CEKLIST.ID – Harmonika adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini bisa menghasilkan suara yang dinamis sehingga lebih impresif. Walau tidak setenar gitar ataupun piano, alat musik harmonika tetap mempunyai penggemarnya masing-masing. Dalam tataran dunia permusikan pun, keberadaan harmonika bisa memberi sentuhan berbeda.

Jika Anda masih pemula dan ingin mencoba bermain harmonika, Anda harus menggunakan produk yang tepat guna mendukung proses belajar yang baik. Harmonika mungkin tampak sama, tetapi sejatinya terdapat beberapa perbedaan yang memengaruhi kecocokan musik untuk dimainkan. Oleh sebab itu, ikuti terus artikel ini agar Anda tidak bingung memilih harmonika yang tepat.

Gambar Harmonika dan Gitar
Gambar Ilustrasi Harmonika

Cara memilih harmonika yang Bagus

Sebelum melihat daftar harmonika yang cocok untuk pemula seperti Anda, kami akan paparkan terlebih dahulu mengenai jenis-jenis harmonika. Setiap harmonika mempunyai cara bermain sama, tetapi karena dirancang dengan beberapa tipe, maka genre musik yang lebih cocok dimainkan pun akan berbeda. Kami akan jelaskan lebih jauh mengenai hal ini. Disimak, ya!

1. Harmonika diatonik untuk genre musik rock atau blues

Sesuai namanya, harmonika diatonik mampu memainkan nada diatonik. Diatonik adalah nada satu oktaf yang terdiri dari delapan tangga nada, yaitu do, re, mi, fa, sol, la, si, do. Jika pada alat musik piano, nada diatonik sama dengan tuts-tuts yang berwarna putih di nada dasar C.

Harmonika diatonik disebut juga blues harp atau 10 holes harmonika. Oleh karena itu, harmonika tipe diatonik dapat memainkan musik bergenre blues atau rock dengan karakter suara yang ideal. Harmonika jenis ini mempunyai nada dasar yang berbeda-beda dengan nada dasar yang berbunyi sinkron jika digunakan dalam musik dengan nada dasar sama. Misalnya, blues harp bernada dasar C selaras dalam musik bernada dasar C.

Kedelapan tangga nada mayor satu oktaf pada harmonika diatonik atau blues harp mempunyai dua belas nada dasar dari G hingga F#.  Sebenarnya, harmonik jenis ini bisa memainkan nada kres, namun untuk melakukannya perlu pengalaman lebih lama dalam bermain harmonika. Karena itu, harmonika jenis ini lebih diutamakan untuk pemula dengan belajar memainkan lagu atau musik bergenre blues atau rock.

2. Harmonika kromatis untuk genre musik pop, klasik, dan jaz

Anda lebih tertarik dengan genre musik pop, klasik, ataupun jaz? Anda dapat memakai harmonika tipe kromatis. Harmonika jenis ini kerap disapa dengan nama lain sliding harmonica. Pada model ini, terdapat tombol di bagian sisi yang bilamana ditekan, harmonika dapat membunyikan nada minor selain diatonik, yakni nada kres.

Karena hal tersebutlah, harmonika kromatis dapat membunyikan nada dalam satu oktaf dengan dua belas tangga nada. Kedua belas tangga nada yang dimaksud adalah do, do#, re, re#, mi, fa, fa#, sol, sol#, la, la#, si. Bila disamakan dengan alat musik piano, maka harmonika kromatis layaknya memainkan seluruh tuts pada piano, termasuk tuts hitamnya.

Berhubung mampu memainkan nada diatonik (mayor) dan nada kres (minor), tentunya harmonika ini bisa menciptakan suara musik yang lebih bervariasi jika dibandingkan blues harp. Di samping itu, bagi pemula yang ingin menggeluti musik atau lagu jaz, klasik, dan semacamnya, harmonika kromatis adalah pilihan yang kami rekomendasikan.

3. Harmonika tremolo untuk balada musik dan lagu anak

Tipe harmonika satu ini dapat diketahui dengan melihat adanya lubang-lubang yang berjejer dan bersusun atas dan bawah. Jika ditiup secara bersamaan, lubang bagian atas dan bawah akan menciptakan nada yang tidak berbeda sehingga memberi variasi bunyinya pun lebih kaya.

Harmonika tremolo juga bisa menghasilkan nada dengan vibrato atau gema, caranya dengan menggeser tiupan sambil membuka kedua lubang bagian atas dan bawahnya. Efek getaran lembut pada harmonika serta hasil nada yang lebih kaya bunyi akan cocok dipakai untuk memainkan musik anak, balada, atau musik bernada lembut lainnya.

