CEKLIST.ID – Untuk mengamati benda-benda langit di malam hari, diperlukan teleskop agar tampak gambar yang lebih jelas. Namun, tingkat kejelasan gambar yang dihasilkan dari teleskop ruang angkasa dipengaruhi oleh beberapa hal. Pengaturan aperture dan perbesaran adalah aspek yang memengaruhi hasil pengamatan menjadi lebih jelas atau tidak.

Jika Anda ingin mengamati benda-benda di langit saat malam hari, Anda dapat menyediakan teleskop ruang angkasa sendiri. Dengan teleskop, Anda bisa memperhatikan konstelasi bintang, planet Venus, bintang Antares, dan benda-benda luar angkasa lainnya. Supaya pengamatan Anda memperoleh gambaran terbaik, pastikan Anda menggunakan teleskop ruang angkasa yang berkualitas.

Teleskop Luar ANgkasa Terbaik
Gambar Ilustrasi Teleskop Luar Angkasa

Cara memilih teleskop ruang angkasa yang Bagus

Meskipun terlihat sederhana, pada teleskop terdapat komponen-komponen lain yang memiliki peran lebih penting. Sementara bagian utama dari setiap teleskop umumnya adalah  badan utama berupa tabung teleskop yang memanjang, gantry yang merupakan penghubung antara teleskop dan tripod yang dapat digerakkan ke segala arah, dan tripod yang menjadi kaki penopan teleskop dan gantry.

Biasanya, pada saat membeli teleskop ruang angkasa, produsen telah menyiapkan satu set lengkap komponen-komponen utama tersebut. Selain itu, teleskop juga dapat diatur menggunakan komputer dengan memasukkan variabel-variabel angka penentu, semacam pengaturan konstelasi dan gantry. Ketika membeli teleskop, Anda akan menemui beberapa jenis. Mari pahami masing-masing jenis teleskop ruang angkasa di bawah ini.

1. Pilihlah teleskop berdasarkan tipe dan perhatikanlah karakteristiknya

Jika dibedakan, teleskop ruang angkasa terbagi menjadi dua jenis, yaitu teleskop refraktor dan teleskop refleksi. Kedua jenis teleskop ini yang paling umum digunakan. Namun, ada pula jenis teleskop lain yang menggabungkan fungsi dari teleskop refraktor dan teleskop refleksi, yaitu teleskop katadioptrik. Bagaimana karakteristik dari masing-masing tipe teleskop ini?

# Teleskop Refraktor.

Teleskop ini paling banyak digunakan oleh astronom, mulai dari tingkat pemula maupun profesional. Kemudahannya dioperasikan menjadikan teleskop ini cocok untuk Anda yang kali pertama mengamati sendiri benda langit dari teleskop.

Dengan teleskop ini, Anda dapat mengarahkan teleskop ke berbagai sudut. Bidang pandang saat pengamatan yang relatif stabil juga mengurangi Anda melakukan pengubahan.

# Teleskop Reflektor

Teleskop reflektor memungkinkan Anda melakukan pengamatan benda-benda langit yang ukurannya lebih kecil dari planet atau bintang, seperti nebula, galaksi, dan komet. Kemampuannya menangkap bayangan benda-benda langit dengan intensitas cahaya kecil menjadikan gambaran benda lebih jelas.

Teleskop reflektor mempunyai satu atau lebih cermin cekung untuk mendeteksi benda langit dengan memantulkan cahaya dan bayangannya. Berbeda dengan tipe refraktor, teleskop reflektor menempatkan finderscope pada sisi badan. Lebih baik pelajari terlebih dahulu pengoperasian finderscope agar Anda terbiasa dan bisa menggunakannya dengan lancar.

# Teleskop Katadioptrik

Teleskop katadioptrik merupakan kombinasi antara tipe refraktor dan reflektor atau refleksi. Alat ini memiliki lensa dan cermin cekung untuk mempertegas bayangan benda-benda langit. Umumnya, teleskop model ini mempunyai fungsi koreksi warna dan kelengkungan bayangan benda saat pengamatan.

