CEKLIST.ID – Bagi penderita atau anggota keluarga yang memiliki riwayat diabetes, melakukan pengecekan gula darah secara rutin sangatlah penting. Namun, sekarang kita sudah tak perlu lagi datang ke instansi kesehatan untuk melakukan pengecekan. Adanya alat cek gula darah yang tersedia di pasaran memberi kemudahan setiap orang untuk melakukan sekaligus memantau laporan gula darah secara mandiri dan berkala.

Apabila Anda ingin membeli alat cek gula darah sendiri, Anda mungkin akan menemukan kebingungan. Selain memperhatikan merek produk, tentulah perlu mencermati fungsionalitas dan kemudahan penggunaan serta fitur yang tersemat dari setiap produk. Supaya menemukan produk yang tepat, Anda bisa melihat rekomendasi sekaligus membaca tips memilih yang akan kami bagikan di bawah ini.

Tips dan Cara Memilih Alat Cek Gula Darah yang Bagus

Alat Pengukur Gula Darah yang Bagus
Gambar Ilustrasi Alat Pengukur Gula Darah / drwhiteaker

Alat cek gula darah terdiri dari beberapa komponen utama. Di samping alat pengukurannya sendiri yang berukuran mungil, diperlukan komponen lain berupa lancet dan test strip. Lancet lebih dikenal dengan jarum untuk menusukkan jari sehingga memperoleh sampel darah untuk diukur. Sementara test strip merupakan kertas untuk menampung dan mengukur kadar gula dari sampel yang diterima.

Lancet dan test strip hanya dipakai sekali setiap pengukuran. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan bujet operasional cukup besar, terutama bagi Anda yang mengalami hiperglikemia atau penderita diabetes karena harus melakukan pengukuran secara berkala. Di sisi lain, ada poin penting untuk dipertimbangakn saat memilih produk. Bagaimana? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Pilih yang dapat mengukur dengan volume sampel sedikit

Oleh karena alat untuk mengukur kadar gula dalam darah dioperasikan dengan menusukkan jarum ke ujung jari, maka rasa sakit bisa ditimbulkan akibat terdapat rangsangan yang diterima oleh saraf-saraf pada pembuluh kapiler di bawah kulit. Akan lebih baik jika alat tersebut tidak menyebabkan rasa sakit berlebih.

Maka dari itu, cobalah membeli produk yang dapat memberikan hasil pengukuran akurat tanpa memerlukan volume sampel darah yang banyak. Dengan memilih produk semacam ini, maka sewaktu melakukan pemeriksaan, Anda takkan menemukan error llebih sering yang kemudian membuat beban operasional terhadap penggunaan test strip bertambah besar.

2. Pilih yang dapat mengambil sampel selain dari ujung jari

Saat memeriksa gula darah, umumnya alat mengambil sampel darah yang diperoleh dari ujung jari. Hal ini dilakukan karena pada ujung jari, terdapat fluktuasi kadar gula darah sehingga mampu memberikan hasil pengukuran gula darah lebih akurat. Akan tetapi, semakin dalam jarum menusuk ke pembuluh kapiler, maka menyebabkan rasa sakit berlebihan.

Karena itulah, bila memungkinkan, Anda perlu mencari produk blood glucose meter yang dapat mengukur gula darah dengan mengambil sampel darah dari bagian lain selain ujung jari. Kelebihan semacam ini akan memberikan kenyamanan pada Anda setiap kali ingin melakukan pemantauan gula darah, terlebih jika dilakukan secara berkala.

3. Pilih yang memiliki fitur penting seperti penyimpanan data

Buat orang yang memiliki riwayat penderita diabetes, maka kemungkinan mendapati penyakit serupa juga besar. Itulah mengapa penting bagi setiap orang, terkhusus mereka yang mengalami atau mempunyai riwayat diabetes dan kondisi hiperglikemia dalam waktu lama, untuk menyiapkan alat cek gula darah sendiri di rumah.