10 Rekomendasi harmonika terbaik

Setelah mengetahui beberapa jenis harmonika berdasarkan tipe musik yang dapat dimainkan, selanjutnya ceklist.id akan berikan 10 pilihan harmonika terbaik. Beberapa brand alat musik ternama, seperti Yamada, Hohner, dan Suzuki tercantum dalam daftar. Pilihlah alat musik harmonika yang sesuai dengan genre musik yang ingin Anda mainkan, ya!

1. Harmonika Yamada 24 Holes

Harmonika Yamada 24 Holes
Harmonika Yamada 24 Holes

Yamada dikenal sebagai produsen alat musik yang bermutu baik. Dalam koleksi alat musik tiupnya, Harmonika Yamada ini mempunyai 24 lubang yang bertingkat di mana pada tingkat atas dan bawah terdiri dari masing-masing 12 lubang. Dengan demikian, harmonika ini terkategori dalam harmonika tremolo (dengan nada dasar C).

Jika Anda ingin belajar memainkan musik yang disertai gema atau vibrato, harmonika satu ini bisa menjadi tonggak pertama untuk Anda pakai belajar. Tiup atau hisaplah lubang sambil menggeser harmonika secara lembut. Lubang-lubang yang terkena tiupan atau hisapan akan menghasilkan nada yang kaya hanya dengan upaya mudah.

2. Hohner Silver Star

Hohner Silver Star
Hohner Silver Star

SilverStar dari Hohner adalah harmonika asal Jerman yangmempunyai ukuran cukup mini. Dirancang dengan menyajikan tujuh ragam nada diatonik dengan nada dasar A, harmonika ini menciptakan bunyi nada yang lebih rendah dibandingkan harmonika bernada dasar C.

Bahannya yang dipilih dari kuningan berkombinasikan plastic comb untuk bagian lubangnya membuat harmonika ini durable. Dengan demikian, harmonika tetap berperforma baik dalam berbagai kondisi cuaca. Jika Anda mencari blues harp yang mempunyai durabilitas tinggi untuk memainkan musik bernada sedikit rendah, Hohner Silver Star jawabannya.

3. Swan 10/40 Chromatic Harmonica, Round Mouthpiece

Swan 10 40 Chromatic Harmonica, Round Mouthpiece
Swan 10 40 Chromatic Harmonica, Round Mouthpiece

Anda mencari harmonika yang dapat memainkan lebih banyak tangga nada untuk beragam genre musik? Harmonika tipe kromatis satu ini layak dipertibangkan. Bukan cuma ideal dipakai untuk memainkan musik beraliran klasik, harmonika Swan 10/40 juga bisa memainkan genre musik lain, seperti rock, blues, folk, hingga country.

Produk ini mempunyai 10 lubang mulut yang dikombinasikan dengan tombol slide. Adanya tombol slide pada harmonika ini membuatnya mampu menghasilkan empat puluh variasi nada impresif. Jika Anda tertarik untuk memainkan nada minor menggunakan harmonika, produk berbahan logam ini akan memberikan pengalaman seru pada latihan Anda.

4. Suzuki Musical Instruments Airwave Harmonica

Suzuki Musical Instruments Folkmaster 1072
Suzuki Musical Instruments Folkmaster 1072

Produk ini terbuat dari material plastik sehingga ringan serta aman dipakai dalam segala kondisi. Walau dirakit dari bahan dasar plastik, harmonika ini dijamin oleh Suzuki mampu memberikan nada merdu layaknya harmonika yang terbuat dari logam.

Lubang angin pada harmonika ini cukup besar. Desain badan harmonika yang berwarna akan membuat performa bermain Anda semakin menyenangkan. Selain itu, produk ini juga cocok untuk Anda yang alergi terhadap bahan logam. Bagi anak-anak pun, pilihan warna yang tersedia menjadikan proses belajar semakin fun.

5. C. A. Seydel Söhne Session Steel

C A Seydel Söhne Session Steel
C A Seydel Söhne Session Steel

Jika Anda menyukai karakter nada tinggi pada musik blues, folk, dan rock, C. A. Seydel Sohne Session Steel akan memberikan Anda pengalaman bermusik yang begitu mengasyikkan. Produk asal Jerman ini tergolong tipe diatonik yang dirancang dengan nada dasar F sehingga mampu membunyikan nada tinggi.

Harmonika ini mempunyai bentuk bulat yang ergonomis sehingga bukan hanya nyaman digenggam, tetapi mengikuti kontur bibit dan mulut saat Anda menggunakannya. Selanjutnya, produk yang kami rekomendasikan ini juga memiliki bagian reed dari bahan baja tahan karat untuk mengeluarkan bunyi nada yang jelas dan jernih.

