CEKLIST.ID – Saat terjadi keterlambatan haid atau muntah-muntah, itu bisa menjadi pertanda kalau seseorang sedang mengandung alias hamil. Namun, untuk memastikannya, perlu dilakukan pengetesan lebih lanjut menggunakan alat penguji kehamilan yang disebut test pack. Alat berbentuk stik ini dapat dipakai untuk memeriksa kehamilan lebih dini menggunakan sampel berupa urine.

Walaupun pemeriksaan status kehamilan dapat juga dilakukan di klinik menggunakan sampel darah, masih banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan pemeriksaan dini menggunakan test pack. Apabila Anda sedang mengalami siklus keterlambatan haid atau mengalami muntah dan ingin mencoba pengujian sendiri, kami akan ulas mengenai produk test pack untuk membantu Anda menemukan produk yang tepat.

Test Pack Alat Tes Kehamilan Terbaik
Gambar Ilustrasi Alat Cek Kehamilan

Tips dan Cara Memilih Test Pack (Alat Tes Kehamilan)

Test pack bekerja dengan mendeteksi jumlah hormon hCG (human chorionic gonadotropi) yang diproduksi tubuh. Jumlah hormon yang diproduksi akan memengaruhi keakuratan hasil. Untuk itu, sebaiknya memilih test pack yang memberikan nilai keakuratan yang tinggi. Selain itu, penting juga memperhatikan jenis test pack yang digunakan. Agar lebih paham, kami akan berikan penjelasan lebih lanjut di bagian ini.

1. Pilih berdasarkan jenis test pack, tipe normal atau awal?

Ada dua macam test pack yang umum dijumpai dengan sensitivitas yang berbeda-beda, yaitu test pack tipe normal dan tipe awal. Jika Anda tidak sabar untuk melakukan tes kehamilan sebelum jadwal siklus haid dimulai, Anda bisa membeli test pack tipe awal. Test pack jenis ini dapat digunakan 6 hari sebelum masa haid dimulai.

Meski bisa melakukan pendeteksian lebih dini, hasil yang ditimbulkan tidak begitu akurat karena banyak faktor. Namun, faktor terbesar kenapa test pack tipe awal kurang memberikan hasil akurat karena tubuh belum mengeluarkan hCG dalam jumlah cukup. Karena itu, Anda biasanya akan melakukan pemeriksaan lagi pada saat terjadi keterlambatan waktu haid.

Untuk hasil yang lebih akurat, Anda bisa menggunakan test pack tipe normal. Penggunaannya bisa dilakukan antara 3 – 4 hari setelah haid datang terlambat. Namun, lebih disarankan untuk menguji kehamilan satu minggu menggunakan test pack tipe normal karena hasilnya bisa lebih akurat dan kemungkinan benar setelah melakukan pemeriksaan ke dokter.

2. Lebih hemat memilih kemasan berisikan 2 atau lebih test pack

Tes kehamilan mandiri dengan test pack bisa dilakukan berkali-kali untuk memastikan kebenarannya sebelum Anda bisa benar-benar bahagia dengan informasi yang ditampilkan pada jendela indikator. Maka itu, akan lebih baik untuk membeli produk yang dalam satu kemasan terdapat lebih dari satu test pack.

Selain lebih hemat, Anda pun tidak perlu bolak-balik ke apotek atau bahkan pasar swalayan terdekat untuk membeli test pack kembali. Pilih juga test pack yang memberi hasil keakuratan 99%. Meski banyak yang mengklaim produk buatannya mampu mendeteksi dengan nilai sensitivitas tinggi, tak sedikit pula yang ternyata di luar harapan. Untuk itu, jangan terlalu berharap juga dari hasil test pack sebelum memeriksa sendiri dengan mendatangi klinik atau rumah sakit terdekat.

3. Pilih yang menyediakan jendela indikator dengan visibilitas tinggi

Test pack akan memberikan hasil hanya dengan mencelupkan, menetes, atau mengalirkan bagian ujungnya ke dalam atau menggunakan urine. Walau penggunaannya terkesan mudah, tetap banyak wanita yang mengeluh karena hasil tes tidak begitu jelas.

Bagian untuk menampilkan hasil tes yakni jendela indikator yang kecil atau buram tentu sulit dibaca. Maka dari itu, sebaiknya Anda mencari produk yang menyediakan jendela indikator yang jelas. Visibilitas yang tinggi dari sebuah produk akan semakin memudahkan Anda dalam mengetahui kondisi kehamilan.

10 Rekomendasi Alat Tes Kehamilan Test Pack Terbaik

Ada banyak pilihan test pack di pasaran. Produk dari Akurat, Woman Choice, dan OneMed ataupun brand lain bisa Anda gunakan. Namun, agar tak perlu lagi melakukan pencarian produk yang memakan waktu dan pikiran, ceklist.id telah mengumpulkan sepuluh produk test pack terbaik dalam daftar berikut, mari mulai cek.

