CEKLIST.ID – Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara orang. Bukan hanya di Eropa dan Amerika, di dataran Asia pun tak sedikit yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan. Semakin banyaknya orang yang memelihara kucing, kehadiran makanan kucing pun kian beragam macam.

Merek-merek makanan kucing yang terkenal seperti Whiskas, Friskies, dan Royal Canin hingga yang kelas premium seperti Orijen dan Blackwood menjadikan orang lebih mudah dalam memilihkan pakan untuk kucing peliharaannya. Sudahkah Anda memilih salah satu makanan kucing terbaik dari sekian banyak pilihan yang tersedia? Jika belum, Anda bisa mengetahuinya melalui artikel ini.

Makanan kucing yang bagus dan murah
Gambar Ilustrasi Artikel Makanan Kucing Terbaik

Tips dan Cara Memilih Makanan Kucing

Kunci penting yang harus diperhatikan dalam memilih makanan kucing selain harganya adalah kandungan yang tersimpan di dalamnya. Protein merupakan nutrisi penting yang diperlukan oleh kucing. Namun, protein bisa diperoleh dari daging ikan dan ayam. Setiap bagian dari ikan ataupun ayam mempunyai kadar gizi yang berbeda-beda, karena itu Anda harus teliti dalam membaca label kemasan.

Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas sedikit poin-poin yang perlu diketahui dalam proses pencarian makanan kucing di pet shop atau melalui online shop. Berikut ini penjelasannya!

1. Sesuaikan pemberian tekstur makanan dengan kondisi kucing

Makanan dasar kucing yang digolongkan ke dalam makanan utamanya terdiri dari dua bentuk, yaitu makanan kering dan makanan basah. Makanan kering paling direkomendasikan untuk kucing yang tidak sedang dihadapi masalah dengan daya gigit yang melemah. Makanan kering juga dapat menghindarkan timbulnya plak pada gigi kucing.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh makanan kucing bentuk kering adalah daya tahannya yang lebih lama. Namun, makanan basah juga banyak dipilih, terutama untuk memenuhi nutrisi kucing yang sedang melemah daya gigitnya. Makanan basah dapat menjadi makanan utama untuk kucing anakan (kitten) atau kucing tua. Makanan basah mempunyai varian rasa lebih banyak dibandingkan makanan kering sehingga saat kucing bosan, Anda bisa mengganti varian rasanya.

2. Perhatikan kandungan nutrisinya, hindarilah produk dari biji-bijian

Kucing akan terjaga kesehatannya jika mendapatkan makanan yang bergizi tinggi. Karena itu, pastikan kandungan utama yang tersimpan dalam makanan kucing Anda mempunyai gizi yang berkualitas. Bahan-bahan yang menjadi bahan utama dalam pembuatan pakan kucing adalah daging. Periksalah daging apa yang digunakan, apakah daging ikan atau ayam.

Penting juga untuk memastikan daging yang digunakan berasal dari bagian tubuh yang berprotein tinggi. Hal ini dikarenakan sebagian produsen ada yang menggunakan jeroan atau sisa-sisa produk olahan daging seperti paruh, bulu, jengger, tulang, ceker, dan bahkan darah ayam ataupun ikan. Meski produk tersebut dinyatakan aman oleh BPOM, bukan berarti kualitasnya bagus. Maka dari itu, perhatikan betul poin satu ini.

Selain mengetahui bahan dasar apa yang digunakan, Anda juga wajib mengecek apakah produk tersebut mengandung biji-bijian atau tidak. Makanan kucing yang terbuat dari biji-bijian akan mengasup karbohidrat ke dalam tubuh kucing. Sebagai karnivora, kucing tidak memerlukan karbohidrat sebab hanya akan membuat saluran pencernaan bekerja ekstra dan bahkan menyebabkan kucing obesitas. Bila memungkinkan, carilah makanan yang rendah kandungan gizinya, kalau perlu grain-free alias bebas biji-bijian.

Review 10 Rekomendasi Makanan Kucing yang Bagus

Indonesia belum termasuk negara yang ramah hewan, karena itu agak sulit mendapatkan makanan kucing terbaik hasil produksi brand lokal. Namun, Anda tak perlu bingung karena saat ini sudah beredar banyak makanan kucing dalam bentuk kering ataupun basah. Berikut ini ceklist.id berikan beberapa pilihan makanan kucing yang sudah terbukti kualitasnya. Silakan cek list daftar dibawah ini sehingga Anda dapat memilih yang sekiranya bakal disukai oleh kucing kesayangan Anda!

1. Equilibrio Adult Cats

Gambar Makanan Kucing Equilibrio Adult Cats
Gambar Makanan Kucing Equilibrio Adult Cats

Equilibrio adalah brand makanan hewan asal Brazil. Adult Cats sendiri tergolong makanan kucing favorit para pecinta kucing di Indonesia. Makanan kucing satu ini dinilai dapat menggemukkan kucing secara sehat. Kandungan protein sebesar 35% dan lemak sebesar 20% yang terdapat di dalamnya akan menyuplai keperluan tubuh kucing dengan baik.