6. Suzuki Musical Instruments Folkmaster 1072

Suzuki Musical Instruments Folkmaster 1072
Suzuki Musical Instruments Folkmaster 1072

Harmonika dengan nada dasar C ini akan cocok untuk Anda yang baru pertama memakai harmonika. Di samping alasan kunci dasar pada harmonika yang cocok untuk pemula, Suzuki Folkmaster 1072 juga dijual dengan harga bersahabat. Dompet Anda tidak akan tipis saat memutuskan membeli harmonika ini.

Harmonika dari Suzuki ini dapat menghasilkan suara timbre yang mendayu. Tone yang mellow ketika dibunyikan juga didukung dengan hasil tone bending yang telah Anda lakukan. Membeli harmonika ini tidak sebatas karakter suara serta harga jual yang minim saja, tetapi material antiair dan hard case yang diterima sebagai paket pembelian juga membuat harmonika tahan lama!

7. Hohner Marine Band Crossover

Hohner Marine Band Crossover
Hohner Marine Band Crossover

Hohner Marine Band Crossover adalah harmonika diatonik yang cocok dipakai untuk memainkan genre musik blues dengan suara yang terdengar crisp. Tentu saja, aliran musik lain seperti folk, rock, jaz, dan bahkan bernuansa gospel seperti soul pun akan terdengar merdu.

Terbuat dari bambu berpelitur pada badannya, produk ini semakin jernih dalam menghasilkan suara. Anda dapat membeli harmonika ini ketika ingin memainkan peran single note playing pada grup musik yang Anda ikuti. Saat pentas di atas panggung, siap-siap menjadi pusat perhatian dengan alat musik berkonstruksi mengagumkan ini!

8. Lee Oskar Harmonicas Major Diatonic Harmonica

Lee Oskar Harmonicas Major Diatonic Harmonica
Lee Oskar Harmonicas Major Diatonic Harmonica

Harmonika ini memungkinkan Anda memainkan dua peran secara bergantian. Benar sekali, fleksibilitas adalah aspek yang ditonjolkan oleh produk ini. Jadi, dengan harmonika Lee Oskar ini, Anda dapat memainkan nada diatonik untuk mengiringi komposisi musik grup band atau simple melodies pada single note playing.

Apabila Anda ingin berlatih harmonika tanpa kesulitan ketika melakukan teknik bending, Lee Oskar Harmonicas Major Diatonic Harmonica akan mempermudah proses belajar Anda. Belum lagi dengna nada dasar C-nya, Anda bisa semakin lancar menerapkan lebih banyak teknik.

9. Suzuki Winner Tremolo 16 Harmonica – C

Suzuki Winner Tremolo 16 Harmonica – C
Suzuki Winner Tremolo 16 Harmonica – C

Suzuki Winner Tremolo 16 Harmonica – C dapat dibeli oleh Anda yang ingin menjajal kemampuan bermusiknya dengan bermain harmonika. Karena menggunakan nada dasar C, melatih diri dengan alat musik ini akan membantu Anda memainkan musik-musik menyenangkan dengan lebih mudah.

Harmonika tremolo yang juga ideal untuk mengiringi musik balada ini mampu menghasilkan nada vibrato yang baik. Komposisi badan yang tersusun atas material stainless steel dan plastik ABS, menjadikannya tak hanya kuat, tetapi juga antiair.

  1. Golden Cup Chromatic JH-1040
Golden Cup Chromatic JH-1040
Golden Cup Chromatic JH-1040

Produk terakhir yang hendak kami rekomendasikan untuk Anda ini bertipekan kromatis. Bagi Anda yang merasa pemula dan ingin cepat mahir dalam berlatih, pastikan Anda memakai harmonika yang mampu mengoptimalkan skill bermusik Anda.

Golden Cup Chromatic JH-1040 tidak hanya menawarkan tampilan produk yang elegan dan berkelas, tetapi juga memastikan setiap penggunanya mampu membunyikan nada minor yang berkualitas. Dengan terus melatih timing, menghisap, meniup, atau menekan tombol yang terletak di sisi harmonika ini akan menciptakan variasi nada yang kaya.

Rekomendasi Lainnya : 10 Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula

Kesimpulan

Sekian banyak produk yang telah kami rekomendasikan, adakah harmonika menjadi target untuk Anda beli? Dengan memiliki harmonika, Anda dapat meningkatkan intensitas latihan, baik di rumah ataupun sanggar musik yang Anda ikuti.

Agar bisa mencapai tingkat mahir, teruslah berlatih secara fokus mendalami teknik yang belum Anda kuasai. Anda bisa memanfaatkan tutorail yang tersebar di internet untuk memenuhi khazanah pengetahuan Anda tentang alat musik harmonika beserta cara memainkannya yang benar.

Write A Comment

/* */