1. Merk : Sensitif Strip

Gambar Test Pack Sensitif Strip
Gambar Test Pack Sensitif Strip

Angka keakuratan yang mencapai 99,9% menjadikan Sensitif Strip banyak dipilih orang. Level sensitivitas dari produk ini adalah 25 mIU/ml hCG. Dengan nilai setinggi itu, tentu hasil yang diberikan akan lebih pasti sehingga Anda pun tak perlu melakukan pengujian mandiri lebih sering. Lebih hemat pastinya!

Untuk penggunaan alat ini sangatlah mudah. Namun, pastikan Anda memakainya satu minggu setelah berhubungan badan, ya. Cukup celupkan strip dari Sensitif ke dalam wadah berisi urine. Tunggu selama 30 detik dan biarkan test pack bekerja. Setelah 1 – 3 menit, Anda bisa membaca pada jendela indikator hasilnya. Ingat, jangan membaca hasil tes setelah lebih dari 5 menit karena hasilnya akan tidak akurat.

2. HCG Colloidal Gold Rapid Screen Test

Gambar Test Pack HCG Colloidal Gold Rapid Screen Test
Gambar Test Pack HCG Colloidal Gold Rapid Screen Test

Terdapat beberapa bentuk test pack, yakni strip dan stik. Test pack satu ini dirancang dalam bentuk stik berwarna putih. Jendela indikator yang menampilkan hasil tes terletak pada bagian midstream. Dengan bentuknya yang demikian, Anda pun akan lebih mudah dalam memegang atau menyimpannya saat ingin digunakan.

Dalam satu kemasannya hanya tersedia sebuah test pack. Karena itu, jaga produk dalam keadaan higienis agar tidak tercemar sebelum digunakan. Untuk performanya sendiri, test pack ini dapat memberikan keakuratan hingga 99% dengan tingkat sensitivitas mencapai 20 mIU/ml. Dengan nilai sensitivitas dan keakuratan yang tinggi serta jendela indikator yang jelas, Anda pun akan lebih mudah membaca hasilnya.

3. Akurat Compact

Gambar Test Pack Akurat Compact
Gambar Test Pack Akurat Compact

Sebagai brand yang telah memegang nama besar di Indonesia, Akurat menghadirkan produk yang bukan hanya mudah penggunaannya, tapi juga menjamin hasil pengetesan yang sangat mendekati akurat. Harga pasaran yang bersahabat menjadikannya banyak dipilih tanpa memandang kalangan.

Untuk pemakaiannya sendiri, Akurat Compact sedikit berbeda dengan rata-rata test pack di pasaran. Anda tidak perlu menampung urine pada wadah untuk mencelup atau merendam ujung stiknya. Dengan produk ini, Anda hanya perlu memegang stik dan posisikan ujungnya agar terkena aliran air seni. Saat ujung stik basah, Anda harus menutup kembali ujungnya untuk mengetahui hasilnya yang muncul dalam waktu 1 menit.

4. Akurat Strip

Gambar Test Pack Akurat Strip
Gambar Test Pack Akurat Strip

Akurat juga mengeluarkan seri test pack dalam bentuk strip buat Anda yang menyukai bentuk ini. Penggunaannya bisa dilakukan satu minggu setelah berhubungan intim dengan cara yang tak kalah mudah dari seri stiknya. Dengan tingkat akurasi yang mencapai 99%, hasil pemeriksaan menjadi lebih akurat dan Anda pun bisa lebih tenang mengetahuinya.

Produk ini digunakan dengan cara mencelupkannya ke dalam wadah tampung urine. Biarkan 15 detik dan setelah 1 – 3 menit, akan timbul status berupa garis pada strip sebagai hasil akhir pengujian. Jika Anda termasuk orang yang tidak suka menunggu, produk ini akan cocok buat Anda.

5. Sensitif Digital

Gambar Test Pack Sensitif Digital
Gambar Test Pack Sensitif Digital

Apa Anda ingin menginvestasikan dana lebih besar untuk memperoleh kemudahan dalam melakukan tes kehamilan di rumah? Belilah Sensitif Digital yang menawarkan kemudahan penggunaan. Test pack ini termasuk tipe awal dengan jendela indikator yang menampilkan status kehamilan dalam keterangan “yes” dan “no”.

Dengan tingkat keakuratannya mencapai 99,9%, Anda dan suami bisa lebih lega karena tidak curiga dengan hasil yang keliru. Sensitif Digital dapat digunakan pada 5 hari sebelum siklus haid dimulai. Buat Anda yang tidak ingin melakukan tes kehamilan saat terjadi keterlambatan haid, Anda bisa mengandalkan produk yang dapat memeriksa status pembuahan sel telur lebih dini ini.

