CEKLIST.ID – Kasus curanmor marak terjadi belakangan ini. Bagi Anda yang khawatir mengalami hal tersebut, segera amankan motor Anda dengan menggunakan kunci pengaman motor. Kunci pengaman motor dapat membuat penjahat berpikir dua kali untuk memaling kendaraan Anda, terutama saat berada di tempat parkir.

Kunci pengaman motor hadir dalam beberapa jenis, termasuk merek-merek yang juga terkategorikan sebagai brand ternama dan internasional. Apabila Anda ingin membeli kunci pengaman motor, bacalah artikel ini hingga kelar. Di sini kami akan jelaskan cara memilh kunci pengaman motor sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaiknya.

Cara Memilih Kunci Pengaman Sepeda Motor yang Bagus

Kunci Pengaman Motor Terbaik
Gambar Ilustrasi Kunci Pengaman Motor / Vehq

Setiap kunci pengaman motor ditujukan untuk menjaga motor Anda tidak mudah dicuri. Kenapa kami bilang mudah dicuri? Sebab maling selalu punya beribu cara untuk melancarkan aksinya hingga berhasil. Namun, dengan memberi penjagaan dengan kunci pengaman motor, setidaknya mereka harus bekerja lebih ekstra untuk bisa mengakali kunci tersebut agar terbuka.

Berkaitan dengan hal tersebut, akan lebih baik Anda memilih produk yang tepat dan sesuai berdasarkan lokasi Anda menaruh motor. Ada berbagai jenis kunci pengaman motor yang dapat dipilih. Pastikan Anda memilih yang tidak hanya menjamin keamanan, tetapi juga kualitas produknya sangatlah baik sehingga bisa dipakai dalam waktu lama. Untuk lebih jelasnya, bacalah bagian ini dengan saksama!

1. Pilih kunci berjenis rantai untuk mengunci lebih dari satu motor

Kunci pengaman motor jenis rantai cukup mudah penggunaannya. Anda bisa mengunci ban kendaraan dengan tiang atau dililitkan sedemikan rupa sehingga ban tidak bisa berputar ketika terpaut oleh rantai. Jika Anda ingin membeli kunci pengaman berjenis rantai, pilihlah yang ketebalan rantainya di atas 10 mm.

Semakin tebal diametes mata rantai, maka kemungkinan rantai hancur atau patah semakin kecil. Tipe kunci semacam ini juga memungkinkan Anda mengunci lebih dari satu motor. Anda dapat mengunci 2 motor dengan panjang rantai sekitar 2 meter dan cukup 1 meter jika ingin mengamankan 1 motor. Sangat cocok dipakai di rumah.

2. 3Pilih kunci berjenis cakram yang mudah dibawa

Beda halnya dengan kunci rantai, kunci berjenis cakram memiliki ukuran lebih kecil sehingga bisa Anda bawa kemana pun dengan menyimpannya di bagasi motor. Tipe pengunci ini hanya bisa digunakan oleh motor-motor yang menggunakan rem cakram. Berukuran sebesar kepalan tangan, Anda bisa memasangnya dengan mudah.

Penggunaan kunci pengaman motor tipe cakram tentu saja pada piringan cakram motor. Dengan kunci ini, pencuri akan kesulitan mendorong motor. Namun, tetap ada celah keamanan karena motor bisa saja diangkat dan dibawa ke dalam mobil bak, meski kemungkinannya sangat kecil ada pencuri yang sedemikian itu niat mencurinya dengan mobil tambahan.

3. Pilih kunci berjenis alarm dan immobilizer yang tak kasat mata

Jika dua tipe sebelumnya gampang sekali dilihat, kunci jenis satu ini beda lagi. Bertipe alarm, maka produk ini akan mengeluarkan suara nyaring ketika motor hendak dicuri. Pencuri yang menggunakan kunci pola mungkin bisa dengan mudah membuka setang motor, tetapi akan sulit dinyalakan karena adanya immobilizer.

