CEKLIST.ID – Sepatu trekking didesain untuk dipakai ketika melakukan aktivitas di medan yang berat. Para pendaki gunung atau penggiat kegiatan outdoor lain umum memakai sepatu trekking setiap kali mereka berkegiatan. Struktur sepatu yang dibuat lebih kukuh secara tepat dirancang agar membantu kaki tetap stabil, nyaman, dan dipastikan aman dari risiko cidera.

Apakah saat ini Anda membutuhkan sepatu trekking untuk dipakai dalam aktivitas pendakian atau trekking di hutan? Sepatu trekking mempunyai beragam bahan dan desain berbeda sehingga kenyamanan dari setiap sepatu pun akan berbeda. Yuk, pantau terus artikel ini agar Anda temukan sepatu trekking yang tepat!

Sepatu Trekking Terbaik
Gambar Ilustrasi Sepatu Trekking

Cara memilih sepatu trekking untuk pemula yang Bagus

Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin-poin pertimbangan dalam memilih sepatu trekking. Ada apa saja, ya?

1. Pilih sepatu trekking berdasarkan tipe utamanya, yaitu tipe ringan dan standar

Sepatu trekking tipe ringan dan tipe standar mempunyai karakteristik masing-masing. Jika Anda ingin mendaki gunung yang telah dibangun akses jalannya, seperti beraspal atau medannya tidak begitu berat, sepatu trekking tipe ringan akan memberikan kenyamanan lebih. Anda dapat memakai sepatu trekking tipe ringan hingga seharian. Sangat nyaman juga dipakai beraktivitas sehari-hari atau untuk berjalan santai di permukaan jalan kota yang rata.

Sebaliknya, tipe sepatu trekking standar mempunyai desain yang lebih kaku, kukuh, dan tinggi sehingga dapat menapaki medan berat dengan lebih baik. Kaki ditopang lebih stabil ketika memakai sepatu ini. Namun, bagi Anda yang baru pertama kali mencoba, sepatu trekking tipe ini perlu waktu penyesuaian agar Anda bisa nyaman dan bebas menggunakannya. Sayangnya, tipe sepatu ini hanya dirancang khusus untuk melintasi medan rusak atau berat lainnya, sehingga tidak cocok untuk penggunaan di permukaan jalan yang rata atau beraspal.

2. Periksa bagian potongan yang melindungi mata kaki

Pada umumnya, sepatu trekking terbagi menjadi tiga jenis berdasarkan ukuran tinggi bagian belakang sepatu yang menutupi mata kaki, yaitu low cut, middle cut, dan high cut. Anda disarankan memilih tipe potongan berdasarkan lamanya waktu pendakian dan tingkat kemahiran Anda dalam mendaki gunung.

Bentuk high cut dapat dipilih ketika inign melakukan perjalanan jauh karena melindungi mata kaki secara utuh, hal ini akan membantu menjaga mata kaki mengalami cidera. Untuk model middle cut akan memberi perlindungan mata kaki tingkat medium, kaki bisa lebih leluasa bergerak karena terdapat area pergerakan lebih luas. Jenis middle cut akan cocok dipakai pendaki pemula yang baru pertama mendaki gunung.

Untuk tipe low cut bagian belakangnya tidak melindungi mata kaki sama sekali. Jenis ini dapat memperbesar risiko cidera. Tetapi berhubung area pergerakan kaki yang diperoleh lebih banyak, maka jenis ini akan sangat pas dipakai oleh pendaki gunung atau trail running yang telah mahir.

3. Periksa ketahanan sepatu dan sirkulasi udara untuk memastikan kenyamanan lebih

Ketika memilih sepatu trekking, Anda perlu mengecek bobot yang memengaruhi ketahanan sepatu. Walaupun sepatu yang ringan lebih nyaman digunakan jangka lama, struktur sepatu biasanya kurang memadai dalam menopang pijakan kaki sehingga bisa membahayakan Anda. Sebaiknya Anda memilih sepatu dengan struktur yang menjamin daya tahan lebih kuat.

Selain itu, perhatikan juga ketahanan sepatu terhadap air. Bahan serat kimia umumnya mampu menahan air lebih baik dibandingkan sepatu berbahan kulit atau plastik. Sirkulasi udara dari sepatu juga tidak boleh luput dari pantauan Anda. Pastikan sepatu memiliki breathability yang baik sehingga nyaman karena sepatu tidak lembap akibat keringat.

3. Pilih sepatu yang paling nyaman ketika Anda coba gunakan di toko

Saat bertandang ke toko untuk membeli sepatu trekking, Anda dapat mencoba satu per satu sepatu yang hendak dipilih. Ketika memakai sepatu, kami sarankan agar sepatu tersebut mempunyai ukuran lebih besar 0,5 – 1 cm dari ukuran sepatu Anda biasanya. Ketika melakukan trekking, Anda akan menggunakan kaos kaki tebal.

Sewaktu sepatu terpasang, pastikan kaki Anda muat dan nyaman dengan sepatu. Pastikan juga jari tangan Anda muat di bagian tumit sehingga sepatu tidak terlalu sempit. Tetapi, jangan juga memilih yang terlalu longgar karena bisa menjadi celah masuknya tanah atau bebatuan kecil ke dalam sepatu saat dipakai mendaki dan semacamnya.