Beberapa contoh teleskop katadioptrik antara lain Schmidt-Cassegrain dan Maksutov. Teleskop ini cukup mudah digunakan. Ukurannya yang ringkas juga fleksibel dipindahkan. Untuk kemampuan menangkap pantulan cahaya dan bayangan benda-benda angkasa dari teleskop tipe ini bergantung pada produsen pembuatnya. Pilihlah produk dari produsen terpercaya agar Anda tidak kecewa karena kualitas teleskop yang buruk.

2. 3Periksa ukuran diameter lensa

Pada setiap teleskop ruang angkasa terdapat dua lensa atau cermin, yaitu lensa obyekti dan lensa mata (eyepiece). Posisi lensa yang berada di depan disebut lensa obyektif, fungsinya adalah untuk memfokuskan bayangan. Sementara lensa mata atau eyepiece tereltak di bagian belakang dan berperan sebagai pemerbesar bayangan.

Kemampuan untuk menangkap cahaya yang dipengaruhi ukuran diameter lensa obyektif disebut dengan aperture. Semakin besar diametes lensa obyektif, maka kemampuannya menangkap cahaya juga semakin besar. Hasilnya, bayangan obyek langit tampak lebih jelas dan tajam. Jika Anda ingin menangkal lebih banyak cahaya di malam hari, pilihlah teleskop ruang angkasa yang mempunyai aperture besar.

3. Periksa juga kemampuan lensa melakukan perbesaran

Obyek berupa benda-benda di luar angkasa berjarak sangat jauh sehingga ukurannya pun tampak kecil sehingga sulit dijangkau mata kita yang telanjang. Alat semacam teleskop diciptakan untuk membantu mendapatkan gambar obyek benda lebih jelas. Tingkat kejelasan ini dipengaruhi oleh lensa obyektif dan lensa mata.

Pada lensa teleskop dapat diatur perbesarannya sehingga terhasilkan pengamatan yang lebih baik. Antara perbesaran dan diameter lensa ini harus saling berkolerasi sehingga dapat memperoleh perbesaran maksimum untuk tangkapan yang lebih tajam dan jelas.

Perbesaran yang efektif pada setiap teleskop berkisar 1,5 – 2 kali kelipatan diameter lensa obyektif. Sebagai tontoh, jika lensa obyektif mempunyai aperture 60 mm, jadi perbesaran efektifnya 60 – 120 kali. Bila lensa obyektif ber-aperture 200 mm, perbesaran efektifnya 300 – 400 kali.

10 Rekomendasi teleskop ruang angkasa terbaik

Kini Anda telah mengetahui perihal jenis-jenis teleskop beserta karakteristiknya masing-masing. Sudah siap mengamati benda-benda langit? Berikut ini ceklist.id perkenalkan 10 teleskop ruang angaksa terbaik dari merek-merek terpercaya. Selamat memilih!

1. Land and Sky Astronomical Telescope

Land and Sky Astronomical Telescope
Gambar Land and Sky Astronomical Telescope

Mempunyai diameter lensa obyektif sebesar 50 mm dan panjang fokus mencapai 360 mm, perbesaran yang dilakukan dapat menghasilkan gambaran obyek ruang angkasa yang lebih jelas. Pakailah teleskop ini, Anda dapat mengamati banyak benda langit hingga ukuran yang kecil sekalipun.

Sementara dua lensa matanya berukuran 6 mm dan 20 mm, masing-masing memiliki perbesaran 60 dan 18 kali. Produsen melengkapi teleskop dengan tripod yang terbuat dari aluminium. Tripodnya tergolong kukuh untuk menampung tabung teleskop, sementara gantry-nya dapat diputar dan diatur arahnya dengan mudah.

2. Visionking Reflector Telescope

Visionking Reflector Telescope
Gambar Visionking Reflector Telescope

Teleskop ini dapat Anda hadiahi kepada anak di pesta ulang tahunnya. Bentukannya yang unik pasti akan disukai anak Anda. Dirancang agar pemakaiannya mudah, anak-anak pun bisa mengoperasikannya tanpa perlu belajar lama.

