CEKLIST.ID – Alat penerang berupa senter sangat berguna ketika terjadi pemadaman listrik, bencana, atau keadaan darurat lain. Sekarang ini, lampu senter tidak hanya difungsikan sebagai penerang dalam keadaan darurat, tetapi juga dilengkapi fitur lain yang memungkinkan Anda menerima informasi melalui radio hingga menyenterkan sinar untuk memberitahu orang keberadaan Anda.

Di balik kebergunaannya, tentu akan lebih maksimal apabila Anda menggunakan produk yang tepat. Ketahui pula bagaimana lampu senter yang ideal digunakan, apakah untuk menerangi sekitar atau dipakai menyusuri jalan gelap? Setiap senter dirancang dengan spesifikasi berbeda-beda. Karena itulah, simak cara memilih lampu senter dalam ulasan kali ini.

Lampu Senter Terbaik
Gambar Ilustrasi Lampu Senter / Globosurfer

Cara Memilih Lampu Senter yang Bagus

Kami akan mengulas terlebih dahulu bagaimana sebaiknya Anda memilih lampu senter. Setidaknya ada beberap aspek yang harus Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan memilih. Setelah memahami hal-hal tersebut, barulah Anda dapat membeli langsung lampu senter terbaik yang akan kami rekomendasikan pula melalui artikel ini. Ayo, temukan lampu senter yang cocok untuk Anda!

1. Pilihlah senter berlampu LED dengan daya pancar antara 150 – 200 lumen

Lebih baik Anda mengutamakan senter yang menggunakan lampu LED (light emitting diode) ketimbang lampu pijar. Selain menghasilkan cahaya yang lebih terang, lampu LED juga berukuran lebih kecil sehingga berpengaruh pada ukuran senter secara keseluruhan. Cocok untuk dipakai dalam waktu lama tanpa membuat tangan pegal ketika memeganginya.

Saat memilih senter berlampu LED, pastikan Anda ketahui daya pancarnya. Satuan yang digunakan untuk mengukur kekuatan cahaya adalah lumen (lm). Biasanya, lampu senter dengan cahaya sebesar 50 – 100 lumen sudah cukup baik untuk menerangi area sekitar. Akan tetapi, ketika ingin berjalan di kegelapan, Anda membutuhkan cahaya senter sebesar 200 lumen. Karena itu, lebih baik memilih lampu senter berdaya pancar 150 – 200 lumen.

2. Pilih yang berpencahayaan luas dan dapat menyala hingga belasan jam

Ketika terjadi bencana atau keadaan darurat, Anda bukan hanya menggunakan senter untuk menerangi diri sendiri dan area sekitar, tetapi senter tersebut juga bisa menyorot hingga jarak pandang cukup jauh. Kami sarankan memilih lampu senter yang cahayanya bisa berpancar hingga jarak 60 meter ke depan. Dengan begitu, Anda bisa memimpin jalan ketika berada dalam keadaan darurat atau saat berkegiatan outdoor.

Lamp senter dengan fungsi zoom juga dapat Anda pertimbangkan karena bsia memperpanjang jarak pencahayaan hingga beberapa meter ke depan. Selain itu, agar lebih aman, pastikan lampu senter pilihan Anda memiliki baterai yang tahan lama. Lampu senter yang baik setidaknya bisa bertahan antara 10 – 15 jam pemakaian tanpa mengisi ulang baterai.

3. Perhatikan jenisnya dan sesuaikan dengan keadaan yang berlangsung

Saat ini lampu senter memiliki dua bentuk, yaitu lentera dan pen light. Jenis lentera mempunyai distribusi cahaya melebar sehingga cocok untuk menerangi Anda dan area sekitar. Sementara tipe satunya, yaitu pen light, memiliki ciri fokus cahaya ke satu titik, sehingga akan sangat baik untuk menyorot sesuatu dari kejauhan.

Jenis lentera sendiri tidak memiliki cahaya terlalu terang, tapi cukup ideal dipakai saat listrik padam atau kondisi bencana. Sedangkan senter tipe pen light akan membantu Anda berjalan atau mencari sesuatu di kegelapan. Agar lebih aman, kami sarankan Anda membeli dua buah lampu senter yang masing-masing bertipe lentera dan pen light.

4. Perhatikan jenis baterai yang digunakan, utamakan yang bisa diisi ulang

Baterai adalah sumber energi untuk menyalakan lampu pada senter. Secara umum, baterai senter terbagi menjadi dua jenis, yaitu yang rechargable dan tidak bisa diisi ulang. Apabila Anda ingin menghemat biaya operasional, kami sarankan memilih lampu snnter dengan baterai yang dayanya dapat diisi ulang. Walau investasi dana di awal cukup tinggi, ke depannya Anda tidak harus mengeluarkan biaya tambahan.

Di samping itu, baterai yang sekali pakai juga tidak ramah lingkungan, jadi lebih baik Anda memilih baterai yang dapat dicas kembali. Umumnya, baterai senter dapat dicas ulang dengan cara mengengkol dinamo, dikenakan sinar matahari, hingga diisi ulang menggunakan kabel USB. Untuk memudahkan Anda, pilihlah lampu senter yang dapat diisi ulang tanpa harus membutuhkan sumber listrik langsung.

