CEKLIST.ID – Bagi orang tua yang ingin melakukan toilet training atau potty training, maka penggunaan toilet anak atau pispot anak menjadi penting. Umumnya, anak mulai bisa diajarkan menggunakan toilet anak pada usia 1 tahun 6 bulan hingga usia 2 tahun 6 bulan. Sementara, rata-rata anak mulai bisa memakai toilet dengan sempurna pada umur 3 tahun.

Toilet anak dapat melatih anak agar bisa mandiri sewaktu ingin BAK atau BAB. Anda pun bisa mengurangi atau bahkan melepas popok anak selagi dirinya secara fisik dan emosional telah mumpuni untuk memakai toilet anak. Ada banyak pilihan bentuk dan desain dari toilet anak. Manakah yang paling terbaik untuk dipakai buah hati Anda? Pada artikel berikut, kami akan menerangkan perihal cara memilih toilet anak beserta memberikan rekomendasi toilet anak terbaik.

Potty Training Toilet untuk Anak
Gambar Ilustrasi Potty Training untuk Anak

Tips dan Cara Memilih Toilet Anak yang Bagus

Jika anak-anak telah menunjukkan tanda-tanda seperti melapor saat ingin buang air kecil atau besar, lebih menyukai penggunaan celana dalam ketimbang popok, dan tidak BAB di popok pada malam hari, maka Anda sudah bisa mulai mengenalkannya dengan aktivitas berlatih menggunakan toilet. Sebelum membeli produk yang hendak digunakan, Anda mesti mengetahui bagaimana cara memilihnya. Berikut ini penjelasannya!

1. Toilet anak tipe duduk, paling praktis dan banyak dipasarkan

Ada dua tipe toilet anak, yakni tipe duduk dan tipe jongkok. Kelebihan dari toilet anak tipe duduk yaitu Anda tidak perlu membantu anak agar bisa jongkok di atas toilet. Jenis pispot semacam ini juga yang paling banyak diproduksi karena rata-rata orang tua lebih menyukai tipe ini dibandingkan tipe jongkok.

Namun, kekurangan dari toilet anak tipe duduk terletak pada usia pemakaiannya yang pendek. Selain itu, orang tua juga harus lebih rajin menjaga kebersihan alas duduk pada toilet anak tipe duduk karena langsung mengenai kulit pantat anak. Perhatikan betul aspek kebersihan agar anak bisa dengan nyaman melakukan toilet training dengan benda ini.

2. Toilet anak tipe jongkok, lebih stabil dan tahan lama

Berbeda dengan tipe duduk, toilet anak tipe jongkok dapat digunakan dalam jangka waktu lebih lama. Bahkan, tak jarang produsen yang menciptakan ukuran dan desain yang pas sehingga bisa dipakai hingga anak beralih ke penggunaan toilet dewasa. Kelebihan lain dari toilet anak tipe jongkok adalah bisa membantu anak merasa lebih nyaman karena mendapatkan posisi jongkok yang lebih stabil.

Namun, Anda juga mesti tahu kalau toilet tipe jongkok memerlukan sedikit upaya dari orang tua dalam membantu anak jongkok pada toilet. Anda juga harus memastikan telapak kaki dan permukaan toilet tidak licin sehingga berisiko membuat kaki anak tergelincir. Hal semacam ini terkadang masih menjadi alasan sebagian besar orang tua lebih tertarik memberikan anak toilet tipe duduk dibandingkan tipe jongkok.

3. Utamakan produk yang mudah dibersihkan

Ukuran dari toilet anak memang kecil, sehingga untuk membersihkannya pun tidaklah terlalu rumit. Akan tetapi, toilet anak yang dirancang dengan banyak fungsi atau fitur umumnya mempunyai desain yang rumit sehingga menyulitkan Anda saat membersihkannya. Bagian-bagian sempit pada toilet juga akan sulit dijangkau apabila tidak memakai sikat pembersih khusus yang ukurannya pas.

Oleh karena itu, disarankan untuk mempertimbangkan toilet anak yang komponennya bisa dilepas pasang. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah dalam hal membersihkan kotoran sekaligus permukaan toilet anak secara keseluruhan. Sementara untuk produk yang bersifat multifungsi, Anda tetap bisa memilihnya asalkan mengetahui bagaimana cara membersihkan setiap komponen di dalamnya.

10 Rekomendasi toilet anak terbaik

Produk yang dapat membantu anak beraktivitas secara mandiri untuk urusan buang air kecil atau besar ini bisa ditemui dengan mudah di pasaran. Namun, saking banyaknya pilihan, tak jarang orang tua menjadi bingung. Apakah Anda termasuk? Jika iya, ceklist.id telah merangkum 10 produk toilet anak terbaik yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Jadi, selamat menentukan!