Visionking menyediakan dua lensa mata yang dapat diganti sesuai dengan perbesaran yang ingin diberikan, yaitu 12 dan 19 kali. Material penyusun berupa aluminium dan plastik bukan hanya membuat perangkat ini praktis untuk anak yang baru belajar, tetapi juga ringan dan tahan lama.

3. Celestron EclipSmart Travel Solar Scope 50

Celestron EclipSmart Travel Solar Scope 50
Gambar Celestron EclipSmart Travel Solar Scope 50

Alat ini biasa dibawa oleh traveller yang hobi berburu gerhana matahari. Ukurannya yang ringkas dengan bobot ringan menjadikannya portabel. Celestron merancang alat ini bukan hanya untuk mengamati benda langit di malam hari, tetapi secara khusus diciptakan agar bisa mengamati matahari.

Lensa obyektifnya memiliki diameter 50 mm yang dibekali filter surya berstandar ISO. Finderscope pada teleskop ini telah disertai solar safe sehingga bisa melindungi mata Anda ketika melakukan pengamatan terhadap matahari. Alat ini dapat pula dipakai untuk mengamati kejadian gerhana matahari dengan jelas.

4. Maede Polaris Telescope

Maede Polaris Telescope
Gambar Maede Polaris Telescope

Maede Polaris adalah teleskop ruang angkasa bertipe reflektor yang mempunyai aperture cukup besar, yaitu 114 mm. Dengan panjang fokus 1000 mm, lensa pada teleskop ini mampu menjangkau planet-planet serta obyek lain di sekitarnya,, temrasuk galaksi, nebula, dan eksistensi bintang dengan lebih detail

Teleskop ini menjadi andalan para pengaman astronomi tingkat menengah. Eyepiece pada alat ini terdiri dari tiga buah dengan level perbesaran yang berbeda, mulai dari perbesaran rendah (6,3 mm), sedang (9 mm), dan tinggi (26 mm).

5. Celestron Cometron FirstScope 21023

Celestron Cometron FirstScope 21023
Gambar Celestron Cometron FirstScope 21023

Anda dapat memakai Celestron Cometron FirstScope 21023 untuk membantu pengamatan obyek luar angkasa dengan mudah. Produk ini memungkinkan Anda diletakkan di atas meja karena mengusung gaya Dobsonian. Memiliki aperture 76 mm dan panjang fokus 300 mm, alat ini mampu mencapai jarak pandang yang jauh serta lebar.

Amati benda ruang angkasa dengan gambaran lebih tajam dan jernih dengan teleskop bertipe reflektor ini. Dibekali perbesaran minimum 11 x dan perbesaran maksimum 118x, teleskop ini semakin ideal untuk Anda pakai memandangi benda ruang angkasa favorit Anda!

6. Bushnell Astronomical Voyager with Sky Tour

Bushnell Astronomical Voyager with Sky Tour
Gambar Bushnell Astronomical Voyager with Sky Tour

Hobi Anda adalah mengamati benda-benda langit yang beredar bebas di angkasa? Teleskop dari Bushnell ini dapat diandalkan untuk membantu Anda perleh hasil gambar bayangan benda langit dengan lebih jelas dan jernih. Produk ini menawarkan panjang fokus 800 mm dengan ukuran lensa obyektif berdiameter 70 mm.

Terdapatnya handset Sky Tour dengan LCD yang dapat bercerita tentang konstelasi, fakta menakjubkan ruang angkasa, dan mitologi-mitologi seputar luar angkasa akan membuat Anda tidak bosan setiap kali memakainya. Eyepiece berdiameter 8 mm dan 12,5 mm yang disediakan mempunyai akurasi dan perbesaran sangat tinggi.