Dikarenakan tingkat penggunaan memiliki frekuensi berbeda-beda antara satu orang dengan lainnya, maka bagi Anda yang lebih sering melakukan pengukuran penting untuk mempertimbangkan fitur penyimpanan data pengukuran. Semakin besar frekuensinya, maka alat yang Anda gunakan sebaiknya bisa menyimpan data dari hasil pengecekan lebih banyak.

4. Pilih yang tahan lama dan cepat menampilkan hasil pengukuran

Pertimbangan lain dalam memilih alat cek gula darah berkaitan dengan frekuensi melakukan pengukuran per hari serta berapa lama waktu yang diperlukan alat untuk melaporkan hasil pengecekan. Umumnya, alat ukur memerlukan waktu sekitar 5 – 10 detik untuk mengukur. Beberapa produk juga ada yang mencapai belasan detik.

Yang perlu ditekankan adalah produk tersebut tahan terhadap pemakaian berfrekuensi tinggi. Misal Anda harus melakukan pengukuran gula darah lebih dari sekali dalam sehari, maka alat rentan mengalami error dalam memberikan laporan hasil ukur. Untuk itulah, periksa performa produk, terutama tingkat keakuratannya dalam melaporkan hasil pengukuran.

10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik 2020

Berikutnya, ceklist.id akan memperlihatkan sepuluh alat cek gula darah terbaik dari berbagai merek, seperti GlucoDr., Ascensia, Abbott, Wellion, dan lainnya. Pilihlah yang paling Anda suka namun tetap perhatikan fungsionalitasnya. Selamat memilih!

1. GlucoDr. AGM-2100

Alat Cek Gula Darah GlucoDr AGM-2100
GlucoDr AGM-2100

Produk satu ini dilengkapi dengan desikator antilembap sehingga menjaga alat tetap dalam keadaan kering meski berada di tempat dengan kelembapan yang cukup tinggi. Bentuk alat yang stylish dengan kombinasi warna biru putih yang minimalis menjadikannya menarik dipandang.

Alat cek gula darah dari GlucoDr. ini diklaim mampu memberikan hasil pengukuran lebih akurat. Alasannya, terdapat sematan fitur bernama biosensor yang dilengkapi elektroda emas yang dapat membantu pengukuran glukosa lebih akurat. Lyar LCD yang besar memudahkan Anda dalam membaca hasil pengukuran.

2. Exactive Vital Glucometer

Alat Cek Gula Darah Exactive Vital Glucometer
Exactive Vital Glucometer

Alat cek gula darah satu ini dibekali sejumlah fitur untuk mempermudah pemakaiannya. Sebagai contoh, setelah berhasil melakukan pengukuran, Anda hanya perlu menekan tombol “strip ejection slider” untuk melepaskan setrip tanpa perlu menyentuhnya. Di samping itu, alat ini juga hanya memerlukan volume sampel darah sedikit, yakni 0,6 µl saja.

Apabila Anda mengutamakan kualitas sekaligus harga, Excative Vital Glucometer layak dimasukkan daftar pilihan. Harga yang tergolong ekonomis membuat Anda lebih besar mengontrol kadar gula darah. Bukan cuma itu, produk ini juga dilengkapi ketone alert yang akan membantu Anda mengontrol kadar keton dalam darah. Dengan kata lain, untuk penderita diabetes tipe 1, alat ini dapat membantu mengontrol keton di dalam darah.

3. GlucoDr. Auto AGM-4000

Alat Cek Gula Darah GlucoDr Auto AGM-4000
GlucoDr Auto AGM-4000

Kesibukan kerap kali menyebabkan seseorang lupa untuk mengontrol kesehatannya secara berkala. Jika Anda tidak sempat ke dokter untuk melakukan pengecekan gula darah, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. GlucoDr. menawarkan koleksi alat ukur lainnya bernama Auto AGM-4000.

