CEKLIST.ID – Produsen sepatu asal Amerika, Nike, banyak mengeluarkan seri sepatu olahraga. Dalam sepatu larinya, tersedia empat seri utama yang masing-masing memiliki karakteristik berbeda. Untuk Anda penggemar brand Nike, milikilah sepatu lari yang cocok untuk Anda pakai berlari.

Dalam artikel ini, kami akan ajak Anda mengenali karakteristik dari seri sepatu lari merek Nike. Selain itu, kami berikan pula sepuluh produk terbaik yang dapat Anda beli di outlet resmi atau toko jual-beli daring favorit Anda. Pilihlah yang sesuai selera, kebutuhan, dan level lari Anda.

Cara memilih sepatu running merek Nike yang Bagus

Sepatu Running Merek Nike Terbaik
Gambar Ilustrasi Running Shoes Nike /BradsDeals

Nike merilis empat seri utama sepatu lari, yakni Nike Air Max, Nike Free, Nike Lunar, dan Nike Zoom. Keempat seri utama sepatu running merek Nike ini mempunyai fungsi berbeda yang bergantung pada desain bantalan sol dari masing-masingnya. Jangan asal memilih sebab dapat memicu cedera ketika Anda menggunakan sepatu yang tidak tepat.

Untuk itulah, di bawah ini kami mengulas cara memilih sepatu lari merek Nike dengan menjelaskan karakteristik bantalan sol dari keempat seri utama tadi, yaitu Air Max, Free, Lunar, dan Zoom. Manakah sepatu yang paling menjawab kebutuhan Anda? Pahami dulu bagian berikut!

1. Mampu meredam guncangan dengan baik, seri Air Max cocok untuk Anda yang pemula

Setidaknya, tingkatan berlari dibagi menjadi dua, yaitu pemula dan profesional atau mahir. Apabila Anda baru memulai kegiatan lari sebagai rutinitas harian, gunakanlah sepatu yang bahan bantalan solnya empuk dan tebal. Walau cukup berat, bantalan sepatu yang demikian sangatlah mumpuni dalam meredam guncangan ketika kaki bergerak.

Dengan begitu, otot dan sendi pada bagian kaki terlindungi sewaktu berlari. Karakteristik sepatu Nike ini dapat ditemui pada seri Air Max. Walau agak berat, Anda yang masih pemula perlu melatih otot dan sendi kaki terlebih dahulu sebelum beralih ke seri lain yang dirancang untuk kebutuhan tingkat lanjut.

2. Sensasi menapak seolah tanpa alas kaki, gunakanlah seri Free

Apabila Anda sudah terbiasa berlari dan ingin mencapai gol yang telah Anda rancang, beri dukungan kepada kaki dan diri Anda dengan menggunakan sepatu lari yang tepat. Seri Free dari sepatu lari Nike mempunyai bantalan sol yang ringan dan fleksibel dengan ujung-ujung kari terbuka.

Desain tersebut pada seri sepatu lari Free dari Nike memberikan sensasi berlari tanpa alas kaki. Anda akan merasakan sensasi menapak di permukaan bumi langsung dengan jari-jari kaki Anda secara telanjang. Seri Free lebih direkomendasikan untuk Anda yang memang telah lama menjadikan lari sebagai rutinitas olahraga.

3. Bantalan empuk dan daya pental tinggi dari seri Lunar ideal untuk Anda yang berlari jarak menengah hingga jauh

Seri terbaik dari sepatu lari Nike satu ini sangatlah disukai oleh pelari-pelari tingkat lanjut. Untuk berbagai ajang perlombaan lari jarak jauh alias maraton, sepatu lari Nike menunjang totalitas pada setiap pelari. Jadi, bagi Anda yang ingin berlari jarak menengah ataupun jarak jauh, pilihlah seri Lunar.

