CEKLIST.ID – Tidur yang nyaman dan berkualitas adalah kebutuhan setiap orang. Sebagai penentu seberapa besar kualitas tidur, kasur adalah aspek yang paling penting diperhatikan. Apabila kasur tidak sesuai dengan keadaan tubuh masing-masing orang, maka akan sulit memperoleh posisi tidur yang nyaman demi mencapai kualitas yang baik.

Agar tidak lagi mengalami lelah, sakit kepala, pegal, atau perubahan perasaan ketika bangun tidur, penting bagi Anda untuk tidur di atas kasur matras yang tepat. Di Indonesia, cukup mudah dijumpai kasur dengan berbagai kriteria. Apabila Anda berencana untuk membeli atau mengganti kasur baru, gunakanlah kasur yang tepat. Jika belum mengetahui manakah yang paling cocok, di sini kami bantu Anda menemukannya!

Cara memilih kasur matras yang Bagus dan Nyaman

Kasur Matras Terbaik dan Nyaman
Gambar Ilustrasi Kasur Matras

Sebagai alas tidur utama, kasur haruslah mampu membuat Anda tidur nyenyak sepanjang malam. Dalam hal ini, terdapat sejumlah elemen untuk Anda ketahui. Kasur yang tepat bagi setiap orang berbeda-beda. Di bawah ini, kami akan jelaskan bagaimana cara memilih kasur matras yang cocok untuk Anda.

1. Untuk kasur pegas, pilih berdasarkan tipe pegas yang digunakan

Kasur sendiri umumnya dibuat dengan pegas dan tanpa pegas. Saat ini paling banyak diproduksi kasur pegas karena memiliki keunggulan lebih banyak dibandingkan kasur tanpa pegas. Kasur pegas sendiri terbagi kembali menjadi dua macam pegas, yakni pegas bonnell dan pegas berkepadatan tinggi.

  • Pegas Bonnell. Pegas bonnell mempunyai tingkat kepadatan yang rendah sehingga lebih cocok dipakai oleh orang dengan berat badan normal. Penyimpulan pegas dilakukan pada sisi atas, bawah, kanan, dan kiri namun tidak dipadatkan sehingga orang yang berat badannya tergolong ideal atau bahkan kurus takkan mengalami sakit punggung saat memakai kasur pegas bonnell.
  • Pegas Berkepadatan Tinggi. Pada kasur pegas tipe ini dikatakan memiliki kepadatan tinggi karena kumparan atau gulungan pegasnya dibuat 1,5 kali lebih banyak dibandingkan pegas bonnell. Secara otomatis, pegas akan lebih mampu menopang beban berlebih pada tubuh. Oleh sebab itu, orang yang gemuk atau memiliki berat badan berlebih bisa menggunakan kasur pegas tipe ini guna mencapai kenyamanan maksimal.
  • Pegas Berbentuk Kantong. Berbeda dengan dua tipe pegas sebelumnya, pada kasur ini pegasnya berdiri masing-masing alias tidak dibuat simpul yang menyatu dengan pegas-pegas di sekelilingnya. Desain pegas yang menyerupai kantong atau tong kecil menahan beban secara mandiri. Hasilnya, kasur ini tidak menimbulkan getaran berlebih saat Anda banyak bergerak di atasnya. Kasur pegas kantong lebih cocok dipakai tidur bersama pasangan.

2. Untuk kasur tanpa pegas, pilih berdasarkan tingkat keras dan empuknya

Jika dibandingkan kasur berpegas, kasur tanpa pegas lebih sedikit produksinya karena rata-rata orang lebih memilih kasur dengan pegas. Meski demikian, kasur tanpa pegas juga masih dipilih oleh sebagian orang karena memberikan kenyamanan yang berbeda. Apabila Anda ingin membeli kasur tanpa pegas, maka perhatikanlah tingkat keras atau empuk kasur yang hendak dibeli.