1. Baby Safe Boy’s Training Potty

Gambar Toilet Anak Baby Safe Boys Training Potty
Gambar Toilet Anak Baby Safe Boys Training Potty

Toilet anak satu ini dirancang khusus untuk keperluan buang air kecil anak laki-laki Anda. Baby Safe menawarkan fitur agar produk bisa ditempelkan pada dinding kamar mandi ataupun kamar anak. Jika ditempatkan di kamar tidur, anak tak perlu mengakses kamar mandi utama di rumah. Sementara apabila diletakkan di kamar mandi utama, anak bisa beradaptasi dengan lingkungan kamar mandi untuk kegiatan BAK dan BAB-nya sewaktu lepas dari toilet anak.

Produk keluaran Baby Safe ini mempunyai desain yang menarik. Bentuk yang menyerupai kodok tentu akan disukai anak Anda. Pada bagian tengah kompartemen utama terdapat kincir putar yang akan memutar sewaktu anak buang air kecil ke dalamnya. Satu lagi, toilet anak ini bisa dipakai untuk anak kencing sambil berdiri, lho!

2. Green Leaf Potty 5018

Gambar Toilet Anak Green Leaf Potty 5018
Gambar Toilet Anak Green Leaf Potty 5018

Apakah Anda orang yang bangga menggunakan produk buatan lokal? Toilet anak berikut akan cocok untuk Anda yang demikian. Green Leaf yang merupakan perusahaan plastik asal Indonesia bermain pada sektor produk toilet aank. Produk yang akan membantu para orang tua melepas ketergantungan anak terhadap popok ini dapat menjadi pilihan bagi Anda.

Harga yang murah juga menjadi nilai lebih utama yang ditawarkan. Potty satu ini mempunyai bentuk yang sangat sederhana. Bertipe duduk, Anda tak perlu mengangkat anak agar bisa jongkok dengan stabil. Desain yang sederhana menjadikan orang tua lebih mudah dalam membersihkannya. Tak hanya itu, Green Leaf juga menyertai toilet ini dengan tutup sehingga bisa menghindarkan toilet dari kuman penyakit.

3. Baby Safe Train to Flush Potty

Gambar Toilet Anak Baby Safe Train to Flush Potty
Gambar Toilet Anak Baby Safe Train to Flush Potty

Kegiatan potty training anak akan terasa lebih menyenangkan apabila Anda memberikannya produk ini. Baby Safe menciptakan toilet anak berikut dengan bentuk fisik yang menyerupai toilet dewasa. Bedanya, produk ini dirancang dalam ukuran yang lebih mini. Namun, secara fungsi sangatlah sama. Bahkan, produk ini pun telah dilengkapi dengan tombol flush.

Tombol flush tersebut bukan untuk mengeluarkan air, melainkan musik. Berkat tombol ini, anak Anda bisa belajar untuk terbiasa menyiram kotoran setelah buang air. Kemudian, nilai lebih lain yang disematkan oleh Baby Safe pada toilet anak ini yakni adanya ilustrasi tempat tisu berputar pada bagian samping. Sangat cocok untuk membiasakan anak menjaga kebersihan dirinya setelah buang air.

4. IKEA Lilla Toilet Anak Hijau

Gambar Toilet Anak IKEA Lilla Toilet Anak Hijau
Gambar Toilet Anak IKEA Lilla Toilet Anak Hijau

IKEA mengandalkan desainer asal Belanda, Monica Mulder, untuk melakukan perumusan terhadap bentuk dari toilet ini. Alhasil, jadilah toilet anak dengan bentuk yang ergonomis dan sederhana. Produk satu ini dapat menjadi pilihan praktis untuk Anda yang ingin memulai kegiatan potty training pada anak yang telah berusia 1 – 2 tahun.

Toilet anak tipe jongkok ini terbuat dari bahan karet sintetis yang bebas kandungan BPA. Dengan begitu, produk ini dipastikan aman. Tak cuma aman, IKEA Lilla Toilet Anak Hijau juga mempunyai rancangan yang sangat sederhana sehingga Anda pun akan lebih mudah dalam membersihkannya. Cukup dengan sabun cair dan dibilas air, toilet ini bisa bersih kembali.

5. Fisher Price Royal Stepstool Potty

Gambar Potty Training Fisher Price Royal Stepstool Potty
Gambar Potty Training Fisher Price Royal Stepstool Potty

Jika kebanyakan toilet anak mempunyai bentuk yang sederhana, Fisher Price tidak demikian. Pada produk keluarannya ini, Fisher Price menginginkan agar anak juga terbiasa dengan bentuk toilet dewasa pada umumnya. Tak heran jika tampilannya memang sangat mirip dengan toilet dewasa. Bahkan, produsen menjadikan produk satu ini multifungsi. Jadi, anak bisa menggunakannya sebagai potty chair, potty ring, dan pijakan kaki.

Bentuk utama dari produk yakni sebagai potty chair untuk mengenalkan anak cara buang air yang benar. Sementara bagian dudukannya yang dapat dilepas bisa dijadikan potty ring untuk ditempatkan pada toilet dewasa. Terakhir, Fisher Price juga merancang produk ini agar bisa dijadikan pijakan kaki anak semisal ingin menggunakan wastafel yang cukup tinggi. Dengan satu produk, anak bisa merasakan banyak pengalaman!