Immobilizer akan membantu mencegah motor dinyalakan saat terjadi pencurian. Tipe ini juga tergolong praktis karena Anda tidak harus mengunci motor dengan kunci pengaman setiap kali meninggalkan motor di tempat parkir. Namun, tetaplah hati-hati sebab pencuri bisa saja tahu kekurangan dari kunci pengaman jenis ini, meski tak kasat mata.

4. Pilih kunci berjenis penambat untuk di rumah

Jika di rumah Anda tidak ada tiang untuk mengunci ban motor, Anda dapat membeli kunci berjenis penambat. Cara kerja kunci ini adalah dengan memasangkan rantai ke tanah yang telah ditanamkan pengait. Kunci pengaman tipe penambat memiliki fungsi menyerupai jangkar sehingga motor akan semakin sulit dicuri, baik didorong ataupun diangkat.

5. Pilih kunci yang dipasangkan pada rem setang

Tipe pengunci ini termasuk salah satu yang paling diminati. Penggunaannya yang mudah menjadi kelebihan darinya. Dengan dipasangkan pada gas atau rem pada setang motor, kunci ini akan membuat pencuri berpikir dua kali untuk menjalankan niat jahatnya.

Pasalnya, kunci yang berada di setang membuat posisi pencuri mudah dilihat. Jika dibandingkan dengan tipe pengunci lainnya yang dipasangakan di ban motor, tentu saja para pencuri tidak begitu menarik perhatian karena posisinya sambil jongkok. Bagi Anda yang ingin mengamankan motor lebih mudah sekaligus membuat pencuri berpikir berkali-kali untuk melakukan aksi pencurian, pilihlah kunci pengaman jenis ini.

6. Utamakan produk rancangan produsen berpengalaman

Sekarang ini beberapa tipe pengunci diproduksi oleh cukup banyak produsen, mulai dari yang memiliki nama resmi hingga tidak memiliki nama resmi. Anda akan dengan mudah menemui kunci pengaman motor di toko online Indonesia. Namun, akan lebih baik bila Anda memilih produk yang sudah terbukti kualitasnya.

Produsen-produsen seperti Masterlock, Kryptonite, dan GripLock termasuk beberapa yang telah berpengalaman lama. Reputasi yang baik menuntut mereka untuk terus menjaga kualitas produk kunci pengaman yang dihasilkan. Tidak masalah jika harganya lebih mahal asalkan motor Anda bisa terjamin keamanannya dari tangan-tangan pencuri.

10 Rekomendasi kunci pengaman motor terbaik

Amankan motor Anda sekarang juga dari tangan-tangan penjahat yang berniat mencuri motor Anda! Berikut ini ceklist.id rekomendasikan sepuluh kunci pengaman motor terbaik yang dapat Anda beli dengan menyesuaikan kebutuhan. Pilih yang tidak hanya mudah, tetapi juga menjamin keamanan motor Anda, ya!

1. Masterlock Gembok Motor

Masterlock Gembok Motor
Masterlock Gembok Motor

Masterlock adalah produsen pengaman motor ternama di Indonesia. Produk ini dapat Anda pilih untuk mengamankan motor kesayangan Anda. Berjenis kunci pengaman cakram, produk ini lebih mudah Anda bawa ataupun simpan di bagasi motor.

Terbuat dari bahan baja seng yang berkualitas, Masterlock Gembok Motor tidak mudah berkarat sehingga lebih awet. Menariknya, produk ini dilengkapi tali yang bisa dikaitkan ke setang. Jadi, Anda tidak akan lupa kalau kunci masih terpasang di motor. Dengan begitu, kasus rem cakram atau kunci pengaman rusak karena luput dari ingatan bisa terhindarkan.