Nike menerapkan bantalan lembut yang kontradiktif dalam menerima hentakan kaki. Meski empuk dan lembut bantalan solnya, kaki akan memperoleh daya tolak yang baik sehingga kaki bisa konstan berlari hingga berkilo-kilometer jauhnya. Dengan sepatu ini, Anda bisa menantang diri untuk berlari dengan jarak yang semakin jauh dari hari ke hari.

4. Telah diakui atlet lari dunia, seri Zoom juga dapat menjadi pilihan yang pas

Selain tiga tipe sebelumnya, tipe sepatu yang dikategorikan dalam seri Zoom tidak kalah baik dari segi performa. Karakteristik utama pada seri Zoom adalah bahan sol yang terbuat dari serat dan bersifat sangat elastis sehingga memberikan kekuatan lari dengan seketika. Serat sintetis yang diterapkan memberikan tegangan yang mendekati mekanisme pegas.

5. Perhatikanlah struktur upper yang dimiliki oleh setiap produk

Di samping memperhatikan bagian bantalan sol, penting juga memeriksa bagian atas atau upper sepatu yang mendukung performa maksimal selama berlari. Ada banyak desain upper dari sepatu lari Nike, seperti Flyknit, Flymesh, dan Shield yang antiair.

Tipe upper Flyknit dan Flywire menjadikan sepatu lari ringan, pas di kaki, dan stabil ketika dipakai. Bahan upper yang dirajut memberikan kenyamanan senyaman kaus kaki. Tambahan sistem Flywire pada sepatu berstruktur upper Flyknit membuat durabilitas sepatu meningkat.

Tipe lainnya adalah Flymesh dan Flywire yang menggabungkan bahan upper yang memiliki sirkulasi udara baik sekaligus keseimbangan secara bersamaan. Jarang-jarang Anda menemui tipe sepatu dengan paduan komposisi semacam ini. Pada tipe ini, karakteristik upper bukan hanya ringan, tetapi juga nyaman berkat kain mulus yang digunakan pada lapisan bawah.

Selanjutnya, bagi Anda yang ingin melanjutkan lari tanpa harus berhenti ketika turun hujan, sepatu lari dengan upper Shield keluaran Nike adalah pilihan tepat. Nike bukan sebatas merancang sepatu dengan sifat antiair, tetapi secara serius menjamin aliran udara di dalam sepatu tetap ada. Jadi, meski bahannya tidak meresap air, kaki pun tidak keringetan akibat ruangan dalam sepatu yang hampa udara.

10 Sepatu Running Terbaik Merek Nike

Saat ini, mendapatkan sepatu Nike yang orisinal tidaklah sulit. Anda bisa membeli langsung di toko resmi untuk kemudian diantar langsung ke rumah atau melalui toko online yang menjadi reseller sepatu orisinal dari Nike. Apa pun pilihan Anda, berikut ini ceklist.id rekomendasikan sepatu running terbaik merek Nike yang dapat Anda jadikan rujukan. Selamat memilih!

1. Sepatu Nike Zoom Fly SP Fast Unisex Running Shoe

Sepatu Nike Zoom Fly SP Fast Unisex Running Shoe
Sepatu Nike Zoom Fly SP Fast Unisex Running Shoe

Bagi Anda yang mencari sepatu untuk dipakai pada berbagai lomba lari maraton, Nike Zoom Fly SP Fast Unisex adalah produk yang tepat. Sepatu lari ini akan mendorong kaki terus berlari berkat desain bantalan sol tengah dari bahan nilon yang dipenuhi bahan karbot.

Sebagai akibatnya, setiap tekanan dari kaki akan ditolak kembali sehingga terproduksilah dorongan yang konstan selama kaki terus bergerak. Melalui sepatu ini, Nike mengharapkan setiap pelari dapat menuntaskan batas lari maraton hanya dalam dua jam.