6. Richell Pottis Step and Potty

Gambar Richell Pottis Step and Potty
Gambar Richell Pottis Step and Potty

Toilet anak satu ini mempunyai ukuran yang kompak. Ketinggiannya yang pas akan memberikan kenyamanan saat anak duduk di atasnya. Richell mendesain barang satu ini dengan balutan warna yang kalem sehingga melepaskan aura ketenangan pada anak sewaktu menggunakannya.

Pada dua sisi toilet terdapat pegangan yang bisa digenggam oleh anak semisal ingin mengeden untuk buang air besar. Ukuran dari armrest pada produk ni juga disesuaikan dengan ukuran rata-rata telapak tangan anak usia 1 – 2 tahun. Dengan adanya pegangan berbentuk unik ini, saraf motorik anak bisa terlatih untuk memegang sesuatu sebagai penahan.

7. Summer Infant My Size Potty

Gambar Potty Training Summer Infant My Size Potty
Gambar Potty Training Summer Infant My Size Potty

Summer Infant juga mengeluarkan toilet anak yang mungkin cocok untuk Anda. Sebagaimana gambar di atas, produk ini mempunyai bentuk yang secara menyeluruh mengikuti bentuk dari toilet dewasa pada umumnya. Anda bisa mengajarkan anak untuk secara mandiri melakukan proses BAK dan BAB melalui toilet ini.

Sama dengan beberapa produk sebelumnya, toilet anak ini juga menyediakan tombol flush yang akan mengeluarkan suara ketika ditekan. Di bagian belakang terdapat tempat untuk menyimpan tisu basah yang bisa digunakan untuk keperluan bersih-bersih setelah buang air.

8. My Carry Potty

Gambar Toilet Anak My Carry Potty
Gambar Toilet Anak My Carry Potty

Anda tetap bisa mengajari anak buang air kecil meski sedang melakukan perjalanan. Tidak perlu membawa anak ke toilet umum apabila Anda mempunyai produk satu ini. My Carry Potty, sebagaimana namanya, adalah toilet anak yang bersifat portable. Didesain menyerupai bentuk tas dengan bobot ringan, Anda pun bisa dengan mudah menjinjingnya ke mana pun Anda mau.

Tentunya, toilet anak ini bisa dengan mudah dilipat. Adanya gagang pada bagian atas atau depan membuatnya mudah ditenteng oleh tangan. Anda bisa menyiapkan produk ini di dalam bagasi mobil apabila sedang melaksanakan perjalanan jauh dengan si kecil. Jika di tengah perjalanan anak ingin buang air kecil atau besar, segera gunakan toilet ini sebagai toilet darurat di dalam mobil.

9. Puku Baby Potty 18mth 17401

Gambar Toilet Anak Puku Baby Potty 18mth 17401
Gambar Toilet Anak Puku Baby Potty 18mth 17401

Puku menghadirkan toilet anak satu ini sebagai alternatif bagi orang tua yang tak ingin memberikan anak toilet duduk tipe duduk. Sudah pasti, produk ini akan memberikan kenyamanan pada setiap anak yang memakainya. Puku sendiri merancang produk dengan bentuk menyerupai kapal laut dimana terdapat salah satu sisi untuk ditempati nahkoda atau kapten kapal.

Bahkan, sebagian orang juga menilai Puku Baby Potty ini menyerupai mainan kuda-kudaan anak karena terdapat pegangan pada salah satu sisinya. Produk yang dapat dipakai untuk potty training anak usia 18 bulan ke atas ini secara bersamaan akan menjadi tempat belajar buang air yang berguna sekaligus menyenangkan bagi anak.

10. Babybjorn Potty Chair

Gambar Babybjorn Potty Chair
Gambar Babybjorn Potty Chair

Kenyamanan adalah aspek utama yang diutamakan oleh produk ini. Fisik yang sangat persis dengan bangku anak ini secara penggunaan juga sama. Jadi, bagi Anda yang menginginkan toilet anak tipe duduk sebagai toilet training buah hati, Babyjorn Potty Chair sangatlah direkomendasikan.

Produk ini dilengkapi backrest atau sandaran yang cukup tinggi sehingga anak Anda bisa lebih rileks saat buang air. Bukan hanya backrest, Babyjorn turut meneruskan bagian sandaran dengan tambahan armrest atau tempat bersandar tangan anak. Selain menawarkan kenyamanan, Babyjorn juga menjamin anak bisa berdiri dengan mudah setelah melakukan BAK atau BAB karena ukurannya yang cukup lebar namun tetap pas di badan anak.

Lainnya : Mainan Edukasi Anak umur 4 -6 Tahun

Kesimpulan

Terdapat banyak varian berupa bentuk, ukuran, desain, dan warna yang ditawarkan oleh masing-masing produsen pada toilet anak terbaik keluarannya. Untuk bujet pun beragam, ada yang seharga di bawah ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Anda bebas memilih yang mana saja asalkan produk tersebut dapat dipakai dengan baik oleh buah hati di rumah atau perjalanan.

 

Write A Comment

/* */