  • Kasur yang Empuk. Kasur tanpa pegas tipe ini mempunyai level keempukan yang cukup tinggi. Namun, pastikan agar tidak terlalu empuk sehingga badan Anda terjerembap terlalu dalam sehingga kurang nyaman. Pilihlah yang setidaknya mampu menopang kepala dan lingkar pinggang dengan cukup baik. Karakteristik kasur yang empuk lebih cocok dipakai oleh wanita dan anak-anak.
  • Kasur yang Keras. Sama-sama menggunakan busa, lateks, atau bahan lain, namun dibuat dengan memampatkan bahan utama sehingga tingkat kepadatannya cukup tinggi. Dengan begitu, otomatis kasur menjadi lebih keras. Kasur tipe ini cocok dipakai oleh Anda yang senang tidur di kasur yang cukup keras, orang yang berbadan besar, atau Anda yang memiliki masalah dengan punggung. Dari segi ketahanan, kasur ini bisa mencapai usia 2 – 3 tahun, sama seperti kasur tipe empuk.

3. Pilih kasur yang tidak mudah lembap serta gampang dikeringkan

Kasur dengan pegas mempunyai kelebihan pada sirkulasi udara lebih baik sehingga ketika kasur dalam keadaan lembap, maka udara akan membantu kasur lebih cepat kering, terlebih apabila dijemur. Kasur yang lembap dapat menjadi sarang bakteri dan kuman yang membuat badan mudah gatal atau bahkan muncul bau tidak sedap dari kasur.

Kemudian, pada kasur tanpa pegas biasanya menggunakan busa padat sehingga akan sulit dilewati udara. Apabila terkena air atau keringat dan kasur menjadi lembap, untuk mengeringkannya agak susah dan lama. Namun, akan lebih mudah apabila Anda menjemur kasur ketika kasur terlalu lembap dan basah. Jangan biarkan kasur menjadi sarang kuman dan kotoran yang membuat tidur Anda tidak nyaman dan berkualitas.

4. Saat membeli, coba sendiri kasurnya bila memungkinkan

Apabila Anda berencana untuk membeli kasur langsung di toko, maka tanyakan apakah boleh mencoba kasur sebagai bahan pertimbangan. Dengan begini, Anda bisa lebih yakin untuk memilih kasur tersebut atau memilih kasur lainnya. Saat mencoba kasur, baringkan badan ke berbagai arah, mulai telentang, kanan, dan kiri.

Saat telentang, posisikan tubuh seperti sedang berdiri. Perhatikan kenyamanan pada bagian pinggang Anda. Kasur yang ideal tidak membuat pinggang Anda terlalu terjerembap atau menyembul. Ketika mencoba posisi menyamping, cek juga kenyamanan di bagian bahu dan pinggang Anda. Bila ingin menggunakan kasur berdua dengan pasangan, jangan lupa periksa ukurannya juga dan tambahkan 30 cm lebih besar dari lebar badan Anda dan pasangan Anda.

10 Rekomendasi kasur matras terbaik

Sesudah memahami tipe-tipe kasur, ceklist.id akan berikan referensi kasur matras terbaik dari berbagai merek terkenal untuk Anda. Pilihlah kasur yang benar-benar nyaman dan cocok untuk dipakai oleh Anda sendiri ataupun berdua dengan pasangan dan bahkan anak Anda!

1. Inoac Japan Foam Kasur Busa

Inoac Japan Foam Kasur Busa
Inoac Japan Foam Kasur Busa

Kasur ini mudah dipindahkan dari kamar ke ruang tamu atau ke ruangan lain. Hal tersebut mungkin dilakukan karena kasur ini tidak menggunakan pegas. Bahan busa yang dipakai memiliki ketebalan yang standar sehingga ringan dipindah-pindahkan.

Lebih tepat menjadikan kasur ini sebagai cadangan ketika sewaktu-waktu ada tamu yang berkunjung dan menginap. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan dipakai setiap hari. Kasur berikut lebih cocok dipakai oleh wanita yang tidur sendirian dengan bobot normal atau anak-anak karena tidak memberikan efek melenting.