Alat ini sangatlah menarik sebab tak hanya bisa dipakai oleh orang dewasa, melainkan untuk bayi juga! Dengan rentang ukur kadar gula darah yang luas (antara 10 – 900 mg/dL), alat ini begitu ideal dipkaai anak-anak hingga bayi. Luar biasanya lagi, produk ini disematkan fitur penyimpanan hingga 500 data pengukuran, lho!

4. Ascensia Diabetes Care Contour Plus

Alat Cek Gula Darah Terbaik Ascensia Diabetes Care Contour Plus
Ascensia Diabetes Care Contour Plus

Ascensia Diabetes Care Contour Plus adalah alat ukur yang sangat unggul dari banyak sisi. Meski berdesain sederhana, alat ini dibekali fitur yang melimpah. Anda dapat mengandalkannya untuk mengukur gula darah setiap kali habis makan. Misalnya Anda lupa, alat ini bisa diatur alarm yang berbunyi beberapa saat setiap kali masuk jam makan.

Tidak hanya itu, Ascensia juga menawarkan fitur pengukuran rata-rata dengan mengambil hasil ukur dalam 7 hari, 14 hari, dan 30 hari. Anda dapat pula menyimpan hasil pengukuran di smartphone. Dengan begitu, Anda dapat berkunjung ke dokter tanpa harus membawa alat. Cukup menunjukkan smartphone Anda saja. Keren dan praktis, bukan?

5. Acon On Call Plus

Alat Pengukur Gula Darah Acon On Call Plus
Acon On Call Plus

Dengan alat ini, Anda tak hanya bisa mengambil sampel darah dari ujung jari, tetapi juga pada lengan bagian bawah. Sampel yang diperlukannya pun tidaklah banyak, tetapi hanya 0,5 µl saja. Apabila Anda harus melakukan pengecekan gula darah setiap hari, maka Anda bisa menyerahkannya pada alat ini.

Dikarenakan bisa dipakai selain pada ujung jari, tentu rasa sakit pun bisa berkurang. Di samping itu, alat ini juga dilengkapi software yang dapat Anda unduh pada website resminya. Software tersebut berguna untuk mengumpulkan, menganalisis, serta membaut grafik berdasarkan data yang terkumpul. Sangat memudahkan Anda memantau gula darah sendiri!

6. Abbott FreeStyle Optium Neo

Alat Cek Gula Darah Abbott FreeStyle Optium Neo
Abbott FreeStyle Optium Neo

Bagian sejumlah orang dengan masalah gula darah, dokter biasanya menganjurkan konsumsi insulin untuk membantu pengontrolan gula darah. Jika Anda termasuk demikian, maka alat ini akan selalu mengingatkan Anda setiap kali lupa atau perlu asupan insulin. Adanya fitur insulin logging akan memberikan peringatan ketika Anda perlu insulin.

Alat cek gula darah ini sangat ideal dipakai setiap hari. Hanya memerlukan sampel ukur sebanyak 0,6 µl, Anda sudah bisa membaca hasilnya dalam waktu 5 detik saja. Menariknya lagi, Anda tetap dapat melihat laporan pada layar indikator meski berada di tempat yang cukup silau. Pasalnya, Abbott mendesain layarnya dengan matte screen reflect sehingga pembacaan pun tetap mudah saat terkena cahaya.

7. Wellion LUNA Duo

Alat Cek Gula Darah yang Bagus Wellion LUNA Duo
Wellion LUNA Duo

Alat ini bukan hanya tersedia dalam beberapa pilihan warna cerah yang menarik, tetapi juga mampu mengukur gula darah dan kolesterol. Meski harus membayarkan uang cukup besar untuk membelinya, Anda akan langsung mendapatkan produk dengan fungsi ganda! Dengan satu alat, Anda bisa mengukur gula darah dan kolesterol lebih mudah.