2. Sepatu Nike Air VaporMax Flyknit 2

Sepatu Nike Air VaporMax Flyknit 2
Sepatu Nike Air VaporMax Flyknit 2

Anda bisa melakukan kustomisasi model sepatu lari satu ini. Gunakanlah fitur NIKEiD yang disediakan oleh Nike, Anda bisa mendesain sendiri sepatu berdasarkan preferensi Anda. Adanya lima belas varian warna memungkinkan Anda berlari sekaligus mengedepankan gaya.

Sepatu lari seri Air VaporMax ini dirancang bersama teknologi yang menjadikan bantalannya memberikan kenyamanan pada seluruh tapak kaki. Teknologi tersebut memungkinkan Anda berlari dengan sensasi mengapung layaknya sedang melawan gravitasi. Sangat cocok untuk dipakai lari jarak dekat atau jauh!

3. Sepatu Nike Air Zoom Mariah Flyknit Racer

Sepatu Nike Air Zoom Mariah Flyknit Racer
Sepatu Nike Air Zoom Mariah Flyknit Racer

Nike Air Zoom Mariah Flyknit Racer diklaim awet sebab bagian sol luar sepatu terbuat dari bahan karet yang elastis dan tahan lama. Teknologi Flyknit yang diterapkan akan membungkus kaki sekaligus memberi kenyamanan selama dipakai berlari.

Bahan upper dari sepatu lari ini bersifat statis sehingga tumpuan kaki senantiasa stabil. Dengan sepatu ini, Anda bisa berlari tanpa harus mengeluarkan upaya lebih untuk mengangkat kaki. Pasalnya, Nike telah mendesain bantalan dari sepatu ini bersifat responsif mengikuti pergerakan kaki.

4. Sepatu Nike LunarEpic Flyknit Shield

Sepatu Nike LunarEpic Flyknit Shield
Sepatu Nike LunarEpic Flyknit Shield

Anda tidak lagi mencari-cari kesempatan berlari ketika cuaca sedang tidak bersahabat. Sepatu Nike LunarEpic Flyknit satu ini dihadirkan dengan fitur shield yang antiair. Anda dapat tetap berlari meskipun diterjang oleh hujan yang menerjang tiba-tiba.

Sepatu ini tetap nyaman saat terkena air hujan. Malahan, kaki tetap hangat dan kering berkat konstruksi DWR, benang TPU, dan sistem penolak air yang disatukan. Selanjutnya, sepatu ini juga memiliki pola presisi pada bagian bantalan sol busanya, membuat Anda berlari tanpa harus membuang energi.

5. Sepatu Nike Free RN Motion Flyknit 2018

Sepatu Nike Free RN Motion Flyknit 2018
Sepatu Nike Free RN Motion Flyknit 2018

Produk ini berdesain tanpa tali, sangat cocok untuk Anda yang ingin cepat-cepat memasang atau melepas sepatu dengan mudah tanpa harus memaksanya. Sepatu lari yang dirilis pada 2018 ini tidak memiliki sockliner sehingga kaki dapat merasakan sensasi alami saat bertumpu pada outsole-nya.

Sewaktu berlari, kaki akan mendapatkan konstraksi yang sesuai pergerakan guna mencapai sensasi berlari alami. Sepatu ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin berlari dengan segera. Cukup dengan memasang sepatu lalu rekatkan tali sabuk ke sisi lain, Anda dapat langsung mengangkatkan kaki!

6. Sepatu Nike Epic React Flyknit

Sepatu Nike Epic React Flyknit
Sepatu Nike Epic React Flyknit

Dalam keterangannya, sepatu lari Nike satu ini akan memberikan daya tolak 13% lebih banyak dibandingkan bantalan sepatu pada seri Lunaron. Jika Anda ingin effortless saat berlari tanpa menurunkan intensitas, sepatu ini layak Anda masukkan daftar pilihan!

Bantalan pada memberikan kenyamanan selama berlari. Menurut situs resminya, sepatu ini sangat nyaman dipakai hingga jarak 48,2 kilometer atau 30 mil. Dengan kata lain, sepatu ini kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin berlatih maraton untuk perlombaan. Sudah banyak juga pelari yang juara saat memakai sepatu ini.

