CEKLIST.ID – Kehadiran bayi di tengah anggota keluarga bagaikan anugerah yang paling berharga. Terlebih bagi orang tua baru, kelahiran buah hati pertama akan menjadi momen penting yang takkan terlupakan. Anda yang sedang mengandung atau baru saja melahirkan tentu memerlukan persiapan, salah satunya membeli matras untuk box bayi.

Box bayi digunakan untuk tempat tidur anak. Karena rata-rata box bayi terbuat dari kayu, tentu alas untuk pembaringan bertekstur keras. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa menggunakan matras. Tapi ketahuilah, matras terbaik tidak bisa dibeli sembarangan. Matras lebih disarankan pemakaiannya ketimbang Anda menempatkan anak di kasur biasa, apalagi kasur yang tak memiliki daya tolak tinggi.

Matras Nyaman dan Lucu untuk Bayi
Gambar Ilustrasi Box Bayi dan Menggunakan Matras

Tips dan Cara Memilih Matras untuk Box Bayi yang Bagus

Ada banyak pilihan matras untuk box bayi di Indonesia, seperti IKEA, Babybee, Mothercare, Doogle dan sejumlah produsen lain turut mendatangkan produk matras. Bahkan ada matras karakter yang didesain dengan karakter tertentu. Namun untuk kenyamanan, agar Anda tak keliru atau salah dalam menentukan, kali ini kami akan membagikan tips memilih matras untuk keranjang atau box bayi pada bagian ini.

1. Ukur dulu box bayi agar matras yang dibeli ukurannya sesuai

Terdapat ukuran yang berbeda antara satu box bayi dengan yang lain. Maka itu, Anda juga harus menyesuaikan ukuran matras yang hendak dibeli agar muat atau pas saat diletakkan ke dalam box. Pada umumnya, box bayi mempunyai ukuran 70 x 120 cm. Untuk ukuran yang lebih kecil berkisar antara 60 x 90 cm. Tak menutup kemungkinan kalau ada ukuran box bayi lain semisal 70 x 100 cm atau 60 x 120 cm. Pilihlah matras yang bisa muat di dalam box bayi Anda.

2. Pilih matras yang memiliki daya pantul kuat

Jangan letakkan bayi Anda pada kasur busa biasa yang empuk karena bayi bisa terbenam dan mengganggu pernapasannya. Hal ini bahkan dapat berdampak pada SIDS atau sindrom kematian anak mendadak pada usia 1 tahun ke bawah. Disarankan memilih matras bayi yang dapat menghindari wajah terbenam saat dipakai tidur.

Anda bisa mencari matras bedaya tolak tinggi sehingga dapat mendistribusikan tubuh secara merata. Bahan-bahan semacam busa poliuretan dengan tingkat kepadatan tinggi, lateks yang keras, dan produk berteknologi airfiber biasa digunakan untuk membuat matras. Bahan-bahan ini akan menjaga kontur tubuh meski banyak berpindah posisi sewaktu tidur. Semua bahan ini juga telah melewati pengujian berulang dan terbukti mempunyai daya tolak tinggi.

3. Pilih matras yang mudah dicuci, bila perlu cari yang tahan air

Bayi Anda dapat mengompol, muntah, dan berkeringat saat berada di dalam box bayi. Hal tersebut tentu akan membuat matras menjadi kotor dan kebersihannya terganggu. Maka itu, utamakan memilih matras yang mudah dibersihkan. Anda bisa mencuci matras dengan shower. Jika ingin lebih mudah saat proses pencucian matras, Anda bisa membeli matras yang dibekali bahan permukaan tahan air.

Bahan waterproof ini akan membuat matras kedap air. Jadinya, muntahan, tumpahan susu, atau ompol bayi takkan meresap ke dalam matras. Meski demikian, Anda tetap harus membersihkan matras secara rutin sehingga kebersihannya lebih terjamin. Jika Anda tak ingin menggunakan matras kedap air, Anda bisa menggunakan seprai anti air sehingga segala bentuk basah tidak langsung mengenai matras.

Review 10 Rekomendasi Matras Terbaik untuk Box Bayi (Terbaru 2020)

Jika Anda sudah memahami bagaimana cara memilih matras untuk box bayi yang tepat, selanjutnya ceklist.id akan bagikan daftar rekomendasi matras terbaik untuk box bayi di rumah Anda. Selamat memilih!

1. IKEA Vyssa Vinka

Matras untuk Bayi IKEA Vyssa Vinka
Gambar IKEA Vyssa Vinka

Sasaran pertama kami jatuh kepada IKEA Vyssa Vinka. Matras untuk box bayi ini mempunyai pegas di dalam matras. Kehadiran pegas ini menjadikan matras mempunyai permukaan yang cukup keras dan berdaya pantul kuat sehingga dapat menahan tubuh bayi secara merata. Pegas yang digunakan oleh IKEA pada produk ini bertipe bonnel spring yang memiliki bentuk menyerupai jam pasir.