4. Periksalah kelenturan sol sepatu trekking Anda

Masih di dalam toko dan dalam proses mencoba sepatu, cobalah mengecek fleksibilitas sol sepatu dengan berdiri dan jinjit. Dengan begini Anda akan mengetahui tingkat kelenturan sepatu. Sepatu trekking yang cocok dipakai untuk kegiatan trekking satu hari sudah cukup jika solnya fleksibel. Sementara untuk pendakian gunung yang medannya lebih berat, sol pada sepatu haruslah keras dan kaku.

Namun, kembali lagi, pemilihan sepatu trekking pada akhirnya haruslah menyesuiakn dengan tingkat kemahiran Anda. Jika Anda masih pemula, tentu Anda tidak disarankan mengikuti pendakian ke gunung yang cukup menantang. Karena itulah, sepatu trekking yang mempunyai fleksibilitas sol baik dengan model middle cut akan memberi kenyamanan pada pengalaman pertama Anda.

10 Rekomendasi sepatu trekking terbaik untuk pemula

Di bawah ini, ceklist.id akan perkenalkan sepuluh sepatu trekking terbaik yang dapat dipakai untuk pemula. Beberapa juga mempunyai desain yang ideal bagi pendaki mahir, lho! Mulai dari Jack Wolfskin, Eiger, Adidas, dan Consina, semua merek tersebut akan Anda temukan di sini. Selamat memilih!

1. SNTA Outdoor 470

Sepatu SNTA Outdoor 470
Sepatu SNTA Outdoor 470

SNTA Outdoor 470 adalah sepatu trekking dengan fitur waterproof yang dipasarkan dengan harga di bawah rata-rata, sangat berbeda dengan sepatu keluaran SNTA lainnya. Pada seri ini, tingkat waterproof-nya dirancang untuk menahan air hujan ringan.

Sepatu ini dapat menjadi pilihan utama bagi Anda yang kali pertama ingin melakukan trekking ke gunung atau ingin menggunakan sepatu trekking untuk aktivitas harian. Berkesan modern dengan banyak koleksi warna, Anda dapat memilih berdasarkan selera.

2. Consina Ascend

Consina Ascend
Sepatu Consina Ascend

Merek Consina mengeluarkan seri Ascend, sepatu trekking bertipe mid cut, menjadikannya cocok dipakai pada medan yang berat, tidak rata, dan penuh batu. Oleh karena itu, sepatu ini tidak tepat digunakan pada medan yang rata, seperti jalan beton atau aspal.

Walau diproduksi oleh brand ternama, Consina Ascend tidak akan membuat kantong Anda jebol saat membelinya. Memiliki struktur yang kukuh, keras, dan solid, sepatu ini dapat diandalkan untuk menempuh perjalanan jauh. Dari tampilannya yang keren, Anda juga bisa bergaya selagi memakainya. Tertarik membelinya?

3. Eiger Anaconda 2.0

Eiger Anaconda 2 0
Seaptu Eiger Anaconda 2.0

Bagi penggemar kegiatan oudoor, alam dianggap sebagai rumah kedua bagi setiap manusia. Dengan sepatu ini, perasaan tersebut semakin menjadi-jadi! Eiger Anaconda 2.0 dirancang untuk kegiatan jelajah gunung atau olahraga daki tebing semisal rock climbing.

Menggunakan vibram pada outsole-nya, sepatu ini akan melindungi kaki dengna baik agar tetap kuat dan bertenaga sekaligus tidak mudah lelah. Pada outsole-nya juga terdapat grip sehingga dapat mencengkeram permukaan dengan baik. Sepat trekking ini juga cukup waterproof, membuatnya lebih tahan lama!

4. Adidas Terrex AX2 Climaproof Shoes

Adidas Terrex AX2 Climaproof Shoes
Sepatu Adidas Terrex AX2 Climaproof Shoes

Adidas selalu mengutamakan kualitas pada setiap produk-produk kebutuhan olahraga keluarannya, termasuk sepatu trekking satu ini. Terrex AX2 Climaproof Shoes digagas dalam model low cut yang sporty, memastikan kenyamanan pemakai karena mendapatkan area gerak yang luas.

Tidak hanya itu, meski berbahan sintetis, produk ini mempunyai sirkulasi udara yang baik. Daya pijak yang solid berkat teknologi Traxion yang disematkan pada solnya akan membuat Anda semakin yakin untuk terus melangkah. Kemudian, bagian ujung sepatu ini juga dibekali pelindung jari-jari terhadap benturan.

5. Hi-Tec Bandera Lite

Hi-Tec Bandera Lite
Sepatu Hi-Tec Bandera Lite

Anda ingin menelusuri kaki gunung sembari menikmati udara segar yang disajikan? Pastikan sepatu trekking yang Anda gunakan adalah Hi-Tec Bandera Lite. Terbuat dari bahan suede, sepatu ini tetap nyaman meski dipakai seharian karena memberi aliran udara yang baik pada kaki.