Untuk pembacaan gula darah sendiri, alat ini cukup mengambil volume sampel sangat sedikit, yakni 0,5 µl saja. Selain menyediakan varian warna-warna menarik, alat ini juga didesain ergonomis sehinga mudah digenggam dan dibawa kemana-mana. Produk ini dilengkapi pula dengan fitur perekaman data hingga 360 input untuk gula darah dan 50 input untuk kolesterol.

8. ACCU-CHEK Active

Alat Ukur Gula Darah Terbaik ACCU-CHEK Active
ACCU-CHEK Active

ACCU-CHEK Active dapat Anda gunakan untuk melakukan pengontrolan kadar gula darah lebih mudah. Setelah terbaca laporan setiap kali selesai melakukan pengukuran, Anda dapat memindahkan data pengukuran tersebut ke smartphone melalui konektor mikro USB yang terbenam di salah satu sisinya.

Sewaktu memakai alat ini, Anda bisa membaca laporan pengukuran lebih cepat, yakni hanya dalam waktu 5 detik. Anda dapat pula menggunakannya untuk melihat rata-rata kadar gula darah Anda berdasarkan laporan 7, 14, 30, hingga 90 hari. Alat ini pun sanggup menyimpan data pengukuran hingga 500 input, lho!

9. ACCU-CHEK Performa II

Alat Ukur Gula Darah ACCU-CHEK Performa II
ACCU-CHEK Performa II

Masih bersama produk keluaran ACCU-CHEK, dalam urutan kesembilan kami perkenalkan seri lain yaitu Performa II. Dari segi harga, alat ini lebih mahal dibandingkan sebagian produk lain, termasuk produk dari brand yang sama sebelumnya.

Bagi Anda yang pelupa, alat ini akan selalu mengingatkan Anda dengan alarm ketika waktunya melakukan pengukuran. Anda cukup mengaturnya saja. Untuk pengoperasiannya pun terbilang unik. Anda cukup memasukkan setrip pengukuran ke dalam alat, lalu alat pun akan menyala otomatis. Lebih kerennya lagi, alat ini tetap mampu menyimpan hasil pengukuran meskipun baterai telah dicabut dengan catatan tidak lebih dari 72 jam.

10. OneTouch Select Simple

Gambar ALat Cek Gula Darah OneTouch Select Simple
OneTouch Select Simple

Alat ukur ini dapat dipakai oleh semua orang, baik yang telah paham ataupun belum paham mengenai mekanisme serta status diri berdasarkan laporan kadar gula darah yang tertera  Bagi yang belum paham, alat ini akan membunyikan alarm sebagai indikator gula darah Anda terlalu rendah, tinggi, atau terlampau tinggi.

Gunakanlah alat ini semisal Anda betul-betul masih awam dalam penggunannya. Di samping fitur audio, alat ini juga tidak disertai tombol yang membuatnya lebih sederhana dan mudah dalam penggunaan. Menurut situs resminya, OneTouch memberikan garansi seumur hidup untuk produknya ini. Jadi, adakah alasan lain Anda untuk tidak memilikinya?

Rekomendasi Lainnya : 10 Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik

Ingatlah, ketika Anda membeli alat cek gula darah, maka Anda juga harus menyediakan lancet dan test strip dalam jumlah cukup. Jangan gunakan jarum untuk dua kali melakukan pengecekan. Di samping itu, Anda bisa juga mempertimbangkan untuk membeli produk dengan ukuran yang ringkas sehingga mudah dibawa semisal ingin mengadakan penyuluhan atau semacamnya.

Dengan memiliki alat ini, Anda tak harus mengantre lama atau mengeluarkan uang karena dapat melakukan pengukuran secara mandiri di rumah. Namun, Anda tetap perlu datang ke dokter secara berkala untuk memberi hasil laporan semisal terjadi fluktuasi yang intens. Akhir kata, kami ucapkan semoga Anda tetap sehat, ya!

Write A Comment

/* */