2. Heavy Duty Ground Anchor Lock

Heavy Duty Ground Anchor Lock
Heavy Duty Ground Anchor Lock

Kunci pengaman motor berikut ini dapat memberikan Anda ketenangan ketika harus meninggalkan motor lebih lama di tempat umum. Terdapat gembok khusus yang menghubungkan dua ujung mata rantai yang telah dipasang mengitari ban motor.

Produk ini terbuat dari baja yang dilapisi oleh kain, velg motor Anda tidak akan bersentuhan langsung dengan baja yang menimbulkan baretan pada permukaannya. Apabila motor Anda tergolong ringan, kami sangat merekomendasikan produk ini untuk Anda.

3. MP GPS Tracker Alarm Motor

MP GPS Tracker Alarm Motor
MP GPS Tracker Alarm Motor

Pencuri bisa terkecoh ketika ingin mencuri motor Anda. Bahkan, aksi jahatnya bisa memicu keramaian ketika alarm dari motor Anda berbunyi akibat ketidaktahuan pencuri. Benar sekali, MP GPS Tracker Alarm Motor adalah kunci pengaman bertipe alarm yang diinstalasi langsung pada sistem pengoperasian motor.

Produk berikut dapat mengirimkan SMS ke smarthone Anda ketika motor Anda dibobol pencuri. Kami tidak bermaksud mendoakan yang buruk, namun ketika suatu saat Anda dibegal, berikan saja motor Anda apabila menggunakan kunci pengaman ini. Biarkan pembegah membawa motor Anda, Anda pun mengetahui posisinya karena adanya GPS untuk melacak keberadaan motor di HP Anda.

4. Kinbar Gembok Alarm

Kinbar Gembok Alarm
Kinbar Gembok Alarm

Kunci pengaman dari Kinbar ini memiliki bentuk gembok. Berkat bentuknya yang menyerupai gembok, produk ini bukan hanya bisa dipasangkan langsung pada cakram, tetapi juga dapat digunakan untuk mengunci rantai apabia Anda memiliki tipe pengunci ini.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan gembok Kinbar untuk mengunci pagar rumah. Gembok serbaguna telah dilengkapi alarm yang akan berbunyi ketika gemboknya dibuka dengan cara paksa atau tanpa memakai gembok yang dirancang khusus untuknya.

5. Kryptonite New York Fahgettaboudit 1415

Kryptonite New York Fahgettaboudit 1415
Kryptonite New York Fahgettaboudit 1415

Cairan penghancur rantai motor tidak akan bekerja sedemikian mudahnya pada produk ini. Kryptonite telah mematenkan produk ini, terutama untuk desain dan bahan U-Lock-nya. Setiap kepingan rantai berketebalan diameter 15 mm menjadikan produk ini sulit dirusak.

Meski diutamakan untuk mengunci motor off-road ATV, Anda yang memiliki motor bebek biasa juga dapat menggunakannya. Produk ini tentu saja mahal, namun keamanan ekstra adalah jaminan utama yang diberikan Kryptonite dalam produk ini. Adanya lampu LED memudahkan Anda membuka maupun mengunci kunci dalam keadaan gelap.

6. Xena Gembok Alarm XZZ6L

Xena Gembok Alarm XZZ6L
Xena Gembok Alarm XZZ6L

Xena Alarm XZZ6L adalah kunci pengaman motor berbentuk gembok cakram yang terbuat dari stainless steel 304. Tipe ini tidak mudah dirusak oleh cairan korosif seperti merkuri. Anda yang takut mendapatkan aksi pencurian dengan cairan korosif tersebut bisa bernapas lega mengetahui motor dalam keadaan tidak rentan dicuri.

Xena juga memastikan produk ini tidak mudah dibuka dengan kunci kombinasi atau bahkan kunci duplikat. Keunikan ini yang kemudian membuat Anda harus berpikir dua kali untuk membelinya. Jangan sampai kunci hilang atau produknya tidak bisa dipakai lagi. Dengan adanya alarm dilengkapi 2 jenis sensor (gerak dan inframerah), alarmnya akan berbunyi saat alarmnya mendeteksi keberadaan maling.

