10 Rekomendasi Obat Kutu Air Terbaik 2019

CEKLIST.ID – Kutu air atau tinea pedis merupakan infeksi jamur yang muncul di sela-sela jari kaki dengan bentuk ruam bersisik. Penyebabnya adalah jamur bernama dermatophytes, sebuah jamur yang juga menjadi penyebab kurap. Jamur tersebut bisa menyerang manusia melalui sentuhan langsung maupun melalui benda yang sudah terkontaminasi. Kurang menjaga kebersihan, jarang mengganti kaus kaki, dan berbagi barang pribadi seperti handuk, sepatu, dan kaus kaki adalah faktor yang meningkatkan resiko terkena jamur penyebab kutu air.

Gambar Ilustrasi Kutu Air

Gambar Ilustrasi Kutu Air

Saat terkena kutu air, bagian sela-sela jari kaki akan terasa sangat gatal, lebih-lebih saat alas kaki dibuka. Hal tersebut tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu, Anda bisa mengobatinya dengan merendam kaki menggunakan air garam atau cuka yang diencerkan. Hal tersebut dimaksudkan agar lepuhan kulit bisa mengering dan jamur yang hinggap di kaki bisa pergi secepatnya. Namun, cara tersebut kurang praktis dan kurang efektif. Untuk itu, Anda perlu obat kutu air terbaik untuk mengatasinya.

10 Rekomendasi Obat Kutu Air Terbaik 2019

Sudah ada banyak obat kutu air yang dijual di pasaran dengan berbagai merek. Kalpanax, Fungiderm, Salep Kulit 88, dan Daktarin merupakan beberapa merek terkenal yang memproduksi obat kutu air yang efektif. Saat membelinya, sangat disarankan untuk memilih produk dengan kandungan miconazole, terbinafine, butenafine, hidrokortison, dan clotrimazole yang terkenal efektif menumpas jamur dermatophytes. Untuk yang bingung memilihnya, Anda bisa melihat rekomendasi obat kutu air terbaik pilihan ceklist.id seperti di bawah ini.

1. Daktarin Krim Anti Jamur

Gambar Daktarin Krim Anti Jamur

Daktarin Krim Anti Jamur

Daktarin Cream adalah obat anti jamur yang mengandung zat aktif miconazole. Zat aktif tersebut terbilang ampuh dalam mengatasi kutu air, kurap, panu, dan infeksi jamur lainnya. Sebagai salah satu produk yang terkenal di seluruh dunia, kualitas obat jamur ini tak perlu diragukan lagi. Obat ini bahkan mampu mengatasi infeksi jamur yang menyerang kulit hanya dalam hitungan hari saja.

Untuk mengobati kutu air menggunakan Daktarin Cream, Anda hanya perlu mengoleskannya ke bagian yang terkena jamur. Selama sepuluh hari, Anda harus rutin mengoleskannya ke kulit tubuh dengan rincian dua kali pengolesan dalam satu hari. Namun jika belum sembuh, Anda bisa mengoleskannya lagi, meskipun sudah sepuluh hari. Saat kutu air dirasa hilang, maka pemberian krim ini bisa dihentikan. Meskipun harganya terbilang mahal untuk ukuran kemasan 5 gr, namun Daktarin Krim Anti Jamur adalah obat kutu air yang ampuh.

2. Kalpanax Krim

Gambar Kalpanax Krim

Kalpanax Krim

Untuk mengobati infeksi jamur, Kalpanax Krim menggunakan zat aktif micronazole. Dengan kandungan micronazole nitrate sebanyak 2%, jamur-jamur di tubuh bisa hilang dengan segera. Tidak hanya ampuh dalam mengatasi kutu air saja, namun obat ini juga efektif dalam mengatasi infeksi jamur lain layaknya panu dan kurap. Cara kerja micronazole adalah dengan menghambat pertumbuhan komponen penting dalam jamur. Dengan begitu, jamur tersebut akan hilang secara bertahap.

Untuk menggunakan Kalpanax K sangat mudah, karena krimnya tidak lengket. Anda cukup mengoleskan krimnya 2 sampai 3 kali dalam sehari sampai sembuh. Usahakan untuk mengoleskan krimnya di tempat yang sama agar proses penyembuhan lebih cepat. Namun, produk ini bisa memberi efek kulit kemerahan dan sensasi seperti terbakar, meski jarang terjadi. Obat ini terbilang ampuh dalam mengatasi kutu air, meski harganya cukup terjangkau.

3. Kalpanax Cair

Gambar Kalpanax Cair

Kalpanax Cair

Jika obat anti jamur biasanya berbentuk krim, maka beda cerita dengan Kalpanax Cair yang berbentuk cair seperti air. Dengan bentuk semacam ini, maka obatnya lebih cepat meresap ke dalam kulit, sehingga lebih cepat mengobati kutu air. Proses aplikasinya juga mudah, yakni dengan membasahi kapas oleh cairan ini, lalu di usapkan tipis-tipis ke kulit yang terkena jamur kutu air. Jangan sampai menggosokkannya ke kulit, karena hal tersebut bisa membuat kulit lebih iritasi.