Sebagai dry food, Equilibrio menerangkan setiap kibble atau biskuitnya empuk sehingga tidak membuat kucing kesulitan untuk mengunyah. Gigi kucing juga bakal terawat karena adanya omega 3 dan 6 di dalam makanan ini. Ditambah dengan ekstrak tumbuhan yucca schidigera, makanan kucing ini akan dicerna dengan mudah tanpa membuat kotoran kucing menjadi sangat bau.

2. Royal Canin Hair and Skin Care

Gambar Makanan Kucing Royal Canin Hair and Skin Care
Gambar Makanan Kucing Royal Canin Hair and Skin Care

Royal Canin adalah pabrikan makanan hewan peliharaan yang terkenal di dunia. Tersedia banyak pilihan terbaik dari merek satu ini, salah satunya Royal Canin Hair and Skin Care. Selaras dengan namanya, produk yang diimpor dari Perancis ini berguna untuk memanjangkan, melebatkan, dan memperbagus bulu kucing Anda.

Bahkan, makanan kucing ini tidak hanya membuat bulu kucing menjadi lebat dan bagus, tetapi juga terhindar dari kerontokan. Anda bisa memberikan pakan ini ke kucing domestik ataupun kucing kampung. Jadi, dengan mengonsumsi makanan ini, kucing kesayangan Anad akan mempunyai bulu yang indah dan pasti bakalan Anda sukai.

3. Hill’s Prescription Diet i/d Feline

Gambar Makanan Kucing Hills Prescription Diet id Feline
Gambar Makanan Kucing Hills Prescription Diet id Feline

Kucing dapat mengalami masalah pada saluran pencernaan akibat sejumlah faktor, seperti diet yang tidak tepat, alergi makanan, hingga kurangnya enzim pencernaan. Jika saat ini kucing Anda mengalami masalah-masalah tersebut, Anda bisa menanganinya dengan pemberian makanan kucing satu ini. Dihadirkan dalam bentuk basah, makanan ini akan memperbaiki saluran pencernaan yang terganggu.

Hill’s Prescription Diet i/d Feline sangat mudah dicerna. Di dalamnya terkandung elektrolit, vitamin V, dan serat yang baik untuk usus kucing. Makanan kucing satu ini juga bisa menurunkan risiko kucing mengalami batu ginjal. Anda bisa memberikan makanan ini pada kucing dewasa ataupun anakan.

4. Blackwood Kitten Food Chicken Meal & Brown Rice Recipe

Gambar Makanan Kucing Blackwood Kitten Food Chicken Meal & Brown Rice Recipe
Gambar Makanan Kucing Blackwood Kitten Food Chicken Meal & Brown Rice Recipe

Produk ini direkomendasikan bagi kucing yang sedang memasuki masa kehamilan atau kucing yang sedang dalam masa pertumbuhan (kitten). Terdapat protein sebanyak 33% dan lemak sebanyak 21% siap memenuhi keperluan nutrisi kucing Anda yang sedang hamil atau dalam masa pertumbuhan.

Blackwood menjamin setiap nutrisi yang terkandung terjaga kualitasnya. Alasannya, makanan kucing satu ini diolah dengan metode slow cooked sehingga gizi dan nutrisi dari setiap bahan tidak terurai ataupun rusak. Saat memberikan makanan ini, Anda akan lebih tenang bukan karena kucing lebih sehat dan bertumbuh dengan baik, melainkan juga bebas dari penyakit karena produk ini bebas pengawet, perasa, dan pewarna buatan.

5. Merrick Purrfect Bistro Grain Free Morsels Tuna Nicoise

Gambar Makanan Kucing Merrick Purrfect Bistro Grain Free Morsels Tuna Nicoise
Gambar Makanan Kucing Merrick Purrfect Bistro Grain Free Morsels Tuna Nicoise

Jika tak ingin membuat kucing obesitas akibat pemberian pakan yang tinggi karbohidrat, Anda bisa mencoba makanan satu ini. Merrick Purrfect Bistro Grain Free Morsels Tuna Nicoise adalah makanan kucing yang tidak terbuat dari biji-bijian alias grain-free. Makanan ini tidak mengandung pewarna, pengawet, dan perasa buatan sehingga aman untuk segala usia kucing.

Adanya yucca schidigera dalam komposisi bahan dapat mengurangi bau kotoran yang dikeluarkan oleh kucing. Makanan basah ini juga kaya akan omega yang baik untuk merawat kulit dan bulu. Dilengkapi oleh vitamin, mineral, dan taurine, sistem imun kucing akan terjaga dengan baik sehingga tak mudah terserang penyakit.