2. Quantum Springbed The Maxwell Spring Latex

Quantum Springbed The Maxwell Spring Latex
Quantum Springbed The Maxwell Spring Latex

Quantum Springbed adalah produsen kasur yang cukup terkenal di Indonesia. Salah satu koleksi terbaiknya, The Maxwell Spring Latex, dihadirkan untuk Anda yang memiliki alergi dengan debu atau bakteri. Dengan bahan dasar lateks, kasur ini tidak menggunakan pegas tetapi tidak membuat badan terlalu terjerembap.

Akan tetapi, kasur ini memiliki efek melenting dapat membuat anak-anak mudah terpental ketika melompat di kasur untuk bermain. Karena itu, apabila Anda ingin membeli kasur ini, berilah penjelasan pada anak agar tidak bermain di atas kasur karena bisa membahayakan dirinya.

3. Voiland Latex – Spring Pure Natural Latex

Voiland Latex – Spring Pure Natural Latex
Voiland Latex – Spring Pure Natural Latex

Terbuat dari 100% bahan lateks murni, kasur ini sangat cocok dipakai oleh Anda yang mudah alergi dengan kotoran. Produk ini juga dipasikan antikuman. Walau menggunakan lateks, Voiland melengkapi kasur keluarannya ini dengan pegas  yang cukup ampuh menopang tubuh ketika tidur.

Dengan memakai Spring Pure Natural Latex, Anda dapat membantu menjaga lingkungan karena bahannya terbuat dari olahan bahan alam yang berupa karet. Jika dibandingkan produk berpegas atau non-pegas, kasur ini gabungan keduanya. Jadi, sifat hybrid-nya membuat kasur dapat menopang tubuh lebih lama dan secara merata.

4. Simplefurniture World Star Premium

Simplefurniture World Star Premium
Simplefurniture World Star Premium

Jika ruangan di kamar Anda memiliki tingkat kelembapan tinggi, pilihlah kasur yang memiliki pori-pori cukup baik dalam menyirkulasi udara. Produk ini adalah jawaban bagi Anda! Berjenis pegas, Simplefurniture World Star Premium mengandalkan pegas tipe bonnell yang empuk dan nyaman.

Tepian kasur ini dilengkapi baja tebal sehingga kasur tidak mudah rusak atau berubah bentuk meski sering dipakai menahan beban tubuh hingga dua orang. Dikarenakan memiliki ventilator khusus, udara pun bisa membantu kasur tidak lembap sehingga kuman dan jamur takkan bersarang di dalamnya.

5. Central Springbed Grand Deluxe

Central Springbed Grand Deluxe
Central Springbed Grand Deluxe

“Kriik… Kriik” yang muncul ketika pegas mendapatkan tekanan pada kasur bisa menjadi gangguan tidur bagi banyak orang. Central Springbed merilis kasur pegas yang tidak bersuara. Dengan begitu, Anda bisa memakai kasur ini bersama pasangan tanpa takut mengganggu satu sama lain ketika tidur terlambat atau bangun duluan.

Dilengkapi teknologi penjaga sudut, kasur tidak berubah bentuk meski Anda banyak bergerak di atasnya. Bahkan, tepian kasur juga tidak mudah rusak ketika Anda duduki. Hanya saja, kasur ini kurang cocok dipakai oleh orang dengan berat badan overweight sebab berat yang ditoleransi hanya mencapai 80 kg.

6. Lady Americana Richmond

Lady Americana Richmond
Lady Americana Richmond

Kenyamanan merupakan aspek utama yang harus terpenuhi ketika tidur. Untuk memenuhinya, Anda dapat mencoba kasur satu ini. Lady Americana Richmond adalah kasur premium yang dibekali sistem pegas dengan berbagai teknologi mutakhir.

Pegas bertipe kantong ini didesain anti getaran. Terdapat lapisan busa di bagain atas yang dapat menyeimbangkan kekerasan pegas. Selain itu, kasur yang dilengkapi bahan lateks ini juga dapat menurunkan angka kontaminan debu dan kuman. Sangat cocok untuk Anda yang alergi!