Beda cerita dengan obat kutu air yang berbentuk krim, Kalpanax Cair justru memilki kandungan benzic acid, salicylic acid, dan povidone iodone. Dengan kandungan benzic acid dan povidones iodone yang merupakan antiseptik, maka jamur di kulit akan lebih mudah diobati. Sedangkan salicylic acid berfungsi sebagai antiradang untuk mempercepat proses pengelupasan kulit. Perpaduan tersebut akan ampuh dalam mengatasi kutu air kering dan pecah-pecah. Jika Anda sudah menggunakan obat anti jamur terbaik berbentuk krim namun gagal, menggunakan produk ini bisa jadi opsi terbaik.

4. Antifungal Dermatologicl Miconazole 2% Cream

Gambar Antifungal Dermatologicl Miconazole 2% Cream

Antifungal Dermatologicl Miconazole 2% Cream

Untuk Anda yang mencari obat kutu air murah, tak ada salahnya untuk mencoba memakai Antifungal Dermatologicl Miconazole 2% Cream. Meskipun dengan harga terjangkau, namun dirinya memiliki kandungan miconazole yang baik, yaitu 2%. Kandungan miconazole memang yang paling lazim digunakan, karena dirinya mampu menghambat pertumbuhan jamur kulit. Hanya dalam hitungan hari, penyakit jamur semacam kutu air, panu, dan kurap bisa diatasinya.

Sama dengan obat kutu air lainnya, produk yang satu ini harus dioleskan ke lokasi yang terserang jamur dengan rutin. Anda sangat disarankan untuk mengoleskannya 2 kali sehari di lokasi yang sama. Dengan harga yang ekonomis dan dengan kandungan yang serupa dengan produk lain, obat antijamur ini memang layak dipertimbangkan. Untuk menemukannya juga mudah, karena sudah tersedia di apotek maupun toko online.

5. Pagoda Salep Extra

Gambar Pagoda Salep Extra

Pagoda Salep Extra

Ada yang unik dari Pagoda Salep Extra, yakni pada kandungannya yang tidak seperti produk anti jamur lain. Jika biasanya miconazole dipilih untuk mengatasi iritasi jamur, maka sulfur praecipitatum, asam salisilat, champora, dan menthol dipilih pada produk yang satu ini. Sulfur praecipitatum berfungsi menghilangkan sisik kulit dan memiliki kandungan antifungi, meskipun lemah. Sedangkan asam salisilat lebih condong untuk mengatasi jamur, karena punya kandungan antifungi.

Untuk Anda yang tertarik menggunakan obat anti jamur Pagoda Salep Extra, Anda bisa mengoleskannya ke kulit dua sampai tiga kali dalam sehari. Saat dioleskan ke kulit, menthol dan champora yang ada di dalamnya memberi sensasi dingin yang sangat nyaman. Selain itu, rasa gatal di kulit akan diminimalisir berkat kandungan tersebut. Dengan kandungan zat aktif yang berbeda dari produk lain dan sangat nyaman di kulit, Anda bisa mempertimbangkan produk ini saat produk lain tidak efektif.

6. Fungiderm Clotrimazole

Gambar Fungiderm Clotrimazole

Fungiderm Clotrimazole

Fungiderm Clotrimazole merupakan obat kutu air yang mengandung zat aktif clotrimazole. Di dalam kemasan 5g maupun 10g, clotrimazole yang terkandung sama-sama 1%. Zat aktif tersebut sangat ampuh dalam meredakan gejala penyakit kulit, khususnya andidiasis dan pitiriasis versicolor. Infeksi jamur semacam panu, kurap, kutu air, dan gatal-gatal bisa diobati olehnya. Cara kerja zat tersebut sangat efektif dalam mengobati penyakit jamur, karena mampu mematikan jamur tersebut dengan menghilangkan unsur intraselulernya.

Untuk Anda yang memiliki penyakit jamur, cobalah untuk mengoleskan Fungiderm Clotrimazole dua sampai tiga kali dalam sehari. Lakukanlah secara rutin di lokasi yang sama dalam kurun waktu 10-14 hari atau sampai sembuh. Jika selama satu bulan belum ada kemajuan, Anda bisa memeriksakannya ke dokter. Obat kutu air terbaik yang satu ini bisa dipilih karena punya zat aktif yang efektif mengatasi penyakit kulit, terutama yang disebabkan jamur.