IKEA Vyssa Vinka tidak tergolong matras antiair sehingga Anda perlu memasangkan seprai untuk menjadi cover-nya. Anda dapat membeli lebih dari 1 cover sehingga saat yang satunya dicuci, Anda tetap bisa menggunakan matras ini dengan cover yang lain. Matras untuk box bayi ini tergolong yang paling murah dibandingkan produk lain dengan spesifikasi tak jauh beda.

2. IKEA Pelleplutt

Matras untuk Bayi yang Bagus IKEA Pelleplutt
Gambar IKEA Pelleplutt

Masih dalam jajaran produk IKEA, selanjutnya ada IKEA Pelleplutt dengan harga jual yang berdekatan. Matras ini juga dibekali cover yang mudah untuk dilepas ataupun dipasang. Anda bisa memastikan kehigienisan seprai matras sehingga bayi Anda bisa tidur dengan nyenyak di atasnya. Anda juga tak perlu khawatir akan kuman yang mungkin mengganggu sistem imunnya.

Produk ini terbuat dari busa poliuretan yang dilapisi dengan kain katun dan polyester, menjamin matras terasa lembut sangat mengenai kulit badan bayi Anda. IKEA memastikan kalau matras keluarannya ini bebas dari bahan kimia berbahaya sehingga cocok dipakai untuk semua bayi. Matras ini mempunyai daya tolak tinggi dengan ketebalan hanya 6 cm.

3. Babybee Mattress Bed

Matras untuk Box Bayi Babybee Mattress Bed
Gambar Babybee Mattress Bed

Siapa kira kalau Babybee mengeluarkan matras asal lokal dengan mengadopsi teknologi dari Eropa? Mattress Bed persembahan Babybee ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memakai produk dalam negeri. Dijual dengan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa menghemat pengeluaran. Walau murah, matras untuk box bayi ini telah dibuktikan bebas bahan kimia, tungau, jamur, dan bakteri.

Matras ini terbuat dari bahan lateks alami seutuhnya. Untuk seprainya, Babybee menyertakan kain berbahan bambu yang ramah bagi lingkungan dan kulit bayi. Serat kain yang berpori dapat memberi perputaran udara yang baik sehingga bayi Anda tak mudah berkeringat saat cuaca atau ruangan panas. Matras ini cocok untuk digunakan bayi baru lahir hingga usia 1 tahun.

4. Mothercare Luxury Anti Allergy Pocket Spring Cot Bed Mattress

Matras untuk Bayi dan Balita Mothercare Luxury Anti Allergy Pocket Spring Cot Bed Mattress
Gambar Mothercare Luxury Anti Allergy Pocket Spring Cot Bed Mattress

Bayi yang tidak bisa diam akan membuat tubuhnya mudah alergi. Saat Anda letakkan di kasur dan bayi banyak bergerak, tentu Anda perlu menunjang aktivitasnya agar tak berbahaya bagi dirinya. Gunakan matras untuk box bayi dari Mothercare ini, bayi Anda dijamin akan lebih nyaman meski banyak melakukan tingkah menggemaskan.

Matras premium persembahan Mothercare ini akan menjaga tulang belakang bayi Anda karena terbuat dari bahan yang lembut dan berdaya pantul tinggi. Dengan ketebalan 10 cm dan ukuran 70 x 140 cm, Anda bisa dengan mudah saat mencucinya. Matras ini dilapisi cover yang akan mencegah tungau dan debu masuk ke dalam matras melalui kandungan probiotik yang dimilikinya.

5. Colgate Zenbaby 2-Stage Crib Mattress with KulKote

Matras untuk Bayi Colgate Zenbaby 2-Stage Crib Mattress with KulKote
Gambar Colgate Zenbaby 2-Stage Crib Mattress with KulKote

Bagi Anda yang mencari matras bayi dengan sifat antialergi dan tidak berbau, maka produk dari Colgate ini patut dipertimbangkan. Bagian luar matras yang dilapisi oleh cover anti air dan serat yang tidak mudah dibakar, tentu menjadikan matras ini tahan lama digunakan. Anda juga tak perlu khawatir timbul aroma tak sedap karena muntahan atau ompol bayi sebab sifat tersebut.

Matras ini mungkin tampak mahal. Tapi yakinlah kalau dengan membeli Anda, itu sama saja Anda memastikan anak Anda tidur nyenyak dan tenang semalaman. Pasalnya, matras bayi ini terbuat dari bahan super empuk dan ringan namun tetap berdaya tolak tinggi. Bahan yang digunakan untuk membuat matras ini adalah ecofoam yang telah mengantongi sertifikat aman bagi bayi dan balita.

6. Newton Crib Mattress

Matras untuk Bayi Newton Crib Mattress
Gambar Newton Crib Mattress

Bayi akan mudah bernapas dan terhindar dari cucuran keringat saat tertidur apabila menggunakan matras ini. Newton merancang barang ini dengan kombinasi bahan yang bersifat hipoalergenik dan bebas bahan kimia. Kabarnya, produk ini juga bisa didaur ulang, lho! Bagi Anda yang membutuhkan matras bayi bersifat breathable, Newton Crib Mattress ini sangat cocok untuk Anda.