5. Periksalah fitur tambahan yang dapat membantu Anda dalam berbagai kondisi

Penting memang memperhatikan kekuatan daya pancar hingga jarak pencahayaannya. Namun, yang tidak kalah penting untuk diperiksa juga adalah fungsi tambahan dari setiap produk. Dewasa ini, lampu senter dilengkapi berbagai fitur yang dapat membantu penggunanya. Ada fitur radio yang berguna bagi pengguna menerima informasi tanpa bergantung pada ponsel dan internet.

Apabila Anda ingin melaksanakan kegiatan outdoor, seperti hiking, camping, mountain climbing, hingga fishing, lampu senter bawaan Anda sebaiknya memiliki fitur antiair dan antiguncang. Kemudian, perhatikan pula fitur lain sepeti kelip cahaya yang dapat menjadi sinyal bagi orang lain untuk mengetahui keberadaan Anda.

10 Rekomendasi lampu senter terbaik

Kami yakin Anda sudah paham mengenai jenis lampu senter, kekuatan pancar cahaya, hingga jarak pencahayaan. Selain itu, fungsi-fungsi penting dari setiap produk juga akan membantu Anda lebih banyak lagi. Sekarang, Anda dapat memilih langsung lampu senter berdasarkan kebutuhan melalui rekomendasi ceklist.id berikut ini.

1. Lampu Senter dengan AM/FM Radio

Lampu Senter dengan AM FM Radio
Produk Lampu Senter dengan AM FM Radio

Ketika terjadi pemadaman listrik di malam hari dan lupa mengecas baterai senter, Anda bisa mengengkol dinamo untuk mengisi kembali daya pada baterai senter ini. Namun saat matahari muncul, Anda bisa me-recharge baterainya dengan panel surya yang tertera pada produk.

Alat penerang untuk bertahan hidup ini sangat bisa diandalkan ketika keadaan darurat, baik di rumah atau lokasi terbuka. Fitur penangkap frekuensi AM dan FM memungkinkan Anda menerima kabar aktual dari berbagai saluran radio. Dengan kata lain, Anda tetap bisa up to date meski listrik sedang mati.

2. Lampu Senter Emergency Lentera

Lampu Senter Emergency Lentera
Produk Lampu Senter Emergency Lentera

Jika keperluan Anda terhadap senter adalah daya pancarnya yang luas, kami sarankan Anda memilih lampu senter berjenis lentera. Produk satu ini dapat Anda gunakan untuk digantung di tenda. Dengan begitu, saat Anda berkemah di kawasan yang supergelap, lampu ini akan menjadi satu-satunya sumber cahaya Anda.

Lampu senter darurat ini dapat Anda bawa ketika mengadakan pendakian atau liburan sembari menginap di pinggir pantai. Menyediakan dua pilihan warna cerah, lampu ini semakin mudah ditemukan saat tertutup semak atau daun. Dengan harga yang relatif terjangkau, Anda sudah bisa menggunakan senter pijar berpanel sonar ini.

3. Cree Flashlight C8

Lampu Senter Cree Flashlight C8
Produk Cree Flashlight C8

Tangan Anda tidak akan merasa pegal ketika menggunakan senter ini dalam waktu lama. Pasalnya, Cree Flashlight C8 hanya memiliki berat 250 gram. Dengan pencahayaan berjenis pen light, lampu ini sangat fokus dalam menyorot orang, jalan, atau objek lain.

Daya pancar cahayana sendiri mencapai 3.800 lumen! Anda pun dimungkinkan untuk menelusuri jalan tanpa takut tersandung oleh berbagai halangan. Baterai pada lampu senter ini bisa diisi ulang, cocok untuk Anda yang ingin menghemat biaya operasional.

4. Police Flashlight dengan Kompas

Police Flashlight dengan Kompas
Produk Police Flashlight dengan Kompas

Lampu senter ini dilengkapi oleh kompas yang terletak di bawah badannya. Apabila Anda mencari lampu senter yang dapat memandu Anda ketika bertualang di alam bebas, lampu ini layak dipertimbangkan. Keberadaan kompas akan membantu Anda memastikan arah ketika tersesat.

Di samping itu, lampu senter ini juga dibekali fungsi kelip sehingga Anda dapat memberi sinyal kepada orang yang lewat atau rombongan tim tentang keberadaan Anda. Ada dua warna kelip dari produk ini, yiatu biru dan merah yang membuat Anda mudah ditemukan ketika terpisah dari rombongan.

5. Xiaomi Mini LED Flashlight

Xiaomi Mini LED Flashlight
Produk Xiaomi Mini LED Flashlight

Xiaomi mendesain lampu senter ini dengan konsep minimalis, sehingga tampilannya sangat futuristik dan modern. Apabila Anda orang yang mengutamakan gaya dan desain ketika memilih produk, tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada senter berlampu LED dari Xiaomi ini.