7. Emarth Astronomical Refracter Telescope

Emarth Astronomical Refracter Telescope
Gambar Emarth Astronomical Refracter Telescope

Produk ini dapat dibeli untuk Anda yang ingin menaruh teleskop di laboratorium sekolah. Sebagai hadiah untuk anak Anda yang bercita-cita menjadi astronot pun membawa kebahagiaan tak terlupakan untuknya. Teleskop dengan bobot ringan ini memiliki dua eyepiece berukuran 25 mm dan 6 mm yang masing-masing menghasilkan perbesaran 14,4 dan 60 kali.

ika ingin menemukan lokasi obyek luar angkasa, pakailah lensa mata berdiameter 25 mm. Jika ingin melakukan pengamatan sekitar di lokasi yang telah dituju, gantilah ke eyepiece 6 mm untuk pengamatan lebih lanjut. Panjang fokus lensa mencapai 360 mm memungkinkannya menghasilkan gambar ruang angkasa lebih jelas.

8. Gskyer 60 mm AZ Refractor Telescope

Gskyer 60 mm AZ Refractor Telescope
Gambar Gskyer 60 mm AZ Refractor Telescope

Teleskop dari Gskyer ini menjanjikan hasil gambar ruang angkasa dan terestrial yang jernih dan tajam melalui perbesaran 105 kalinya. Dilengkapi diametes lensa obyektif berdiameter 60 mm dan panjang fokus 350 mm, alat ini semakin memuaskan Anda dalam memandangi obyek yang mengorbit di angkasa.

Dirancang dari aluminium berkualitas baik, teleskop ini dapat Anda pakai hingga bertahun-tahun lamanya. Membawa teleskop ini bepergian juga tidak masalah karena bobotnya yang tergolong ringan. Hanya saja, tripod yang disediakan terlalu rendah sehingga bagi Anda yang bertubuh tinggi akan terasa kurang nyaman.

9. Jiehe Spotting Scope/Telescope

Jiehe Spotting Scope Telescope
Gambar Jiehe Spotting Scope Telescope

Anda bisa memandangi benda langit lebih nyaman karena tripod dari teleskop ini yang dapat diatur ketinggiannya hingga 123 cm. Dilengkapi tas penyimpanan, Anda semakin terbantu ketika ingin mengamati obyek di angkasa bersama kawan sejawat lain.

Pengamatan yang diberikan oleh teleskop ini dapat diperjelas melalui lensa obyektif berdiameter 60 mm dengan perbesaran mulai dari 25 – 75 kali. Jika ingin mengamati benda langit yang lebih jauh, Anda perlu menambahkan lensa dengan aperture besar sehingga tangkapannya bisa lebih jernih.

10. Suncore Telescope F36050M

Suncore Telescope F36050M
Gambar Suncore Telescope F36050M

Jika Anda sangat hobi melihat bulan dan bintang dengan lebih jelas dari bumi tanpa harus memakai alat yang dipakai astronom profesional, Suncore Telescope F36050M ini akan pas untuk Anda. Produk yang dijual dengan harga bersahabat ini dapat pula digunakan oleh anak-anak.

Teleskop tipe refraktor dengan diameter lensa obyektif 50 mm dan eyepiece yang  dapat diperbesar antara 30 – 60 kali ini akan membantu Anda mengamati obyek ruang angkasa berjarak dekat hingga jauh. Komponen-komponen utama yang mudah dibongkar pasang menjadikannya sangat portabel, bahkan Anda tidak perlu obeng untuk memasang baut-baut pada alat ini.

Rekomendasi Lainnya : 10 Alat Cukur Rambut Terbaik

Kesimpulan

Memandangi benda langit kini dapat Anda lakukan menggunakan teleskop ruang angkasa. Pastikan produk pilihan Anda mampu menyajikan obyek luar angkasa dengan cukup jelas. Karena itulah, penting untuk memeriksa perbesaran maksimum dari lensa obyektif teleskop Anda. Dengan perbesaran yang efektif, maka Anda bisa lebih jelas melihat bayangan benda di angkasa.

Write A Comment

/* */