Matras berteknologi wovenaire ini mempunyai rongga yang dapat menjadi keluar masuk udara. Dengan demikian, bayi Anda akan lebih nyenyak saat tidur meskipun Anda tak menghidupkan pendingin udara semacam AC atau penyejuk udara seperti kipas. Produk ini dilapisi sarung dari polymer yang mudah dicuci dengan mesin cuci.

7. Sofzsleep Cotonnier Latex Mattress

Matras untuk Bayi Sofzsleep Cotonnier Latex Mattress
Gambar Sofzsleep Cotonnier Latex Mattress

Bahan lateks premium yang digunakan Sofzleep pada matras keluarannya ini dipastikan bebas kandungan formalin dan pestisida. Karet alami yang dibudidaya secara organik akan menjamin bayi Anda tidur lebih aman dan nyaman menggunakan matras ini. Berkat sifat organik ini, Sofzsleep Cottonier Latex Mattress tak akan mudah menabung bakteri ataupun jamur saat terkena ompol dan keringat bayi.

Anda bisa lebih tenang apabila membeli barang ini. Pada bagian terluar matras terdapat cover yang terbuat dari bahan serat bambu. Bukan hanya permukaan matras yang antibakteri, melainkan seprai yang digunakan juga bersifat sama. Anda bisa mencuci lapisan terluar ini dengan mesin cuci untuk menjaga kehigienisannya. Produk dengan ketebalan 10 cm ini juga breathable, lho!

8. Milliard Dual Use Crib Mattress

Matras untuk Bayi Milliard Dual Use Crib Mattress
Gambar Milliard Dual Use Crib Mattress

Tampak sederhana, tak banyak detail, dan ideal untuk semua usia bayi, itulah tiga hal yang mendeskripsikan matras ini. Meski harganya tergolong mahal, Anda bisa merasakan kepuasan saat menggunakan matras ini sebagai alas tidur anak. Milliard menggunakan foam premium dalam merancang matras dengan ketebalan 14 cm ini.

Teknologi yang breathable dimiliki oleh matras ini, bayi Anda bisa bernapas bebas tanpa dihantui bayang-bayang keringat dan bahkan SIDS. Walau terbuat dari foam yang lembut, matras ini tetap mampu menopang postur tubuh bayi secara merata. Bayi Anda tak akan terbenam saat memakai matras yang kokoh ini.

9. Sofzsleep Cot Mattress

Matras untuk Bayi Sofzsleep Cot Mattress
Gambar Sofzsleep Cot Mattress

Sofzsleep mendatangkan matras untuk box bayi seri lain bernama Cot Mattress. Diklaim sebagai matras terbaik dengan daya tolak yang tinggi, matras ini dapat meminimalisir risiko terjadinya Sindrom Kematian Mendadak. Material yang digunakan untuk menggagas produk ini berupa lateks dari Belgia yang seluruhnya berbentuk alami.

Matras dari bahan lateks ini juga mempunyai pori-pori yang memungkinkan udara berlalu-lalang secara bebas. Anak Anda tak akan berkeringat saat memakai matras ini, terutama bagian punggungnya. Selain itu, Anda juga bisa lebih tenang berkat sarung matras yang terbuat dari serat bambu yang antibakteri serta mampu menyerap kelembaban dengan baik.

10. Dream On Me 2-in-1 Breathable Crib Mattress

Matras untuk Box Bayi Dream On Me 2-in-1 Breathable Crib Mattress
Gambar Dream On Me 2-in-1 Breathable Crib Mattress

Matras breathable ini cocok dipakai untuk bayi baru lahir hingga balita. Dinamai 2 in 1 karena produk ini memiliki dua sisi yang bisa dipakai. Pada sisi satunya dirancang untuk menjamin sirkulasi tinggi sehingga ideal untuk bayi. Sementara pada sisi lainnya bersifat tahan air dan cocok untuk usia balita. Setiap sisi mempunyai lapisan dengan masing-masing fitur tersebut.

Bagi Anda yang ingin memperoleh manfaat ganda dalam satu produk, milikilah Dream On Me 2-in-1 Breathable Crib Mattress. Barang ini telah memperoleh sertifikat GreenGuard yang mana mereferensikan sedikitnya kandungan bahan kimia pada bahan matras ini secara menyeluruh. Selain aman untuk bayi Anda, matras ini juga bisa dipakai dalam waktu lama.

Lainnya : Rekomendasi Kelambu Bayi Terbaik

Kesimpulan Rekomendasi Matras Bayi Terbaik 2020

Jangan asal memilih matras untuk box bayi Anda. Selain memperhatikan tingkat keamanannya, terutama dalam mengurangi risiko SIDS, Anda juga perlu memilih matras yang bebas bahan kimia sehingga Anda bisa lebih tenang saat ingin meniduri anak di atas matras tersebut. Selain itu, Anda perlu juga menjaga kebersihan matras dengan rutin mencucinya, terutama saat terkena ompol atau keringat bayi.

Write A Comment

/* */