6. Orijen Cat & Kitten

Gambar Makanan Kucing Orijen Cat & Kitten
Gambar Makanan Kucing Orijen Cat & Kitten

Dengan makanan ini, kucing Anda bisa makan lebih sedikit namun cepat kenyang. Pasalnya, Orijen memberikan lebih dari 40% kandungna protein ke dalam tubuh kucing melalui makanan kucing keluarannya ini. Anda yang khawatir kucing mengalami kegemukan disarankan untuk memberikannya produk satu ini.

Orijen menggunakan bahan baku berupa daging segar untuk menghasilkan makanan kucing ini. Bahkan, daging yang mereka gunakan juga layak dikonsumsi manusia. Dengan demikian, Cat & Kitten dari Orijen ini tidak disertai dengan label “by-product” pada kemasan yang mana mengindikasikan kandungannya berasal dari sisa olahan daging.

7. Kit Cat Premium Cat Canned Food

Gambar Makanan Kucing Kit Cat Premium Cat Canned Food
Gambar Makanan Kucing Kit Cat Premium Cat Canned Food

Sebagai makanan basah, Kit Cat menyediakan varian rasa yang melimpah pada Premium Cat Canned Food persembahannya ini. Kucing Anda takkan mudah bosan meski harus makan makanan basah setiap hari. Produk ini juga terbukti bebas kandungan biji (grain-free), Anda jadi terhindarkan dari rasa khawatir kucing mengalami kegemukan.

Kit Cat melengkapi produk keluarannya ini dengan taurine yang terkenal baik untuk memelihara mata kucing. Bersama dengan omega 3 dan 6, organ dalam kucing seperti jantung akan terjaga. Bahkan, kulit dan bulu kucing kesayangan Anda akan berubah menjadi lebat dan semakin indah dari hari ke hari.

8. Vitakraft Liquid-Snack

Gambar Makanan Kucing Vitakraft Liquid-Snack
Gambar Makanan Kucing Vitakraft Liquid-Snack

Dalam satu kemasan Vitakraft Liquid-Snack, Anda akan mendapatkan 6 saset kemasan snack sekali makan. Tentunya, makanan kucing satu ini bukanlah makanan utama. Jadikanlah sebagai selingan sehingga kucing Anda tak mudah bosan karena menyantap makanan dasarnya setap hari.

Meski berbentuk snack, produk ini tidak akan membuat kucing bermasalah di kemudian hari. Vitakraft menjamin snack ini aman untuk saluran pencernaan kucing karena tidak mengandung perasa, pengawet, dan pewarna buatan. Kalori yang rendah dari makanan selingan ini juga bakal membuat kucing tetap sehat.

9. Royal Canin Veterinary Diet Recovery

Gambar Makanan Kucing Royal Canin Veterinary Diet Recovery
Gambar Makanan Kucing Royal Canin Veterinary Diet Recovery

Walaupun terkenal akan makanan kering dengan varian yang lengkap, Royal Canin juga menyediakan varian makanan dalam bentuk basah. Salah satu yang terlaris adalah Veterinary Diet Recovery. Sebagaimana namanya, produk ini dikhususkan bagi kucing yang sedang sakit atau pasca operasi untuk mempercepat proses penyembuhan.

Makanan basah ini terbuat dari gaging cincang yang berkualitas. Tekstur daging yang lembut akan disukai kucing. Belum lagi aroma kuat yang dikeluarkan menjadikan selera makan kucing meningkat. Namun, meskipun makanan kucing basah ini enak dan mudah dicerna, Anda harus menyimpannya dengan benar di dalam kulkas sehingga tidak cepat basi.

10. Pro Plan Adult Sterilised/Weight Loss with Optirenal

Gambar Makanan Kucing Pro Plan Adult Sterilised Weight Loss with Optirenal
Gambar Makanan Kucing Pro Plan Adult Sterilised Weight Loss with Optirenal

Kucing yang terlalu gemuk akan sulit gerak, Anda pun tidak bisa mengajaknya bermain lama, bukan? Karena itu, bila kucing Anda tergolong gemuk, Anda bisa membantu menurunkannya dengan cara yang tepat. Berikanlah makanan kucing satu ini karena mengandung 25% lemak lebih rendah dibandingkan produk lain.

Tidak cuma itu, produk ini juga cocok diberikan untuk kucing yang baru disteril. Di dalamnya terdapat formula berupa optirenal yang dapat memelihara fungsi ginjal. Vitamin A, C, E, dan omega 3 & 6 yang terkandung menjadikannya semakin baik dalam memberikan nutrisi yang seimbang bagi kucing. Produk ini lebih diutamakan bagi Anda yang mempunyai kucing ras Eropa ataupun kucing indoor.

Kesimpulan

Nah, banyak sekali bukan makanan kucing terbaik yang tersedia di pasaran? Anda dapat memilih satu hingga lebih merek untuk mengetahui manakah yang paling disukai kucing Anda. Untuk memvariasikan makanan yang dikonsumsi kucing Anda, Anda bisa juga memberikannya snack beberapa hari sekali agar kucing tidak mudah bosan karena menyantap makanan utama yang rasanya itu-itu saja.

Write A Comment

/* */