6. ClearBlue Pregnancy Test With Weeks Indicator

Gambar Test Pack ClearBlue Pregnancy Test With Weeks Indicator
Gambar Test Pack ClearBlue Pregnancy Test With Weeks Indicator

Yang menarik dari ClearBlue Pregnancy Test adalah terdapat indikator mingguan. Jadinya, hasil yang diperlihatkan bukan sekadar status kehamilan pengguna, melainkan juga usia kehamilan semisal hasilnya positif. Kelebihan yang ditawarkan oleh ClearBlue jarang ditemui dari produk serupa keluaran brand lain. Tak heran kalau produk ini dibandrol lebih tinggi dibandingkan produk lain.

Selain terdapat weeks indicator untuk memberitahu usia kehamilan, test pack ini juga memberikan hasil pemeriksaan hingga 99% akurasinya. Untuk indikator minggunya sendiri, ClearBlue mengatakan kalau produk keluarannya ini dapat menunjukkan keakuratan perkiraan usia kehamilan hingga 93%. Produk ini bisa digunakan 5 hari sebelum siklus haid datang.

7. OneMed Test Hamil Quick & Sure

Gambar OneMed Test Hamil Quick & Sure
Gambar OneMed Test Hamil Quick & Sure

Test pack ini dapat menjadi alternatif untuk Anda yang ingin melakukan pemeriksaan lebih sering. Pasalnya, produk ini dijual dengan harga di bawah 10 ribu tentunya harga yang cukup murah. Sangat cocok buat Anda yang mempunyai suami dengan mobilitas tinggi sehingga cukup sulit mempunyai jadwal untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

Dalam satu kemasan terdapat pipet dan strip sebagai alat utama. Untuk penggunaannya, Anda perlu memakai pipet untuk menyedot urine dan meneteskannya pada lubang test pack. Tunggu 1 menit hingga hasilnya keluar. Jika terlihat 2 garis berarti hasilnya positif. Namun, apabila hanya 1 garis dekat C berarti negatif dan invalid apabila yang muncul 1 garis dekat T.

8. Gea Medical HCG Pregnancy Test Strip

Gambar Test Pack Gea Medical HCG Pregnancy Test Strip
Gambar Test Pack Gea Medical HCG Pregnancy Test Strip

Gea Medical menawarkan produk test pack yang dapat memberikan hasil pengujian dengan tingkat keakuratan 99,9% dan sensitivitas 25 mIU/ml. Bisa dipastikan hasilnya benar apabila dalam proses pengujiannya mengikuti instruksi yang disertakan pada kemasan produk.

HCG Pregnancy Test Strip menyediakan 60 strip sehingga sangat cocok untuk dipakai sebagai sosialisasi atau penyuluhan tentang edukasi seksual bagi remaja. Atau, buat Anda yang ingin melakukan pemeriksaan berkali-kali untuk memastikan hasilnya pada periode yang berbeda, produk ini juga tepat guna.

9. OneMed hCG Urine Pregnancy Test

Gambar OneMed hCG Urine Pregnancy Test
Gambar OneMed hCG Urine Pregnancy Test

Walaupun dipasarkan dengan nilai jual yang sangat bersahabat, OneMed menjamin produknya tetap unggul soal performa. Disebutkan kalau produk ini mempunyai tingkat akurasi 99,9% dengan nilai sensitivitas mencapai 20 mlU/ml. Untuk hasil yang lebih akurat, pemakaiannya disarankan pada pagi hari.

Strip dalam kemasan test pack dapat menunjukkan hasil pengujian setelah dicelup ke dalam urine selama 30 detik. Pada 1 menit setelahnya, test pack ini akan memperlihatkan hasilnya apakah Anda positif hamil atau tidak. Dengan nilai pasaran yang ekonomis, Anda pun bisa menyimpan test pack ini lebih banyak di rumah untuk pemeriksaan di hari lain.

10. Woman Choice Pregnancy Test Strip

Gambar Woman Choice Pregnancy Test Strip
Gambar Woman Choice Pregnancy Test Strip

Test pack persembahan Woman Choice banyak digunakan karena bisa menunjukkan ketepatan hasil tes menyerupai hasil tes yang dilakukan di laboratorium rumah sakit atau klinik kesehatan. Penggunaannya yang sangat mudah menjadi nilai tambah dari produk ini. Sangat cocok buat Anda yang menyukai kepraktisan dalam penggunaan produk.

Cukup dengan merendam produk ke dalam urin dan biarkan selama 10 detik sebelum diangkat, hasil pemeriksaan akan keluar pada jendela indikator dalam waktu 40 detik. Hasil yang cepat dan tingkat akurasi yang tinggi akan membuat Anda lebih yakin dengan hasilnya sebelum memastikan nya ke dokter kandungan.

Lainnya : Review 10 Rekomendasi BB Cream Terbaik 

Kesimpulan

Setelah mendapatkan test pack yang tepat berdasarkan referensi di atas, Anda akan lebih mudah melakukan pemeriksaan di rumah. Dalam penggunaan test pack, Anda harus melakukannya dengan benar sehingga kekeliruan hasil bisa dikurangi. Lakukan pengujian pada beberapa hari atau setidaknya satu minggu setelah terjadi keterlambatan haid sehingga hasilnya pun akan lebih akurat.

Write A Comment