Selain memiliki visual yang menawan, produk ini juga mumpuni soal performa. Disebutkan bahwa produk ini dapat diatur tingkat pencahayaannya hanya dengan memutar bagian kepala senter. Di samping itu, priduk ini telah dilengkapi mode kelip untuk memudahkan Anda memberi sinyal butuh pertolongan dalam keadaan darurat.

6. Nitecore TM28

Nitecore TM28
Produk Nitecore TM28

Jika Anda memerlukan baterai yang dapat nyala lama hingga berpuluh-puluh hari, Nitecore TM28 merupakan pilihan yang tepat. Lampu senter ini berukuran kecil, tetapi kemampuannya sangatlah besar. Hanya dengan satu genggaman tangan, Anda bisa mengarahkan kepala lampu untuk menyorot banyak objek dengan fokus yang sangat baik.

Produk ini berbekalkan tiga fungsi kelip, yaitu strobe, S.O.S, dan beacon. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan tipe kelip berdasarkan sinyal yang ingin Anda kirimkan. Selain itu, produk ini juga terbuat dari aerospace grade aluminium alloy yang kukuh, menjadikannya tidak mudah rusak dan cocok untuk kegiatan militer.

7. Senter LED XM-L2

Senter LED XM-L2
Produk Senter LED XM-L2

XM-L2 adalah lampu senter yang berkemampuan pancar cahaya hingga sebesar 8.000 lm. Anda tidak perlu ragu untuk melangkah ketika memakai produk ini. Alat penerang berikut dapat pula Anda gunakan untuk berkegiatan di luar rumah. Adanya fitur antiair akan membantu Anda mendapatkan penerangan di luar ruangan bila diperlukan.

Selanjutnya, lampu senter ini juga pas Anda bawa ke tempat yang sangat gelap berkat penerangannya yang begitu poptimal. Setiap objek yang Anda sorot akan tampak jelas sehingga Anda dapat memutuskan untuk melanjutkan aktivitas/perjalanan atau tidak. Dilengkapi sarung, Anda bisa menyimpan alat dengan aman ketika tidak digunakan.

8. Pocketman LED Flashlight

Pocketman LED Flashlight
Produk Pocketman LED Flashlight

Senter dengan lampu LED ini didesain secara ergonomis pada bagian gagang ketika tangan Anda tidak akan licin ketika menggenggamnya. Berkat desain yang ergonomis pula, Anda tidak perlu khawatir senter jatuh dan rusak. Ditambah lagi dengan harga yang ekonomis, tentu saja Anda bakal jatuh hati dengannya.

Alat penerang ini cukup baik diandalkan ketika di rumah terjadi pemadaman listrik. Anda bisa mencari barang-barang dengan mudah sebab produk ini memiliki daya pancar cahaya sebesar 2.000 lumen. Hanya saja, produk ini belum dilengkapi fitur pengisian ulang baterai, jadi cukup tinggi biaya operasionalnya.

9. Lampu Senter LED Mini

Lampu Senter LED Mini
Produk Lampu Senter LED Mini

Anda membutuhkan lampu senter yang dapat diisi ulang tenaganya melalui port USB? Produk satu ini patut Anda sematkan dalam daftar pilihan Anda. Anda dapat melakukan pengisian ulang baterai melalui laptop layaknya flashdisk atau dengan adaptor bawaannya.

Lampu senter ini berukuran mini sehingga nyaman dipegang serta mudah Anda simpan, bahkan di saku celana! Dipasarkan dengan nilai jual di bawah ratusan ribu, alat penerang ini sudah cukup baik untuk emergency lamp, lho. Ditambah lagi dengan fungsi zoom hingga 4x, Anda dapat mengatur cahaya dari mode fokus hingga menyebar.

10. Lampu Senter LED Berbentuk Tongkat Baseball

Lampu Senter LED Berbentuk Tongkat Baseball
Produk Lampu Senter LED Berbentuk Tongkat Baseball

Dirancang dengan fungsi tambahan sebagai alat bela diri, alat ini akan cocok untuk mengamankan Anda ketika Anda berada pada situasi yang mengancam keselamatan. Saat kondisi gelap, Anda tidak bisa menebak apa yang akan terjadi. Bisa saja ada hewan yang membahayakan diri Anda, sebab itulah Anda bisa pukul dengan lampu senter berbentuk tongkat ini.

Materialnya terbuat dari aluminium aloi yang cukup kukuh sehingga tidak mudah patah. Tingkat pencahayaannya pun cukup kuat, yakni mencapai 350 lumen. Dengan kata lain, lampu senter ini masih tergolong sebagai lampu senter yang membantu penerangan Anda ketiak menelusuri jalan.

Review Lainnya : 10 Lampu Emergency Terbaik

Kesimpulan

Pepatah bijak mengatakan: “Sedia payung sebelum hujan”. Namun sekarang, mungkin akan masuk akal juga jika dibilang “Sedia senter sebelum padam listrik dan terjadi bencana”, mengingat pentingnya benda satu ini ketika situasi darurat melanda. Dengan adanya senter, Anda pun tetap bisa melakukan sejumlah aktivitas atau bahkan melakukan evakuasi ketika keadaannya benar-benar buruk.

Write A Comment

/* */