7. Elite Prudent

Elite Prudent
Elite Prudent

Kesulitan mencari kasur yang dapat menopang bobot badan Anda yang melebihi angka ideal? Jangan murung! Elite Springbed mempunyai koleksi kasur pegas yang dapat menopang tubuh berat penggunanya. Produk ini menggunakan teknologi Everflex yang dipatenkan. Teknologi tersebut dibekali jumlah pegas lebih banyak sehingga cocok bagi Anda yang berbadan berat.

Pegas berkepadatan tinggi pada kasur ini semakin akurat dalam menopang tubuh. Ketika Anda banyak bergerak pun, Anda tak perlu takut pegas kasur berusia lebih pendek. Malahan, Anda bisa mencari posisi tidur yang nyaman dengan mudah ketika memakainya.

8. Uniland Standard Springbed

Uniland Standard Springbed
Uniland Standard Springbed

Uniland Springbed menawarkan kasur yang menggabungkan sistem pegas dan non-pegas. Adanya busa yang digunakan membuat kasur ini cocok dipakai oleh anak-anak. Teknologi M-Guard yang juga disematkan membuat struktur pegas lebih kukuh dan tidak licin saat dipakai.

Di samping itu, teknologi M-Guard-nya juga dapat meredam getaran dan tekanan yang timbul saat Anda banyak bergerak di kasur. Dijual dengan harga bersahabat, Anda bisa menggunakan kasur yang menggunakan jahitan besar sehingga tidak mudah sobek.

9. Serenity Supreme Plush Top Springbed

Serenity Supreme Plush Top Springbed
Serenity Supreme Plush Top Springbed

Kelebihan kasur Serenity Supreme Plush Top dapat ditemukan pada efek melenting yang sangat minim. Bagi Anda yang mencari kasur yang pegasnya tidak terlalu reaktif, belilah kasur ini. Pegas yang pendek dibanding kasur pegas biasa dan dilengkapi lapisan bantalan ekstra di atas kasur membuatnya lebih empuk.

Apabila Anda termasuk orang yang suka berganti-ganti posisi tidur, kasur ini akan mengakomodasi segala posisi tidur Anda. Baik telentang atau menyamping, bagian lingkar pinggang, punggung, dan bahu tidak akan sakit sebab kasur ini cukup empuk untuk bagian-bagian tersebut.

10. Victoria Kasur Busa Rebounded

Victoria Kasur Busa Rebounded
Victoria Kasur Busa Rebounded

Jika Anda tidak kelebihan berat badan atau mempunyai masalah pada punggung, kasur dari Victoria akan cocok dipakai setiap hari. Terbuat dari busa, kasur tergolong empuk namun tidak membuat badan terperosok terlalu dalam  Alasannya, busa pada kasur ini telah dipadatkan sehingga daya topangnya menyerupai kasur pegas.

Kasur ini bisa dipakai sendiri ataupun berdua. Busa yang telah dimampatkan tadi akan membuat posisi badan tetap seimbang meski Anda tidur dengan pasangany yang badannya lebih berat dari Anda. Namun ingat, karena kasur ini menggunakan busa, maka Anda harus menjaga kasur agar tidak terlalu lembap.

Setelah mendapatkan kasur matras yang tepat, lakukan juga langkah perawatan agar kasur tidak mudah terkontaminasi kuman, virus, atau kotoran yang menempel pada permukaan maupun bagian dalam kasur. Baliklah atau ganti bagian atas dengan bagian bawah kasur minimal satu bulan sekali agar kasur tidak terlalu lembap di satu sisi.

Rekomendasi Lainnya : 10 Kasur Tempat Tidur Terbaik

Kesimpulan

Jika Anda membeli kasur tanpa pegas, umumnya kasur memiliki usia lebih pendek dibandingkan kasur dengan pegas. Karena itulah, perawatan dengan cara yang sama mungkin perlu, tapi Anda tidak bisa berharap lebih kasur bertahan lama. Apalagi jika Anda sering menggunakan kasur yang kemudian membuat busa lebih cepat kempes.

Write A Comment

/* */