yang awet jangka panjang, produk dari D’Addario ini layak dibeli. Berketebalan 0,5 mm dan bertipe teardrop, kenyamanan di berbagai permainan menjadi jaminan utama.

8. Gravity Classic Standard

Gravity Classic Standard
Gravity Classic Standard

Gravity Classic Standard mampu menghasilkan suara jernih. Tidak hanya itu, pick berbahan akrilik tebal ini juga cocok untuk Anda yang menginginkan suara yang nyaring dan bersih. Gravity berani menjamin produk ini memiliki daya tahan yang baik.

Bentuknya yang menyerupai teardrop memungkinkan Anda bermain gitar lama-lama tanpa berkurang tingkat kenyamanannya. Namun, pick ini mempunyai ketebalan 1,5 mm sehingga lebih pas untuk Anda yang memprioritaskan kualitas suara.

9. Jim Dunlop Eric Johnson Jazz III

Jim Dunlop Eric Johnson Jazz III
Jim Dunlop Eric Johnson Jazz III

Eric Johnson yang begitu terkenal menjadi inspirator bagi Jim Dunlop dalam merumuskan pick ini. Diberi nama Eric Johnson Jazz III, pick ini dapat mencakup beragam gaya permainan gitar dan bass, mulai dari arpeggio, single tone, dan sebagainya.

Pick yang menyokong beragam style ini akan membuat Anda bagaikan bintang panggung saat bermain solo. Tergabung dalam extra heavy pick, suara nyaring adalah balasan suara yang terdengar ketika senar gitar bertemu pick ini. Terbuat dari material nilon, pick ini memiliki karakteristik fleksibel dan kesat.

10. Jim Dunlop Gator Grip

Jim Dunlop Gator Grip
Jim Dunlop Gator Grip

Dunlop Gator Grip sangat cocok untk Anda yang bermain dengan petikan agresif dan tajam. Dukungan saat permainan cepat juga diberikan berkat bentuk grip yang menawarkan daya cengkeran baik serta tidak mudah selip.

Pick yang sempat dibayang-bayangi oleh popularitas seri Tortex ini bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin melibas strokes, cutting, ataupun single tone. Jika Anda tertarik, Dunlop Gator Grip menyediakan varian ketebalan dari 0,5 mm sampai 1 mm.

Rekomendasi Lainnya : 10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula

Kesimpulan

Jika Anda tidak mempunyai part khusus dalam setiap permainan, Anda bisa membeli pick gitar yang dapat fleksibel di berbagai part. Namun, jika Anda biasa kebagian single note atau cutting note, pilihlah pick gitar yang mendukung part permainan tersebut.

Write A Comment

/* */