7. Sepatu Nike Air Zoom Wildhorse 4

Sepatu Nike Air Zoom Wildhorse 4
Sepatu Nike Air Zoom Wildhorse 4

Sepatu ini dapat dipakai pada medan yang tidak rata. Apabila Anda ingin berlari di medan hiking,  produk berikut sangatlah tepat buat Anda. Terbuat dari lapisan tekstil dan mesh pada uppernya, memberikan struktur kuat untuk medan yang kurang bersahabat.

Di bagian depannya, Nike menambahkan komponen khusus untuk melindungi kaki dari batu kasar dan puing kecil lain. Lari pun bukan hanya seru dan nyaman, melainkan juga aman berkat lempengan depan sepatu yang kukuh. Pada bantalannya, digunakanlah busa Phylon berkualitas tinggi sehingga ujung tumit dan jari kaki tetap nyaman meski menempuh jarak lari cukup jauh.

8. Sepatu Nike Zoom Fly

Sepatu Nike Zoom Fly
Sepatu Nike Zoom Fly

Berdesain sleek, Nike Zoom Fly memberikan kesan muda. Sepatu ini sangat cocok untuk Anda yang tergolong generasi Z atau milenial. Dari segi harga, Anda tidak harus merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa membelinya. Sepatu seru Zoom persembahan Nike ini dapat dipakai untuk latihan lari hingga perlombaan.

Diselipkannya lempengan berbahan nilon pada bagian midsole memberi daya tolak yang cukup baik pada kaki. Anda akan merasakan sensasi kaki terdorong sehingga kaki bisa terus melangkah tanpa mengeluarkan upaya lebih. Desain kabel Flywire pada sepatu berikut membuat kaki rapat dan pas pada sepatu ketika sepatu dipasangkan, kestabilanlah yang kemudian Anda rasakan!

9. Sepatu Nike Air Zoom Pegasus 35

Sepatu Nike Air Zoom Pegasus 35
Sepatu Nike Air Zoom Pegasus 35

Risiko cedera dapat ditekan ketika Anda berlari menggunakan sepatu ini. Nike Air Zoom Pegasus 35 termasuk produk yang bukan hanya ramai digunakan oleh pelari pemula, tetapi mereka yang telah bertahun-tahun menggandrungi olahraga kardio ini juga banyak yang mengandalkannya.

Sepatu lari berikut memiliki mesh yang breathable pada bagian atas sehingga kaki tetap kering dan bebas keringat. Bantalan yang berstuktur unik menjadikannya responsif guna mendukung aktivitas lari tanpa membuang-buang energi.

10. Sepatu Nike Air Zoom Structure 21

Sepatu Nike Air Zoom Structure 21
Sepatu Nike Air Zoom Structure 21

Budget yang kecil tidak menghalangi Anda untuk memulai kegiatan lari. Nike menawarkan seri Zoom berikut untuk Anda yang terkendala soal dana. Hanya dibandrol di bawah satu setengah juta rupiah, produk ini sudah bisa Anda pakai berlari kemana-mana.

Nike Air Zoom Structure 21 memiliki ventilasi yang mampu menyirkulasi udara secara stabil saat berlari. Kenyamanan bukan hanya timbul karena kaki yang bebas gerah, melainkan juga efek stabil berkat teknologi Dynamic Fit yang disematkan. Ikat gelang elastis pada lengkungan kaki pada sepatu ini juga melindungi kaki agar tidak tergelincir saat berlari.

Rekomendasi Lainnya : Sepatu Lari Terbaik 2020

KESIMPULAN

Dalam memilih sepatu lari merek Nike, bukan hanya model yang berdampak pada gaya penampilan Anda ketika berlari. Penting bagi Anda untuk tetap mengutamakan produk yang memberi dukungan selama berlari berdasarkan level lari, ukuran kaki, atau karakteristik dari bantalan sol maupun struktur bagian atas (upper) sepatu.

Write A Comment

/* */