Dengan teknologi MDT rubber outsole di sisi bawahnya, kaki Anda akan stabil dan seimbang setiap kali memijak. Daya cengkeram yang tangguh juga bakal membuat Anda puas setiap kali melangkahkan kaki. Berpadu dengan ghillie lacing system, produk ini akan terasa lekat pada kaki!

6. Keen Men’s Pittsburgh 6″ Boot (Soft Toe)

Keen Mens Pittsburgh 6 Boot (Soft Toe)
Sepatu Keen Mens Pittsburgh 6 Boot (Soft Toe)

Meskipun produk satu ini mempunyai kemampuan menahan air yang baik, tingkat breathability-nya juga tidak dikesampingkan, lho! Sangat menarik karena teknologi Keen.Dry yang dibenamkan menjadikan sepatu ini memiliki kemampuan ganda tersebut.

Sebagai akibatnya, bukan hanya kenyamanan yang diberikan, tetapi juga perlindungan untuk memastikan keamanan seluruh bagian kaki ketika memakainya. Toe protection yang dimiliki akan menjaga ujung kaki tidak cidera saat terbentur, membuat sepatu ini ideal dipakai melakukan penjelajahan jangka panjang!

7. Jack Wolfskin Mountain Attack 5 Texapore Mid

Jack Wolfskin Mountain Attack 5 Texapore Mid
Sepatu Jack Wolfskin Mountain Attack 5 Texapore Mid

Apakah Anda pemula yang ingin memulai aktivitas trekking bersama kawan-kawan pecinta alam lain? Awali penjelajahan Anda dengan sepatu trekking berkategori mid cut ini. Dibekali teknologi Texapore O2+, sepatu ini bukan hanya membuat kaki bebas gerah, tetapi juga tidak kebasahan meski terguyur hujan ringan.

Mountain Attack 5 didesain khusus oleh Jack Wolfskin agar mempunyai bobot yang ringan. Jadi, dengan sepatu ini, baik Anda yang pemula maupun profesional tidak akan mengeluarkan tenaga lebih setiap kali melangkahkan kaki di medan yang keras sekalipun.

8. Asics GEL-Sonoma 3

Asics GEL-Sonoma 3
Sepatu Asics GEL-Sonoma 3

Asics GEL-Sonoma 3 mempunyai desain sol yang tangguh untuk menantang medan off-road. Sepatu berkategori low cut ini akan tepat dipakai untuk light trekking. Sudah dilengkapi pula oleh toe protection, jari-jari kaki akan terlindungi dari benturan batu atau benda keras lain.

Kestabilan kaki juga dipastikan baik melalui Rearfoot GEL Cushioning System-nya. Dengan teknologi tersebut, guncangan pada kaki dapat diredam sehingga kaki pun tak mudah lelah. Dikombinasikan dengan midsole EVA (ethyl vinyl acetate), daya pantul sepatu tinggi sehingga kaki bisa lebih lincah saat bergerak.

9. Karrimor Summit Mens Leather Walking Shoes

Karrimor Summit Mens Leather Walking Shoes
Sepatu Karrimor Summit Mens Leather Walking Shoes

Tampak elegan, produk ini cocok untuk Anda yang menyukai kesan sederhaan dan misterius. Di balik desainnya yang tampak normal, Karrimor Summit Mens Leather Walking Shoes termasuk tangguh dalam menerobos berbagai medan. Kenyamanan dan kekuatan adalah aspek utama yang dimiliki sepatu ini.

Dirumuskan dengan bahan suede leather ditambah model potongan low cut-nya, sepatu ini akan membuat kaki bebas bergerak. Teknologi DynaGrip-nya akan meningkatkan daya cengkeram yang optimal. Karrimor melengkapi sepatu ini dengan insole yang dipadukan dengan lidah mess aliran keluar masuk udara pun semakin lancar!

10. Eiger Mid Boot Shamrock

Eiger Mid Boot Shamrock
Sepatu Eiger Mid Boot Shamrock

Eiger adalah salah satu merek yang diinduksemangi oleh PT. Eigerindo Multi Produk industri. Brand lokal satu ini telah mengedarkan produknya ke seluruh daerah di Indonesia, termasuk ke banyak negara Eropa, lho! Salah satu sepatu trekking ciptaannya yang mumpuni adalah Eiger Mid Boot Shamrock.

Termasuk kategori mid cut, produk ini cukup nyaman dipakai untuk menempuh medan ringan dengan jarak tempuh yang pendek. Selain bertindak sebagai mountaineering, sepatu ini juga dapat diandalkan untuk bergaya. Berbahan suede leather dan polyester fabric, produk ini sangat disarankan dipakai oleh Anda yang pemula.

Rekomendasi lainnya : 10 Rekomendasi Sepatu Running Terbaik Merek Nike

Kesimpulan

Melalui artikel ini, apakah Anda telah temukan sepatu trekking yang cocok dengan kebutuhan Anda? Selain menyesuaikan dengan level kemahiran, sepatu juga dapat meningkatkan penampilan Anda. Jadi, jangan lupakan aspek desain juga, ya, dalam memilih sepatu trekking.

Write A Comment

/* */