7. Spy 5000m

Spy 5000m
Spy 5000m

Buat Anda yang ingin mengamankan motor tanpa harus menambatkan rantai atau memasang gembok pada cakram maupun setang, produk Spy 5000m ini layak dicoba. Bertipe immobilizer dan memiliki alarm, Anda bisa memantau keadaan motor hanya melalui remot yang disediakan.

Ketika motor Anda dinyalakan pencuri atau didorong tanpa izin Anda, timbullah pemberitahuan berupa gambar di remot yang kemudian berbunyi nyaring alarmnya. Pengaman seperti ini juga dapat membantu Anda menemukan motor Anda ketika lupa menaruhnya di sisi mana.

8. Grip-Lock Kunci Pengaman Setang

Grip-Lock Kunci Pengaman Setang
Grip-Lock Kunci Pengaman Setang

Akhri-akhir ini, kunci pengaman setang ramai diburu masyarakat. Salah satu yang paling laris adalah produk keluaran Grip-Lock. Tersedia berbagai pilihan warna, Anda bisa menyesuaikan warna kunci dengan warna motor Anda agar selaras. Sebab penggunaannya yang di bagian atas motor, maka pencuri mudah dicurigai oleh orang sekitar yang melihatnya.

Apabila motor Anda tidak menggunakan rem cakram, tetapi rem gas, produk ini tentu saja sangat ideal digunakan. Ukurannya yang kecil juga memberi kemudahan bagi Anda dalam menyimpannya, baik di bagasi motor atau tas bawaan.

9. OnGuard Doberman 8031L

OnGuard Doberman 8031L
OnGuard Doberman 8031L

OnGuard Doberman 8031L memiliki bentuk menyerupai rantai, namun tepatnya berbentuk kabel yang dapat dililit sedemikian rupa. Dengan panjang hingga 2,4 meter, produk ini bisa Anda manfaatkan untuk mengamankan lebih dari 1 motor. 2 motor yang dikaitkan oleh kunci ini menyultikan pencuri sewaktu menjalankan aksinya.

Belum lagi dengan sistem pengaman tanpa kunci, Anda yang kerap lupa menaruh kunci gembok takkan lagi mengalami hal tersebut. Cukup mengingat angka kombinasi yang telah diatur, dalam sekejap kunci ini bisa Anda buka. Karena ukurannya yang cukup besar, mungkin perlu ruang cukup besar untuk menyimpannya.

10. Schone SC 210

Schone SC 210
Schone SC 210

Kunci pengaman ini begitu praktis, Anda bisa memakainya baik pada motor dengan rem cakram ataupun tanpa rem cakra. Jika motor Anda menerapkan sistem pengereman dengan piringan cakram, produk ini bisa dipasangkan pada rem cakram motor.

Namun jika motor Anda menggunakan sistem pengereman dengan gas, kunci ini bisa dipasangkan di roda bagian depan atau belakang motor yang memiliki ban berukuran standar. Material baja yang memenuhi keseluruhan kunci akan sulit dipotong atau digergaji dengan alat. Anda membutuhkan kunci pengaman yang bisa dipakai pada motor dengan rem cakram ataupun tidak? Miliki produk ini!

Rekomendasi Lainnya : 10 Helm Motor Terbaik (Terbaru 2020)

Kesimpulan

Memarkirkan motor di tempat umum ataupun di rumah tidak bisa dibedakan, Anda tetap harus memprioritaskan keamanan motor Anda. Tidak sekali dua kali ditemukan kasus pencurian yang bahkan rumah tersebut memiliki pagar. Dengan memakai kunci pengaman motor, Anda bisa sedikit lebih tenang ketika beraktivitas sembari meninggalkan motor, terutama saat berada di tempat umum.

Write A Comment

/* */