7. Hydrocortisone 2,5% Krim

Gambar Hydrocortisone 2,5%Krim

Hydrocortisone 2,5% Krim

Jika iritasi kulit yang disebbakan jamur sudah mengalami peradangan, obat jamur biasa tidak akan cukup. Untuk itu, Anda memerlukan Hydrocortisone 2,5% Krim yang mampu mengatasi peradangan dengan baik. Kandungan antiradang yang ada di dalamnya sangatlah besar, sehingga ampuh mengatasi kutu air yang sudah mengalami peradangan. Meskipun ampuh, namun Anda harus berhati-hati saat menggunakannya, karena dia adalah obat berjenis kortikosteroid.

Sebagai obat berjenis kortikosteroid, Anda harus mendapatkan reesp dokter saat menggunakannya. Saat akan digunakan maupun setelah selesai digunakan, pastikan tangan sudah dicuci bersih menggunakan sabun. Kemudian oleskan secara merata Hydrocortisone Cream sebanyak 0,1-2,5 % pada area yang terkena jamur dermatosis. Jangan sampai area yang dibalut krim ini ditutup dengan kain kasa, plester, atau barang lain. Tunggulah selama satu minggu, jika radang masih ada, maka periksakanlah ke dokter.

8. Termisil Dermatology

Gambar Termisil Dermatology

Termisil Dermatology

Jika obat jamur lain belum mampu mengatasi kutu air yang menyerang kulit, cobalah Termisil Dermatology. Obat kutu air tersebut memiliki kandungan terbinafine hydrochloride sebanyak 1% pada setiap produknya. Cara kerja zat tersebut adalah dengan menghambat epoksidasi squalen yang membuat ergosterol pada jamur menurun. Saat hal itu terjadi, jamur akan hilang dengan sendirinya.

Gunakanlah obat kutu air ini 1-2 kali dalam sehari. Pakailah secara rutin selama 2-4 minggu agar tinea pedis dalam kulit bisa hilang dengan sempurna. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah, tak semua orang bisa menggunakannya, karena harus digunakan oleh anak berusia enam belas tahun ke atas. Selain itu, Anda harus mendapat resep dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakannya.

9. Salep Kulit 88

Gambar Salep Kulit 88

Salep Kulit 88

Salep Kulit 88 sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, sebab sudah ada sejak 1982. Sebagai obat luar yang ampuh mengatasi infeksi jamur dan iritasi ringan, salep tersebut sangat dikenal masyarakat luas. Kandungan asam salisilat, asam benzoat, dan sulfur menjadikannya mampu mengatasi iritasi jamur, menghambat pertumbuhan bakteri, dan mempercepat penyembuhan penyakit pada kulit. Dengan begitu, tak hanya kutu air saja yang bisa diatasi, tapi panu, kadas, kurap, kudis, dan gatal-gatal juga bisa.

Secara rinci, dalam satu kemasan berukuran 60 g, terdapat 60 mg salicylic acid, 65 mg benzoic acid, dan 60 mg sulfur praecipitatum. Anda hanya perlu mengoleskan krim ini 2-3 kali dalam sehari untuk orang dewasa. Usahakan area yang dibalut krim ini terpapar udara dan terhindar dari air, sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat. Anda yang tertarik menggunakan salah satu obat kutu air terbaik ini bisa dengan mudah menjumpainya, karena sudah tersebar merata ke seluruh penjuru Tanah Air.

10. Body Bio Spray

Gambar Body Bio Spray

Body Bio Spray

Sama seperti namanya, Body Bio Spray merupakan obat kutu air yang berbentuk semprotan. Anda hanya cukup menyemprotkanya pada kulit yang iritasi secara rutin agar obat ini bekerja maksimal. Selain lebih higienis, dengan memakai obat antijamur berbentuk semprotan juga lebih praktis. Akan tetapi, produk yang satu ini punya harga yang relatif mahal, karena bahan yang digunakan adalah bahan alami pilihan.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah lidah buaya dan ekstrak bunga mawar. Selain ampuh dalam mengobati infeksi yang disebabkan jamur, kandungan tersebut juga ampuh dalam menghilangkan bau badan. Obat kutu air alami tersebut bisa ditemukan di beberapa online shop. Meskipun mahal, namun itu setara dengan kualitas yang diberikan, sehingga sangat tepat untuk dibeli.

Kesimpulan Rekomendasi Obat Kutu Air Terbaik 2019

Menghilangkan atau meredakan gejala kutu air memang paling tepat menggunakan obat kutu air yang efektif. Anda bisa memilih obat kutu air terbaik yang sudah direkomendasikan di atas. Dengan menggunakannya, infeksi jamur yang satu ini bisa hilang lebih cepat. Namun, gunakanlah obat tersebut sesuai resep dokter atau sesuai petunjuk penggunaan dalam kemasan. Jika Anda mematuhi hal tersebut, maka kutu air akan lebih cepat sembuh dan tidak mengalami peradangan.

Pengunjung Mencari:

  • obat salep yang mahal dan bagus untuk kutu air

Leave a Reply